carisinyal web banner retina

Intip 7 Perbedaan realme Narzo 50i dan Narzo 50i Prime

Ditulis oleh Aris Wibowo

realme kembali menghadirkan produk smartphone baru yang menyasar anak muda bernama realme Narzo 50i Prime. 

Mengusung slogan “Mighty in Style”, HP Android ini hadir dengan spesifikasi kekinian untuk gaming dengan harga yang bersaing. Kehadiran HP ini  melengkapi seri Narzo yang sudah ada. Seperti seri Narzo 50i yang juga memiliki spesifikasi gaming berkualitas dengan harga terjangkau.

Tentu menarik menemukan perbedaan antara realme Narzo 50i dan Narzo 50i Prime, mengingat kedua HP dipasarkan di kelas yang sama yakni kelas HP Rp1 jutaan. 

realme sendiri mengklaim varian Prime ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dibanding varian Narzo 50i biasa. Apalagi, ponsel ini dibekali chipset Unisoc yang mumpuni dan layar yang lebih baik.

Coba mengingatkan kembali bahwa seri Narzo memang seri produk dari realme yang dibuat untuk menarik perhatian para pengguna dari kalangan anak muda. 

Maka dari itu, harga produk ini disesuaikan dengan isi kantong anak muda. Hal ini karena produk Narzo selalu hadir dengan kinerja tinggi dan baterai yang tahan lama.

Nah, pembahasan dalam artikel ini, Carisinyal akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan realme Narzo 50i dan Narzo 50i Prime. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi realme Narzo 50i

realme narzo 50i
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC SC9863
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme Narzo 50i Prime

realme narzo 50i Prime
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme Narzo 50i dan Narzo 50i Prime

realme Narzo 50i Prime hadir sebagai ponsel entry-level dengan desain trendi untuk bermain game. Padahal, Narzo 50i juga mengusung dapur pacu yang tidak bisa diremehkan di kelas HP 1 jutaan.Seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Desain Bodi Belakang Berbeda

narzo 50i Prime - Lifestyle angle_

Desainer realme tampak menghadirkan inovasi desain pada beberapa produk baru di 2022 ini. Setelah sebelumnya menghadirkan desain cantik dan minimalis dalam seri realme C30, kali ini giliran realme Narzo 50i Prime yang hadir dengan desain serupa, minimalis namun tetap modis untuk gaming meski berbahan plastik

Kalau dibandingkan dengan seri Narzo 50i, Narzo 50i Prime hadir lebih modern. Memang untuk bagian depan kedua HP masing sama memakai desain kamera depan model waterdrop.

Namun, kalau memperhatikan bagian belakang, kedua HP realme ini memiliki konsep yang sama yakni dengan dua bagian, sepertiga bagian atas polos dan sepertiga bagian bawah bertekstur. 

Bedanya desain realme Narzo 50i Prime hadir lebih segar. HP Android ini seakan memiliki modul kamera yang cukup besar berbentuk persegi panjang. 

Ini bukan modul kamera tetapi bagian bodi yang hadir dengan desain polos. Dalam bagian plos ini terdapat kamera dan tulisan Narzo dibagian kanan.

Sedangkan, realme Narzo 50i juga memiliki bagian polos. Bedanya, bagian ini berisi modul kamera berbentuk persegi panjang vertikal. Modul bagian atas berwarna hitam berisi kamera dan LED Flash. Sedangkan modul bagian bawah berwarna sama dengan bodi dengan tulisan Narzo.

Untuk bagian bawah bodi lainnya, realme sama-sama menghadirkan desain bergaris yang memiliki motif dan gradasi warna kalau terkena cahaya. Desain bodi ini membuat HP tidak terlalu licin dan bodi tidak mudah kotor.

Berlanjut ke perbedaan dimensi kedua ponsel. realme Narzo 50i Prime yang punya dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dengan bobot 185 gram tampak ringkas. Sedangkan Narzo 50i memiliki dimensi 165,2 x 76,4 x 8.9 mm berikut bobot 195 gram. 

Tentu realme Narzo 50i Prime lebih nyaman digenggam untuk aktivitas harian. Apalagi, kedua HP ini sudah mendukung fitur tahan cipratan air yang mirip di seri realme C30.

2. Layar HD+

realme narzo 50i layar_

realme Narzo 50i Prime dan Narzo 50i sama-sama menggunakan layar berukuran 6,5 inci untuk mengisi sektor tampilannya. Layar tersebut menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Layar ini juga sudah memiliki kerapatan layar 270 ppi

Kedua layar ini terbilang biasa saja untuk ponsel entry-level. Tampilannya tidak terlalu buruk, namun masih menampilkan detail yang baik. Untuk pemakaian luar ruangan tidak di terik matahari, kedua HP sudah sangat baik karena memiliki kecerahan layar 400 nits.  

Pembeda kedua layar HP realme ini ialah screen-to-body ratio. Narzo 50i Prime memiliki screen-to-body ratio 82,2%, sedangkan Narzo 50i hanya 80,8%. Hal ini membuat layar Narzo 50i Prime nampak lebih luas dibanding seri sebelumnya.

3. Unisoc SC9863A vs Unisoc T612

performa narzo 50i 3_

Baik realme Narzo 50i Prime dan Narzo 50i sama-sama mengandalkan chipset buatan Unisoc sebagai otaknya. Bedanya, Narzo 50i Prime mengusung chipset generasi yang lebih baru yakni Unisoc T612, sedangkan Narzo 50i masih mengandalkan Unisoc SC9863.

Anda dapat menikmati kinerja gaming yang lebih baik dalam realme Narzo 50i Prime karena memakai chipset Unisoc T612. Chipset ini digunakan oleh banyak ponsel entry-level maupun mid-range. Untuk realme sendiri sudah memakainya di seri realme C30 dan realme Narzo 50A prime.

Ini merupakan prosesor octa-core yang terdiri dari dual core Cortex A75 berkecepatan 1,8 Ghz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 1,8 Ghz sebagai penghemat daya. 

Terpasang juga GPU Mali G57 dan RAM 3 GB atau 4 GB. Spesifikasi ini cukup memadai untuk digunakan bermain game ala kadarnya.

Sementara itu, realme Narzo 50i masih mengandalkan chipset Unisoc SC9863A. Chipset ini dirilis pada 2018 dan sudah dilengkapi RAM 2 GB atau 4 GB. Prosesor octa-core ini terdiri dari empat core Cortex A55 1,6 Ghz dan empat core Cortex A55 1,2 Ghz. 

Memang chipset yang digunakan cukup jadul. Namun, performa HP ini untuk bermain game masih enak dan lancar, asalkan bukan game berat yang dimainkan. Apalagi, HP ini sudah memakai RAM 4 GB dan GPU IMG8322.

Untuk pengujian main game, kami merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube Kuliah Sore. Dalam video tersebut,  realme Narzo 50i Prime lancar dipakai bermain game PUBG Mobile. 

Game tersebut dapat dimainkan menggunakan pengaturan grafis bawaan balance-medium. Anda bisa meningkatkan pengaturan ke high. Hasilnya game dapat dimainkan secara lancar meski diawal sempat patah-patah.

Sementara itu, untuk Narzo 50i dapat memainkan game PUBG dengan pengaturan grafis smooth medium saja. Ketika digunakan bermain game, nyatanya masih ditemukan lag, namun tidak terlalu mengganggu.

4. Desain Kamera Berbeda

narzo 50i kamera_

Konfigurasi kamera yang digunakan realme Narzo 50i dan Narzo 50i Prime tidak berbeda. Keduanya memakai satu kamera belakang dan satu kamera depan. Walaupun spesifikasi kameranya mirip, desain kamera ternyata berbeda.

Pada realme Narzo 50i Prime sebetulnya tidak memiliki modul kamera. Produsen langsung menempatkan kamera di bodi belakang. Namun, karena bodi bagian atas memiliki desain yang persegi seakan mirip modul kamera. Kamera yang tanpa modul ini membuat HP lebih modis dan bersih.

Sementara itu, pada realme Narzo 50i masih menggunakan modul kamera yang elegan. Sekilas Anda akan tertipu mengira modul kamera berbentuk persegi panjang kecil ini berisi banyak kamera. Padahal hanya ada 1 kamera utama saja. Sisanya hanya ada semacam lingkaran dengan tulisan AI.

Memang untuk spesifikasi kamera kedua HP realme ini bisa menjadi kekurangan paling terlihat. Pasalnya, untuk kamera utama, realme hanya menghadirkan kamera 8 MP saja dengan sebuah LED Flash. Untuk kamera depan, hanya terpasang kamera 5 MP.

Tentu dengan spesifikasi tersebut, kedua HP ini memang bukan ditujukan untuk Anda pecinta fotografi. Walaupun demikian hasil foto dan video sudah cukup untuk media sosial.

5. Baterai 5000 mAh

baterai narzo 50i_

Baik realme Narzo 50i Prime maupun Narzo 50i sama-sama dibekali baterai dengan kapasitas yang sama yakni 5000 mAh. 

Memang, kapasitas baterai ini terbilang standar dan umum digunakan. Apalagi, kedua HP realme ini sama-sama memiliki pengisian daya 10W, yang artinya tanpa fast charging.

Menariknya, dalam beberapa pengujian, realme Narzo 50i Prime dapat terisi penuh baterainya dalam waktu 3 jam kurang. Sedangkan, Narzo 50i dapat terisi penuh dalam waktu 3 jam lebih. Perbedaan waktu pengisian ini bisa disebabkan karena teknologi chipset yang berbeda.

Baterai pada realme Narzo 50i Prime dilengkapi dengan fitur ultra saving mode. Ketika mode ini hidup, HP bisa digunakan untuk chatting 1,5 jam, untuk menelpon 2,3 jam, dan mendengarkan musik selama 4,1 jam dalam kondisi baterai tersisa 5%.

6. Konektivitas

bluetooth 4.2

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 4G, Bluetooth , dan WiFi sudah didukung. Namun, generasi Bluetooth  yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda.

realme Narzo 50i mendukung hingga Bluetooth 4.2, sedangkan Narzo 50i Prime mendukung bluetooth 5.0. Artinya Narzo 50i Prime akan memberikan pengalaman yang lebih baik saat akan mentransfer data atau menghubungkan ke perangkat Bluetooth lain.

Selain itu, Narzo 50i Prime memiliki fitur FM Radio, sedangkan Narzo 50i tidak memiliki FM radio.

7. Sensor Gyro

narzo 50i Prime - Lifestyle angle 5 (Mint Green)_

realme Narzo menjadi salah satu produk dengan paket lengkap untuk bermain game. Nah dalam realme Narzo 50i ternyata sudah dibekali sensor Gyroscope. Sedangkan Narzo 50i Prime yang merupakan produk terbaru tidak dibekali sensor Gyro.

Hal ini tentu menarik banyak pihak. Pasalnya, Narzo 50i merupakan produk HP entry-level namun memiliki sensor yang cukup baik. Dengan sensor ini membuat Anda yang sering memainkan game tembak-menembak seperti PUBG Mobile, hanya tinggal menggerakkan HP untuk membidik. 

8. Isi Paket Penjualan dan Harga Rilis 

realme narzo 50i prime wifi_

realme menjadi salah satu produsen dengan paket penjualan yang masih lengkap. Konsumen akan menemukan berbagai aksesori di dalam boks penjualan Narzo 50i Prime dan Narzo 50i.

Mulai dari kabel USB type C, clear case, ejektor kartu SIM, dokumen petunjuk penggunaan dan kartu garansi.

Namun, untuk kali ini realme sedikit berbeda. Pasalnya, meski ukuran box sama. Ternyata realme Narzo 50i Prime tidak dibekali kepala charger. Berbeda dengan Narzo 50i yang masih dibekali kepala charger 10W.

Selain itu, untuk sektor harga, keduanya sedikit berbeda. realme Narzo 50i Prime hadirkan dua varian. Ada varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, harganya adalah Rp1.399.000. Sementara varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, harganya Rp1.699.000. 

Sementara  realme Narzo 50i hanya hadir dengan satu varian, yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Harga jual produk ini adalah Rp1.699.000

Simpulan

realme Narzo 50i Prime dan Narzo 50i memang tidak bisa diremehkan di pasar ponsel entry-level

Keduanya memiliki desain bodi yang sama modis dan dapat diadu dengan HP di harga lebih tinggi. Tidak hanya itu, untuk pemakaian sehari-hari, HP ini sangat bisa diandalkan berkat layar, dapur pacu dan baterai.

Tentu Narzo 50i Prime selangkah lebih baik dibanding Narzo 50i dari sisi performa. Pasalnya, HP Android terbaru ini menghadirkan chipset Unisoc generasi yang lebih baik dan lebih baru. Walaupun demikian, HP gaming ini memang lebih cocok untuk bermain game yang santai.

Menariknya, walaupun performa Narzo 50i tidak terlalu kencang, HP ini memiliki sensor yang cukup lengkap termasuk sensor Gyro. Selain itu, HP ini masih dibekali kepala charger dalam paket penjualan, sedangkan Narzo 50i Prime sudah tidak mendapat kepala charger

Kedua HP ini sejatinya cocok untuk anak muda yang butuh HP Android desain kekinian harga terjangkau yang menggunakan untuk fungsi harian saja. HP ini juga cocok untuk orang tua hingga orang yang baru pertama kali mengoperasikan smartphone.

Bagaimanapun realme Narzo 50i Prime dan Narzo 50i merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di berbagai sektor untuk HP Rp1 jutaan. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan versi biasa atau versi Prime?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram