carisinyal web banner retina

Selisih Harga Sedikit, Inilah Perbedaan realme C30 dan realme C31

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Maret 2022, realme C31 resmi dirilis di Indonesia, sedangkan realme C30 dirilis beberapa bulan setelahnya yaitu pada Juli 2022. Kedua ponsel terbaru dari realme ditempatkan di level kelas HP menengah ke bawah dengan harga yang sangat terjangkau yaitu di kisaran Rp1 jutaan.

Meskipun memiliki harga yang terbilang murah, kualitas spesifikasi yang dibawanya cukup mampu bersaing dengan HP lain di kelasnya. Baik realme C30 atau pun realme C31, keduanya sama-sama telah ditenagai oleh chipset Unisoc Tiger T612 dengan fabrikasi 12 nm.

Unisoc Tiger T612 merupakan chipset yang ditenagai oleh delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti ARM Cortex-A75 dan enam inti ARM Cortex-A55 dengan kecepatan masing-masing mencapai 1,8 GHz. Sementara itu, komponen pendukung yang bertugas menangani tampilan grafis yang dimiliki chipset ini adalah GPU ARM Mali-G57 MC2.

Meskipun sama-sama berada di HP kelas menengah ke bawah, keduanya dibanderol dengan harga yang sedikit berbeda, maka dari itu, spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki keduanya tentu akan berbeda juga. Hal tersebut mungkin membuat Anda merasa bingung dalam memilih HP buatan realme ini.

Tapi tenang saja, dalam artikel ini kami akan mencoba memberikan daftar perbedaan apa saja yang ada di antara realme C30 dengan realme C31. Jadi, simak sampai habis artikel ini, ya!

Spesifikasi realme C30

realme C30
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme C31

realme C31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme C30 dan realme C31

Jika dilihat sekilas dari gambar dan daftar spesifikasinya, kedua HP ini memiliki tampilan bagian depan yang cukup mirip, tidak seperti bagian belakang yang terlihat perbedaannya. Perbedaan dari kedua HP ini tidak hanya ada pada tampilannya, untuk lebih lanjut sila simak daftar di bawah ini.

1. Desain dan Dimensi

realme c31

realme selalu berusaha memberikan desain yang berkualitas untuk setiap HP-nya. Kedua HP ini yaitu realme C30 dan realme C31 memiliki desain dan tampilan yang mirip di bagian depan dengan penempatan kamera di sebuah poni berbentuk waterdrop di tengah atas layar.

Di sisi belakang, kedua HP ini memiliki desain yang cukup terlihat perbedaannya. realme C31 memiliki desain yang mirip dengan HP flagship realme GT2 Pro dengan menyamakan susunan pada modul kameranya. Sedangkan realme C30 hanya memiliki satu kamera utama di belakang dan bodinya dibuat bertekstur seperti koper yang memiliki garis vertikal.

Selain modul kamera dan desain bodi yang berbeda, dimensi dan bobot yang dimiliki realme C30 lebih kecil daripada realme C31. realme C30 memiliki dimensi 164,1 x 75,6 x 8,5 mm dengan bobot 182 g. Sedangkan realme C31 memiliki dimensi 164,7 x 76,1 x 8,4 mm dengan bobot yang sedikit lebih berat yaitu 197 g.

2. Layar

realme c30

Beralih pada bagian layarnya, kedua HP ini telah dibekali layar dengan kualitas tinggi untuk sebuah HP kelas menengah ke bawah. Baik realme C30 atau realme C31, keduanya memiliki ukuran layar 6,5 inci dengan dukungan panel IPS LCD serta memiliki aspek rasio 20:9.

Selain itu, kedua HP ini juga memiliki ketajaman layar yang mampu menghasilkan warna dan detail, meskipun tidak terlalu mewah. Layar pada kedua HP ini telah mampu menghasilkan resolusi HD+ dengan 720 x 1600 piksel.

Secara keseluruhan memang kedua HP ini tidak memiliki perbedaan yang cukup besar, namun realme C31 memiliki sedikit keunggulan pada bagian keamanan layarnya yang telah menggunakan teknologi Panda Glass sebagai anti gores yang tidak dimiliki oleh realme C30.

3. Chipset

unisoc t612 realme c30_

Seperti yang telah disebutkan di awal, kedua HP ini sama-sama ditenagai oleh chipset yang diusung oleh UNISOC yaitu Unisoc Tiger T612 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset yang juga dipakai oleh Narzo 50A Prime ini cukup menarik dan cocok untuk penggunaan harian karena keiritan baterainya.

Tiger T612 merupakan chipset dengan delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti pertama sebagai klaster performa yaitu Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan enam inti lainnya sebagai klaster efisiensi yaitu Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz.

Selain delapan inti CPU, chipset ini juga memiliki beberapa komponen lainnya yaitu GPU Mali-G57, ISP tiga inti, serta modem 4G. Menariknya, chipset ini telah mendukung penyimpanan UFS 2.2 yang memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pembacaan dan penulisan file di dalam memori internal.

Perbedaan yang dimiliki kedua HP ini terletak pada kombinasi RAM yang dimiliki untuk dipadukan dengan chipset ini. realme C30 memiliki tiga kombinasi RAM yang bisa dipadukan yaitu 2 GB, 3 GB, dan 4 GB. Sedangkan realme C31 hanya memiliki dua kombinasi RAM yaitu 3 GB dan 4 GB.

4. Spesifikasi Kamera

kamera realme c30

Sektor kamera menjadi perbedaan paling mencolok antara realme C30 dan realme C31. realme C31 memiliki keunggulan pada jumlah dengan tiga kamera belakang yang disusun secara zig-zag, sedangkan realme C30 hanya memiliki satu kamera utama di bagian belakang.

Tiga kamera yang dimiliki realme C31 memiliki spesifikasi kamera utama 13 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan sensor kedalaman 0,3 MP (f/2.8). Sementara itu, realme C30 memiliki spesifikasi kamera utama di belakang 8 MP (f/2.0).

Pada bagian depan, keduanya HP ini memiliki spesifikasi kamera selfie yang sama yaitu 5 MP (f/2.2) yang diletakkan di tengah atas dengan desain waterdrop. Kualitas video yang dihasilkan juga tidak ada yang berbeda, kamera belakang mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080p dengan 30fps dan kamera depan 720p dengan 30fps.

5. Fitur Lainnya

realme c31

Perbedaan harga yang dimiliki kedua HP ini juga harus dipertimbangkan. Pasalnya, dengan harga yang lebih mahal, realme C31 telah memiliki sensor pemindai sidik jari yang berada digabung dengan tombol power di samping. Sedangkan realme C30 tidak memiliki fitur tersebut sehingga proses autentikasi akan menjadi lebih repot dilakukan.

Tidak hanya itu, realme C31 juga memiliki dukungan sensor yang lebih lengkap dibandingkan realme C30. Sensor tersebut adalah giroskop yang akan sangat membantu kenyamanan dalam bermain game berjenis tembak menembak.

Antarmuka sistem yang dimiliki kedua ponsel ini juga cukup berbeda meskipun sama-sama berbasis Android 11. realme C30 menggunakan sistem antarmuka realme UI Go Edition, sedangkan realme C31 menggunakan sistem UI R Edition.

Simpulan

Dijual dengan harga yang berbeda, realme tetap menawarkan HP dengan kualitas yang mewah di kealsnya. Dibanderol dengan harga yang lebih mahal, realme C31 memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih unggul, misalnya pada sektor kamera dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Meskipun begitu, realme C30 akan cocok untuk Anda yang memiliki budget lebih sedikit. realme C30 juga akan cocok untuk digunakan sebagai penggunaan harian dengan fiturnya yang sudah terbilang lengkap untuk HP kelas menengah ke bawah.

Jadi, jika Anda memiliki budget lebih banyak, realme C31 memang cocok untuk jadi pilihan Anda. Meskipun begitu, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga akan lebih mudah dalam menentukan pilihan tersebut.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram