Ulas Lengkap Perbedaan HP realme 7 Pro dan realme 8 Pro

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Di penghujung Maret 2021, realme secara resmi mempersembahkan ke publik sebuah produk terbarunya yang bernama realme 8 Pro. Bisa dikatakan kalau realme 8 Pro ialah salah satu perangkat yang ada di jajaran seri realme 8 dan sekaligus menjadi junior dari realme 7 Pro, yang sudah eksis duluan di kancah perponselan.

Meski berada di generasi berbeda, tetapi baik realme 7 Pro maupun realme 8 Pro memiliki beberapa kemiripan seperti telah menghadirkan teknologi NFC yang sangat berguna dalam melakukan proses transaksi digital. Lalu, menghadirkan beragam sensor yang seragam mulai dari pemindai sidik jari di bawah layar dan optik, akselerometor, gyro, proksimiti, hingga kompas.

Lantas, adakah perbedaan dari kedua produk Pro dari realme ini? Oh, jelas ada! Untuk menyelediki perbedaan antara realme 7 Pro dengan realme 8 Pro, kamu bisa baca terlebih dulu spesifikasi dari kedua perangkat tersebut di bawah ini:

Spesifikasi realme 7 Pro

Realme 7 Pro
  • Layar: Super AMOLED, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme 8 Pro

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan realme 7 Pro dan realme 8 Pro

Sudahkah kamu menemukan perbedaan dari realme 7 Pro dan realme 8 Pro setelah baca spesifikasinya di atas? Tenang saja, bila kamu masih abu-abu dalam memahami perbedaan kedua ponsel tersebut. Pasalnya Carisinyal akan menyibak sampai tuntas perbedaan realme 7 Pro dan realme 8 Pro berikut ini:

1. Bodi dan Layar

Bila memandang luaran kedua ponsel sekilas sangat mirip terlebih pada area depannya yang mengangkat konsep Punch Hole, adanya bulatan kecil di kiri atas layar sebagai tempat bersembunyi kamera selfie. Namun, perbedaan akan tampak jelas saat melihat kawasan belakang dari kedua perangkat realme ini.

Tampilan belakang realme 7 Pro mempersembahkan posisi kamera utama berbaris ke bawah, sementara realme 8 Pro menciptakan komposisi kamera utamanya berada dalam sebuah kotak. Berbeda dengan realme 7 Pro, pengguna realme 8 akan melihat sebuah jargon "Dare To Leap" yang diukir secara vertikal.

Dimensi dan berat bodi dari kedua ponsel ini tampaknya saling menyalip. Dalam hal ini realme 8 Pro digarap lebih ringan yakni berbobot 176 gram dengan dimensi 160.6 x 73.9 x 8.1 mm. Berbeda pada realme 7 Pro, dilahirkan dengan bobot agak gemuk sebesar 182 gram yang memiliki dimensi 160.9 x 74.3 x 8.7 mm.

Kompakan dilengkapi dengan port Dual SIM, tubuh kedua ponsel ini diolah dari bahan yang agak berbeda. Kawasan depan realme 7 Pro dianugerahi pelindung Gorilla Glass 3+ yang membuatnya perkasa dan tahan dari goresan atau benturan. Pada area sisi dan cangkangnya dilapisi dengan bahan plastik. Perangkat ini juga dibekali teknologi water-repellent coating, tidak mudah ditembus air.

Dilanjutkan pada realme 8 Pro yang memutuskan untuk tidak menggunakan lapisan pelindung bak seniornya. Jelas hal ini sungguh sangat disayangkan, pada bagian depannya hanya terbuat dari bahan kaca. Sedangkan, untuk kawasan bingkai dan belakang bodinya diramu dari bahan plastik.

Beralih seputar layar, kedua ponsel yang punya layar berukuran 6.4 inci dengan panel Super AMOLED ini ternyata menghidangkan disimilaritas pada rasio layar-ke-bodinya. Bila diukur rasio milik realme 7 Pro agak sempit yaitu 82,7%, sedangkan realme 8 Pro tampak lebih lega dengan rasio sebesar 83,3%.

2. Sistem Operasi & Sistem Antarmuka

Android 11

Apa yang membedakan realme 7 Pro dengan realme 8 pro pada kategori jeroan? Ada dua yaitu sistem operasi dan sistem antarmuka. Android 10 adalah sistem operasi yang dijalankan oleh realme 7 Pro, menyajikan fitur-fitur mulai dari Live Caption, Sound Amplifier, Smart Reply, Focus Mode, hingga Sharing WiFi.

Lain halnya dengan realme 8 Pro, mendapatkan kesempatan menjajal sistem operasi yang lebih mutakhir yakni Android 11. Berlandaskan sistem operasi terbaru ini, pengguna realme 8 Pro akan disuguhkan fitur menarik seperti App Permission, Media Control, Screen Recorder, Do Not Disturb Mode, Priority Notification, dan masih banyak lagi.

Sepertinya realme 7 Pro harus ketinggalan lagi dari realme 8 Pro di aspek sistem antarmuka. Pasalnya realme 7 masih mengusung sistem antarmuka realme UI, sementara realme 8 Pro sudah melaju dengan realme UI versi 2.0. Jelas, sistem antarmuka realme 8 Pro akan memberikan beragam fitur yang lebih segar seperti Deep Sea Privacy, Bubble Notification, Sleep Capsule, dan lain sebagainya.

Menyoal chipset, baik realme 7 Pro maupun realme 8 Pro akur dengan menggandeng Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G berfabrikasi 8 nm yang terbuat dari Octa-core berkonfigurasi dua inti Kryo 465 Gold melaju hingga 2.3 GHz dan enam inti Kryo 465 Silver berkecepatan 1.8 GHz. Dipadukan dengan Adreno 618, untuk memaksimalkan tampilan visual pada perangkat.

Kedua ponsel pintar ini pula disokong oleh teknologi penyimpanan yang sama yaitu UFS 2.1 dengan kombinasi memori terdiri dari 6/128 GB dan 8/128 GB. Bila pengguna realme 7 atau realme 8 merasa memori yang ditawarkan masih kurang, masih bisa ditambahkan ruang penyimpanannya dengan memasukkan microSDCX.

Dari jeroan yang dipasangkan tersebut, realme 7 Pro berhasil mengumpulkan poin AnTuTu v8 sebesar 278.414 dan realme 8 Pro mampu menyalip hingga 286.666. Dilansir dari GSM Arena, GeekBench v5.1 milik realme 7 Pro rupanya lebih besar yaitu 1.811, dibandingkan dengan skor yang diperoleh realme 8 Pro sebesar 1.678.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram