Carisinyal / Realme 2020 / Sebelum Beli, Cek Dulu 9 Perbedaan Realme C2 dan Realme C3

Sebelum Beli, Cek Dulu 9 Perbedaan Realme C2 dan Realme C3

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2020

Realme C3, suksesor Realme C2, resmi dirilis ke pasaran pada bulan Februari 2020. Untuk pasar Indonesia, Realme C3 hadir dalam satu varian saja, yaitu RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Realme mematok harga resmi untuk produknya tersebut Rp 1,699 juta. Namun di awal perilisannya, harga Realme C3 didiskon menjadi 1,549 juta.

Jika kamu pengguna Realme C2 dan berencana untuk ganti HP ke Realme C3, maka kamu perlu mengetahui dulu letak perbedaan di antara keduanya. Dengan demikian, kamu bisa menentukan apakah perlu menunda pembelian atau tidak. Sebelum ke bahasan utama, cek dulu spesifikasi Realme C2 dan Realme C3 di bawah ini.

Spesifikasi Realme C2

Realme C2

  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme C3

Realme C3

  • Chipset: Helio G70
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Triple 12 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Realme C2 dan Realme C3

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Realme C2 dan Realme C3 yang perlu kamu ketahui sebelum siap melakukan upgrade HP.

1. Body dan Desain

Desain Realme C3

Secara kasatmata, Realme C3 hadir dengan dimensi yang lebih besar dari Realme C2. Begitu juga dengan bobotnya yang hampir mecapai angka 200 gram.

  • Dimensi dan bobot body Realme C2: 154,3 x 73,7 x 8,5 mm, 166 gram
  • Dimensi dan bobot body Realme C3: 164.4 x 75 x 9 mm, 195 gram

Ini merupakan jawaban bagi pengguna yang menginginkan ponsel murah dengan body lebar, sehingga mereka bisa merasakan pengalaman baru dengan perangkat tersebut.

Bangunan kedua perangkat dibuat dari material yang sama, yaitu bagian depan dari kaca dan bagian belakang serta bingkai dari plastik. Satu hal yang membedakannya terletak pada fitur yang dibawa Realme C3.

Body Realme C3 lebih istimewa dari Realme C2 karena hadir dengan fitur splash resistant. Fitur tersebut memungkinkan perangkat tetap aman ketika terkena percikan air.

Di bagian belakang Realme C2 kamu akan melihat desain Diamond Cut yang unik dan menyerupai berlian. Warna yang bisa kamu pilih ada dua, yaitu berlian biru dan berlian hitam.

Sementara itu, Realme C3 mengusung konsep Sunrise Design. Seperti namanya, desain ini menawarkan visual layaknya sinar matahari terbit yang terlihat menarik.

2. Tampilan

Tampilan Realme C2

Karena ukurannya yang lebih besar, maka sudah pasti Realme C3 juga mengusung tampilan yang lebih lebar. Ukuran layar Realme C3 0,4 inci lebih lebar dari layar Realme C2, dengan rasio layar ke body yang hampir sama.

Meski sama-sama mengusung resolusi HD+, layar Realme C3 mengadopsi aspek rasio 20:9, membuatnya terlihat memanjang dibanding Realme C2 yang mengadopsi aspek rasio 19,5:9. Untuk perlindungan, layar kedua perangkat telah dilapisi kaca Gorilla Glass 3 yang siap menahan berbagai goresan ringan.

Sementara itu, Realme menulis dalam situsnya kalau layar Realme C3 dibekali beberapa fitur tambahan, yaitu mode malam untuk perawatan mata dan tingkat kecerahan maksimal 480 nits untuk keterbacaan yang baik di bawah sinar matahari.

3. Dapur Pacu dan OS

Dapur pacu Realme C3

Jika kamu termasuk orang yang up to date dalam masalah OS, mungkin mengganti Realme C2 ke Realme C3 adalah pilihan yang tepat. Itu karena Realme C3 berjalan dengan OS realme UI 1.0 berbasis Android 10.0, sedangkan Realme C2 berjalan dengan Color OS 6.0 berbasis Android 9.0 (Pie).

Menurut GSM Arena, antarmuka pengguna Realme C3 terlihat segar dan “muda”. Dengan Realme UI yang baru, banyak aplikasi sistem dirancang ulang dan ada fitur baru juga, salah satunya adalah mengunci ponsel dengan mengetuk layar dua kali. Intinya, OS Realme C3 lebih baik dari Realme C2.

Di bagian dapur pacu, Realme C2 dan Realme C3 juga ditenagai oleh prosesor yang berbeda. Realme C3 hadir dengan Helio G70, sebuah chipset yang diperuntukan untuk perangkat gaming entry-level. Realme C3 merupakan ponsel pertama yang dibekali chipset yang diperkenalkan pada Januari 2020 tersebut.

Di sisi lain, Realme C2 mengandalkan chipset Helio P22 keluaran Mei 2018. Secara keseluruhan, chipset yang dipakai Realme 3 lebih bertenaga dan dapat diandalkan meski sama-sama dibuat dengan proses manufaktur 12 nm dan inti berjumlah delapan. Kamu dapat melihat perbandingan antara Helio G70 dan Helio P22 di sini.

4. Memori

ram android

Di pasar Tanah Air, kamu bisa membeli Realme C2 dalam dua varian, yaitu varian RAM 2 GB dengan ROM 32 GB dan varian RAM 3 GB dengan ROM 32 GB. Sementara itu, Realme C3 hanya dipasarkan di Indonesia dalam satu varian saja, yaitu RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Kedua perangkat mendukung microSD hingga 256 GB untuk memperluas ruang penyimpanan.

5. Kamera

Kamera Realme C3

Realme C3 untuk pasar Indonesia hadir dengan pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Ketiganya termasuk kamera utama sudut lebar 12 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mendalam 2 MP untuk efek bokeh.

Realme memberikan sejumlah dukungan pada kamera belakang Realme C3, salah satunya adalah ChromaBoost. Secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera belakang Realme C3 tergolong bagus saat kondisi cahaya luar ruangan bagus.

Di sisi lain, Realme C2 hadir dengan pengaturan kamera belakang ganda, yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera mendalam 2 MP. Bisa dikatakan kalau kemampuan kamera Realme C2 berada sedikit di bawah Realme C3.

Untuk swafoto, Realme C3 menyiapkan sebuah sensor sudut lebar 5 MP dengan bukaan f/2.4. Fitur seperti HDR dan panorama juga disisipkan pada sensor tersebut.

Realme C2 dua juga menawarkan sensor sebesar 5 MP untuk swafoto. Namun sensor tersebut memiliki bukaan f/2.0 serta hanya memiliki fitur HDR. Kemampuan kamera depan HP ini mungkin berada sedikit di bawah suksesornya.

6. Bluetooth

jenis jenis bluetooth 5.0

* sumber: www.oodlestechnologies.com

Di sektor konektivitas, Realme C3 dan Realme C2 memiliki perbedaan pada penggunaan teknologi Bluetooth. Di sini Realme C3 mengadopsi Bluetooth versi 5, sedang Realme C2 mengadopsi Bluetooth versi 4.2. Perbedaan di antara kedua versi Bluetooth ini bisa kamu baca lebih lanjut di sini.

7. Sensor

Sidik jari Realme

Jika Realme C2 tidak hadir dengan sensor sidik jari, kini kamu bisa menemukannya di Realme C3 versi tiga kamera (di pasar luar negeri terdapat Realme C3 versi dua kamera tanpa sensor sidik jari). Jadi, selain keamanan perangkat lebih terjaga, kamu juga bisa membuka dan mengunci perangkat lebih cepat dan praktis dibanding HP tanpa sensor sidik jari.

8. Baterai

Baterai Realme

Realme C3 juga mendapatkan peningkatan di sektor daya. Jika Realme C2 dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh, maka Realme C3 dibekali baterai dengan kapasitas 1000 mAh lebih besar dari pendahulunya. Sayangnya baterai Realme C3 tidak mendukung pengisian cepat (demikian juga dengan Realme C2), sehingga proses pengisian ulang bisa cukup memakan waktu.

9. Harga

Price

*

Seperti disebutkan di atas, Realme C3 dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp 1,699 juta. Sementara Realme C2 dijual Rp 1,399 juta untuk versi 2/32 GB dan Rp 1,599 juta untuk versi 3/32 GB. Harga-harga yang tertera di bahasan ini merujuk pada situs resmi Realme Indonesia.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara Realme C2 dan Realme C3 yang berhasil Carisinyal rangkum. Untuk referensi yang lebih lengkap sebelum membeli, kamu bisa membaca bahasan Carisinyal lain mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C2 dan Realme C3.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *