carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini

5 Perbedaan realme C25 dan realme C25s yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 18 Juni 2021
Update!
Untuk info harga HP terbaru klik di sini

Sebagai vendor ponsel ternama, realme seakan tidak ada habisnya menyuguhkan inovasi baru kepada masyarakat global. Seperti dua dari produk realme di seri C yaitu realme C25 yang rilis pada Maret 2021, lalu diikuti oleh realme C25s yang baru saja diumumkan pada juni 2021.

Secara penampilan, keduanya tampak serasi dengan konsep cover belakang bertajuk Geometric Art Design, sehingga ketika terkena pantulan cahaya cangkangnya akan berkilau bak mutiara. Badannya juga mempunyai bobot yang sama yaitu 209 gram dengan dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm.

Tidak hanya itu, kedua perangkat ini telah ditanamkan baterai Li-Po berukuran 6.000 mAh yang didukung oleh teknologi pengisian cepat 18W dan pengisian balik. Untuk mengenal lebih jauh tentang realme C25 dan realme C25s, kamu bisa membaca spesifikasinya singkat di bawah ini:

Spesifikasi realme C25

  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G70 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2,0 GHz Cortex-A75 & 6x1,7 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme C25s

realme C25s Prolog Carisinyal
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh, tidak dapat dilepas

Perbedaan realme C25 dan realme C25s

Jika kamu sudah membaca spesifikasi singkat dari kedua perangkat dari realme di atas, maka kamu sudah siap menyimak perbedaan antara realme C25 dengan realme C25s yang sudah Carisinyal rangkum berikut ini:

1. Tingkat Kecerahan Layar

realme-c25 display carisinyal
sumber: gadgetmacth.com

Untuk mengawali perbedaan dari kedua ponsel kembar ini mari diawali dengan mengulik pada aspek layarnya. Kedua perangkat yang berukuran 6.5 inci ini mempunyai rasio layar banding bodi sebesar 81.7%. Selain itu, keduanya tampak serasi memakai panel IPS LCD, mempunyai kemampuan backlight yang terbilang baik.

Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kecerahan yang disuguhkan kepada para penggunanya. Baik realme C25 maupun realme C25s membawa tingkat kecerahan tipikal hingga 480 nits, sehingga jika perangkat digunakan saat siang bolong dengan konfigurasi cahaya yang terang maka layarnya masih dapat terlihat jelas.

Akan tetapi, pada realme C25s rupanya sudah mengungkapkan tingkat kecerahan peak-nya yang mencapai 570 peak. Dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio 20:9, kedua perangkat ini menempelkan kerapatan gambar yang terbilang aman di kelasnya yaitu 270 ppi. Ukuran tersebut cukup memberikan sajian kualitas layar yang jernih.

2. Dapur Pacu

Berkudakan Android 11 di pacuan antarmuka Realme UI 2.0, para pengguna dari kedua perangkat akan bertemu dengan beberapa fitur yang lebih segar seperti AOD (Always-on-display) yang dapat dikustomisasi, menu quick share camera, mode gelap yang bisa diatur, sleep capsule, Dual-Mode Audio, hingga System Cloner.

Mengulik dapur pacunya, realme C25 mengandalkan SoC (System on Chips) dari MediaTek Helio G70 ber-fabrikasi 12 nanometer. Lalu, untuk prosesor CPU perangkat ini diracik dari Octa-core Cortex-A75 yang berjumlah dua buah dengan clock speed 2.0 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang berjalan dalam kecepatan 1.7 GHz.

Sedangkan, pada realme C25s bermodalkan chipset MediaTek Helio G75 yang manufakturnya 12 nanometer. Dipadukan dengan CPU Octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex-A75 berkekuatan 2.0 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang berkecepatan 1.8 GHz, siap membantu pekerjaan mobile pengguna dengan lancar.

Beralih pada prosesor pengolahan grafis dari realme C25 menunjuk Mali-G52 2EEMC2, sedangkan realme C25s mempekerjakan Mali-G52 MC2 sebagai kartu grafisnya. Kinerja dari kedua ponsel ini semakin dapat diandalkan berkat pemakaian ruang penyimpanan yang besar yaitu 4/64 GB dan 4/128 GB berteknologikan eMMC 5.1.

3. Konfigurasi Kamera

Untuk sebuah ponsel kelas terjangkau, kedua ponsel ini mempunyai modul kamera yang mampu memproduksi gambar berkualitas baik. Mengusung Triple Camera, baik realme C25 maupun realme C25s meletakkan sensor-sensor kamera belakangnya dan LED flash di sebuah kotak hitam. Kedua ponsel ini juga membawa sejumlah fitur meliputi HDR dan panorama.

Ketiga sensor yang dihadirkan pada kamera belakang dari kedua ponsel ini antara lain 48 MP dengan diafragma f/1.8 disertai teknologi auto fokus untuk sensor premier menjanjikan hasil cetar dan jelas. Selanjutnya, 2 MP yang mempunyai bukaan f/2.4 untuk sensor makro berguna untuk menangkap gambar sebuah objek berukuran kecil agar terlihat jelas.

Adapun, sensor kedalamannya yang berukuran 2 MP dengan aperture f/2.4 yang ditugaskan untuk menghasilkan efek blur pada bagian latar belakang objek. Tidak ketinggalan, kedua perangkat dari realme ini punya kamera depan yang nangkring di bulatan kecil layar atas dengan resolusi sebesar 8 MP dan diafragma f/2.0 ditemani oleh fitur HDR dan panorama.

Yang membedakan pada konfigurasi kamera dari kedua ponsel ini adalah kemampuan merekamnya. Pada ponsel C25, pihak realme memutuskan untuk menyematkan resolusi sebesar [email protected] Lain halnya dengan realme C25s yang mendapatkan kepercayaan memakai resolusi 1080p dengan dua pilihan kualitas yaitu 30fps dan 60fps.

4. Fitur Konektivitas

Pada kategori konektivitasnya kedua ponsel dari realme menyuguhkan beberapa fitur-fitur antara lain teknologi Bluetooth 5.0, sistem navigasi yang berkolaborasi dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS, juga tidak ketinggalan slot USB untuk Type-C 2.0 dan On-The-Go.

Kompakan tidak memiliki fitur NFC, dalam urusan fitur radio ternyata kedua perangkat ini punya selisih. Bagi kamu yang memutuskan untuk memakai realme C25, kamu masih akan disuguhkan dengan kehadiran FM Radio. Sedangkan, pada realme C25s sepertinya kamu akan dibuat penasaran karena status fitur radio di perangkat ini masih tidak terspesifikasi.

5. Model dan Harga

Harga Rupiah

Muncul dengan varian warna yang selaras yaitu Water Blue dan Water Grey, kedua ponsel ini mempunyai model yang berbeda. Untuk realme C25 muncul ke pasaran dengan dua model yaitu RMX3193 dan RMX3191, sedangkan realme C25s eksis dengan mengandalkan satu model RMX3195.

Lalu, berapakah harga yang dipatok dari masing-masing ponsel realme ini? Nah, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 2,29 jutaan untuk memboyong realme C25 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Sedangkan, bila kamu berminat meminang realme C25s setidaknya harus ada mahar sebesar 110 EUR atau kalau dikonversikan Rp 1,9 jutaan untuk ukuran tipe penyimpanan yang sama.

Simpulan

Terlihat dari pembahasan di atas kalau kedua ponsel ini mempunyai banyak kesamaan. Namun, bukan berarti keduanya tidak terdapat perbedaan seperti konfigurasi kamera khususnya pada kemampuan merekam, tipe chipset, tingkat kecerahan layar, fitur konektivitas terutama radio, model perangkat, hingga harga yang ditawarkan.

Itulah tadi pemaparan mengenai perbedaan realme C25 dan realme C25s. Menurutmu apakah ada perbedaan lain dari kedua ponsel realme ini? Coba komen di kolom komentar! Bila kamu ingin terus mendapatkan update seputar teknologi dan gadget maka sebaiknya jangan lupa untuk ikuti terus Carisinyal, yah! 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram