Ketahui 6 Perbedaan realme C31 dan realme C35 Berikut Ini

Ditulis oleh Aris Wibowo

Awal April 2022, realme hadirkan salah satu produk baru di Indonesia, hp realme C35. Produk ini dihadirkan untuk bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya. Menariknya, di waktu yang berdekatan, realme juga sudah menghadirkan ponsel kelas entry level yakni realme C31.

Tentu ini akan membuat pembeli bingung dalam memilih HP Android terbaru buatan realme. Pasalnya, kedua smartphone ini mengusung desain berponi dan spesifikasi yang cukup lengkap di kelasnya.

realme C31 dihadirkan ke pasar Indonesia dengan berbagai varian RAM. Sementara, realme C35 menawarkan varian memori internal. Keduanya juga punya perbedaan lain. Namun, sebelum mengetahui perbedaan kedua HP, simak terlebih dahulu spesifikasi kedua HP.

Spesifikasi realme C31

realme C31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.649.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Spesifikasi realme C35

realme C35
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.299.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan realme C31 dan C35

Sekilas, kedua HP realme ini sangat mirip. Desain layar poni dan kamera belakang juga tampak kembar. Lalu, dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, apa saja sih perbedaan realme C31 dan realme C35? Mana yang pantas dibeli?

1. Desain dan Dimensi

realme c31 dan c35

Realme menghadirkan desain yang berkualitas pada kedua ponsel Android ini. Pada varian, realme C31, produsen menggunakan rangka kokoh dengan casing belakang berteknologi Ultra Slim Dynamic Texture Design.

Bodi belakang plastik ini tampak mewah, nyaman digenggam dan tidak mudah terkena kotoran atau jejak sidik jari. Bodi belakang ini juga diklaim tidak licin sehingga kamu bisa mengoperasikan smartphone ini dengan lebih nyaman. Untuk pilihan warna bodi, Hp realme ini hadir dengan pilihan warna Green dan Silver.

Untuk realme C35 hadir dengan desain yang lebih premium. Produsen asal Tiongkok ini menggunakan frame ringan yang solid dibekali casing belakang berteknologi Ultra Slim Dynamic Glowing. Casing ponsel ini pun tampak mewah dan mengkilap layaknya ponsel mahal meski terbuat dari plastik. Untuk pilihan warna, ponsel RAM 4 GB ini hadir dengan pilihan warna hijau dinamis dan hitam. Pilihan warna membuat ponsel kian elegan.t

Untuk sisi depan, kedua ponsel realme ini mengusung tampilan yang tidak jauh berbeda. Realme masih menerapkan desain layar berponi yang minimalis. Untuk penempatan kamera belakang, ponsel ini menghadirkan 3 kamera belakang yang disusun secara zigzag.

Bicara dimensi, ponsel Android terbaru realme ini memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda. Realme C31 tampak sedikit lebih tebal dengan ukuran 164,7 x 76,1 x 8,4 mm dengan berat 197 gram. Sementara itu C35 memiliki ukuran yang lebih tipis yakni 164,4 x 75,6 x 8,1 mm dengan berat 189 gram. Dimensi keduanya dianggap masih ideal dan tidak terlalu berat untuk penggunaan harian saat ini.

2. Layar

realme c35

Berallih ke bagian layar, realme menghadirkan layar berkualitas tinggi pada kedua produknya. Seri C31, hadir dengan layar kekinian untuk sebuah ponsel Android murah. Realme menggunakan layar berukuran 6,5 inci dengan teknologi IPS dan aspek ratio 20:9.

Layar sentuh ini kian nyaman dilihat karena produsen menambahkan resolusi HD+ 1600 x 720 piksel. Meski resolusi layarnya tidak terlalu mewah, layar ini cukup tajam dalam menghasilkan warna dan detail. Resolusi yang tidak terlalu tinggi ini tentu tidak akan membebani kinerja mesin. Alhasil, performa HP murah realme ini bisa lebih cepat.

Sementara itu, Realme C35 ditanami layar poni minimalis yang sekilas mirip C31 tapi ternyata berspek tinggi. Smartphone ini dibekali layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan teknologi IPS dan aspek ratio 20:9. Yang membedakan layar ini adalah resolusi layar yang sudah menggunakan resolusi full HD+ 1080 x 2408 piksel. Resolusi ini membuat layar bisa menampilkan detail gambar dan warna lebih tajam.

Untuk melindungi kedua layar tersebut, realme memasang anti gores berteknologi Panda Glass. Diharapkan dengan anti gores ini, layar LCD ini tidak mudah tergores.

3. Chipset

realme c35

Sektor mesin menjadi perbedaan realme C31 dan realme C35 yang layak kamu perhatikan. Pasalnya, kedua smartphone memiliki pilihan RAM 4 GB. Untuk dapur pacu, realme C31 mengusung chipset atau dari UNISOC yakni Unisoc Tiger T612 (12nm).

Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa-core 64-bit. Prosesor ini disokong dengan grafis dari GPU Mali G57. Spesifikasi ini tentu sudah cukup mumpuni untuk bermain game dan kebutuhan lainnya. Selain itu, untuk sebuah ponsel entry-level, realme cukup unggul dari sisi pilihan RAM 3 GB dan 4 GB.

Menengok dapur pacu realme C35, kamu akan mendapati mesin berperforma kencang dibanding realme C31. Dalam ponsel kelas menengah ini, terpasang chipset Unisoc Tiger T616 (12nm). Ini merupakan prosesor octa core 64-bit yang dipadukan dengan RAM 4 GB saja. Untuk urusan grafis, terpasang pula GPU ARM Mali G57. Performa chipset yang ditanamkan cukup baik untuk multitasking di smartphone.

4. Kamera

realme c35

Jumlah kamera yang dimiliki kedua Hp realme ini memang sama, namun memiliki performa yang jauh berbeda. Sama-sama menggunakan tiga kamera belakang, realme C31 dibekali kamera utama berkekuatan 13 megapiksel (f/2.2), kamera portrait hitam putih 2 megapiksel (f/2.8) serta kamera makro 2 megapiksel (f/2.4). Sedangkan kamera depan untuk selfie hanya ditanami kamera 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS.

Kamera utama C31 sudah menggunakan sensor SONY dengan tambahan fitur phase-detection autofocus, AI dan LED flash.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram