carisinyal web banner retina

Cari Tahu 6 Perbedaan OPPO Reno8 5G dan Reno8 T 5G Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Untuk dapat menggapai lebih banyak lagi audiens, OPPO kembali mengeluarkan varian lain dari OPPO Reno8. Varian ini disebut dengan nama OPPO Reno8 T 5G yang membawakan peningkatan dari sisi resolusi kameranya.

Huruf "T" pada namanya tersebut memiliki arti "topped up" sehingga wajar jika kita mengasumsikan HP tersebut merupakan varian dengan spesifikasi lebih mumpuni. Meskipun begitu, kenyataannya adalah OPPO Reno8 T 5G merupakan varian yang lebih terjangkau.

Walau dua-duanya menggunakan jaringan seluler 5G, OPPO Reno8 5G masih lebih unggul karena membawakan chipset lebih bertenaga. HP ini juga masih memiliki fitur-fitur perekaman video yang lebih lengkap ketimbang varian "T" tersebut.

Daripada salah dalam membeli, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai perbedaan OPPO Reno8 5G dengan OPPO Reno8 T 5G. Kini tidak perlu menebak-nebak lagi, karena Tim Carisinyal telah merangkum poin-poin perbedaan keduanya di bawah ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1300
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

OPPO Reno8 T 5G
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (microscope)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Reno8 5G dan Reno8 T 5G

Sedikit bocoran, OPPO Reno8 memiliki performa yang lebih tinggi dari OPPO Reno8 T 5G. Ketahui lebih lengkap lagi dengan membaca poin-poin perbedaan berikut ini.

1. Dimensity 1300 vs. Snapdragon 695

MediaTek Dimensity 1300

Di antara kedua HP ini, OPPO Reno8 5G merupakan opsi yang lebih layak untuk dijadikan sarana bermain gim berat atau rendering. Ponsel ini dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 1300, sedangkan OPPO Reno8 T 5G membawakan Snapdragon 695. Kedua SoC ini berada di segmen harga yang berbeda.

Kita bahas sedikit dulu spesifikasi teknisnya, ya. Pada Dimensity 1300, tersedia delapan inti prosesor yang membawakan satu inti prima Cortex A78 dengan clock speed 3.0 GHz.

Sisa intinya merupakan klaster high performance bermuatkan dua inti Cortex A78 di frekuensi 2.6 GHz, dan klaster efisiensi daya Cortex A55 yang beroperasi pada kecepatan 2.0 GHz. SoC ini dikemas dengan kartu pengolah grafis Mali G77 MC9.

Di sisi lain, Snapdragon 695 5G merupakan opsi chipset dari kubu Qualcomm yang membawakan dua unit Kryo 660 Gold (Cortex A78) pada frekuensi 2.2 GHz dan enam inti Kryo 660 Silver (Cortex A55) berkecepatan 1.7 GHz. SoC ini dipadukan dengan kartu pengolah grafis Adreno 619 yang berlari pada frekuensi 840 MHz.

Untuk mengetahui gambaran mengenai performa keduanya, kita bisa mengacu pada skor benchmark yang dihasilkan masing-masing chipset. Dimensity 1300 yang mengotaki OPPO Reno8 5G meraih skor AnTuTu v9 hingga 681.309 poin, sekitar 70% lebih tinggi dari skor Snapdragon 695 di angka 399.762 poin, dilansir dari Nano Review.

Lanjut ke skor Geekbench 5, lagi-lagi Dimensity 1300 mendapat skor yang jauh lebih tinggi yaitu 941 poin pada single core serta 3168 poin pada multi-core. Sementara, Snapdragon 695 cukup tertinggal jauh dengan skor single core sebesar 694 poin dan skor multi-core hingga 1998 poin.

Perbedaan tak hanya pada pemilihan chipset melainkan juga pada tipe memorinya. OPPO Reno8 diketahui berjalan pada penyimpanan UFS 3.1 sedangkan OPPO Reno8 T 5G hanya memiliki standar memori UFS 2.2. Yang pertama ini punya kecepatan transfer rate lebih unggul dari yang kedua.

2. Resolusi Kamera

oppo reno8 kamera__1

Tidak dapat dipungkiri bahwa OPPO Reno8 5G adalah smartphone di kelas harga lebih tinggi. Ini sungguh tercermin pada fitur-fitur kamera yang dimilikinya. Pertama-tama, OPPO Reno8 memiliki setup tiga kamera pada formasi 50 MP (wide angle) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (makro).

OPPO Reno8 mendukung stabilisasi gyro-EIS pada perekaman videonya, bahkan pada kamera selfie-nya juga. Serta, HP ini juga dapat merekam pada frame rate 60 FPS di resolusi 1080p. Ponsel juga diketahui dapat merekam hingga resolusi 4K, sehingga tidak ada detail yang hilang ketika melakukan zoom saat pengeditan video.

Hadirnya kamera ultrawide pada OPPO Reno8 5G juga membuka kesempatan lebih lebar untuk mendapatkan hasil potret maksimal. Berbeda dengan OPPO Reno8 T 5G yang tidak menyediakan ultrawide sama sekali.

Alih-alih lensa ultralebar, OPPO malah menyematkan kamera microscope pada OPPO Reno8 T 5G sebagai pendamping kamera utama yang punya resolusi 108 MP. Selain itu, ada satu kamera lainnya yang mengusung resolusi 2 MP pada fungsi makro.

Meski punya resolusi kamera jumbo, OPPO Reno8 T 5G tidak dapat merekam pada frame rate 60 FPS. Tidak ada juga dukungan 4K recording, ponsel hanya sanggup merekam pada resolusi maksimal 1080p di 30 FPS.

Mungkin OPPO Reno8 T 5G ini tergolong cocok untuk memotret gambar dengan penuh detail, tapi tidak saya rekomendasikan untuk aktivitas pembuatan konten TikTok. Oh ya, tidak ada juga perekaman gyro-EIS sehingga video yang dihasilkan tidak akan sestabil saudaranya tersebut.

3. Kehadiran Stereo Speaker

oppo reno8 t 5g

Untuk menunjang multimedia dengan lebih baik, OPPO menyematkan konfigurasi dual stereo speaker pada OPPO Reno8 T 5G. Hasil suara yang dikeluarkan cukup berkualitas dan lantang, apalagi terdapat fitur untuk memaksimalkan volume suara hingga 200%.

Stereo speaker akan terasa berguna jika sedang menonton film yang punya audio dual channel. Misalnya ketika menonton film horor, asal suara yang dikeluarkan bisa teremulasi pada stereo speaker tersebut.

Disayangkan, OPPO Reno8 yang dibanderol dengan harga lebih mahal justru tidak dibekali dengan stereo speaker ini alias masih mono. Kedua smartphone sama-sama tidak memiliki 3.5 mm earphone jack.

4. Baterai dan Fast Charging

oppo reno8 t 5g baterai_

Tak ada satu pun dari dua HP ini yang memiliki kapasitas baterai besar. Sementara OPPO Reno8 5G memiliki kapasitas 4.500 mAh, varian "T"-nya hanya sedikit lebih unggul di angka 4.800 mAh.

OPPO Reno8 5G diketahui sanggup mengecas lebih cepat dikarenakan ada fast charging 80 W. OPPO menyebutkan kalau HP ini bisa dicas hingga 100% dalam waktu 28 menit saja. Agak sedikit berbeda dengan OPPO Reno8 T 5G yang punya fast charging 67 W. Ia membutuhkan waktu lebih lama untuk dicas sampai penuh, makan waktu sekitar 44 menit.

5. Versi Bluetooth dan Wi-Fi

OPPO Reno8 T 5G_

OPPO Reno8 5G memiliki versi Bluetooth 5.3 yang lebih unggul, Ini adalah salah satu versi Bluetooth tertinggi di industri smartphone, memiliki latensi yang lebih rendah juga tidak begitu boros baterai.

Ponsel ini juga diketahui mendukung protokol Wi-Fi 6 yang umumnya hanya dimiliki oleh HP flagship. Dengan protokol Wi-Fi tersebut, OPPO Reno8 5G dapat terhubung ke router Wi-Fi 6 sehingga mendapatkan kecepatan jaringan yang lebih stabil dan cepat.

Berbeda dengan OPPO Reno8 T 5G yang menghadirkan Bluetooth 5.1, namun tentunya sudah disertai aptX HD, A2DP, dan LE. Varian T ini juga hanya berjalan pada protokol Wi-Fi dual band 802.11 a/b/g/n/ac alias Wi-Fi 5.

6. Desain Bodi

OPPO Reno8 T 5G

Keduanya punya tampilan luar yang begitu terlihat beda. OPPO Reno8 menampilkan modul kamera dalam bentuk bump persegi, menampung dua lingkaran besar yang disusun vertikal, menyisakan dua lingkaran kecil di sampingnya berupa kamera makro dan lampu LED Flash.

OPPO Reno8 T 5G menyuguhkan sesuatu yang lebih kalem dan minimalis. Tampilan belakangnya tidak terlalu cluttered, karena ada dua lingkaran besar yang menampung semuanya. Kamera utama diletakkan pada lingkaran atas, sementara lingkaran bawah dipakai untuk menampung kamera pendamping sekaligus lampu flash.

Pada OPPO Reno8 T 5G, dua lingkaran ini dihiasi dengan elemen visual lonjong yang memanjang secara vertikal, dari ujung atas hingga melebihi 50% sisi atas bodi.

Di sisi layar, OPPO Reno8 menampilkan lubang kamera punch hole di pojok kiri atas sedangkan OPPO Reno8 T 5G menampilkannya di tengah atas. Layar varian OPPO Reno8 juga dilapisi dengan Gorilla Glass 5 untuk menjaganya dari risiko baret dan retak, sedangkan OPPO Reno8 T 5G menggunakan kaca pelindung Asashi Glass AGC DT-Star2.

Simpulan

OPPO Reno8 dan OPPO Reno8 T 5G sama-sama dua smartphone yang mumpuni untuk menunjang aktivitas fotografi Anda. Tapi, OPPO Reno8 nyatanya lebih bagus dari sisi perekaman video karena sudah ada stabilisasi EIS di kamera depan dab belakang.

OPPO Reno8 T 5G memiliki keunggulan dari segi resolusi kameranya, mampu menangkap detail yang lebih banyak pada sebuah foto agar bisa di-zoom beberapa kali tanpa membuatnya terlihat buram. Cocok juga untuk dipakai memotret kemudian hasilnya dicetak sebagai spanduk.

Diketahui, OPPO Reno8 5G dibanderol dengan harga rilis Rp8 juta di pasar Indonesia. OPPO Reno8 T 5G memiliki harga rilis sebesar 10 juta dong Vietnam atau setara dengan Rp6,3 jutaan setelah dikonversikan. Pilih yang mana?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram