carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Yuk, Ketahui 6 Perbedaan realme GT 5G dan realme GT Neo!

Yuk, Ketahui 6 Perbedaan realme GT 5G dan realme GT Neo!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 15 April 2021

realme kembali memperkenalkan kedua anggota baru ke dalam jajaran HP flagship killer, yakni realme GT 5G dan juga realme GT Neo. Banyak sekali kebolehan yang dimiliki keduanya, termasuk suguhan layar OLED yang cerah dan tajam, kemampuan fast charging yang unggul, dan juga konfigurasi Triple Camera 64 MP.

Di antara keduanya, realme GT 5G dihargai lebih mahal. Pasalnya, ponsel tersebut sudah mengantongi chipset paling bertenaga di tahun 2021 yang dijamin membuat pengalaman gaming jadi lebih maksimal.

Di sisi lain, ada juga realme GT Neo yang lebih murah tapi tetap berkualitas. Neo sendiri memiliki arti "new" atau baru, dirilis dengan seling waktu sebentar saja setelah realme GT 5G. Apa saja perbedaannya? Simak di artikel ini.

Spesifikasi realme GT 5G

Realme GT 5G
  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 680 & 3x2,42 GHz Kryo 680 & 4x1,80 GHz Kryo 680
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB. 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: LiPo 4500 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme GT Neo

  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • CPU: Octa-core (1x3.0 GHz Cortex-A78 & 3x2.6 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G77 MC9
  • RAM: 6, 8, 12 GB
  • Memori Internal: 128, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: LiPo 4500 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan realme GT 5G dan realme GT Neo

Seberapa jauhkah perbedaan dari realme GT 5G dan Neo? Di rentang harga yang berbeda, manakah yang lebih worth it untuk didapat? Ketahui jawabannya dengan menilik poin-poin perbedaan berikut ini.

1. Dimensi dan Bobot Bodi

realme GT 5G dihadirkan dengan dua bahan material, yakni kaca dan juga kulit. Karenanya, ponsel ini jadi punya tingkat ketebalan bodi yang berbeda. Khusus varian yang pakai bahan kaca, ketebalannya adalah 8,4 mm sedangkan yang menggunakan bahan kulit punya tingkat ketebalan 9,1 mm.

realme GT Neo hanya hadir dengan satu varian saja yakni menggunakan bahan material plastik polikarbonat. Kendati begitu, tingkat ketebalannya pun sama seperti realme GT 5G yang pakai kaca yakni 8,4 mm. Untuk dimensi lainnya, baik realme GT 5G maupun realme GT Neo sama-sama punya ukuran 158.5 x 73.3 mm.

Berlanjut ke bobotnya, di mana realme GT 5G rupanya lebih berat dibandingkan yang Neo, yakni mengusung bobot 186 gram ketimbang Neo yang seberat 179 gram saja. Jadi dalam hal ini, realme GT Neo memang cenderung punya kenyamanan pengguna lebih baik, terutama saat digenggam dalam waktu yang lama.

2. Snapdragon 888 vs. Dimensity 1200 5G

Dalam hal penggunaan chipset, keduanya sama-sama memberikan yang terbaik. Terutama realme GT 5G, yang ditenagai dengan chipset tergahar Snapdragon 888 yang merupakan the next big thing setelah Snapdragon 865 Plus. Tidak terkirakan, chipset tersebut sudah mampu mencapai skor AnTuTu v8 menembus angka 700 ribu.

Chipset yang dibuat dengan fabrikasi 5nm ini juga niscaya dapat membuat ponsel lebih hemat baterai, sekaligus mengedepankan sisi performa berkat tiga klaster Kryo 680 yang terbagi menjadi Kryo 680 Prime (2,84 GHz), Gold (2,42 GHz), dan juga Silver (1,8 GHz). Dipadankan dengan kartu grafis Adreno 660 berfrekuensi hingga 840 MHz, niscaya pengalaman gaming bisa terasa lebih optimal.

Di lain sisi ada realme GT Neo yang mengedepankan penggunaan chipset Dimensity 1200 5G. Kepingan chip besutan MediaTek tersebut hadir pertama kali pada ponsel realme GT Neo, mengusung fabrikasi 6 nm dan juga clock speed maksimum yang mencapai 3 GHz.

Lebih tepatnya, SoC tersebut dilengkapi satu inti ARM Cortex A78 (3 GHz), tiga buah ARM Cortex A78 (2,6 GHz), serta empat inti ARM Cortex A55 (2 GHz).

Manakah di antara keduanya yang punya performa lebih tinggi? Terlepas beredarnya kabar bahwa realme GT 5G melakukan kecurangan saat menunjukkan hasil benchmark AnTuTu v8, chipset Snapdragon 888 sendiri dinilai lebih unggul dibanding Dimensity 1200.

Rata-rata dari smartphone yang menggunakan Snapdragon 888 mendapatkan skor di atas 700 ribu, sedangkan Dimensity 1200 hanya meraih poin 600 ribuan saja.

Apalagi SD888 punya transisor 5 nm yang lebih kecil dan membuatnya lebih hemat baterai. Tapi, tetap tidak dapat dipungkiri kalau Dimensity 1200 mampu mencapai clock speed lebih tinggi dan punya kinerja baik pada kegiatan multitugas.

3. Versi Bluetooth

Seperti ponsel lain pada umumnya, realme GT 5G dan Neo tentu dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth untuk dihubungkan dengan perangkat lain seperti earphone nirkabel, papan ketik, ataupun sekadar untuk berkirim data. Akan tetapi, kedua ponsel ini punya versi Bluetooth yang berbeda.

Pada realme GT 5G contohnya, yang sudah dibekali dengan Bluetooth versi 5.2 ketimbang realme GT Neo yang masih memakai Bluetooth 5.1. Pertanyaannya, apakah perbedaan versi ini begitu berarti? Untuk menjawabnya, mari kita simak beberapa peningkatan yang dibawakan oleh Bluetooth 5.2.

Pada Bluetooth 5.2, perangkat menggunakan L3 Codec yang bisa menghasilkan kualitas suara lebih baik lagi sekalipun menggunakan daya yang lebih sedikit. Sementara itu, LE Audio juga memungkinkan terjadinya penambahan fitur tertentu agar earphone bisa tersambung dengan beberapa sumber atau beberapa earphone mendengar dari satu sumber yang sama.


Secara kesimpulan, bisa dianggap bahwa realme GT 5G akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan saat menggunakan headset ataupun speaker Bluetooth. Ditambah, penggunaan Bluetooth di sini juga tidak begitu boros baterai.

4. Desain Tampilan Bodi

Walau dari segi spesifikasi banyak yang mirip, realme GT 5G dan Neo memiliki warna dan tampilan desain bodi belakang yang terlihat berbeda. Khusus yang realme GT 5G, Anda akan menemukan salah satu varian warna yang cukup ikonik yakni Racing Yellow dengan warna dual tone hitam-kuning yang catchy.

Sekilas bentuk desain seperti ini mirip seperti POCO M3. Bedanya, POCO M3 punya tampilan bilah yang memanjang secara horizontal. Di varian hitam dan kuningnya ini, realme menggunakan bahan material kulit imitasi alias vegan leather dengan tekstur yang nyaman digenggam serta anti sidik jari.

Oh iya, realme GT 5G juga punya pilihan warna lain yang tidak kalah menarik, yakni biru dan juga abu. Sedangkan, bagi yang menilik ponsel realme GT Neo, bisa merasakan perpaduan warna yang cenderung genjreng dengan varian Fantasy Gradient, Geek Silver, dan Hacker Black.

Ketiga varian tersebut menawarkan tampilan stripe dengan pantulan cahaya hologram. Terutama untuk Fantasy Gradient, warna keunguannya akan mengingatkan kita dengan tema Cyberpunk yang memang menjadi sumber inspirasi.

5. Kemampuan Fast Charging

Untungnya tidak ada penurunan kapasitas baterai pada realme GT Neo, masih sama-sama menyuguhkan baterai LiPo 4.500 mAh non-removable dengan ketahanan yang baik berkat pemakaian panel AMOLED dan chipset hemat daya. Yang berbeda justru adalah kemampuan fast charging-nya.

Sama-sama pakai konektivitas USB Tipe-C 2.0, realme GT 5G lebih unggul dengan fast charging 65 W yang diklaim dapat mengisikan daya hingga 100% dalam waktu 35 menit saja. realme GT Neo memang dilepas dengan harga lebih murah dari realme GT 5G, namun hal ini berimbas juga pada penurunan fast charging menjadi 50 W saja.

Pihak perusahaan mengklaim kalau realme GT Neo ini bisa mencapai daya 50% dalam waktu 16 menit. Walau tidak secepat saudaranya, tetap saja fast charging ini masih terbilang cepat di kelasnya. Masih sama-sama oke bagi pengguna yang tidak sabaran.

6. Harga

Harga menjadi salah satu perbedaan lainnya yang dimiliki oleh realme GT 5G dan realme GT Neo. Bahkan melihat dari spesifikasi keduanya secara sekilas, siapapun bisa menebak kalau realme GT 5G memang layak dibanderol dengan harga lebih mahal dibanding realme GT Neo.

Varian realme GT 5G ini punya banderol harga 2899 yuan atau sekitar Rp6,3 jutaan (8/128 GB). Sedangkan, versi Neo-nya punya harga 1799 yuan, sekitar Rp4 jutaan (6/128 GB). Hingga artikel ini ditulis, keduanya memang belum masuk ke pasar Indonesia secara resmi.

Simpulan

realme GT 5G dan Neo merupakan dua ponsel yang sama-sama menyuguhkan spesifikasi tinggi, terutama realme GT 5G yang sudah dihadirkan dengan chipset flagship paling berkelas di tahun 2021. Kendati begitu, varian Neo-nya juga sama-sama tidak kalah menarik sebagai ponsel pertama yang pakai Dimensity 1200.

Keduanya juga punya ciri khas desain bodi yang berestetika tinggi, baik itu realme GT 5G dengan Racing Yellow ataupun Neo dengan tema Cyberpunk-nya.

Untungnya meskipun harganya cukup jauh lebih murah, rupanya Neo masih dibekali dengan keunggulan penting seperti layar AMOLED Full HD Plus dengan laju penyegaran 120 Hz dan juga mendukung konektivitas WiFi 6. Sekarang tinggal perlu menunggu tanggal mainnya, apakah realme GT 5G atau realme GT Neo akan dirilis di luar China atau tidak.

Pasalnya, jika membeli ponsel yang tidak hadir di Indonesia secara resmi, Anda akan mendapatkan kendala IMEI dikunci sehingga tidak dapat terkoneksi secara data seluler dan juga telepon/SMS. Jadi, mana yang menurut Anda lebih menarik untuk dimiliki? Share di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram