Yuk Kenali Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F Ini!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Naik daunnya OPPO Reno4 F di industri ponsel pintar, telah mendorong OPPO untuk meramu produk anyar berlabel Reno5 F pada pertengahan Maret 2021. Bila ditelisik kedua ponsel berakhiran "F" ini dibekali beberapa kesamaan salah satunya penggunaan teknologi Bluetooth 5.1, yang menjanjikan dapat melakukan transfer dengan kecepatan lebih dari 2 Mbps.

Sama-sama belum diberkati oleh teknologi NFC, kedua perangkat ini menghadirkan beragam sensor mulai dari kompas, proksimiti, gyro, akselerometer, hingga tata letak pemindai sidik jari yang berada di bawah layar dan optik. Untuk berkenalan lebih jauh dengan Reno4 F dan Reno5 F kamu dapat membaca spesifikasinya berikut ini:

Spesifikasi OPPO Reno4 F

Oppo Reno4 F

  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci
  • Chipset: Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP + 2 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO Reno5 F

  • Layar: AMOLED 6,43 inci
  • Chipset: Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4310 mAh

Perbedaan OPPO Reno4 F dan OPPO Reno5 F

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang ialah apakah kedua ponsel OPPO ini punya perbedaan? Tentu saja! Jika kamu perhatikan spesifikasi di atas dengan seksama, dipastikan kamu sudah bertemu dengan perbedaan antara Reno4 F dan Reno5 F. Agar kamu yakin akan perbedaan yang telah kamu temukan pada spesifikasi di atas, Carisinyal akan menjabarkannya berikut ini:

1. Tampilan

oppo reno4 f quad camera

Baik Reno4 F maupun Reno5 F diusung oleh konsep layar yang mirip yakni Punch Hole. Lubang tersebut berfungsi sebagai tempat tidurnya kamera selfie yang berlokasi di kiri atas layar perangkat. Hanya saja milik Reno4 F berbentuk lonjong horizontal karena menyematkan dua sensor di kamera depan, sedangkan Reno5 F dirancang bulat kecil seperti choco chips.

Sementara pada bagian belakang, keduanya terbuat dari material plastik tetapi dengan desain berbeda. Area cangkang Reno4 F terlihat anggun dengan gradasi dua warna yang dimeriahkan oleh kamera utama berbentuk kotak dengan empat sensor di dalamnya. Dilengkapi LED flash yang duduk sebelahan kamera utama dan seperti biasa terukir tulisan "OPPO" di kanan bawahnya.

Beralih ke sisi belakang Reno5 F yang ternyata mempunyai bahasa desain serupa dengan pendahulunya, tetapi ada sedikit perubahan pada bingkai kameranya. Untuk bingkai kamera Reno5 F dibuat persegi panjang ke bawah, sebab selain empat sensor pada kamera utama telah disematkan sebuah lingkaran bertuliskan AI yang menandakan kehadiran fitur kecerdasan di kamera utamanya.

Mengulik tentang teknologi layar, kedua ponsel yang dibuat dengan ukuran layar 6,43 inci ini membawa panel berlainan. Super AMOLED ditunjuk oleh Reno4 F sebagai teknologi panelnya, diklaim menyuguhkan kontras warna lebih apik. Sedangkan, Reno5 F memikul panel AMOLED punya tampilan warna jelas tetapi tidak sebaik milik reno4 F.

Kedua ponsel garapan OPPO ini bisa dikatakan punya dimensi yang sangat tipis gap-nya, seakan tidak ada celah sama sekali. Berbobot 164 gram, tubuh OPPO Reno4 F memiliki dimensi 160.1 x 73.8 x 7.5 mm. Sementara, OPPO Reno5 F yang dilahirkan dengan berat 172 gram punya dimensi 160.1 x 73.2 x 7.8 mm. Tampaknya OPPO Reno5 F sedikit lebih gemuk daripada seniornya.

2. Pondasi OS dan Interface

mediatek-helio-p95-vs-p90

Apakah kelahiran OPPO Reno5 F diiringi dengan perombakan dapur pacu? Dalam hal dapur pacu, OPPO memutuskan untuk menyematkan SoC yang sama pada Reno5 F seperti Reno4 F. Keduanya dipatri dengan MediaTek MT6779V Helio P95 bermanufaktur 12 nanometer yang terbuat oleh Octa-core terdiri dari dua inti Cortex-A275 berkecepatan 2.2 GHz dan enam inti Cortex-A55 berukuran 2.0 GHz.

Punya kartu grafis yang seimbang yaitu PowerVR GM9446, ternyata sistem operasi dan sistem antarmuka kedua ponsel canggih ini terjadi divergensi. Pada Reno4 F masih mengandalkan sistem operasi Android 10, yang memiliki fitur seperti Sharing Wi-Fi, Smart Reply, Sound Amplifier, Focus Mode, Live Caption, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Beranjak ke Reno5 F yang sudah memanfaatkan sistem operasi terkini yaitu Android 11. Dengan sistem operasi ini, pengguna Reno5 F bisa mencicipi aneka fitur menarik dan terbaru mulai dari mengakses ke mini gim, mengganti ukuran picture-in-picture, pengaturan Smart Home di tombol daya, menengok histori notifikasi, hingga penggunaan "Do Not Distrub" Mode.

Menuju sistem antarmuka, Reno4 F berlandaskan ColorOS 7.2 yang membawa deretan fitur canggih, antara lain Smart Rotation yang memungkinkan kamera depan mengetahui orientasi muka pengguna.

Lalu, ada Smart Air Control yang membuat pengguna bisa berkoneksi dengan perangkat mesti tidak menyentuhnya, dan AI APP Preloading yang mendorong perangkat membuka aplikasi lebih cepat 23,63%.

Sementara itu, pengguna Reno5 F akan diajak menjelajahi beragam fitur hebat dari sistem interface ColorOS 11.1. Beberapa fitur tersebut seperti Adjustable Gaming Touch untuk memaksimalkan algoritma sentuh, Bullet Screen Message untuk menangkap pesan penting tanpa menghentikan aplikasi permainan, dan Three Finger Translate dengan google untuk memudahkan proses terjemahan.

3. Konfigurasi Kamera

Senang sekali kalau lihat Reno4 F dan Reno5 F akur pada aspek kamera utama. Yap, bisa dibilang perbedaan keduanya hanya terletak pada sensor kedalaman dan makro. Selebihnya, untuk sensor lebar serasi dengan ukuran 48 MP yang diafragmanya f/1.7 dan sensor ultra lebar beresolusi 8 MP ber-aperture f/2.2. Tak lupa mengundang fitur LED flash, HDR, dan panorama.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram