7 Perbedaan realme C30 dan realme C30s yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh Aris Wibowo
unisoc t612

Selanjutnya, Anda juga dapat menikmati kinerja gaming yang lebih baik dalam realme C30 karena memakai chipset Unisoc T612. SoC ini merupakan chipset kelas menengah ke bawah yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Performa chipset ini cukup baik untuk penggunaan harian dan terkenal irit baterai.

Ini merupakan prosesor octa-core yang terdiri dari dual core Cortex A75 berkecepatan 1,8 GHz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 1,8 GHz sebagai penghemat daya. Kalau diperhatikan komposisinya, Unisoc Tiger T612 mirip dengan SoC MediaTek Helio G70.

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57 dan teknologi Game Engine. Pada dapur pacu HP realme ini, chipset didukung RAM 2 GB atau 4 GB dan memori internal 32 GB atau 64 GB berjenis UFS 2.2.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh laman middleeast-24.com. 

Pada tes benchmark AnTuTu, realme C30 mencetak skor 145.589 Skor tersebut tentu biasa saja dibanding ponsel entry-level lainnya yang menggunakan SoC MediaTek maupun Snapdragon. Dalam pengujian lainnya, HP Android murah ini hanya mampu menghasilkan frame rate rata-rata 24 fps. Itu artinya HP Android murah ini tidak bisa memainkan game kelas tinggi.

Dalam pengujian di kondisi nyata, penguji mengaku terkesan dengan performa realme C30. Ponsel ini disebut mampu melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar, seperti multitasking, browsing, streaming, meng-edit gambar, dan bermain game ringan.

4. Konfigurasi Kamera yang Tidak Jauh Berbeda

realme c30Sumber: Review1st
Kamera realme C30

Konfigurasi kamera yang digunakan realme C30 dan C30s tidak berbeda jauh. Dalam kedua HP realme ini hanya dilengkapi dengan kamera belakang satu buah saja dengan resolusi 8 MP bukaan f/2.0 dan teknologi AI. Di bagian depan, realme hanya menggunakan kamera depan 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Perihal perekaman video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi HD 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah filter bokeh dan AI Beauty. Diharapkan pengguna HP ini bisa mengabadikan dan merekam peristiwa penting di sekitar. 

Meski menggunakan satu kamera utama saja di bagian belakang, kamera ini tampak memiliki fisik yang besar. Tampilan antarmuka aplikasi kamera bawaan juga cukup sederhana. Walaupun demikian masih menurut laman middleeast-24.com, focus dan shutter speed kamera realme C30 ini cukup cepat dibanding ponsel satu kamera lainnya.

realme C30s camera_
Kamera realme C30s

Sementara itu menurut laman Indiatimes.com, hasil kamera C30s sangat bagus di siang hari. Hasil fotonya cukup detail dan jelas untuk kelas HP murah. Namun, untuk kamera depan, hasil warnanya tidak akurat. 

Tentu dengan perbandingan di atas, realme C30 dan C30s ini memang bukan ditujukan untuk Anda pecinta fotografi. Walaupun demikian hasil foto dan video sudah cukup untuk media sosial.

5. Perbedaan Konektivitas

wifi 5

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 4G, Bluetooth, dan WiFi sudah didukung. Namun, tipe Bluetooth yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda.

Menengok keterangan di website resmi, realme seri C30s, tertulis di spesifikasinya hanya mendukung Bluetooth 5.2. Sedangkan pada realme C30 tertulis Bluetooth 5.0. Selain itu, C30 memiliki fitur FM Radio, sedangkan realme C30s tidak memiliki FM radio.

6. Sensor Fingerprint vc Face Unlock

realme C30s spek_

Sebagai versi upgrade, realme C30s akhirnya memiliki sensor sidik jari di bodi samping menyatu dengan tombol power. Ada juga sensor biometrik di kamera depan untuk fitur keamanan dan pembuka kunci layar yang cepat dan mudah. Sensor pemindai sidik jari ini juga dapat berfungsi untuk membuka akses pada beberapa aplikasi. 

Nah, yang sedikit mengecewakan dalam realme C30 ialah, ponsel ini tidak memiliki fitur yang disebutkan di atas. Pengguna hanya bisa mengandalkan Face Unlock setiap ingin membuka layar. Walaupun tanpa sensor pemindai sidik jari, hadirnya fitur Face Unlock sudah cukup untuk mengamankan perangkat.

Dalam pengujian yang dilakukan akun YouTube Kuliah Sore, fitur keamanan ini bekerja cukup baik. Anda cukup menatap ke arah kamera depan 5 MP. Fiturnya dapat membuka HP yang terkunci. Menariknya, fitur ini hanya dapat bekerja ketika kondisi mata terbuka dan menatap ke kamera. Ketika mata tertutup, fitur ini tidak dapat bekerja. Ini fitur yang cukup menarik di sebuah HP harga 1 jutaan.

7. Sistem Android 11 vs Android 12

android 12_

Perbedaan berikutnya dalam realme C30 dan C30s ialah antarmuka sistem operasi. Di sini, Anda akan mendapatkan antarmuka realme Go UI berbasis Android 11 dalam seri C30. Sedangkan C30s menggunakan realme Go UI berbasis Android 12.

Sekadar info, realme Go UI memang dirancang untuk dipakai untuk ponsel dengan kapasitas hardware yang minim. Misalnya, ponsel dengan chipset yang kurang bertenaga hingga RAM yang kecil. Dengan memakai antarmuka ini, HP realme akan bisa menunjang berbagai aktivitas tanpa lag.

Tentu beberapa fitur dalam antarmuka versi Go ini sudah dihilangkan agar kinerjanya lebih optimal. Untungnya fitur yang dihapus tidak terlalu dibutuhkan. Anda pun masih bisa menikmati pengalaman Android yang sama menyenangkan. 

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram