Cermati 7 Perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT Ini!

Ditulis oleh Aris Wibowo

Untuk komponen lainnya, Snapdragon memasang GPU Adreno 730. GPU ini diklaim mengalami peningkatan llperforma hingga 30% dibanding GPU Adreno seri sebelumnya. Selain itu, SoC ini juga memiliki Snapdragon Sight yang dirancang untuk kalangan fotografer professional.

Tidak lupa, chipset fabrikasi 4nm ini didukung RAM 8 GB atau 12 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 3.1.

Yang membedakan antara dapur pacu POCO F4 dan POCO F4 GT ialah sistem pendinginan. Teknologi pendingin POCO F4 bernama LiquidCool Technology 2.0 ini terdiri dari tujuh lembar grafit peredam panas dan tempeng pendingin vapor chamber seluas 3112mm persegi.

Sedangkan teknologi pendingin POCO F4 GT menggunakan dual Vapor Chamber yang menyelimuti sisi SoC dan iC Charging secara terpisah dengan total area 4860 mm. luas area ini 170% lebih besar dibandingkan di POCO F3 GT. 

Lantas manakah yang memiliki performa terbaik? 

Bila merujuk pada hasil AnTuTu, POCO F4 mencetak skor 698.586. Sedang POCO F4 GT memiliki skor 952.124 . Dari Angka tersebut, jelas POCO F4 GT memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan HP lainnya.

3. Sistem Kamera POCO F4 Lebih Canggih dengan OIS

poco f4

Sebagai sebuah smartphone mid-range untuk gaming, POCO F3 dibekali modul kamera belakang yang unik. Dalam modul ini sekilas tampak ada 4 lingkaran lensa. Namun, ternyata satu lensa kecil merupakan mikrofon. 

Untuk kamera utama POCO F4. Hadir dengan modul kamera yang lebih kekinian, HP ini sama mengusung tiga kamera belakang ditambah lampu flash. Komposisi kameranya ialah kamera utama 64 MP bukaan f/1.79, kamera ultrawide 8 MP dan kamera macro 2 MP.

Hal yang menarik dalam kamera POCO F4 ialah adanya fitur penstabil gambar berbasis optik atau OIS. Selain itu, untuk sensor, POCO menggunakan sensor OmniVision. Untuk kamera depan terpasang kamera 20 MP f/2.45 dengan sensor SONY.

Dengan peningkatan yang dihadirkan, kamera ini bisa merekam video 4K 60 fps. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail dan dinamis.

Sementara itu, POCO F4 GT memang fokus untuk HP gaming. Namun, Xiaomi tetap menghadirkan fitur kamera yang berkelas.

POCO F4 GT menggunakan 3 kamera belakang dengan kamera utama 64 MP sensor Sony IMX f/1.9, kamera ultrawide 8 MP sensor Omnivision 120 derajat dan kamera makro 2 MP. Untuk kamera depan terpasang kamera 20 MP f/2.45 dengan sensor Sony.

Perbedaan kamera POCO F4 dan POCO F4 GT memang tampak di bagian sensor utama. Selain itu, POCO F4 GT dibekali teknologi Quad Bayer yang terbaru, yang berguna menyatukan empat piksel bersamaan jadi satu piksel raksasa. Hasil foto HP gaming ini sangat baik di berbagai kondisi cahaya, cukup detail dan minim noise.

4. Kapasitas Baterai dan Teknologi Fast Charging

poco f4 gt fast charging_

POCO F4 dan POCO F4 GT ternyata memiliki perbedaan baterai dan sistem pengisian cepat. Untuk kapasitas baterai, kedua HP Android ini tidak berbeda jauh. Dimana POCO F4 dibekali 4500 mAh. Sedangkan, bekal baterai POCO F4 GT berkapasitas 4700 mAh.

Guna mendukung pengisian daya baterai, Xiaomi juga sudah menghadirkan fitur fast charging. POCO F4 sudah mendukung fast charging 67W. Menariknya untuk POCO F4 GT sudah dibekali fitur fast charging 120W.

Menariknya, POCO menjanjikan bahwa HP akan terisi penuh dari 0-100% hanya dalam waktu 38 menit saja di POCO F4. Sedangkan POCO F4 GT hanya butuh waktu 17 menit dari 0-100%. Pengisian HP Android terbaru ini cukup cepat karna di F4 GT memiliki mode boost.

5. Jumlah Speaker POCO F4 GT Lebih Banyak

poco f4 gt speaker_

Untuk kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua HP POCO F series ini, sebaiknya kamu memperhatikan detail sistem operasi dan konektivitasnya. Meski sepele, fitur konektivitas dalam ponsel sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sistem operasi juga berguna dalam performa aplikasi.

Di bagian sistem operasi, kedua HP Android 5G sudah menggunakan sistem Android 12 dengan balutan MIUI 13.

Guna mendukung multimedia, POCO F4 dibekali speaker ganda dengan Dolby Atmos. Untuk urusan Bluetooth, menggunakan Bluetooth versi 5.2. Sedangkan, POCO F4 GT sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan empat stereo speaker dengan sentuhan dari JBL. Kedua HP Android Xiaomi ini juga sudah mendukung fitur 5G. 

Xiaomi juga menghadirkan fitur NFC ini pada varian POCO F4 dan POCO F4 GT. Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya.

6. Responsivitas Layar

poco f4 gt layar_

Perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT selanjutnya ialah di bagian layar. POCO F4 menggunakan layar panel AMOLED resolusi Full HD+ berukuran 6,67 inci. Layar ini sudah dibekali teknologi refresh rate 120 Hz dan touch sampling 360 Hz.

Menengok bagian layar POCO F4 GT, layarnya menggunakan panel AMOLED 6,67 inci resolusi Full HD+. Layar HP gaming ini dibekali teknologi yang cukup lengkap termasuk standar 10 bit yang tampilkan lebih dari 1 miliar warna, ada juga gamut warna DCI-P3 tampilan warnanya cukup akurat dan ada standar kualitas HDR10+.

Sebagai HP gaming, POCO F4 GT juga dilengkapi touch sampling 480 Hz. Artinya, layar HP ini lebih responsif terhadap sentuhan. Sayangnya, menurut Tech Advisor, layar HP ini memiliki perpindahan refresh rate yang biasa saja. Walaupun demikian hal ini tidak mengurangi performa HP kelas atas ini.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram