carisinyal web banner retina

Mengupas Lengkap Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Ketenaran realme 8 pada Maret 2021 rupanya telah mendorong pihak realme untuk merilis inovasi baru bertemakan edisi 5G. Tepat pada April 2021, realme 8 5G dirilis dan siap bersaing di kancah industri ponsel pintar dengan membawa sejumlah persamaan dan perbedaan dari pendahulunya.

Persamaan yang terlihat dari kedua ponsel realme ini adalah pemasangan sistem operasi Android 11 dan sistem antarmuka realme UI 2.0. Dengan kedua sistem tersebut pengguna akan berhadapan dengan fitur dan menu yang lebih fungsional seperti "Deep Sea Privacy", sebuah fitur keamanan yang bisa mencegah aplikasi mengakses informasi pribadi.

Tidak hanya itu, kemiripan realme 8 dan realme 8 5G terpampang nyata pada sistem baterainya yang berdaya 5000 mAh. Akan tetapi, keduanya disertai dengan teknologi pengisian berbeda. Pada realme 8 5G dipasok dengan pengisian cepat 18W, sementara realme 8 punya kecepatan yang tinggi yakni 30W memungkinkan baterai dapat terisi penuh hanya dalam 65 menit.

Lantas, apakah ada lagi perbedaan dari kedua ponsel pintar ini? Supaya kamu tidak penasaran perbedaan apa saja yang terdapat dari kedua perangkat realme tersebut, sebaiknya baca dulu spesifikasi realme 8 dan realme 8 5G di bawah ini!

Spesifikasi realme 8

Mengupas Lengkap Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G 1
  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6,4 inci, Full HD+ (1080 x 2400 piksel)
  • Chipset: Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme 8 5G

Mengupas Lengkap Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G 3
  • Rilis: April 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci Full HD Plus 90 Hz
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G

Sudah terlihat hilal perbedaan dari kedua ponsel pintar ini setelah membaca spesifikasi di atas? Bagi yang belum dapat melihat perbedaan antara realme 8 dan realme 8 5G dengan senang hati Carisinyal akan menuntunmu untuk menengok perbedaannya lewat penjabaran berikut ini:

1. Bodi Kejar Mengejar

Realme 8 5G Body Carisinyal

Secara tampilan kedua ponsel ini sangat mirip dengan konsep desain bertajuk Punch Hole, terdapat bulatan kecil di kiri atas layar sebagai tempat berbaringnya kamera depan. Begitu pun pada area belakang yang kompakan telah menghadirkan sebuah kotak berisikan sensor kamera utama, lengkap dengan LED Flash.

Baik realme 8 ataupun realme 8 5G merancang sebuah pangkalan sebagai tempat mendaratnya Dual SIM yaitu Nano-SIM dan Dual Stand-by. Lalu, keduanya dibangun dengan material yang sama, antara lain plastik untuk di kawasan bingkai dan belakang, sedangkan area depan pastinya terbuat dari bahan kaca yang kuat.

Titik ganjil dari kedua perangkat realme ini adalah bobot dan dimensi yang ditanggungnya. Untuk berat tubuh dari realme 8 terbilang lebih ringan dan ideal yaitu 177 gram dengan dimensi berukuran 160.6 x 73.9 x 8 mm. Sedangkan, realme 8 5G tampak mengalami obesitas yang berbobot 185 gram dengan dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm.

2. Beradu di Teknologi Layar

Realme 8 Display Carisinyal

Sepertinya urusan teknologi layar cukup seru diangkat dari kedua ponsel realme ini. Meski memiliki resolusi layar yang sama yaitu 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9 tetapi untuk ukuran layarnya terpaut tipis. Pada edisi 5G, layarnya lebih lega dengan ukuran 6.5 inci yang rasio layar-ke-bodinya 83,9% dan untuk realme 8 memiliki layar yang berukuran 6.4 inci dengan rasio layar-ke-bodi 83,3%.

Alih-alih menempelkan panel yang sama ternyata kedua ponsel realme saling beradu dalam urusan ini. Super AMOLED diputuskan menjadi panel untuk realme 8, teknologi ini memiliki tingkat presisi layar sentuh dan kontras warna yang lebih baik. Sedangkan, realme 8 5G memakai IPS LCD yang digadang akan menyuguhkan tampilan yang jelas alias tidak buram.

Kemudian, kedua ponsel ini diberkati dengan tingkat kecerahan yang tinggi sehingga memungkinkan pengguna masih bisa menatap layar walau menggunakannya di luar ruangan dan terkena pantulan sinar Mentari. Akan tetapi, untuk ukuran tingkat kecerahan, punya sedikit distingsi yaitu 1000 nits pada realme 8 dan 600 nits terlampir di layar realme 8 5G.

Berikutnya realme 8 memiliki ketajaman layar sebesar 411 ppi, sementara realme 8 5G lebih rendah yang berada di angka 405 ppi. Namun, soal laju penyegaran realme 8 5G juaranya karena dapat menggulirkan konten lebih mulus berkat kecepatan 90Hz. Sedangkan, pada realme 8 edisi standar mentok dengan refresh rate yang hanya dapat melaju hingga 60Hz saja.

3. Beda Seri dalam Satu Prosesor

Mengupas Lengkap Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G 7

Kompakan dipatri oleh prosesor MediaTek, ternyata setelah ditelisik lebih dalam kedua ponsel realme ini punya seri chipset yang beda. MediaTek Helio G95 bermanufaktur 12 nanometer dijadikan chipset oleh realme 8. Lalu, untuk realme 8 versi 5G mengusung chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang mampu berproses sampai 7 nanometer.

Pada realme 8 bermodalkan CPU Octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex-A76 berkecepatan 2.05 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang melaju hingga 2.0 GHz. Sedangkan, CPU dari realme 8 5G terbuat dari Octa-core yang diracik oleh empat buah Cortex-A76 dengan clock speed 2.2 GHz dan empat inti Cortex-A55 berkekuatan 2.0 GHz.

Untuk menunjang tampilan grafis yang mumpuni dan berjalan dengan mulus, realme 8 menggandeng Mali-G76 MC4 sebagai GPU. Di sisi lain, ada realme 8 versi 5G yang menunjuk Mali-G57 MC2 menjadi juru grafisnya.

Meski selaras menggunakan teknologi UFS 2.1 yang memungkinkan proses penyimpanan menjadi kencang, kedua ponsel ini menawarkan berbagai kombinasi ruang penyimpanan. Seperti realme 8 yang tersedia dalam kapasitas 4/128 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB. Lalu, realme 8 5G hadir dengan ruang penyimpanan mulai dari 4/64 GB, 4/128 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB.

Dengan jeroan yang terpasang pada masing-masing dari kedua perangkat realme tersebut pastinya akan memproduksi nilai AnTuTu v8 berbeda. Misal untuk realme 8 berhasil mengumpulkan skor 300.840, sedangkan realme 8 5G cukup puas dengan perolehan AnTuTu v8 sebesar 250.000. Dapat dipastikan kalau kinerja realme 8 lebih ciamik dibandingkan dengan realme 8 5G.

4. Petarungan pada Sistem Kamera

realme-8-5G Camera Carisinyal

Pada sektor kamera depan realme 8 dan realme 8 5G mendapatkan resolusi yang seimbang yaitu 16 MP. Namun, untuk aperture-nya realme 8 5G lebih unggul dengan ukuran f/2.1. Sedangkan, realme 8 edisi standar berukuran f/2.5 yang mana efek bokehnya tidak sedetail milik realme 8 5G.

Selain itu, fitur yang dihadirkan pada kamera depan realme 8 lebih banyak antara lain HDR dan panorma dengan sistem videografinya beresolusi [email protected]/120fps didampingi oleh teknologi gyro-EIS. Berbeda dengan realme 8 5G yang harus sabar karena hanya punya satu fitur bernama HDR dan konfigurasi [email protected] untuk merekam video.

Sensor yang ada pada kamera utama milik realme 8 terdiri dari empat sensor di antaranya yaitu 64 MP dengan bukaan f/1.8 tersemat di lensa premier, 8 MP berdiafragma f/2.3 sebagai lensa ultrawide, dan sepasang 2 MP untuk lensa makro maupun kedalaman. Lalu, kamera utamanya dimeriahkan dengan fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Sebagai perangkat kembar, kamera utama punya realme 8 5G juga menghadirkan fitur yang tetapi tidak dengan jumlah sensornya. Pada realme 8 5G mengusung triple camera yang terdiri dari lensa wide berukuran 48 MP f/1.8 serta lensa makro dan lensa kedalaman beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4.

Nah, untuk kemampuan merekam momen tampaknya sistem videografi dari realme 8 lebih dapat diandalkan karena terdiri dari resolusi [email protected], [email protected]/60/120fps, dan teknologi gyro-EIS yang berguna agar proses merekam video tidak goyang dan tetap seimbang. Sementara, realme 8 5G lagi-lagi harus sabar dengan kepemilikan satu resolusi saja yang berukuran [email protected]

5. Konektivitas, Warna, dan Harga

5. NFC

Tidak hanya poin-poin perbedaan yang telah diutarakan di atas ternyata kedua ponsel realme ini masih menyimpan beberapa divergensi minor.

Seperti pada sistem navigasi, realme 8 5G lebih banyak kerja sama dengan beberapa perusahaan mulai dari A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, hingga QZSS. Sedangkan, realme 8 hanya terdiri dari sistem saja yaitu A-GPS, GLONASS, dan BDS.

Selain diberkati dengan teknologi 5G, realme 8 5G juga menghadirkan fitur NFC (Near-Field Communication) yang salah satunya manfaatnya yaitu dapat membantu urusan transaksi digital.

Tampaknya realme 8 harus gigit jari karena belum disokong oleh teknologi 5G dan NFC. Tetapi pengguna realme 8 masih bisa menikmati FM Radio jika dibandingkan dengan realme 8 5G.

Keduanya mempersembahkan sensor kompas, proksimiti, gyro, pemindai sidik jari, dan akselerometer. Namun, untuk sidik jari ada sedikit perbedaan dalam urusan tata letaknya. Pemindai sidik jari realme 8 dapat diakses di bawah layar dan secara optik, sementara realme 8 5G meletakkan sidik jarinya di sisi bingkai.

Perangkat realme 8 edisi standar hadir dalam dua varian warna antara lain Cyber Silver dan Cyber Black. Lain halnya dengan realme 8 5G yang menyuguhkan corak yang terdiri dari dua pilihan yaitu Supersonic Blue dan Supersonic Black. Jangan tanya, warna-warna yang disuguhkan realme tentunya memiliki kesan yang elegan dan futuristik.

Berikutnya terkait harga sudah pasti akan terjadi pertarungan. Calon pengguna yang berminat membawa pulang realme 8 harus rela mengeluarkan tabungannya sebanyak Rp3,59 juta untuk tipe 8/128 GB. Sedangkan, realme 8 5G dibanderol dengan harga Rp3,2 juta per unitnya untuk model berkapasitas 8/128 GB.

Simpulan

Dari penjabaran di atas bahwa realme 8 mempunyai badan yang lebih ringan, kualitas panel yang membahana, jeroan dengan nilai AnTuTu yang tinggi, jumlah sensor kamera yang banyak, dan masih memiliki fitur FM Radio.

Sedangkan, realme 8 5G unggul dalam bidang dimensi yang lebih besar, laju penyegaran yang kencang, pilihan memori yang banyak, punya sistem navigasi yang beragam, dan memiliki fitur NFC.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan realme 8 dan realme 8 5G yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan membatu kamu yang sedang dilema memilih salah satu di antara kedua ponsel realme tersebut. Terus ikuti Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan berita seputar teknologi dan perkembangan ponsel pintar, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram