carisinyal web banner retina

6 Perbedaan OPPO Reno11 Pro 5G dan Reno12 Pro 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

OPPO Reno12 Pro 5G ini hadir sebagai penerus dari OPPO Reno11 Pro 5G yang dirilis sejak Januari 2024 di Indonesia. Salah satu peningkatan yang ditawarkan sebagai penerus adalah keberadaan fitur AI yang lebih beragam dan optimal. Spesifikasi di sektor tertentunya pun mengalami sedikit peningkatan yang cukup menarik.

Jika Anda penasaran seperti apa perbedaan kedua HP Reno ini. Silakan simak beberapa perbedaan OPPO Reno11 Pro 5G dan Reno12 Pro 5G berikut setelah informasi spesifikasinya.

Spesifikasi OPPO Reno11 Pro 5G

OPPO Reno11 Pro 5G
Layar OLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8200
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Reno12 Pro 5G

OPPO Reno12 Pro
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7300 Energy
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Reno11 Pro 5G dan Reno12 Pro 5G

Berada di kelas harga yang sama, OPPO Reno12 Pro 5G tentu terlihat menarik dengan beberapa peningkatan yang dibawanya. Namun, apakah OPPO Reno11 Pro 5G benar-benar berada jauh di bawahnya atau masih bisa menyaingi? Berikut beberapa perbedaannya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli.

1. Keberadaan Fitur AI Lebih Optimal

oppo reno12 pro 5g

Berada di kelas harga Rp7–8 jutaan, OPPO Reno11 Pro 5G yang hadir di awal 2024 sudah menawarkan fitur AI yang menarik. Fitur AI ini tampaknya menjadi tren dan coba ditawarkan oleh beberapa HP lain, terutama Samsung. Sayangnya, fitur AI dari OPPO Reno11 Pro 5G ini bisa dibilang masih cukup terbatas.

OPPO hanya menyematkan fitur AI Eraser saja pada OPPO Reno12 5G ini. Fungsi dan penggunaannya cukup sederhana. Anda hanya perlu melingkari objek yang ingin dihapus atau dihilangkan. Setelah itu, AI akan menghilangkan objek atau bagian tersebut sehingga foto tampak lebih bagus dan cantik tanpa ada gangguan apapun.

Sementara itu, OPPO Reno12 Pro 5G kabarnya hadir di kelas harga Rp7–8 jutaan. Di kelasnya, HP ini menawarkan fitur AI yang lebih optimal dengan fungsi yang lebih lengkap atau beragam. OPPO menyebut fiturnya ini dengan nama TAP INTO AI yang menandakan kemudahan saat menggunakan fitur AI-nya.

Terdapat beberapa fitur AI yang ditawarkan OPPO Reno12 Pro 5G ini. Salah satunya tentu saja fitur AI Eraser 2.0 sebagai versi yang ditingkatkan dari AI Eraser yang ada di OPPO Reno11 Pro 5G.

Fitur AI lainnya dari OPPO Reno12 Pro 5G yaitu AI Clear Face. Fitur ini mampu membuat tampilan wajah dalam foto grup jadi lebih jernih dan mengurangi distorsi bahkan hingga sepuluh orang. Ada juga AI Best Face yang mampu membuat mata Anda terbuka secara ajaib dalam satu kali klik. Fitur ini cocok untuk Anda yang tidak sengaja menutup mata saat berfoto.

OPPO Reno12 Pro 5G juga menawarkan fitur AI SMart Image Matting 2.0 dan AI Studio untuk meningkatkan kreativitas Anda. Dengan fitur AI ini, Anda bisa memotong, menambahkan emoji, dan latar belakang pada foto. Bahkan, Anda juga bisa mengubah tampilan rambut atau style tampilan gambar secara keseluruhan pada foto.

Selain untuk kebutuhan foto, OPPO Reno12 Pro 5G juga menawarkan fitur AI untuk aktivitas lain, misalnya AI LinkBoost yang menjaga koneksi tetap stabil, cepat, dan mulus bagaimanapun kondisinya.

Untuk membantu meningkatkan multitasking Anda, OPPO Reno12 Pro 5G menawarkan fitur AI yang fungsional. Misalnya AI Recording Summary untuk merekam dan merangkum percakapan saat meeting, serta AI Clear Voice untuk menjernihkan suaranya.

Aktivitas belajar atau bekerja juga makin terbantu dengan beberapa fitur dari AI Toolbox. Mulai dari AI Summary, AI Writer untuk membantu membuat tulisan yang cukup relevan dan bisa disesuaikan dengan gaya Anda, hingga AI Speak untuk untuk membantu membacakan artikel.

2. Desain dan Sertifikasi IP Rating

oppo reno12 pro 5g

OPPO Reno11 Pro 5G dan Reno12 Pro 5G ini memiliki tampilan desain yang berbeda sama sekali. Berbeda dari modul HP pada umumnya, OPPO Reno11 Pro 5G ini terbilang unik. Modulnya berbentuk lonjong dengan dua lingkaran yang diisi oleh tiga kamera yang disusun berbeda satu sama lain.

Sementara itu, OPPO Reno12 Pro 5G memiliki tampilan desain lebih sederhana seperti modul HP pada umumnya. Modulnya berbentuk persegi panjang dengan tiga kamera disusun rapi secara vertikal. Desainnya ini mungkin cukup familiar bagi Anda karena mirip seperti HP flagship milik Samsung.

Untuk tampilan bodinya, kedua HP ini menawarkan pengalaman grip yang nyaman dengan desain curved. OPPO Reno12 Pro 5G memiliki varian warna Pearl White dengan finishing satin yang lembut dan halus di tangan. Materialnya menggunakan tiga lapis kaca yang tampak berkilau.

Selain memiliki pengalaman genggam yang nyaman, OPPO Reno12 Pro 5G menawarkan desain Futuristic Fluid dengan efek 3D untuk varian Nebula Silver. Tampilannya tampak seperti gelombang air atau liquid metal yang tenang. Kesan sentuhannya juga mulus dan lembut saat disentuh, apalagi varian lain yang menggunakan finishing matte.

Kedua HP ini juga menawarkan ukuran desain yang cukup ergonomik dengan ketebalan bodi terbilang tipis. OPPO reno11 Pro 5G memiliki ketebalan bodi 7,59 mm dengan berat sekitar 181 gram. Sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G sedikit lebih tipis dengan ketebalan 7,4 mm dan berat 180 gram.

Salah satu peningkatan lainnya yang ditawarkan OPPO Reno12 Pro 5G adalah adanya sertifikasi IP rating. HP ini dibekali sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan debu dan air dengan volume cukup tinggi, misalnya terkena guyuran air (bukan berada di dalam air). Sedangkan OPPO Reno11 Pro 5G tidak memiliki sertifikasi IP rating apapun. 

3. Layar Lebih Cerah dan Tangguh

oppo reno12 5g

Pada sektor layar, kedua HP ini sama-sama menggunakan layar lengkung yang cukup luas. Ukurannya berada di angka 6,7 inci dengan desain bezel tipis di setiap sisinya. Hal ini membuat rasio layar ke bodinya cukup tinggi. Misalnya OPPO Reno11 Pro 5G yang mencapai angka 89,8 persen, sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G dengan 89,4 persen.

Soal kenyamanannya, kedua HP ini tentu saja menawarkan yang terbaik di kelasnya. Baik OPPO Reno11 Pro 5G atau Reno12 Pro 5G sudah menggunakan panel AMOLED dengan dukungan 1,07 miliar warna hingga HDR10+. Resolusinya juga tajam yaitu 1080 x 2412 piksel dengan kerapatannya mencapai 394 ppi.

Penggunaan di dalam ruangan seperti untuk menonton, bermain media sosial, atau sekadar scrolling sudah sangat nyaman. Apalagi ada dukungan refresh rate 120 Hz yang membuat pergerakan layarnya terasa cukup mulus.

Namun untuk penggunaan di luar ruangan, OPPO Reno12 Pro 5G tampaknya lebih bisa diandalkan. Pasalnya, HP ini memiliki kemampuan kecerahan layar puncak hingga 1200 nit. Sedangkan OPPO Reno11 Pro 5G kecerahan puncaknya hanya mencapai 950 nit saja. Meski begitu, Anda tetap bisa membaca dengan jelas tulisannya di luar ruangan yang cerah.

Soal perlindungannya, tidak ada yang perlu diperdebatkan. Pasalnya, kedua HP ini sudah dibekali perlindungan layar yang cukup tangguh untuk menahan goresan atau retakan. OPPO Reno11 Pro 5G mengandalkan perlindungan Asahi Glass AGC, sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang terbilang lebih tangguh.

4. Dimensity 8200 vs Dimensity 7300 Energy

oppo reno12 5g

OPPO tidak hanya menawarkan tampilan desain cantik pada HP-nya, tapi juga performanya yang gahar. Misalnya OPPO Reno11 Pro 5G yang sudah dibekali chipset bikinan MediaTek yaitu Dimensity 8200. Chipset dengan proses fabrikasi ini memiliki performa cukup tinggi di kelasnya dan bisa diandalkan untuk multitasking padat hingga gaming.

Kemampuannya tersebut berasa dari struktur prosesor octa-core yang dimilikinya. Terdiri dari satu core prime Cortex A78 (3.1 GHz) sebagai sumber tenaganya, tiga core Cortex A78 (3.0 GHz) juga untuk performa, dan empat core Cortex A55 (2.0 GHz) untuk efisiensi. Pada sektor pengolahan grafisnya mengandalkan GPU Mali G610 MC6.

Menurut Nano Review, OPPO Reno11 Pro 5G sanggup meraih skor AnTuTu v10 sebesar 900.800 poin, dengan skor 273.014 poin pada CPU, 238.167 poin pada GPU, 164.835 poin pada memori, serta 224.748 poin pada UX. Adapun pada pengujian Geekbench 6, HP ini meraih skor 1.237 poin pada single-core dan 3.577 poin pada multi-core.

Sementara saat melansir dari Gadgets 360, OPPO Reno11 Pro 5G mendulang skor AnTuTu cukup tinggi yaitu 926.665 poin. Lebih lanjut lagi, HP ini meraih skor 1.093 poin untuk single-core dan 3.406 poin untuk multi-core pada pengujian Geekbench.

Ia juga menyebutkan bahwa OPPO Reno11 Pro 5G mampu memainkan COD Mobile dengan smooth tanpa lagging pada setelan grafik "Very High" dengan frame rate di "Very High". Sedangkan untuk Genshin Impact bisa berjalan lancar pada setelan "Low". Untuk setelan "Medium" juga bisa, tapi akan sedikit terhambat pada skenario pertempuran yang intens.

OPPO Reno12 Pro 5G mengandalkan chipset Dimensity 7300-Energy for Reno. Chipset yang dirancang khusus untuk OPPO Reno ini menawarkan tingkat efisiensi yang lebih tinggi selama penggunaannya. Apalagi dikombinasikan dengan RAM 12 GB dengan internal 256 GB atau 512 GB yang sudah cukup luas di kelasnya.

Dimensity 7300 Energy ini dirancang menggunakan proses fabrikasi yang cukup sempit yaitu 4 nm. Klaimnya menyebutkan bahwa konsumsi daya dari CPU-nya ini lebih rendah hingga 30 persen, sedangkan konsumsi daya GPU-nya bisa lebih rendah hingga 46 persen. Secara keseluruhannya, tingkat efisiensi dayanya ini meningkat hingga 30 persen.

Performa yang dihasilkan Dimensity 7300 Energy ini berasal dari delapan inti prosesor. Terdiri dari empat core Cortex A78 (2,5 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensinya. Chipset ini juga mendapat dukungan dari kartu pengolah grafis atau GPU Mali G615 MC2.

5. Konfigurasi Kamera

oppo reno12 pro 5g

Untuk sektor kameranya, kemampuan OPPO Reno11 Pro 5G dan Reno12 Pro 5G tidak perlu diragukan lagi. Di bagian belakangnya sama-sama menggunakan konfigurasi tiga kamera tanpa gimmick. Semua kamera yang dipasang memiliki fungsi yang jelas, tanda bahwa OPPO cukup serius dalam merakit kameranya.

Di bagian belakangnya, Anda bisa menggunakan kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Perbedaannya terletak pada resolusi dan dukungannya.

Misalnya pada kamera utamanya yang beresolusi 50 MP. Keduanya sama-sama menggunakan bukaan f/1.8 dengan dukungan multi-directional PDAF dan OIS sebagai stabilisasinya. Hanya saja, OPPO Reno11 Pro 5G menggunakan sensor berukuran 1/1.56 inci dengan focal length 24mm. Sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G berukuran 1/1.95 inci dengan 26mm focal length.

Kamera telefoto dari OPPO Reno11 Pro 5G juga hanya memiliki resolusi 32 MP dengan ukuran sensor 1/2.74 inci. Sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G sedikit meningkatkan resolusinya menjadi 50 MP dengan ukuran sensor 1/2.75 inci. Perbedaan kameranya ini hanya ada pada resolusi. Dukungan lainnya tetap sama seperti PDAF dan optical zoom hingga 2x.

Resolusi kamera depan OPPO Reno12 Pro 5G juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 50 MP (f/2.0) berukuran 1/2.75 inci dengan dukungan PDAF. Sedangkan kamera depan OPPO Reno11 Pro 5G hanya memiliki resolusi 32 MP (f/2.4) berukuran 1/2.74 inci dengan dukungan AF.

Beralih ke perekaman videonya, bagian belakang kedua HP ini sama-sama mampu merekam maksimal 4K 30 FPS. Dukungannya juga cukup baik yaitu HDR dan gyro-EIS untuk stabilisasinya juga. Menariknya, OPPO Reno12 Pro 5G menambahkan fitur OIS untuk memaksimalkan proses meredam guncangan saat merekam sambil bergerak.

6. Kapasitas Baterai dan Speaker

oppo reno12 5g

OPPO Reno11 Pro 5G hadir dengan kapasitas baterai sedikit di bawah standarnya yaitu hanya 4600 mAh saja. Meski begitu, ketahanan baterai yang ditawarkannya ini bukan main-main. Ia mampu bertahan seharian untuk setiap jenis penggunaannya, baik itu multitasking, bermain media sosial, hingga game.

Sementara itu, OPPO Reno12 Pro 5G hadir dengan kapasitas baterai standar di angka 5000 mAh. Ketahanannya sudah tidak usah diragukan. Menurut klaimnya, HP ini mampu bertahan selama 25 hari dalam mode standby. Selain itu, mengisi daya 10 menit saja sudah bisa melakukan panggilan sekitar 8 jam dan menonton video sekitar 6 jam.

Meski memiliki kapasitas berbeda, OPPO memberikan jaminan ketahanan baterai selama 4 tahun penggunaan. Jadi, kondisi kesehatan baterai tetap terjaga meski dalam penggunaan waktu yang panjang.

Sementara untuk fitur pengisian dayanya, kedua HP ini dibekali fast charging 80W SuperVOOC. Fitur ini membantu mempersingkat proses pengisian daya agar HP bisa digunakan kembali.

Perbedaan lainnya yang mesti Anda tahu adalah penggunana jenis speakernya. OPPO Reno12 Pro 5G sudah menggunakan speaker stereo yang lebih lantang dengan sistem suara surrounded. Sedangkan OPPO Reno11 Pro 5G hanya mono speaker saja yang mungkin kurang nyaman saat digunakan untuk menonton atau bermain game.

Simpulan

OPPO Reno12 Pro 5G menjadi salah satu HP yang menawarkan fitur AI untuk membantu memudahkan setiap aktivitas. Misalnya saat meeting atau belajar dengan fitur AI Toolbox. Anda juga bisa membuat tampilan foto lebih menarik dengan fitur AI lainnya. Bisa dibilang, fitur AI yang ditawarkannya ini jauh lebih beragam dibandingkan OPPO Reno11 Pro 5G.

Beberapa peningkatan lain yang dimiliki OPPO Reno12 Pro 5G sebagai penerus juga ada di sektor tertentu. Misalnya desain yang lebih sederhana dibekali sertifikasi IP rating, layar lebih cerah dan kokoh, hingga resolusi kamera yang lebih tinggi. Kapasitas baterainya juga sedikit lebih tinggi yaitu 5000 mAh dibandingkan OPPO Reno11 pro 5G yang hanya 4600 mAh saja.

Soal performa, keduanya ini sudah cukup bisa diandalkan baik itu untuk multitasking yang padat atau bermain game. OPPO Reno11 pro 5G mengandalkan Dimensity 8200 yang tangguh. Sedangkan OPPO Reno12 Pro 5G mengandalkan Dimensity 7300 Energy yang tidak hanya punya performa tinggi, tapi juga tingkat efisiensi daya yang cukup baik.

Nah, setelah melihat beberapa perbedaan yang dimiliki kedua HP OPPO Reno ini, mana kira-kira yang paling menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah OPPO Reno11 Pro 5G atau Reno12 Pro 5G? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram