carisinyal web banner retina

Perlu Tahu, Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 22 September 2021

OPPO Reno6 telah hadir mendiami pasar smartphone kelas menengah di Tanah Air. Secara otomatis, tidak heran jika banyak fans OPPO yang ingin tahu perbedaannya dengan OPPO Reno5. Pasalnya, kedua ponsel ini sama-sama hadir di tahun 2021.

Dengan jarak rilis yang tidak terpaut jauh karena dirilis di tahun yang sama, mungkin ada pengguna OPPO Reno5 yang menyesal karena tidak menunggu untuk membeli OPPO Reno6. Di samping itu, pengguna OPPO Reno4 keluaran 2020 mungkin terbesit keinginan untuk upgrade ke generasi berikutnya.

Pertanyaannya, manakah yang worth it antara OPPO Reno5 dan OPPO Reno6? Apakah peningkatan yang dihadirkan cukup menarik untuk mendorong orang-orang melakukan upgrade dari OPPO Reno4?

Carisinyal akan berusaha menjawabnya pada artikel perbedaan OPPO Reno4, OPPO Reno5, dan OPPO Reno6 di bawah ini. Sebagai catatan, versi ketiga ponsel yang kami bahas di artikel ini adalah versi LTE.

Spesifikasi OPPO Reno4

Oppo Reno4
  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 6,4 inci FHD+
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4015 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi OPPO Reno5

Oppo Reno5 4G

  • Rilis: Januari 2021
  • Layar: AMOLED 6,43 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4310 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO Reno6

Perlu Tahu, Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 3
  • Rilis: Juli, 2021 (Indonesia)
  • Layar: AMOLED 6,4 inci, Full HD+
  • Chipset: Snapdragon 720G
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4310 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan OPPO Reno4, OPPO Reno5, dan OPPO Reno6

Untuk bisa menentukan mau memilih yang mana, Anda harus mengetahui dulu poin-poin perbedaan ketiga anggota OPPO Reno series, yakni seperti yang di bawah ini.

1. Ketersediaan NFC

oppo reno5 5g nfc 2

Sebagai ponsel yang berada di rentang harga menengah, sudah sewajarnya ketiga ponsel OPPO Reno ini menghadirkan konektivitas NFC. Sekadar informasi, NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang berfungsi untuk melakukan transaksi secara cashless yang praktis.

Anda juga tak perlu repot melakukan pairing seperti Bluetooth jika hendak mengirim file pakai NFC. Cukup dengan tempelkan belakang bodi HP dengan HP lainnya, maka file akan langsung terkirim. Sayangnya, hanya OPPO Reno5 dan Reno6 yang dibekali dengan NFC tersebut.

OPPO Reno4 yang dirilis pada tahun 2020 belum menyuguhkan fitur NFC, sekalipun berada pada segmen harga mid-range, tepatnya Rp5 jutaan. Bisa jadi, OPPO memang belum melihat urgensi untuk hadirkan NFC pada OPPO Reno4 saat itu.

2. Resolusi Kamera

Perlu Tahu, Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 6

Daya tarik utama yang disuguhkan OPPO Reno series adalah kameranya. Nah, rupanya OPPO Reno4 memiliki resolusi kamera yang sedikit berbeda ketimbang Reno5 dan Reno6, baik itu dari segi kamera belakang maupun kamera depannya.

Resolusi kamera utama dari OPPO Reno4 adalah 48 MP wide-angle dengan bukaan f/1.7 dan ukuran sensor 1/2.0 inci. Sementara pada OPPO Reno5 dan Reno6, resolusi main camera-nya meningkat jadi 64 MP wide-angle pada bukaan f/1.7 dan sensor berukuran 1/1.73 inci.

Ketiga HP OPPO Reno series tersebut hadir dengan konfigurasi lensa pendamping yang sama, yakni kamera 8 MP ultrawide yang punya FOV (field of view) 119 derajat, lensa 2 MP makro, dan terakhir adalah sensor 2 MP depth (kedalaman).

Selain main rear camera, OPPO Reno4 juga punya lensa depan dengan resolusi berbeda yakni 32 MP f/2.4 dengan ukuran sensor 1/2.8 inci. Di sisi lain, lensa kamera depan OPPO Reno5 dan Reno6 memiliki resolusi 44 MP f/2.4 dengan focal length 24 mm.

3. Kapasitas Baterai dan Fast Charging

oppo reno4 f baterai awet

Bukan rahasia lagi kalau baterai menjadi salah satu pertimbangan terpenting pada sebuah HP. Kebetulan, ada sedikit perbedaan kapasitas pada baterai ketiga ponsel ini.

OPPO Reno4 yang menggunakan sistem operasi Android 10 pada perilisannya ini memiliki kapasitas baterai Li-Po 4015 mAh, sedikit lebih kecil dibanding OPPO Reno5 dan Reno6 yang punya kapasitas 4310 mAh. Perbedaan yang sedikit sekali, bukan? Ketahanan baterai ketiga ponsel ini pun tidak akan jauh berbeda pada prakteknya.

Nah, jika ingin mengetahui perbedaan yang lebih kentara, lihat saja pada kemampuan fast charging ketiganya. OPPO Reno4 masih dihadirkan dengan daya pengisan cepat 30 W. Berbeda dengan kedua generasi setelahnya yang sudah menggunakan fast charging 50 W.

Menurut laman resminya, OPPO Reno5 dan Reno6 memiliki durasi pengisian daya yang memakan waktu 48 menit saja. Sedangkan, OPPO Reno4 mencapai 100% dengan durasi sedikit lebih lama, yakni 57 menit.

4. Desain Bodi

Perlu Tahu, Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 9

Siapapun yang pernah memegang bodi OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 akan setuju kalau mereka bertiga ini memiliki bodi yang super slim. Secara kasat mata memang tidak ada yang berbeda jauh dari tampilan desain bodinya. Namun saat diperhatikan lebih seksama, ada beberapa perubahan tampilan yang patut diketahui.

OPPO Reno4 hadir dengan tampilan depan yang agak unik, menyuguhkan Dual Punch Hole sebagai kamera depannya. Akan tetapi, sensor keduanya ini bukanlah ditujukan untuk kebutuhan fotografi melainkan untuk mendukung fitur-fitur unik yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna, seperti AirControl dan Smart Privacy Prevention.

Ketiganya juga hadir dengan varian warna yang berbeda-beda. Di bagian OPPO Reno4, Anda bisa memilih salah satu dari opsi Space Black dan Galactic Blue. Dalam hal ini, warna Galactic Blue memiliki warna biru yang condong lebih tua.

Pada OPPO Reno5, diperkenalkannya lah untuk pertama kali teknik pewarnaan bodi dengan sebutan OPPO Reno Glow. Fitur desain ini dibawa ke OPPO Reno6, namun dengan peningkatan yang lebih dahsyat lagi. OPPO Reno5 hanya memiliki tiga lapisan Diamond Spectrum sedangkan Reno6 punya lima lapisan Diamond Spectrum.

Alhasil, bodi pada Reno6 memang mampu menampilkan jutaan warna ketimbang OPPO Reno5 yang hanya mendukung spektrum ribuan warna saja. Untuk opsi warnanya, OPPO Reno5 menawarkan Fantasy Silver dan Starry Black, mirip-mirip dengan OPPO Reno6 yang suguhkan warna Aurora dan Stellar Black.

5. Berat dan Dimensi

oppo reno 4

Dari tahun ke tahun, bentukkan bodi OPPO Reno nampaknya tidak begitu banyak mengalami perubahan. Kendati begitu, nyatanya dimensi dan bobot dari ketiga produk Reno Series ini agak berbeda. OPPO Reno4 contohnya, hadir dengan berat 165 gram.

Angka tersebut masih relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan OPPO Reno5 dengan berat 171 gram. Dan rupanya, bobot Reno5 hanya meningkat sedikit menjadi 173 gram.

Secara garis besar, OPPO Reno4 merupakan pilihan yang paling nyaman digunakan karena beratnya yang ringan, lebih enak digenggam lama-lama tanpa membuat tangan pegal. Pun dengan ketebalannya, OPPO Reno4 dan Reno5 memiliki ketebalan 7,7 mm sedangkan OPPO Reno6 sedikit lebih tebal yakni 7,8 mm.

Adapun panjang dan lebarnya turut berbeda, seperti OPPO Reno4 yang menawarkan dimensi bodi 160,3 x 73,9 mm, OPPO Reno5 dan Reno6 dengan dimensi 159,1 x 73,3 mm.

6. Fitur Kamera

Perlu Tahu, Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 12

Sebagai penikmat fotografi, Anda mungkin akan senang mengetahui OPPO Reno4, Reno5, dan Reno6 sama-sama punya fitur kamera yang menarik dan unik. Fitur ini akan membuat pengalaman memotret dan merekam jadi lebih bervariasi. Dan kalau hasilnya diunggah, pasti akan menarik minat banyak orang yang melihatnya.

Dimulai pada OPPO Reno4, ponsel tersebut dibekali dengan AI Color Portrait dan juga AI Monochrome. Yakni, sebuah kemampuan kamera untuk mengisolasi subjek agar menjadi satu-satunya yang berwarna, sedangkan bagian background-nya menjadi hitam-putih.

AI Color Portrait bekerja pada foto. Sementara itu, AI Monochrome akan membuat perekaman video hanya menampilkan satu warna yang dipilih. Misalnya Anda memilih warna merah, maka hanya benda yang berwarna merah sajalah yang muncul secara berwarna sementara sisanya menjadi monokrom.

Kedua fitur ini, bersamaan dengan AirControl (bernavigasi tanpa menyentuh layar) dan Smart Spying Prevention (menyembunyikan notifikasi pesan saat ada sorotan mata orang lain yang terdeteksi) turut dibawakan juga ke OPPO Reno5 dan OPPO Reno6.

Lalu pada OPPO Reno5, konsumen pun kembali disuguhkan dengan fitur baru yang dinamakan AI Mixed Portrait. Fitur ini membuat pengguna dapat menggabungkan video potret diri dengan video latar, baik itu secara blend ataupun siluet. Pada OPPO Reno5 juga diperkenalkan fitur videografi bernama AI Highlight.

Fitur AI Highlight menggunakan algoritma untuk mencerahkan bagian-bagian pada video yang terlihat gelap, serta menghadirkan efek HDR yang akan membuat kontras menjadi lebih luas.

Seolah fitur-fitur ini tidak cukup, OPPO juga menambahkan fitur baru lainnya pada OPPO Reno6. Adalah Bokeh Flare Portrait, sebuah fitur andalan yang bisa secara otomatis memberikan efek bokeh (background blur) pada video yang sedang direkam.

Masing-masing generasi menawarkan fitur kamera baru untuk membuat pengalaman fotografi dan videografi selalu tetap fresh.

Simpulan

Baiklah, terlihat jelas masing-masing "kontestan" pada trio OPPO Reno series ini punya segudang kelebihan dibanding ponsel-ponsel lainnya. Dari fitur software-nya yang ciamik hingga fasilitas kamera yang kental akan proses content creation, baik OPPO Reno4, Reno5, maupun Reno6 punya keunikannya tersendiri.

Pada mulanya, OPPO Reno4 dan Reno5 dibanderol dengan harga Rp5 juta saat rilis. Agak sedikit berbeda dengan OPPO Reno6 yang punya harga rilis Rp5,2 juta. OPPO Reno4 masih terbilang worth it, tapi hanya satu yang disayangkan: tidak ada NFC.

Belum lagi, pengisian daya 30 W miliknya terbilang sedikit outdated untuk ponsel 5 jutaan zaman sekarang. Toh, sudah ada beberapa HP 3 jutaan yang menawarkan daya secepat ini, lho!

Dua HP yang nyaris tidak memiliki perbedaan adalah OPPO Reno5 dan Reno6, mengingat keduanya hadir dengan resolusi kamera yang sama dan sudah sama-sama menyuguhkan NFC.

Buat kami, tidak ada alasan untuk tidak memilih OPPO Reno6. Dengan redefinisi desain bodi yang terbarukan serta tambahan fitur eksklusif Bokeh Flare Portrait, ini bisa jadi kesempatan emas Anda untuk tampil beda di kanal TikTok ataupun Instagram.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram