Inilah 6 Perbedaan Smartphone POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

4. Adu Daya Baterai Jumbo

poco m3 baterai

Pada kategori baterai kedua ponsel POCO ini telah disubsidi dengan daya yang melimpah ruah hingga mampu aktif hingga seharian penuh, akan tetapi keduanya mendapatkan suntikan jumlah daya yang berbeda. Pada POCO M3 menawarkan baterai Li-Po berdaya 6000 mAh, sedangkan POCO M3 Pro 5G harus puas dengan asupan daya sebesar 5000 mAh.

Berbicara teknologi pengisiannya, baik POCO M3 ataupun POCO M3 Pro 5G telah disokong oleh pengisian cepat bertenaga 18W. Tidak sampai di sana ternyata ada satu tambahan teknologi yang diselipkan pada POCO M3 yang tidak dimiliki POCO M3 Pro 5G yaitu pengisian balik, memungkinkan perangkat dapat mengisi daya perangkat lain.

5. Diferensiasi pada Konfigurasi Videografi

POCO M3 Pro 5G Camera

Menyelami sisi kamera dari kedua ponsel garapan POCO ini seperti tidak ada keganjilan dan semua tampak serupa dalam jumlah sensor serta resolusinya. Pada kamera utama baik POCO M3 ataupun POCO M3 Pro 5G punya tiga sensor meliputi 48 MP yang memiliki bukaan f/1.8 sensor wide dan sesetel 2 MP berdiafragma f/2.4 tersemat pada sensor kedalaman serta makro.

Namun, semua perbedaan mulai tersibak pada fitur kamera utama yang diangkutnya. POCO M3 menghadirkan fitur yang terdiri dari LED flash, HDR, dan panorama. Sedangkan, POCO M3 Pro 5G terdapat peningkatan dalam sensor flash-nya menjadi Dual-LED dual-tone flash, juga tak ketinggalan kehadiran fitur HDR dan panorama.

Lalu, untuk desain kamera belakang terlihat kentara bedanya. Pada POCO M3 versi original mempunyai kotak hitam sebagai tempat nangkringnya sensor-sensor yang berbentuk memanjang ke samping dengan tulisan POCO di sisi kanan atas. Sedangkan, POCO M3 Pro 5G menyuguhkan desain baru dengan kotak hitam memanjang vertikal disertai logo POCO di bawah sensor kameranya.

Pada sistem videografi di kamera belakang, kedua perangkat POCO tersebut kembali memperlihatkan sisi kesenjangannya. Konfigurasi video pada kamera utama POCO M3 mempunyai kualitas gambar dengan jumlah piksel 1080 dan jumlah frame tiap detiknya mencapai 30fps. Sementara, POCO M3 Pro 5G hadir dengan dua resolusi video yaitu 4K@30fps dan1080p@30/60/120fps.

Di sisi depan tidak lupa ada kamera selfie, keduanya menidurkan resolusi berkonfigurasi 8 MP tetapi dengan diafragma yang tidak selaras. Aperture yang dimiliki kamera selfie POCO M3 Pro 5G berukuran f/2.0 dan untuk POCO M3 berdiafragma f/2.1. Dengan menyuguhkan fitur yang sama yakni Panorama, bisa dibilang kualitas POCO M3 Pro 5G lebih jelas dalam memproduksi efek bokeh.

6. Perbedaan Lainnya

Price

Perbedaan lain yang bisa ditengok dari POCO M3 dengan POCO M3 Pro 5G yaitu teknologi Bluetooth yang dipasangkannya. Dalam hal ini POCO M3 Pro 5G mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Bluetooth versi 5.1 yang lebih terkini, jika dibandingkan dengan POCO M3 yang mentok pada edisi 5.0. Tentunya proses transfer data Bluetooth 5.1 jauh lebih cepat dan hemat daya.

Selanjutnya, bagi pengguna yang sering melakukan transaksi digital atau non-tunai maka POCO M3 Pro 5G akan memberikan kemudahan lewat fitur NFC (Near-Field Communication). Bagi pemilik POCO M3 tampaknya harus sabar karena perangkat telah dilahirkan tanpa disertai kehadiran fitur NFC.

Jika kamu berminat membawa pulang seunit POCO M3, maka setidaknya harus menyiapkan bujet sekitar Rp2,1 jutaan untuk tipe 4/128 GB. Sedangkan, POCO M3 Pro 5G melayang pada harga Rp3,1 jutaan per perangkat untuk model ruang penyimpanan berukuran 4/64 GB dan Rp3,5 jutaan untuk tipe 6/128 GB.

Simpulan

Dari perbincangan di atas dapat ditarik benang merahnya kalau POCO M3 punya ukuran layar yang lega, berprosesor dari Qualcomm, dan hadir dengan daya baterai 6000 mAh yang disertai dengan pengisian balik. Lalu, POCO M3 Pro 5G memiliki bodi yang ramping, kerapatan piksel yang tinggi, prosesor dari MediaTek, konfigurasi video yang rancak, punya fitur NFC, Bluetooth 5.1, dan jaringan 5G.

Demikianlah penjabaran dari perbedaan POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G, semoga dapat membantumu untuk memilih ponsel yang cocok di antara dua ponsel tersebut. Menurutmu adakah perbedaan lain dari kedua ponsel POCO tersebut? Bagi yang tahu coba komen di kolom komentar! Jangan lupa untuk ikuti dan pantau terus Carisinyal, yah!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram