3 Perbedaan realme C21 dan realme C21Y yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

realme Indonesia memperkenalkan smartphone anyar untuk segmen terjangkau. Smartphone anyar itu adalah realme C21Y yang diluncurkan secara resmi di Tanah Air pada 19 Juli 2021. HP ini sebelumnya telah melenggang terlebih dahulu di pasar Vietnam.

Momentum peluncuran realme C21Y di Indonesia memang bertepatan dengan pembukaan tahun ajaran baru 2021-2022. Tak heran bila Direktur Pemasaran realme Indonesia, Palson Yi, menyatakan bahwa realme C21Y hadir untuk kalangan pelajar. Dalam hal ini, realme ingin menyediakan HP yang cocok untuk kegiatan belajar secara daring.

Jika dicermati dengan saksama, realme C21Y mirip dengan realme C21 yang meluncur terlebih dahulu di Indonesia pada Maret 2021. Namun, ada beberapa perubahan kecil yang kiranya patut untuk diperbincangkan dalam artikel ini.

Carisinyal pun sudah menyiapkan ulasan singkat mengenai perbedaan antara realme C21 dan realme C21Y yang akan segera Anda ketahui. Cermati spesifikasi kedua ponsel sebagai berikut sebelum memasuki pembahasan utama.

Spesifikasi realme C21

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme C21Y

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme C21 dan realme C21Y

Setiap produk baru yang diluncurkan pasti menghadirkan hal yang perubahan. Sekalipun perubahannya tidak banyak, itu sudah cukup membuat sebuah ponsel baru berbeda dari generasi sebelumnya. Begitu pula dengan realme C21Y dan realme C21 yang perbedaannya bisa kita cermati di bawah ini.

1. Desain dan Dimensi

Sumber: realme.com

Tidak ada perbedaan mencolok soal desain di antara kedua ponsel. realme C21 dan C21Y dirancang dengan gaya Geometric Art Design. Corak desain ini berupa garis silang yang diklaim realme mampu mengurangi noda sidik jari di bagian penutup belakang ponsel.

Perbedaan kontras pada garis-garis itu menimbulkan efek visual seperti dua segitiga yang saling berhadapan. Anda juga bakal melihat posisi tombol-tombol, port, sensor sidik jari kedua ponsel sama persis. Bahkan, realme C21 dan C21Y juga sama-sama lolos sertifikasi keandalan tinggi dari TUV Rheinland.

Sertifikasi ini menjamin kedua ponsel dapat dipakai pada kondisi terbaik paling tidak hingga tiga tahun sejak dibeli. Nah, jika dicermati lagi, ternyata tetap ada yang berbeda dari penampilan dua ponsel ini. Perbedaan itu terletak di modul kamera belakangnya.

Untuk realme C21, ada empat lingkaran yang jaraknya antar lingkarannya rapat. Tiga lingkaran di antaranya adalah lensa kamera, sedangkan satu tersisa adalah lampu flash. Lampu flash ini letaknya ada di lingkaran pojok kanan bawah.

Berbeda dengan realme C21Y, jumlah lingkarannya sama-sama empat. Namun, diameter lingkarannya sedikit lebih kecil. Imbasnya, jarak antar lingkaran jadi lebih lebar. Kemudian, lampu flash kini diletakkan di pojok kanan atas.

Sumber: realme.com

Tidak diketahui apa alasan realme memperkecil ukuran diameter lingkaran dan memindah posisi lampu flash pada realme C21Y. Akan tetapi, perubahan ini diyakini tidak mengubah kualitas jepretan.

Hal yang berbeda soal fisik kedua ponsel adalah dimensinya. Walau punya wujud yang mirip, ukuran keduanya ternyata tidak sama. realme sedikit lebih tipis dengan dimensi 165,2 x 76,4 x 8,9 mm. Beratnya juga lebih ringan: 190 gram.

Sementara itu, realme C21Y lebih pendek dan lebih tebal dengan dimensi 164,5 x 76 x 9,1 mm. Ia pun lebih berat: 200 gram. Nah, perbedaan ukuran ini membuat rasio layar banding bodi kedua ponsel juga ikut berubah. Mengingat bentang layar yang disematkan sama-sama 6,5 inci.

GSM Arena mencatat kalau realme C21Y sedikit lebih efisien mempergunakan bodinya untuk menjejalkan layar. Rasio layar banding bodinya 81,6%. Sedangkan realme C21 punya rasio 80,8%.

2. Chipset

Sumber: unisoc.com

Anda mungkin sudah tahu bahwa realme C21Y memakai SoC (System on a Chip) berbeda dari realme C21. Ya, realme C21Y menggunakan SoC dari UNISOC (dibaca: UNI - SoC) bernama Tiger T610. Sedangkan realme C21 menggunakan MediaTek Helio G35.

Sekilas mengenai UNICOC, produsen SoC asal Tiongkok ini sebetulnya bukan pemain baru. Pasalnya, chipset-chipset racikan mereka pernah dipakai oleh berbagai vendor, Samsung salah satunya. Orang mengenalnya dengan Spreadtrum Communications.

Namun, pada 2013 Tsinghua Unigroup (semacam BUMN di Tiongkok) mengakuisisi saham Spreadtrum. Maka terjadilah perubahan nama perusahaan berikut produknya menjadi UNISOC. Adapun UNISOC beroperasi secara fabless. Artinya, mereka mendesain dan menjual SoC sendiri, tapi memasrahkan proses manufaktur ke perusahaan lain.

Kembali ke soal UNISOC Tiger T610 yang dipakai realme C21Y. Menurut Wikimovel, chipset ini adalah SoC kelas menengah yang meluncur pada 2019. Tiger T610 memiliki profil sebagai SoC delapan inti yang dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm.

Ia mengandung dua core kencang Cortex A75 dan enam core irit daya Cortex A55. Seluruhnya memiliki kecepatan 1,8 GHz. Tidak hanya itu, ada banyak komponen lain yang dirangkai dalam SoC ini. Salah satunya adalah GPU Mali-G52 yang dapat bekerja di kecepatan hingga 850 MHz.

Bagaimana dengan Helio G35 yang diandalkan realme C21? SoC yang diperkenalkan pada kuartal kedua 2020 ini memang sama-sama dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm. Namun, konfigurasi CPU dan arsitektur yang dipakainya lebih lawas.

Helio G35 mengandung empat core kencang Cortex A73 dan empat core efisiensi Cortex A53. Core kencangnya disetel pada kecepatan puncak 2,3 GHz, sedangkan core efisiensi bisa berjalan sampai 1,8 GHz. Untuk urusan grafis, SoC ini mengandalkan GPU PowerVR GE8320 dengan frekuensi 680 MHz.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram