Carisinyal / Realme 2020 / Wajib Tahu, Ini Dia Perbedaan Realme 6 dan Realme 7!

Wajib Tahu, Ini Dia Perbedaan Realme 6 dan Realme 7!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hanya dalam selang beberapa bulan saja setelah perilisan Realme 6 pada akhir Maret 2020, kini merk sub-brand OPPO ini telah mengeluarkan seri berikutnya, yakni Realme 7. Kehadiran Realme 7 di Indonesia pada September 2020 ini membawakan beberapa peningkatan dari beberapa parameternya.

Walau berbeda, kedua ponsel ini berjalan pada satu prinsip yang sama – menghadirkan value tinggi pada HP yang tergolong tidak begitu mahal.

Bahkan, Realme 6 dan Realme 7 adalah segelintir HP di segmen mid-range yang sudah menawarkan refresh rate 90 Hz pada layar. Ya, sudah tidak perlu lagi membeli ponsel sekelas flagship untuk menikmati kualitas layar yang smooth.

Kira-kira apa saja peningkatan yang terjadi? Perlu diingat, kedua ponsel ini masih dirilis pada tahun yang sama sehingga perubahan yang bisa diharapkan mungkin tidak terlalu banyak. Berikut adalah beberapa poin perbedaan antara Realme 6 dan Realme 7.

Spesifikasi Realme 6

Realme 6
  • Rilis:Maret, 2020
  • Layar: 6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~405 ppi)
  • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • Memori Internal: 64/4 GB, 128/6 GB, 128/8 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 7

Realme 7

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali G76 MC4 (900 MHz)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Realme 6 dan Realme 7

Dengan jarak waktu perilisan yang dekat, apakah Realme 7 berhasil membawakan peningkatan yang cukup drastis ketimbang pendahulunya? Simak poin-poin perbedaan Realme 6 dan 7 berikut ini.

1. Helio G90T vs. Helio G95

realme 7 helio g95

Dengan berkembangnya game-game sekelas konsol pada ponsel, Realme pun melakukan antisipasi dengan menghadirkan chipset bertenaga di kelasnya.

Pada Realme 6, tersemat SoC kelas mid-range dari MediaTek, yakni Helio G90T dengan manufaktur 12 nm. Nah, sementara itu, Realme 7 adalah HP perdana yang menghadirkan Helio G95, chipset lanjutan dari Helio seri G90 yang membawakan sedikit peningkatan dari G90T.

Kedua SoC tersebut memiliki GPU yang sama dengan clock speed yang berbeda. Sementara G90T menghadirkan Mali-G86 MC4 pada kecepatan hingga 800 MHz, Helio G95 lebih unggul di angka 900 MHz. Perbedaan lainnya terletak pada dukungan kapasitas RAM LPDDR4X yang berbeda, meningkat dari 10 GB menjadi 12 GB.

Satu lagi perbedaan yang bisa ditemukan dari kedua chipset ini, yakni dukungan display yang lebih ditingkatkan lagi. MediaTek Helio G90T diketahui mendukung tampilan display pada resolusi 2400 x 1080 piksel, sedangkan Helio G95 sedikit lebih unggul karena mendukung resolusi yang sedikit lebih tajam yakni 2520 x 1080 piksel.

Keduanya tentu sama-sama menghadirkan dukungan untuk refresh rate 90 Hz. Lantas bagaimana dengan perbedaan uji coba benchmark-nya? Sebagaimana yang tercatat pada laman Nano Review, Helio G95 hanya mengalami 5% peningkatan dari G90T untuk skor AnTuTu v8.

Sementara Helio G90T mendapatkan skor 283.900 poin, Helio G95 berhasil lebih unggul di angka 296.993. Kedua chipset tersebut sama-sama memiliki performa cukup unggul di kelas harga yang mereka tawarkan.

Anda bisa leluasa bermain game berat saat menggunakan Redmi 6 dan Redmi 7, karena memang tidak ada peningkatan yang drastis dari segi performa.

2. Kapasitas Baterai

realme 7 baterai awet

Ini merupakan salah satu perbedaan yang perlu diperhatikan juga, karena berbedanya kapasitas baterai berujung pada durasi ketahanan HP yang berbeda pula. Realme 6 mengemas baterai tipe LiPo dengan kapasitas lebih sedikit, yakni 4300 mAh. Sementara itu, Realme 7 sudah lebih unggul berkat baterai 5.000 mAh yang dimilikinya.

Sama-sama menawarkan fast charging 30W, kedua ponsel tentu memiliki durasi pengecasan yang berbeda. Realme 6 diklaim mampu mengisi daya ponsel dari nol hingga penuh dalam durasi cukup singkat, yakni 55 menit. Sedangkan pada pengisian daya Realme 7, dibutuhkan waktu 65 menit. Cukup wajar mengingat kapasitasnya yang lebih besar.

3. Varian RAM

realme 7 slot khusus microsdxc

Realme 6 dan Realme 7 memang memiliki beberapa perbedaan, tapi keduanya sama-sama menawarkan keunggulan RAM di kelas harga mid-range. Di saat RAM 8 GB hanya sering ditemukan pada HP flagship, Realme 6 dan 7 sudah menawarkan opsi tersebut pada LPDDR4X.

Perbedaannya terletak pada ketersediaan RAM 4 GB yang hanya dimiliki Realme 6. Sedangkan pada Realme 7 yang hadir di Indonesia, hanya ada satu varian saja yakni 8 GB. Dalam hal media penyimpanan,  baik Realme 6 dan 7 sama-sama dibekali dengan opsi tunggal memori internal sebesar 128 GB pada standar UFS 2.1.

4. Ketersediaan NFC di Indonesia

realme 7 nfc

Saat Realme 6 diluncurkan, ia hadir pada dua varian – NFC dan non-NFC. Ya, ketersediaan fitur ini merupakan market-dependant, dan seperti yang bisa diduga bahwa versi yang datang ke Tanah Air tidak menghadirkan NFC ini.

Lantas bagaimana dengan Realme 7? Justru sebaliknya. Sementara Realme 7 di negara lain tidak menghadirkan NFC, di Indonesia justru yang datang adalah versi yang punya NFC. Ini juga merupakan pertanda bahwa untuk HP seri-seri angka berikutnya akan menawarkan NFC juga.


Di rentang harga mid-range, NFC merupakan sebuah bargain yang sayang dilewatkan karena kini Anda bisa mengetahui saldo eToll hanya dengan menempelkan kartu ke bodi HP.

5. Desain Bodi

realme 7 desain bodi

Di bagian layar, Realme 6 dan Realme 7 tidak menunjukkan perbedaan sama sekali, sama-sama menawarkan desain kamera punch-hole di sisi kiri atas dengan ukuran 6,5 inci dan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Nah, yang berbeda adalah desain bodi bagian belakang dari segi corak, modul kamera, dan varian warna. Realme 6 memiliki desain yang terinspirasi dari komen, menghadirkan visual efek cahaya yang mencuat dari arah bawah.

Sedangkan, Realme 7 kini mengambil inspirasinya dari tampilan kaca cermin, menawarkan permainan cahaya yang sama-sama flashy tapi dari arah yang berbeda.

Karena sama-sama memiliki side-mounted fingerprint, tidak ada penampakkan sensor sidik jari di bagian belakang. Bagian modul kameranya pun sedikit berbeda di mana Realme 6 menghadirkan bingkai yang sisi-sisinya yang melengkung, berbeda dengan Realme 7 yang bentuknya lebih menyerupai persegi panjang.

Keduanya sama-sama menghadirkan varian putih dan biru tapi dengan warna yang sedikit berbeda. Pada Realme 6, ada opsi Comet Blue yang warnanya agak keunguan ketimbang Mist Blue pada Realme 7. Sementara itu, baik Comet White dan Mist White sama-sama menawarkan warna putih susu yang memanjakan mata.

6. Harga Rilis

realme 6 harga

Sebagai ponsel yang memasuki ranah harga menengah, Realme 6 dan Realme 7 sama-sama menawarkan banderol harga Rp3 jutaan. Akan tetapi, rupanya Realme 6 sedikit lebih murah daripada Realme 7 pada saat awal peluncurannya.

Untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB, Realme 6 menawarkan harga Rp3.399.000,- sedangkan untuk versi RAM 8 GB-nya memiliki harga Rp3.799.000,-. Saat artikel ini terbit (per September 2020), harga Realme 6 turun ke harga Rp3.099.000,-.

Hal ini berbeda dengan Realme 7 yang hanya menawarkan satu opsi harga saja, yakni varian RAM 8 GB pada harga Rp3.999.000,-. Pada Realme 7, sepertinya Realme ingin mulai menanggalkan stigma harga murah yang selama ini melekat, dan mulai berfokus pada apa yang diinginkan oleh pasar Indonesia.

Simpulan

Itu tadi sekilas penjelasan mengenai perbedaan di antara Realme 6 dan Realme 7. Kedua ponsel ini diluncurkan pada jarak waktu yang sebentar, sehingga masih cukup wajar peningkatan yang terjadi tidak terlalu menggemparkan.

Realme 6 sendiri sudah dapat dipesan di berbagai marketplace Indonesia sejak Maret 2020 melalui link ini. Beragam parameternya masih cukup unggul, menawarkan performa yang solid dari Helio G90T, juga sokongan baterai dengan kapasitas yang layak.

Tapi kalau Anda menginginkan sedikit boost dari segi chipset, Realme 7 lebih layak untuk didapatkan. Ditambah lagi ponsel ini sudah menawarkan fitur NFC untuk sistem pembayaran yang cashless dan lebih praktis. Untuk membawa pulang Realme 7, dapatkan ponsel ini melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *