carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan OPPO Reno8 T dan Reno8 T 5G, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada Februari 2023, OPPO meluncurkan OPPO Reno8 T 4G di Indonesia di rentang harga Rp4 jutaan. Sebagai varian yang mengusung unsur "T" di namanya, HP ini mendatangkan peningkatan fitur dan spesifikasi ketimbang OPPO Reno8. Pasalnya, huruf "T" di sini memiliki makna "topped up" yang artinya "ditingkatkan".

Bukan hanya OPPO Reno8 T saja, OPPO Indonesia juga merilis varian 5G-nya ke pasaran, diberi nama OPPO Reno8 T 5G. Yang berbeda tidak hanya jaringan seluler yang didukungnya saja. OPPO turut berikan modifikasi yang diperlukan untuk membuat keduanya lebih bisa dibedakan.

Agar dapat mengetahui perbedaan kedua HP secara jelas, berikut ini adalah spesifikasi masing-masing ponsel beserta deretan poin perbedaan antara OPPO Reno8 T dan OPPO Reno8 T 5G. Mana yang jadi pilihan Anda?

Spesifikasi OPPO Reno8 T

OPPO Reno8 T
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 100 MP (wide) 2 MP (microscope) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

OPPO Reno8 T 5G
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (microscope)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Reno8 T dan OPPO Reno8 T 5G

Umumnya varian 5G dilengkapi dengan opsi chipset yang performanya jauh meningkat dibandingkan versi 4G-nya. Apa case ini berlaku juga pada OPPO Reno8 T dan OPPO Reno8 T 5G? Simak perbedaan keduanya berikut ini.

1. Helio G99 vs. Snapdragon 695 5G

mediatek helio g99

Kedua smartphone memiliki chipset yang berbeda. Pada OPPO Reno8 T yang versi LTE, menggunakan SoC kelas menengah dari MediaTek yaitu Helio G99 pada fabrikasi 6 nm. Sedangkan, OPPO Reno8 T 5G menggunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 695 5G (6 nm).

Helio G99 pada OPPO Reno8 T reguler mencakup delapan inti prosesor dengan dua unit Cortex A76 berkekuatan 2.2 GHz dan enam unit Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz. Menemani inti-inti tersebut adalah unit pemrosesan grafis yang dinamakan Mali G57 MC2.

Helio G99 dibangun atas fabrikasi 6 nm TSMC, sehingga memiliki efisiensi daya yang lebih unggul ketimbang Helio G95 dan Helio G96. SoC ini juga punya kapabilitas hardware yang mumpuni, seperti 120 Hz display dengan Intelligent Display Sync, kamera utama 108 MP, serta MediaTek HyperEngine 2.0 Lite untuk meningkatkan performa dalam gim.

Beralih ke OPPO Reno8 T 5G yang menggunakan Snapdragon 695 5G. Sang chipset besutan Qualcomm tersebut membawakan serangkaian teknologi menarik seperti Qualcomm Sensing Hub yang meningkatkan kemampuan asisten suara, Qualcomm AI Engine untuk meningkatkan kapabilitas pemotretan minim cahaya, mendukung layar 120 Hz dengan resolusi Full HD+, dan masih banyak lagi.

Snapdragon 695 juga mendukung konektivitas 5G dengan pita frekuensi Sub-6 dan mmWave, serta memiliki support terhadap TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing untuk cakupan 5G secara global.

Konfigurasi Snapdragon 695 mencakup dua unit high performance Kryo 660 Gold (berbasis Cortex A78) dengan clock speed 2.2 GHz. Selain itu, ada juga klaster hemat daya berisikan enam inti Kryo 660 Silver (berbasiskan Cortex A55) yang punya frekuensi 2.0 GHz.

Pihak Qualcomm menyebutkan kalau Kryo 660 tersebut menyediakan peningkatan performa sebanyak 15% dibandingkan generasi sebelumnya. Snapdragon 695 5G juga disertai dengan GPU berupa Adreno 619, disinyalir punya peningkatan performa sebanyak 30%. Tidak diketahui SoC mana yang dimaksud sebagai generasi sebelumnya. Kemungkinan sih Snapdragon 690 5G.

Menurut nanoreview, Helio G99 meraih skor AnTuTu v9 yang sangat tinggi di kelas mid-range yaitu 378.814 poin. Angka tersebut hampir menyamai Snapdragon 695 5G dengan skor yang sedikit lebih tinggi, yakni 378.814 poin.

Helio G99 pada OPPO Reno8 T memiliki skor Geekbench 5 sebesar 557 poin (single core) dan 1815 poin (multi-core). Angka ini tergolong lebih rendah dibanding skor Snapdragon 695 pada OPPO Reno8 T 5G, yaitu 694 poin (single core) dan 1998 poin (multi-core).

Pada aplikasi di dunia nyata, Anda bisa mendapatkan performa gim yang lebih baik pada OPPO Reno8 T 5G. Dukungan jaringan seluler 5G di HP ini juga menjamin pengalaman push rank yang lebih stabil dengan latensi rendah.

Di sisi lain, bukan berarti OPPO Reno8 T tidak layak untuk gaming. Kedua HP sama-sama dapat jalankan gim berat dengan frame rate tinggi, sebut saja MLBB, PUBG Mobile, Free Fire, COD M, dan gim populer lainnya. Bahkan Genshin Impact pun dapat dinikmati dengan performa yang relatif nyaman, asalkan pada pengaturan grafis terendah.

2. Resolusi Kamera Utama, 100 MP vs. 108 MP

oppo reno8 t 5g kamera_

Baik OPPO Reno8 T reguler maupun varian 5G-nya membawakan fitur kamera yang menarik, namun dengan resolusi yang sedikit berbeda. Di OPPO Reno8 T, Anda dapat menemukan sensor resolusi utama 100 MP pada konfigurasi triple camera, diiringi dengan dua kamera pendamping lainnya yaitu sensor mikroskop 2 MP dan sensor depth 2 MP.

OPPO Reno8 T 5G agak sedikit berbeda, di mana kamera utamanya memiliki resolusi 108 MP alih-alih 100 MP. Uniknya, dua kamera pendampingnya sama sekali tidak berbeda. Awalnya saya berpikir varian 5G akan membawakan sesuatu yang baru, seperti sensor ultrawide atau telefoto, misalnya.

Kedua ponsel memiliki dukungan video recording pada resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS, tanpa mendukung 60 Hz ataupun 4K. Absennya kedua fitur ini sudah jadi wajar untuk ponsel keluaran tahun 2023. Tampaknya masih terpengaruh oleh isu kelangkaan chipset, sehingga perusahaan harus cari cara untuk memangkas biaya produksi.

OPPO Reno8 T dan OPPO Reno8 T 5G punya konfigurasi kamera depan yang sama, yakni sensor 32 MP selfie camera dengan bukaan f/2.4 dan focal length 22 mm. Kedua smartphone tidak dibekali dengan stabilisasi gyro-EIS.

3. Ukuran Layar dan Refresh Rate

oppo reno8 t 5g layar_

Saya merekomendasikan OPPO Reno8 T 5G untuk yang menyukai layar lebar, karena memiliki dimensi diagonal sebesar 6,7 inci. OPPO Reno8 T reguler alias 4G hanya menyediakan ukuran layar 6,43 inci. Perbedaan kedua ukuran ini tergolong besar dan notice-able, apalagi ketika dibandingkan secara side-by-side.

Perbedaan berikutnya yang masih berkaitan dengan layar adalah refresh rate yang didukung. Di mana, OPPO Reno8 T 4G hanya dibekali dengan laju 90 Hz sedangkan OPPO Reno8 T 5G lebih unggul dengan refresh rate 120 Hz. Dengan kata lain, varian 5G akan menampilkan pergeseran layar yang lebih mulus, baik saat bermain gim yang mendukung atau ketika navigasi antarmuka dan aplikasi.

Kedua smartphone menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 untuk varian 4G, dan 1080 x 2412 untuk varian 5G). OPPO Reno8 T 4G diketahui dapat mencapai kecerahan tipikal 430 nit dan kecerahan puncak hingga 800 nit. Di sisi lain, OPPO Reno8 T 5G lebih unggul karena bisa meraih kecerahan tipikal 500 nit, 800 nit (HBM), dan kecerahan puncak 950 nit.

Melihat perbandingan kecerahan tersebut, dapat disimpulkan kalau OPPO Reno8 T 5G lebih nyaman digunakan di bawah terik matahari ketimbang varian 4G-nya. Perbedaan berikutnya juga terletak pada kaca pelindung yang dipakai. OPPO Reno8 T dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 sementara OPPO Reno8 T 5G menggunakan Asashi Glass AGC DT-Star2.

4. Baterai dan Kemampuan Fast Charging

oppo reno8 t baterai_

Dengan kapasitas 5.000 mAh, OPPO Reno8 T 4G bisa memberikan durasi penggunaan yang lebih panjang, walau perbedaannya tak terlalu signifikan. OPPO Reno8 T 5G dibekali dengan kapasitas lebih rendah walau tidak jauh berbeda, yaitu 4.800 mAh. Wajar, karena OPPO sengaja merancang varian 5G agar bobotnya lebih ringan.

Walau sedikit lebih kecil, baterai OPPO Reno8 T 5G bisa dicas dengan lebih cepat. Perangkat dibekali dengan kemampuan fast charging 67 W yang disinyalir dapat mengisi baterai dari 0-100% dalam waktu 33 menit.

OPPO Reno8 T 4G rupanya mendukung daya pengecasan yang setengah lebih rendah yaitu 33 W. Dengan daya tersebut, OPPO mengklaim ponsel dapat diisi hingga 54% dalam waktu 30 menit. Kedua HP juga ini sudah menggunakan port pengecasan USB Type-C 2.0 yang mendukung antarmuka on the go.

5. Ketersediaan 3.5 mm Jack Audio Port

oppo reno8 t 3 5 mm_

Pengalaman audio yang ditawarkan OPPO Reno8 T dan OPPO Reno8 T 5G cenderung menarik di kelasnya. Kedua HP ini sudah membawakan konfigurasi stereo speaker untuk pengalaman menonton dan mendengarkan lagu yang lebih immersive.

Bedanya, OPPO Reno8 T 4G tampil lebih unggul karena masih menyediakan 3.5 mm earphone jack agar dapat menghubungkan earphone biasa ke HP, tanpa melalui adapter. Hal ini membuat OPPO Reno8 T 5G kurang menarik lantaran tidak menyediakan port tersebut.

Jika ingin gunakan varian 5G sekaligus dengarkan musik pakai headset, harus menggunakan TWS Bluetooth. Atau, Anda juga bisa menghubungkan headset reguler ke port USB Type-C menggunakan adapter.

6. Desain, Bobot, dan Dimensi Bodi

oppo reno8 t dan oppo reno8 t 5g_

Karena masih berada dalam OPPO series yang sama, kedua HP ini memiliki desain bodi yang tidak beda jauh. Namun tetap saja ada sejumlah hal yang membuat keduanya terlihat berbeda.

Kedua ponsel sama-sama menghadirkan dua lensa besar yang dirangkai secara vertikal, dan tidak terlalu menonjol secara fisik. Bulatan pertama meliputi kamera utama, dan bulatan kedua mencakup dua lensa pendamping serta lampu LED Flash.

Pada OPPO Reno8 T, LED Flash tersebut terletak di sebelah kanan. Sedangkan, lokasi lampu tersebut di OPPO Reno8 T 5G ada di sebelah bawah. Kedua ponsel ini juga sama-sama memiliki elemen visual berbentuk oval yang memanjang dari sisi bodi paling atas ke 60% sisi bagian bawah.

Beralih ke sisi depan, kedua smartphone OPPO ini menampilkan lubang punch hole sebagai rumah bagi kamera selfie. OPPO Reno8 T menaruhnya di pojok kiri atas dan OPPO Reno8 T 5G meletakkannya di tengah atas. Ketimbang versi 5G-nya, OPPO Reno8 T menampilkan bezel yang lebih tebal, terutama pada bagian dagunya.

Pada OPPO Reno8 T, pilihan warna yang tersedia adalah Orange Sunset (oranye) dan Black Starlight (hitam). Versi 5G juga memiliki varian Black Starlight atau yang bisa juga disebut Midnight Black. Adapun varian warna lain yang tersedia adalah Dawn Gold atau Sunrise Gold.

Sebelumnya telah disebutkan kalau OPPO Reno8 T 5G hadir dengan kapasitas baterai lebih sedikit. Dampak baiknya, ponsel tersebut jadi punya bobot yang begitu ringan yaitu 171 gram, serta dimensi bodi sebesar 162.3 x 74.3 x 7.7 mm.

Varian 5G ini terbilang salah satu yang paling ringan di kelasnya. Agak berbeda dengan OPPO Reno8 T 4G yang punya bobot 180 gram untuk Sunset Orange (bahan material serat kaca) dan 183 gram untuk Black Starlight.

Ponsel ini juga diketahui sedikit lebih tebal, namun lebih pendek karena ukuran layarnya yang kecil. Dimensi pada bodi OPPO Reno8 T 4G adalah 160.8 x 73.8 x 7.8 mm.

Simpulan

Saat artikel ini tayang, OPPO Reno8 T 4G telah diumumkan di Indonesia dengan harga Rp4.899.000,-. Sementara, OPPO Reon8 T 5G belum dirilis ke Indonesia (per 7 Februari 2023), memiliki harga rilis 340 euro di Eropa atau setara dengan Rp5,5 jutaan.

Kedua ponsel ini tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Anda yang ingin rasakan ponsel dengan port audio serta dengan harga lebih terjangkau, OPPO Reno8 T 4G menjadi opsi yang tepat. Namun jika jaringan konektivitas 5G menjadi kriteria yang dicari, pilih OPPO Reno8 T 5G.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram