carisinyal web banner retina

Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Di penghujung Maret 2021, realme secara resmi mempersembahkan ke publik sebuah produk terbarunya yang bernama realme 8 Pro. Bisa dikatakan kalau realme 8 Pro ialah salah satu perangkat yang ada di jajaran seri realme 8 dan sekaligus menjadi junior dari realme 7 Pro, yang sudah eksis duluan di kancah perponselan.

Meski berada di generasi berbeda, tetapi baik realme 7 Pro maupun realme 8 Pro memiliki beberapa kemiripan seperti telah menghadirkan teknologi NFC yang sangat berguna dalam melakukan proses transaksi digital. Lalu, menghadirkan beragam sensor yang seragam mulai dari pemindai sidik jari di bawah layar dan optik, akselerometor, gyro, proksimiti, hingga kompas.

Lantas, adakah perbedaan dari kedua produk Pro dari realme ini? Oh, jelas ada! Untuk menyelediki perbedaan antara realme 7 Pro dengan realme 8 Pro, kamu bisa baca terlebih dulu spesifikasi dari kedua perangkat tersebut di bawah ini:

Spesifikasi realme 7 Pro

Realme 7 Pro
  • Layar: Super AMOLED, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme 8 Pro

Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro 2
  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan realme 7 Pro dan realme 8 Pro

Sudahkah kamu menemukan perbedaan dari realme 7 Pro dan realme 8 Pro setelah baca spesifikasinya di atas? Tenang saja, bila kamu masih abu-abu dalam memahami perbedaan kedua ponsel tersebut. Pasalnya Carisinyal akan menyibak sampai tuntas perbedaan realme 7 Pro dan realme 8 Pro berikut ini:

1. Bodi dan Layar

Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro 4

Bila memandang luaran kedua ponsel sekilas sangat mirip terlebih pada area depannya yang mengangkat konsep Punch Hole, adanya bulatan kecil di kiri atas layar sebagai tempat bersembunyi kamera selfie. Namun, perbedaan akan tampak jelas saat melihat kawasan belakang dari kedua perangkat realme ini.

Tampilan belakang realme 7 Pro mempersembahkan posisi kamera utama berbaris ke bawah, sementara realme 8 Pro menciptakan komposisi kamera utamanya berada dalam sebuah kotak. Berbeda dengan realme 7 Pro, pengguna realme 8 akan melihat sebuah jargon "Dare To Leap" yang diukir secara vertikal.

Dimensi dan berat bodi dari kedua ponsel ini tampaknya saling menyalip. Dalam hal ini realme 8 Pro digarap lebih ringan yakni berbobot 176 gram dengan dimensi 160.6 x 73.9 x 8.1 mm. Berbeda pada realme 7 Pro, dilahirkan dengan bobot agak gemuk sebesar 182 gram yang memiliki dimensi 160.9 x 74.3 x 8.7 mm.

Kompakan dilengkapi dengan port Dual SIM, tubuh kedua ponsel ini diolah dari bahan yang agak berbeda. Kawasan depan realme 7 Pro dianugerahi pelindung Gorilla Glass 3+ yang membuatnya perkasa dan tahan dari goresan atau benturan. Pada area sisi dan cangkangnya dilapisi dengan bahan plastik. Perangkat ini juga dibekali teknologi water-repellent coating, tidak mudah ditembus air.

Dilanjutkan pada realme 8 Pro yang memutuskan untuk tidak menggunakan lapisan pelindung bak seniornya. Jelas hal ini sungguh sangat disayangkan, pada bagian depannya hanya terbuat dari bahan kaca. Sedangkan, untuk kawasan bingkai dan belakang bodinya diramu dari bahan plastik.

Beralih seputar layar, kedua ponsel yang punya layar berukuran 6.4 inci dengan panel Super AMOLED ini ternyata menghidangkan disimilaritas pada rasio layar-ke-bodinya. Bila diukur rasio milik realme 7 Pro agak sempit yaitu 82,7%, sedangkan realme 8 Pro tampak lebih lega dengan rasio sebesar 83,3%.

2. Sistem Operasi & Sistem Antarmuka

Android 11

Apa yang membedakan realme 7 Pro dengan realme 8 pro pada kategori jeroan? Ada dua yaitu sistem operasi dan sistem antarmuka. Android 10 adalah sistem operasi yang dijalankan oleh realme 7 Pro, menyajikan fitur-fitur mulai dari Live Caption, Sound Amplifier, Smart Reply, Focus Mode, hingga Sharing WiFi.

Lain halnya dengan realme 8 Pro, mendapatkan kesempatan menjajal sistem operasi yang lebih mutakhir yakni Android 11. Berlandaskan sistem operasi terbaru ini, pengguna realme 8 Pro akan disuguhkan fitur menarik seperti App Permission, Media Control, Screen Recorder, Do Not Disturb Mode, Priority Notification, dan masih banyak lagi.

Sepertinya realme 7 Pro harus ketinggalan lagi dari realme 8 Pro di aspek sistem antarmuka. Pasalnya realme 7 masih mengusung sistem antarmuka realme UI, sementara realme 8 Pro sudah melaju dengan realme UI versi 2.0. Jelas, sistem antarmuka realme 8 Pro akan memberikan beragam fitur yang lebih segar seperti Deep Sea Privacy, Bubble Notification, Sleep Capsule, dan lain sebagainya.

Menyoal chipset, baik realme 7 Pro maupun realme 8 Pro akur dengan menggandeng Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G berfabrikasi 8 nm yang terbuat dari Octa-core berkonfigurasi dua inti Kryo 465 Gold melaju hingga 2.3 GHz dan enam inti Kryo 465 Silver berkecepatan 1.8 GHz. Dipadukan dengan Adreno 618, untuk memaksimalkan tampilan visual pada perangkat.

Kedua ponsel pintar ini pula disokong oleh teknologi penyimpanan yang sama yaitu UFS 2.1 dengan kombinasi memori terdiri dari 6/128 GB dan 8/128 GB. Bila pengguna realme 7 atau realme 8 merasa memori yang ditawarkan masih kurang, masih bisa ditambahkan ruang penyimpanannya dengan memasukkan microSDCX.

Dari jeroan yang dipasangkan tersebut, realme 7 Pro berhasil mengumpulkan poin AnTuTu v8 sebesar 278.414 dan realme 8 Pro mampu menyalip hingga 286.666. Dilansir dari GSM Arena, GeekBench v5.1 milik realme 7 Pro rupanya lebih besar yaitu 1.811, dibandingkan dengan skor yang diperoleh realme 8 Pro sebesar 1.678.

3. Modul Kamera

Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro 7

Didapuk sebagai ponsel kelas menengah, sudah barang tentu banyak orang yang berekspektasi tinggi pada pengaturan kamera milik realme 7 Pro dan realme 8 Pro. Akan tetapi kedua ponsel Pro tersebut punya konfigurasi yang berbeda, baik untuk kamera depan dan belakangnya.

Sistem kamera utama realme 7 Pro dipasangkan empat sensor yang terdiri dari 64 MP berdiafragma f/1.8 untuk sensor lebar, 8 MP dengan bukaan f/2.3 pada sensor ultra lebar, dan masing-masing 2 MP ber-aperture f/2.4 tersemat di sensor makro juga kedalaman. Dimeriahkan dengan kehadiran fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Sama halnya punya fitur LED flash, HDR, dan panorama, ternyata sistem kamera utama milik realme 8 Pro mengalami peningkatan khususnya pada sensor wide yang resolusinya mencapai 108 MP dengan bukaan f/1.9. Lalu, ada sensor ultrawide 8 MP yang mempunyai diafragma f/2.3 dan sepasang 2 MP ber-aperture f/2.4 untuk sensor kedalaman serta makro.

Pindah ke sistem kamera depan, realme 7 Pro memikul resolusi 32 MP yang punya lensa bukaan f/2.5. Sedangkan, realme 8 Pro harus mengalami penurunan konfigurasi menjadi 16 MP dengan aperture f/2.5. Meski keduanya dilengkapi dengan fitur panorama dan HDR, tetapi jika melihat pengaturan kamera depannya maka gambar swafoto dari kamera 7 Pro akan jauh lebih jernih.

Pada kemampuan videografi, realme 8 Pro lebih menawarkan banyak resolusi mulai dari [email protected], [email protected], dan [email protected]/60/120/480fps. Sedangkan, realme 7 Pro harus puas dengan resolusi yang terdiri dari [email protected] dan [email protected]/60/120fps. Baik pengguna kedua ponsel ini akan dibuat nyaman saat merekam momen berharga berkat kemunculan teknologi gyro-EIS.

4. Pengisian Cepat

Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro 9

Mendapatkan asupan daya yang sama sebesar 4.500 mAh, kedua ponsel ini bisa bertahan selama 35 jam untuk kebutuhan menelepon, 16,4 jam untuk berselancar di internet, dan 21,3 jam untuk menonton video. Namun, kedua ponsel ini dianugerahi oleh teknologi pengisian cepat dengan kecepatan yang saling salip.

Teknologi pengisian cepat yang digendong oleh realme 7 Pro berkekuatan 65W, menjanjikan baterai akan terisi penuh hanya dengan membutuhkan waktu 34 menit atau memuat 50% daya dalam 34 menit. Sedangkan, realme 8 Pro menghidangkan teknologi pengisian 50W yang diklaim dapat mengisi baterai 100% selama 47 menit atau mengangkut daya 50% dalam 17 menit.

5. Perselisihan Minor

Color

Perselisihan realme 7 Pro dengan realme 8 Pro rupanya masih berlanjut hingga ke beberapa poin minor mulai dari Bluetooth, GPS, warna hingga harga. Dalam hal penggunaan teknologi Bluetooth, realme 7 Pro memboyong versi 5.1 yang jauh lebih ngebut dalam mengirimkan data dibandingkan realme 8 Pro yang harus rela masih memakai versi 5.0.

Pada kategori sistem navigasi, realme 7 Pro berkolaborasi dengan perusahaan GPS A-GPS, GLONASS, BDS, dan NavIC. Sedangkan, realme 8 Pro mesti kehilangan GPS asal India yaitu NavIC. Dengan demikian, sistem navigasi yang disematkan pada 8 Pro kemungkinan tidak seakurat punya realme 7 Pro.

Bagi calon pengguna yang mengincar realme 7 Pro, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Mirror Blue dan Mirror Silver. Variasi warna yang lebih beragam ditawarkan oleh realme 8 Pro mulai dari Infinite Blue, Infinite Black, Punk Black, dan Illuminating Yellow.

Distingsi terakhir antara realme 7 Pro dengan realme 8 Pro adalah perihal harga. Berapakah harga yang dipatok dari masing-masing kedua ponsel ini? Dilansir dari portal realme, satu perangkat realme 7 Pro bertipe 8/128 GB dibanderol sebesar Rp4,59 juta. Sedangkan, realme 8 Pro hadir dengan penawaran sekitar Rp4,49 juta untuk model 8/128 GB.

Simpulan

Merujuk pembahasan di atas kedua ponsel dari realme ini punya prestasi berbeda. Seperti realme 7 Pro yang berhasil mendapatkan gelar ponsel anti gores dan anti tembus air, konfigurasi kamera selfie yang tinggi, teknologi Bluetooth lebih kencang, kehadiran GPS NavIC, dan teknologi pengisian cepat 65W.

Begitupun dengan realme 8 Pro yang membawa segudang prestasi mulai dari tubuh yang ringan, layar yang lega, sistem kamera utama yang menjulang, tawaran warna lebih variatif, harga yang cukup terjangkau, dan sistem operasi beserta sistem antarmuka yang lebih mutakhir.

Gimana kamu sudah tahu mau pilih yang mana antara realme 7 Pro atau realme 8 Pro? Semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan perangkat yang tepat. Jangan lupa untuk memantau terus Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan berita terkini seputar perkembangan ponsel pintar, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram