Yuk, Intip 7 Perbedaan POCO F3 GT dan POCO X3 GT Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Anda bisa melakukan transfer data dengan HP lain, mengecek saldo pada kartu eMoney, ataupun untuk bertransaksi pada merchant yang menyediakan opsi pembayaran via NFC.

Kendati begitu, mengingat POCO X3 GT belum dirilis ke Indonesia saat artikel ini ditulis, tidak ada yang tahu apakah varian Tanah Air memiliki NFC atau tidak. Soalnya, ketersediaan NFC pada POCO X3 GT adalah market-based.

4. Gorilla Glass 5 vs. Gorilla Glass Victus

Tidak ada yang tahu kapan kita akan tidak sengaja menjatuhkan ponsel, berujung pada kaca yang retak dan tidak nyaman untuk dipakai menonton. Untuk mengatasi hal ini, Xiaomi pun membekali kedua ponsel dengan lapisan kaca pelindung berupa Corning Gorilla Glass.

Corning Gorilla Glass adalah salah satu vendor kaca pelindung terbaik dan paling sering dipakai pada industri smartphone. Namun, Anda harus perhatikan generasi kaca pelindung mana yang digunakan.

POCO X3 GT adalah ponsel POCO pertama di dunia yang menggunakan Corning Gorilla Glass Victus, yakni versi tertinggi dan terkuat pada seluruh varian Gorilla Glass saat tulisan ini dibuat.

Anehnya, POCO F3 GT yang punya harga lebih tinggi justru hanya dihadirkan dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 saja. Gorilla Glass Victus diklaim mampu melindungi layar dari ponsel dari bekas goresan dan dapat bertahan ketika jatuh ke permukaan keras dari ketinggian hingga 2 meter.

Sedangkan, Gorilla Glass 5 merupakan dua generasi di bawah Victus yang diriils pada tahun 2016, disinyalir dapat menjaga layar ponsel saat terjatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter.

Pengguna yang ingin rasakan perlindungan terbaik pada layar akan lebih tertarik dengan POCO X3 GT. Dengan Victus, pengguna akan merasakan peace of mind yang lebih berkat layarnya yang tangguh.

5. Hadirnya Tombol Bahu Khusus Gaming

Kendati tidak digembor-gemborkan sebagai ponsel gaming secara gamblang, nyatanya POCO F3 GT memang punya fitur inovatif untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Menyerupai ASUS ROG Phone series, ponsel POCO ini turut dibekali dengan tombol fisik di bahu yang dapat digunakan sebagai tombol kontroler L + R.

Ini adalah pertama kalinya ponsel 5 jutaan dihadirkan tombol bahu, menjadikannya sebuah alternatif ponsel gaming yang murah ketimbang harus mendapatkan Xaomi Black Shark ataupun ASUS ROG Phone series.

Pengguna dapat memetakan kedua tombol tersebut pada dua area pada layar saat bermain game dari berbagai genre, baik itu game balapan seperti Asphalt 9, game shooter PUBG Mobile, atau MOBA seperti Mobile Legends.

Sementara pada POCO X3 GT, ponsel ini membawakan form factor yang biasa dimiliki semua ponsel pada umumnya. Sekalipun tidak memiliki tombol bahu seperti POCO F3 GT, tapi pengalaman gaming yang dihadirkan tidak kalah menarik berkat performa chipsetnya yang gahar.

6. Desain Bodi

Bagi Anda yang ingin menggunakan ponsel dengan desain bodi mencolok, baik POCO X3 GT maupun POCO F3 GT sama-sama layak jadi pertimbangan. Di antara keduanya, POCO X3 GT mungkin lebih bisa diterima oleh orang banyak karena desainnya yang dibuat lebih general, ketimbang POCO F3 GT yang punya ciri khas HP gaming.

Pada POCO X3 GT, terlihat adanya modul kamera belakang yang disusun secara vertikal dengan komponen silver yang mengelilingi kamera utama, menjadikannya terlihat seperti lensa DSLR. Warna bodinya tersedia pada tiga opsi, yakni Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White.

Kami pribadi sangat menyukai tampilan desain Stargaze Black yang menyuguhkan aksen glitter di area bawah belakang bodi, membuatnya terlihat seperti bintang-bintang di langit malam.

Sementara pada warna Wave Blue dan Cloud White, Anda akan menemukan tampilan warna biru dan putih yang berestetika dengan tekstur bergaris. Sehingga, bodi belakang pun tidak akan menjadi sarang noda sidik jari.

Di sisi lain, tidak hanya POCO X3 GT yang tawarkan desain menarik. Ada juga POCO F3 GT yang tampilkan desain bernuansakan gaming dengan aksen-aksen garis geometris dengan tulisan POCO di tengahnya.

Modul kameranya menampilkan tiga lensa belakang dengan cara yang unik, menampilkan lampu notifikasi Tactical RGB Glow yang salah satu fungsinya untuk memberikan indikasi kapasitas baterai pada warna-warna yang berbeda. Juga, tersedia lampu LED Flash yang berbentuk simbol petir yang menambah kesan gaming sebagai tema keseluruhan desain.

Hadirnya desain bodi yang distinctive pada kedua ponsel ini menjadikan POCO X3 GT dan F3 GT sebagai smartphone yang unik dari sisi luar. Anda lebih suka desain bodi yang mana?

7. Kapasitas Baterai

Memiliki ponsel dengan baterai besar adalah sebuah privilege. Dengan POCO X3 GT dan POCO F3 GT yang mengutamakan performa dan ketahanan baterai, Anda pun bisa bermain dan bekerja pada ponsel tanpa terlalu concerned terhadap keberadaan stop kontak di tempat Anda berada.

Masing-masing dari dua ponsel ini sudah menggunakan rentang kapasitas 5.000 mAh, kendati POCO F3 GT hadir dengan ukuran yang sedikit lebih tinggi, yakni 5.065 mAh. Perbedaan ini tidak akan terlalu berpengaruh dibandingkan POCO X3 GT dengan baterai 5.000 mAh.

GSM Arena mengatakan bahwa POCO X3 GT memiliki ketahanan baterai yang sangat baik, mampu bertahan 17 jam 19 menit pada pemakaian web browsing. Entah mengapa, durasi ini tidak lebih baik dari POCO X3 Pro dan POCO X3 NFC dengan kapasitas baterai yang sama.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram