carisinyal web banner retina

Menyibak Perbedaan realme C20 dan realme C21 Hingga Tuntas!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Pada Januari 2021 secara global realme merilis produk terbarunya di seri pemula yang diberi nama realme C20. Dengan membawa sejumlah fitur menarik dengan harga terjangkau, realme C20 berhasil menarik banyak simpati masyarakat.

Kesuksesannya itu kemudian diiringi dengan kelahiran realme C21 di April 2021 yang juga ingin mengikuti jejak sang kakak di industri ponsel pintar. Namun, di Indonesia, realme C21 rilis terlebih dahulu bersama realme C25 pada Maret 2021.. Baru kemudian realme C20 hadir di Indonesia pada April 2021.

Bila dicermati lebih rinci, keduanya memiliki banyak kesamaan salah satunya pada aspek baterai. Pengguna dari kedua ponsel realme ini akan mendapatkan sajian daya yang memiliki kapasitas hingga 5.000 mAh, terbilang besar untuk ponsel entry-level. Selain itu, baik realme C20 maupun realme C21 didukung dengan teknologi pengisian berkecepatan 10W.

Namun, dalam aspek baterai perangkat C21 memiliki teknologi lain bernama "pengisian balik" yang memungkinkan dapat mengisi daya perangkat lain. Naasnya, realme C20 harus gigit jari karena belum mendukung teknologi ini.

Sebenarnya masih ada perbedaan lain dari keduanya, tapi agar lebih dekat dengan C20 dan C21 kamu bisa baca spesifikasinya terlebih dahulu berikut ini:

Spesifikasi realme C20

Realme C20
  • Rilis: Januari 2021
  • Layar: IPS. 6.5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme C21

Menyibak Perbedaan realme C20 dan realme C21 Hingga Tuntas! 2
  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: IPS 6,5 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB | eMMC 5.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus) hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan realme C20 dan realme C21

Sudah tampakkan perbedaan dari realme C20 dan realme C21 selepas baca spesifikasi di atas tadi? Yap, terdapat perbedaan di antara kedua perangkat realme tersebut dalam beberapa aspek. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Carisinyal akan membeberkan perbedaan realme C20 dan realme C21. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

1. Tampilan Mirip Beda Ketahanan

realme_c20 Layar Carisinyal

Dalam hal penampilan depan dan belakang dari kedua ponsel realme ini tidak ada celah perbedaannya mulai dari konsep Water Drop yang terletak di tengah atas layar, tombol power dan volume up-down di bingkai kanan, pangkalan Dual-SIM, microUSB 2.0, USB On-The-Go, hingga wadah berbentuk kotak sebagai tempat menaruh kamera utama di punggung perangkat.

Tidak hanya itu, dengan bobot 190 gram keduanya punya dimensi bodi yang berukuran seimbang antara lain panjangnya mencapai 165.2 mm, lebar perangkat 76.4 mm, dan ketebalan sebesar 8.9 mm. Beralih ke layar yang juga kompakan memakai panel IPS LCD 6.5 inci dengan rasio layar banding bodi hingga 80.8%, terbilang ideal dan lega untuk perangkat di kelas pemula.

Kemudian, realme C20 dan realme C21 dipasangkan tingkat kecerahan cukup baik dengan jumlah yang akur yaitu 400 nits, menjanjikan layar yang masih bisa terlihat walau terkena silauan cahaya Matahari. Dengan resolusi 720 x 1600 piksel, kerapatan piksel keduanya berada di angka 270 ppi dapat dikatakan punya tampilan visual yang tajam.

Lantas, apa yang membedakan dari kedua ponsel ini? Terletak pada ketahanan layarnya. Rupanya realme C20 sudah mendapatkan pelindung yang berlapiskan Gorilla Glass 3 diklaim mampu mencegah goresan hingga 35%. Selain itu, dengan menggunakan teknologi Native Damage Resistance, kacanya dapat menahan goresan yang lebih dalam.

Bisa dikatakan layar realme C20 lebih kuat dibandingkan realme C21. Hal ini dikarenakan realme C21 belum mendapatkan tameng dalam melindungi layarnya. Kendati demikian, untuk area bingkai dan cangkang kedua perangkat dari realme tersebut telah diracik dengan adonan yang sama yakni plastik. Membuatnya nyaman dan ringan saat digenggam.

2. Selisih Jumlah Tipe Ruang Penyimpanan

Menyibak Perbedaan realme C20 dan realme C21 Hingga Tuntas! 5

Bila mengulik tentang dapur pacu realme C20 dan realme C21 dapat dibilang kalau keduanya punya interior yang serupa. Performa kedua ponsel ini dapat diandalkan berkat prosesor MediaTek Helio G35 berfabrikasi 12 nanometer dengan CPU Octa-core yang terdiri dari empat buah Cortex-A53 berkecepatan 2.3 GHz dan empat inti Cortex-A53 melaju hingga 1.8 GHz.

Guna menyajikan tampilan visual yang membahana, kedua perangkat realme tersebut kompakan menggandeng PowerVR GE8320 sebagai kartu grafisnya. Berlandaskan Android 10 dengan Realme UI, pengguna akan berkenalan dengan mode menarik kekinian seperti mode Fokus, Berkendara, Aksesibilitas, dan Sederhana, disertai dengan kehadiran menu Game Assistant.

Letak distingsinya dapat terlihat pada gudang penyimpanan data atau aplikasi yang menawarkan kapasitas yang beragam. Pada realme C20 pengguna dapat menikmati pelayanan dari RAM berukuran 2 GB dan memori internal 32 GB, sedangkan realme C21 hadir dalam dua kombinasi antara lain 3/32 GB dan 4/64 GB.

Ruang penyimpanan dari kedua perangkat ini ditenagai oleh teknologi eMMC 5.1 yang menghadirkan kecepatan tertinggi untuk aspek penyimpanan data melalui memori flash. Satu hal penting, keduanya dapat dipasangkan oleh microSDXC bila ruang penyimpanan yang disuguhkan masih kurang cukup menampung data atau media.

3. Gap pada Sistem Kamera

realme-C21 camera

Pada kategori kamera cukup menarik untuk ditelisik perbedaan dari kedua ponsel realme ini. Diawali dengan sistem kamera depan dari kedua perangkat ini yang ternyata memiliki resolusi yang sama yaitu 5 MP dengan diafragma f/2.2. Untuk fiturnya realme C21 terdiri dari HDR dan panorama, sementara realme C20 harus puas dengan kepemilikan fitur HDR saja.

Beralih ke bagian kamera belakang dari realme C20 yang hanya punya satu sensor saja dengan konfigurasi 8 MP ber-aperture f/2.0. Sedangkan, realme C21 lebih kaya akan sensor antara lain ada sensor primer 13 MP yang memiliki bukaan f/2.2 dan sensor makro juga kedalaman yang punya resolusi 2 MP berdiafragma f/2.4.

Kamera utama pada kedua model di seri realme C tersebut mendapatkan tiga amunisi untuk mempercantik hasil bidikan antara lain LED flash, HDR, dan panorama. Pada sistem videografinya, baik realme C20 dan realme C21 menawarkan resolusi 1080p dengan jumlah frame setiap detiknya mencapai 30fps.

4. Adu Teknologi Bluetooth

Bluetooth

Pada aspek konektivitas kedua ponsel garapan realme ini telah ditemukan diferensiasi dalam fitur Bluetooth. Untuk realme C20 mengutus teknologi Bluetooth lebih segar dibandingkan dengan realme C21 yang masih menggunakan edisi lebih tua. Kendati demikian, teknologi Bluetooth yang terpasang keduanya terbilang cepat untuk ponsel pintar masa kini.

Hal ini tercermin pada realme C20 yang menggunakan fitur Bluetooth versi 5.1. Edisi ini memiliki jangkauan yang luas sampai 240 meter, sudah mengembahkan dan terintegrasi dengan konsep Internet of Things (IoT), lebih menghemat daya, dan kemampuan transfernya dapat lebih cepat dari 2 Mbps.

Berbeda dengan Bluetooth dari realme C21 yang justru mengalami kemunduran alih-alih naik kelas. Bluetooth yang terpasang pada perangkat ini masih edisi 5.0, kecanggihannya tidak sehebat punya 5.1. Bluetooth 5.0 menyuguhkan kecepatan komunikasi atau transfer data yang maksimalnya hingga 2 Mbps saja.

5. Perbedaan Lainnya

realme c20 color

Selain perbedaan yang sudah disebutkan di atas, realme C20 dan realme C21 masih memiliki pertikaian kecil dalam beberapa hal seperti konektivitas WLAN, sensor, warna dan penawaran harga yang dipatok masing-masing perangkat realme tersebut.

Pada teknologi WLAN bisa dikatakan realme C20 lebih canggih dengan adanya Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, dan hotspot. Lain halnya dengan realme C21 yang harus rela kehilangan Wi-Fi Direct dan dual-band, sehingga hanya menyisakan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan hotspot saja.

Bagi pengguna realme C20 tampaknya mesti menahan rasa dengki karena belum disokong dengan pemindai sidik jari, sebagaimana realme C21 yang sudah dipasang sidik jari dengan penempatannya di bagian cangkang dekat kamera utama. Namun, keduanya punya kesamaan dalam menghadirkan sensor kompas, proksimiti, dan akselerometer.

Baik realme C20 maupun realme C21 hadir dengan sajian warna yang berkilau dan tawaran harga yang ramah di saku. Calon pemilik yang berminat merangkul realme C20 akan disuguhkan dengan warna Cool Gray dan Cool Blue. Satu buah perangkat realme C20 dibanderol pada kisaran harga Rp1,3 jutaan untuk tipe RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Bila kamu lebih terpikat dengan realme C21, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan corak antara lain Cross Black dan Cross Blue. Lalu berapa harga yang dipasang dari ponsel realme ini? Untuk satu unit realme C21 bisa dibawa pulang dengan merogoh dana sebesar Rp1,6 jutaan untuk model ruang penyimpanan berkombinasi 3/32 GB.

Simpulan

Bila kamu menyimak pembahasan di atas maka bisa dilihat kalau realme C20 menaruh perhatian pada daya baterai yang jumbo, layar yang tahan gores, teknologi WLAN yang canggih, dan penggunaan fitur Bluetooth 5.1.

Sedangkan, realme C21 ulung dalam aspek kamera, kombinasi memori beragam, kepemilikan sidik jari, dan sistem baterai yang besar disertai teknologi pengisian balik.

Itulah tadi penjabaran mengenai perbedaan dari kedua ponsel dari realme yang lahir di 2021. Manakah favorit kamu, realme C20 atau realme C21? Jawab dan berikan alasannya di kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram