carisinyal web banner retina

6 Perbedaan OPPO Reno11 5G dan Reno12 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

OPPO Reno12 5G juga hadir sebagai penerus langsung dari OPPO Reno11 5G yang hadir di Indonesia pada Januari 2024. OPPO Reno12 5G juga bakal hadir resmi di Indonesia.

Terdapat beberapa peningkatan yang cukup menarik dari OPPO Reno12 5G ini, salah satunya adalah keberadaan AI yang lebih optimal. Hal ini wajar mengingat maraknya penggunaan AI yang sering ditawarkan oleh brand Smartphone masa kini.

Sayangnya, OPPO Reno12 5G tampak tidak hanya membawa peningkatan saja. Terdapat penurunan yang akhirnya membuat OPPO Reno11 5G tetap bisa terlihat menarik. Nah, berikut beberapa perbedaan OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno12 5G yang mesti Anda perhatikan.

Spesifikasi OPPO Reno11 5G

OPPO Reno11
Layar OLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7050
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Reno12 5G

OPPO Reno12
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7300 Energy
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 50 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno12 5G

Harga OPPO Reno12 5G versi global tampaknya lebih tinggi dibandingkan OPPO Reno11 5G di pasar Indonesia. Hal ini wajar jika terdapat perbedaan di sektor tertentu. Nah, berikut beberapa perbedaan OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno12 5G.

1. Kehadiran AI Lebih Optimal

oppo reno12 5g

Berada di kelas harga Rp5 jutaan, OPPO Reno11 5G yang hadir di awal tahun 2024 sudah menawarkan penggunaan AI. Hanya saja, keberadaannya ini cukup terbatas dibandingkan HP dengan kelas harga di atasnya.

OPPO Reno11 5G hanya menawarkan fitur AI Eraser untuk membantu mempercantik hasil foto. Fungsi dan penggunaannya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu melingkari objek yang ingin dihapus atau dihilangkan. Setelah itu, AI akan menghilangkan objek atau bagian tersebut sehingga foto tampak lebih bagus dan cantik tanpa ada gangguan.

Sementara itu, OPPO Reno12 5G kabarnya hadir di kelas harga Rp8 jutaan. Di kelasnya, HP ini menawarkan fitur AI yang lebih optimal dan fungsi yang lebih lengkap atau beragam. OPPO menyebut fiturnya dengan nama TAP INTO AI yang menandakan kemudahan dalam menggunakan AI yang ditawarkan.

Terdapat beberapa fitur AI yang ditawarkan OPPO Reno12 5G ini. Salah satunya tentu saja fitur AI Eraser 2.0 sebagai versi yang lebih sempurna dari AI Eraser yang ada di OPPO Reno11 5G. Selain itu, OPPO Reno12 5G masih menyediakan fitur AI lainnya yang bisa digunakan untuk mempercantik foto yang dihasilkan.

Fitur AI lainnya dari OPPO Reno12 5G yaitu AI Clear Face. Fitur ini mampu membuat tampilan wajah dalam foto grup jadi lebih jernih dan mengurangi distorsi hingga sepuluh orang. Kemudian ada AI Best Face, fitur ini mampu membuat mata terbuka secara ajaib dalam satu kali klik, cocok untuk foto Anda yang tidak sengaja menutup mata saat memotret terburu-buru.

OPPO Reno12 5G juga menawarkan fitur AI SMart Image Matting 2.0 dan AI Studio untuk meningkatkan kreativitas Anda. Pasalnya, Anda bisa memotong, menambahkan emoji, atau latar belakang pada foto Anda. Bahkan, dengan AI Studio Anda bisa mengubah tampilan rambut atau style artistik dan Disney secara keseluruhan pada foto.

Selain untuk kebutuhan foto, OPPO Reno12 5G juga menawarkan fitur AI untuk aktivitas lain, misalnya AI LinkBoost yang menjaga koneksi tetap stabil, cepat, dan mulus apapun kondisinya.

OPPO Reno12 5G juga menawarkan fitur AI yang mampu membantu meningkatkan multitasking Anda, sama seperti yang ditawarkan oleh Galaxy AI. Misalnya AI Recording Summary untuk merekam dan merangkum percakapan saat meeting, serta AI Clear Voice untuk menjernihkan suara.

Aktivitas belajar atau bekerja juga akan makin terbantu dengan beberapa fitur dari AI Toolbox. Mulai dari AI Summary untuk merangkum seperti untuk kebutuhan web page, AI Writer untuk membantu menulis unggahan yang cukup relevan dan sesuai dengan gaya Anda, hingga AI Speak untuk untuk membantu membacakan artikel saat Anda merasa lelah.

2. Desain dan Sertifikasi IP Rating

oppo reno12 5g

Perbedaan lainnya yang cukup kentara dari keduanya adalah tampilan desainnya. OPPO Reno11 5G memiliki tampilan modul kamera yang cukup unik dan mungkin beda dari HP brand lain. Sebab susunan kameranya bisa dibilang abstrak dan cukup tidak teratur, tapi tetap terlihat unik dan premium.

Sedangkan OPPO Reno12 5G tampil dengan modul kamera persegi panjang yang cukup tinggi. Di dalamnya ada tiga lingkaran yang disusun vertikal untuk menampung tiga kamera dan satu LED Flash. Desain modulnya ini lebih sederhana dengan kesan premium yang tetap terasa.

Untuk bodinya, OPPO Reno11 5G menawarkan tamilan yang cukup menarik perhatian mata, terutama pada varian utamanya yaitu Hijau Ombak. Varian warna ini memancarkan efek visual kilauan hijau laut dan kontur yang seakan-akan ombak di laut. Selain itu, terdapat tekstur lembut bak sutra yang bisa Anda rasakan ketika menyentuh penutup belakang sang ponsel.

Sementara itu, OPPO Reno12 5G menawarkan efek 3D pada bagian bodinya dengan sebutan 3D Thrills. Tampilannya tampak seperti riak ombak yang tenang dengan efek 3D yang pertama kali hadir untuk varian Astro Silver. Tekstur bodi yang ditawarkan juga cukup halus saat disentuh.

Kedua HP ini menawarkan desain ergonomik yang membuatnya nyaman digenggam. OPPO Reno11 5G memiliki ketebalan bodi sekitar 7,99 mm dengan berat 182 gram. Sedangkan OPPO Reno12 5G memiliki ketebalan bodi 7,57 mm dengan berat lebih ringan yaitu 177 gram. Ukuran keduanya masih terbilang nyaman untuk digenggam dalam waktu lama.

Salah satu peningkatan lainnya yang ditawarkan OPPO Reno12 5G adalah adanya sertifikasi IP rating. HP ini dibekali sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan debu dan air dengan volume cukup tinggi, misalnya terkena guyuran (bukan berada di dalam air). Sedangkan OPPO Reno11 5G tidak memiliki sertifikasi IP rating apapun untuk ketahanannya terhadap air.

3. Kecerahan Layar dan Perlindungannya

oppo reno12 5g

Pada sektor layar, kedua HP ini sama-sama menggunakan layar lengkung yang cukup luas. Ukurannya berada di angka 6,7 inci dengan desain bezel tipis di setiap sisinya. Hal ini membuat rasio layar ke bodinya cukup tinggi. Misalnya OPPO Reno11 5G yang mencapai angka 89,8 persen, sedangkan OPPO Reno12 5G sedikit lebih tinggi di 90,3 persen.

Soal kenyamanan selama penggunaannya, kedua HP ini bisa dibilang sama-sama unggul. Keduanya sudah menggunakan panel AMOLED dengan dukungan 1,07 miliar warna hingga HDR10+. Resolusinya juga tajam yaitu 1080 x 2412 piksel dengan kerapatannya mencapai 394 ppi.

Penggunaan di dalam ruangan untuk menonton, bermain media sosial, atau sekadar scrolling sudah cukup nyaman. Apalagi ada dukungan refresh rate 120 Hz yang membuat pergerakan layarnya terasa sangat mulus.

Namun untuk penggunaan di luar ruangan, OPPO Reno12 5G tampaknya lebih bisa diandalkan. Pasalnya, HP ini memiliki kemampuan kecerahan layar puncak hingga 1200 nit. Sedangkan OPPO Reno11 5G kecerahan puncaknya hanya mencapai 950 nit saja. Meski begitu, Anda tetap bisa membaca dengan jelas tulisannya di luar ruangan yang cerah.

Soal perlindungannya, tidak ada yang perlu diperdebatkan. Pasalnya, kedua HP ini sudah dibekali perlindungan layar yang cukup tangguh untuk menahan goresan atau retakan. OPPO Reno11 5G mengandalkan perlindungan Asahi Glass AGC DT-Star2, sedangkan OPPO Reno12 5G menggunakan Corning Gorilla Glass 7i.

4. Dimensity 7050 vs Dimensity 7300 Energy

oppo reno12 5g

Berada di kelas menengah ke atas, OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno12 5G tentu menawarkan performa yang cukup tangguh. Penggunaannya sudah mendukung untuk multitasking berat atau bahkan bermain game populer dengan lancar. Menariknya, keduanya juga sama-sama mengandalkan chipset rakitan MediaTek.

OPPO Reno11 5G mengandalkan tenaga dari Dimensity 7050. Meski pertama kali dirilis pada 2023, chipset dengan fabrikasi 6 nm ini masih cukup tangguh di kelas harganya. Apalagi ditemani RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Buat yang penasaran dengan profil sang chipset, Anda bisa baca artikel Dimensity 7050 dan chipset yang setara.

Singkatnya, Dimensity 7050 adalah SoC 6 nm yang punya delapan inti CPU. CPU-nya terdiri atas dua Cortex A78 (2,6 GHz) dan enam Cortex A55 (2,0 GHz). GPU yang dipakai adalah Mali-G68 MP4 dengan clockspeed 800 MHz.

Tidak ada satu pun penguji yang kecewa dengan performa OPPO Reno11 5G yang ditenagai Dimensity 7050. Shivangi Agarwal dari Smartprix bertutur, performa sang ponsel kencang dan efisien. Tidak ada lag, bahkan saat membuka 10-12 aplikasi di latar belakang secara bersamaan.

Agarwal juga merasakan bahwa HP ini cepat saat membuka aplikasi atau gim. Kemampuan OPPO Reno11 5G dalam menjalankan gim juga bagus. Anda bisa menjalankan gim semacam PUBG Mobile, Asphalt, Call of Duty, hingga Genshin Impact.

Sementara itu, OPPO Reno12 5G mengandalkan chipset Dimensity 7300-Energy for Reno. Chipset yang dirancang khusus untuk OPPO Reno ini menawarkan tingkat efisiensi yang lebih tinggi selama penggunaan. Apalagi dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan internal 256 GB atau 512 GB yang sudah cukup luas di kelasnya.

Dimensity 7300 Energy ini dirancang menggunakan proses fabrikasi yang cukup sempit yaitu 4 nm. Klaimnya menyebutkan bahwa konsumsi daya dari CPU-nya ini lebih rendah hingga 30 persen, sedangkan konsumsi daya GPU-nya bisa lebih rendah hingga 46 persen. Secara keseluruhannya, tingkat efisiensi dayanya ini meningkat hingga 30 persen.

Performa yang dihasilkan Dimensity 7300 Energy ini berasal dari delapan inti prosesor. Terdiri dari empat core Cortex A78 (2,5 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensinya. Chipset ini juga mendapat dukungan dari kartu pengolah grafis atau GPU Mali G615 MC2.

5. Keberadaan Kamera Telefoto

OPPO Reno11 5G

Jika beberapa sektor lainnya dibekali peningkatan, OPPO Reno12 5G justru mengalami downgrade di sektor kameranya. Salah satu alasan utamanya adalah karena absennya kamera telefoto. Padahal sudah cukup banyak HP lain di kelas harganya, bahkan di bawahnya yang sudah dibekali kamera telefoto, termasuk pendahulunya yaitu OPPO Reno11 5G.

OPPO Reno11 5G memiliki konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. Salah satu kamera yang dijagokannya adalah telefoto 32 MP (f/2.0) dengan ukuran sensor 1/2.74 inci dan focal length 47mm. Kamera ini didukung PDAF untuk fokusnya dengan kemampuan optical zoom hingga 2x.

Kamera telefoto ini cocok untuk memotret objek dengan jarak yang cukup jauh. Anda juga bisa membuat foto portrait bokeh ala profesional dengan sensor kamera ini. Sayangnya, OPPO Reno12 5G justru menghilangkannya dan menggantinya dengan kamera makro 2 MP.

Bisa dibilang, ketiga kamera OPPO Reno11 5G ini memiliki fungsi yang jelas, bukan gimmick saja. Kamera utamanya sama dengan OPPO Reno12 5G yaitu 50 MP (f/1.8) menggunakan sensor Sony LYT600 berukuran 1/1,95 inci. Kamera ini memiliki focal length 26 mm dan mampu menangkap cahaya cukup baik berkat ukuran sensornya yang besar.

Kedua HP ini juga sudah sama-sama menyematkan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Salah satu fungsinya adalah meredam guncangan saat mengambil gambar secara multiframe pada kondisi low light.

Selain itu, keduanya juga kompak menggunakan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) berukuran 1/4.0 inci. Kamera ini mampu memotret dengan sudut pandang yang cukup luas yaitu 112 derajat guna memotret lebih banyak objek dalam satu frame.

Perbedaan lainya ada pada pada videonya. OPPO Reno11 5G mampu merekam hingga kualitas 4K dengan 60 FPS. Sedangkan OPPO Reno12 5G hanya mampu mencapai 4K dengan 30 FPS saja. Kemulusannya mungkin sedikit berbeda, tapi keduanya bisa tetap stabil berkat dukungan gyro-EIS.

Meski kalah dalam FPS, OPPO Reno12 5G menyematkan juga fitur OIS dan HDR untuk perekaman videonya. Hal ini membuat kedalaman warna yang dihasilkan jadi lebih baik. Serta kestabilan yang mampu meredam guncangan lebih baik meski merekam video sambil berlari sekalipun.

Untuk kamera depannya cukup mirip, keduanya menggunakan resolusi 32 MP dan mampu merekam video di kualitas 4K 30 FPS. Bedanya, OPPO Reno12 5G menyematkan fitur PDAF untuk menjaga fokus secara otomatis saat melakukan selfie.

6. Fast Charging 67W vs 80W

oppo reno12 5g

Baik OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno12 5G sama-sama dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Keduanya sudah bisa diandalkan untuk penggunaan padat seharian. Apalagi OPPO Reno12 5G mendapat dukungan dari chipset yang punya efisiensi daya cukup tinggi.

Bedanya ada di fitur pengisian dayanya. OPPO Reno11 5G sebenarnya sudah cukup cepat dengan fast charging 67W SuperVOOC. Menurut klaimnya, HP ini mampu mengisi daya hingga penuh dalam waktu 45 menitan saja.

Sedangkan OPPO Reno12 5G hadir dengan fast charging lebih tinggi yaitu 80W SuperVOOC. Meski begitu, OPPO justru memberikan klaim pengisian daya yang tidak jauh lebih cepat, bahkan lebih lama dibandingkan OPPO Reno11 5G dengan 67W. Klaimnya mengatakan bahwa OPPO Reno12 5G dengan 80W-nya ini bisa mengisi daya penuh dalam waktu 47 menit.

Simpulan

OPPO Reno12 5G hadir menawarkan fitur AI yang lebih optimal dibandingkan generasi sebelumnya yaitu OPPO Reno11 5G. Mulai dari fitur AI untuk meningkatkan kualitas foto, hingga aktivitas multitasking dan bekerja yang jadi lebih praktis.

Selain itu, OPPO Reno12 5G juga memiliki beberapa peningkatan di sektor tertentu. Misalnya tampilan desain yang lebih sederhana dengan sertifikasi IP65 untuk ketahanan airnya. Sertifikasi ini tidak dimiliki oleh OPPO Reno11 5G. Hal ini membuatnya cocok untuk penggunaan di luar ruangan, apalagi OPPO Reno12 5G memiliki kecerahan layar lebih tinggi.

OPPO Reno12 5G juga menawarkan performa lebih tangguh dengan efisiensi daya tinggi berkat Dimensity 7300 Energy. Kapasitas memori yang ditawarkan juga lebih luas untuk menjaga performanya lebih optimal. Meski begitu, OPPO Reno11 5G juga memiliki performa yang sudah cukup unggul di kelasnya dengan Dimensity 7050.

Sayangnya, OPPO Reno12 5G justru mengalami downgrade di sektor kamera. Sebab OPPO Reno11 5G hadir dengan kamera telefoto di bagian belakang yang tidak ada di OPPO Reno12 5G. Hal ini mungkin akan jadi bahan pertimbangan paling berat bagi Anda.

Nah, setelah melihat beberapa perbedaannya, mana yang paling menarik dari dua HP ini. Apakah OPPO Reno11 5G atau Reno12 5G? Silakan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda agar lebih mudah dalam memilih. Tulis pendapat Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram