Carisinyal / OPPO 2020 / Yuk, Ketahui 5 Perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno4

Yuk, Ketahui 5 Perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno4

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

OPPO adalah salah satu jenama besar di Indonesia. Jenama asal Tiongkok ini pernah menjadi nomor satu di kuartal kedua 2019 berdasarkan data yang dirilis Canalys. Data tersebut membuktikan kalau OPPO merupakan salah satu pemain besar di Industri smartphone tanah air.

Hal tersebut juga dibuktikan OPPO lewat lini produk mereka yang hadir di Indonesia. Ada Find series yang merupakan ponsel OPPO dengan spesifikasi tinggi di semua lini. Ada A series yang biasanya hadir di kelas harga Rp2 sampai Rp4 jutaan. Ada juga, K series yang fokus pada gim.

OPPO dulu juga punya OPPO F series yang hadir menawarkan konsep “selfie expert”. Kemudian hadir OPPO R series yang fokus pada kamera. Pada perkembangannya, F series sudah tidak dikembangkan. Begitu juga dengan OPPO R series. OPPO kemudian fokus pada seri baru yang dinamakan Reno.

OPPO Reno series ini bisa dibilang sebagai ponsel OPPO yang fokus pada kemampuan kamera, baik depan maupun belakang. Itulah kenapa, nilai lebih dari OPPO Reno series ada di kameranya. Contohnya adalah OPPO Reno 10x zoom atau seri OPPO lainnya.

OPPO Reno telah menghadirkan berbagai seri. Saat artikel ini dibuat, OPPO Reno telah masuk seri keempat. Karena itu hadirlah sebuah ponsel yang dinamakan OPPO Reno4. Di Indonesia, OPPO Reno4 ini dijual dengan harga Rp4 jutaan.

Hal menariknya, OPPO Reno4 ini ada di kelas harga yang sama dengan OPPO Reno generasi sebelumnya, yakni OPPO Reno3. Hal ini jelas akan membuat orang kebingungan mana yang lebih menarik diantaranya keduanya. Dan karena itu pulalah artikel ini dibuat. Tapi sebelum ke pembahasan, mari simak spesifikasi dari kedua ponsel tersebut.

Spesifikasi OPPO Reno3

Oppo Reno3

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Layar AMOLED, 6.4 inch 1080 x 2400 pixels,
  • Chipset: Mediatek Helio P90 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal:  microSDXC (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO Reno4

Oppo Reno4

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Layar AMOLED, 6.4 inch 1080 x 2400 pixels,
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4015 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno4

Setelah mengetahui spesifikasi dari OPPO Reno3 dan Reno4, timbul pertanyaan: apa saja perbedaan antara OPPO Reno3 dan OPPO Reno4? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak 5 perbedaan dari kedua ponsel ini.

1. Desain dan Dimensi

Oppo Reno4

OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 datang dengan dimensi dan desain yang agak beda. OPPO Reno3 datang dengan dimensi 160.2 x 73.3 x 7.9 mm dan bobot 170 gram. Sementara OPPO Reno4 hadir dengan dimensi 160.3 x 73.9 x 7.7 mm dan bobot 165 gram.

Dari data tersebut, tampak kalau OPPO Reno4 sedikit lebih panjang tetapi bobotnya lebih ringan. Yang menarik dimensi OPPO Reno4 lebih tipis jika dibandingkan OPPO Reno4. Konsep desain yang ramping ini dikombinasikan dengan warna yang menarik perhatian yakni Galactic Blue dan Space Black.

Sementara OPPO Reno3 menawarkan konsep desain yang terinspirasi dari alam. OPPO menyebut desain ponsel ini sebagai sebuah keagungan langit kosmos yang luas  yang menanamkan sebuah suasana yang damai dan menyegarkan

Tidak heran, jika pilihan warna OPPO Reno3 berhubungan dengan warna yang terinspirasi dari alam dan cahaya. Pilihan warna tersebut adalah Midnight Black, Sky White, dan Auroral Blue. Desain warna yang sebenarnya lebih simpel tapi lebih menarik jika dibandingkan OPPO Reno4. Tetapi tentu penilaian desain ini tergolong subjektif.

2. Mediatek vs Snapdragon

snapdragon vs mediatek

OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 membawa kembali pertarungan chipset dari produsen yang berbeda. OPPO Reno3 hadir dengan chipset MediaTek Helio P90 (MT6779). Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa core Cortex-A75 dan Cortex-A55 yang disokong GPU PowerVR GM9446.

Sementara OPPO Reno4 dibekali Snapdragon 720G. Chipset dari Qualcomm ini hadir dengan fabrikasi 8 nm. Chipset ini sendiri menawarkan prosesor octa-core dengan custom Kryo 465 Gold dan Kryo 465 Silver. Di dalamnya juga hadir GPU atau pengolah grafis Adreno 618.

Perbedaan chipset ini jelas akan membuat kedua ponsel dibandingkan secara performa. Apalagi keduanya berada di kelas harga yang sama. Lantas, manakah yang performa yang lebih baik? Jika menilik data Antutu, Snapdragon 720G unggul dari Helio P90. Snapdragon 720G memiliki skor Antutu 8 sementara Helio P90 memiliki skor 200 ribuan.

Tapi Antutu bukanlah patokan utama. Ada banyak faktor lain yang membuat kedua chipset ini bersaing. Seperti contohnya kemampuan dalam mendukung kegiatan sehari-hari, kemampuan dalam memproses hasil foto, AI, dan kemampuan efisiensi daya.

3. Konfigurasi Kamera Belakang

OPPO Reno3

OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 datang sama-sama menawarkan konsep konfigurasi empat kamera belakang. Hanya saja, resolusi dan sensor kedua ponsel berbeda. OPPO Reno4 hadir dengan kombinasi kamera utama 48 MP  f/1.7, kamera ultra-wide 8 MP, serta kamera makro dan kamera depth sensor sama-sama 2 MP.

Konfigurasi kamera belakang OPPO Reno3 sedikit berbeda. Kamera utamanya masih 48 MP tetapi dengan bukaan lebih kecil, f/1.8. Kamera kedua OPPO Reno3 adalah kamera telefoto 13 MP dengan kemampuan 5x Hybrid Zoom sampai 20x Digital Zoom . Kedua kamera lainnya adalah kamera ultra-wide 8 MP dan kamera monokrom 2 MP.


Menilik spesifkasinya, OPPO Reno3 terbilang unggul karena memiliki kamera telefoto. Tetapi untuk kualitas kamera utamanya bisa diperdebatkan. Hal ini juga tergantung dari pemrosesan gambar karena keduanya memakai chipset yang berbeda. Ingat, chipset juga sangat berperan dalam memproses kualitas tangkapan kamera ponsel.

4. Resolusi Kamera Depan

Oppo Reno4

Perbedaan lain antara OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 ada di kamera depannya.  OPPO Reno3 hadir dengan kamera depan 44 MP f/2.4. Kameranya sendiri berbentuk waterdrop alias menyempil di bagian tengah.

Sementara OPPO Reno4 hadir dengan resolusi kamera depan 32 MP  f/2.4. Kameranya ini hadir dengan bentuk punch-hole alias hadir dalam bentuk lingkaran yang seolah menyatu dengan layar.

Pembeda di sektor kamera dari kedua ponsel ini memang hanya di ukuran resolusinya saja. Keduanya pada dasarnya memiliki fitur yang serupa, yakni kemampuan HDR dan dukungan rekaman video 1080p. 

5. Selisih Kapasitas Baterai dan Teknologinya

OPPO Reno3

OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 bisa dibilang memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar. Hanya saja ada sedikit selisih kapasitas baterainya. OPPO Reno3 dibekali baterai Li-Po 4025 mAh sementara OPPO Reno4 hadir dengan baterai Li-Po 4015 mAh

Keduanya tampak memiliki kapasitas baterai yang hampir sama. Karena pembeda 10 mAh tidak akan terlalu jauh jika seandainya keduanya memakai chipset yang sama. Karena chipset yang berbeda, jelas menilik kapasitasnya saja tidaklah cukup.

Yang menarik justru ada di teknologi pengisian cepatnya. OPPO Reno3 hadir dengan dukungan VOOC 3.0. OPPO mengklaim jika dengan teknologi ini, OPPO Reno3 dapat terisi sampai 50% dari 0% hanya dalam waktu 30 menit saja. Untuk mencapai penuh, waktu pengisian yang dibutuhkan adalah 73 menit saja.

OPPO Reno4 lain cerita. Ponsel ini sudah mendukung teknologi 30W VOOC Flash Charge 4.0. Dengan teknologi ini, OPPO Reno4 diklaim dapat terisi dari 1 sampai 50% hanya dalam waktu 20 menit saja. Lebih cepat dari VOOC 3.0 OPPO Reno3.

Selain itu, OPPO Reno4 dilengkapi dengan fitur Super Power Saving Mode. Dengan fitur ini, jika baterai OPPO Reno4 ada di kondisi 5%, ponsel ini masih dapat digunakan untuk chat di WhatsApp. Sebuah fitur yang tergolong menarik.

Kelima poin tersebut merupakan pembeda paling jelas dari kedua ponsel ini. Ada juga pembeda lain diantara kedua ponsel ini meski tidak kentara, yakni soal layar. OPPO Reno3 dan OPPO Reno4 sama-sama menawarkan layar AMOLED 6,4 inci 1080 x 2400 piksel.

Pembeda di layar ini ada di bagian screen-to-body ratio. OPPO Reno3 memiliki 84.2% screen-to-body ratio sementara OPPO Reno4 hanya 83,5%. Menariknya, OPPO Reno4 memakai panel AMOLED dari Samsung, yakni Super AMOLED.

Persamaan lain dari kedua ponsel adalah sama-sama menawarkan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Hanya saja OPPO Reno3 di toko online dijual di kisaran Rp4,6 jutaan sementara OPPO Reno4 dijual kisaran Rp4,3 jutaan.

Dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan jika OPPO Reno3 terbilang unggul di sektor kamera. Sementara OPPO Reno4 hadir dengan chipset yang lebih baik dan teknologi pengisian yang lebih cepat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *