Carisinyal / Xiaomi 2019 / Yuk, Cari Tahu Perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Sukses menarik minat pencinta gadget dengan Redmi Note 7 yang nge-hits abis, Redmi, sub-brand dari Xiaomi kembali merilis HP terbarunya, Redmi Note 7 yang tidak kalah keren. Nah, kali ini, Carisinyal akan mengupas tuntas perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7 ini.

Gimana, ingin tahu apa saja perbedaan kedua HP kece besutan vendor asal Negeri Tirai Bambu? Simak langsung pembahasannya di bawah, ya.

Spesifikasi Redmi Note 7

Redmi Note 7

 

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 48 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.299.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi 7

 

perbedaan redmi note 7 dan redmi 7

  • Chipset: Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.799.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 7 dan Redmi 7

Nah, setelah mengetahui spesifikasi kedua HP Redmi ini, simak langsung saja ulasan mengenai perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7 berikut.

1. Desain Sama Cantiknya, Tapi…

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN REDMI NOTE 7

*

Redmi Note 7 dan Redmi 7 sama-sama memiliki desain yang cantik dan memukau. Tapi, ada bedanya, nih. Bagian kover belakang Redmi Note 7 dilapisi kaca, sekaligus pelindung buatan Corning, yakni Gorilla Glass generasi kelima.

Sementara Redmi 7 kover belakangnya terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat yang dibuat menyerupai kaca, dengan efek tampilan shiny yang menggoda. Jika dilihat dari bagian depan, kedua HP ini tampak tak memiliki perbedaan yang berarti. Baik Redmi Note 7 dan Redmi 7 sama-sama mengusung layar lebar dengan bezel tipis, dihiasi poni berbentuk water drop yang cantik.

Oh ya, perbedaan lainnya dari segi desain adalah, lensa kamera Redmi Note 7 tampil lebih menonjol dibandingkan lensa kamera Redmi 7. Hayo, Anda lebih suka yang mana?

2. Ukuran dan Resolusi Layar

REDMI NOTE 7 3

* sumber: www.youtube.com

Kedua HP yang dirilis lewat sub-brand Xiaomi ini juga memiliki ukuran layar yang berbeda tipis. Redmi Note 7 dibekali layar sebesar 6.3 inci, sementara Redmi 7 layarnya berukuran 6.26 inci. Keduanya sama-sama menggunakan panel berteknologi IPS LCD. Tapi, bisa dibilang tampilan layar milik Redmi Note 7 lebih baik ketimbang sang adik, Redmi 7.

Mengapa? Meski secara ukuran bedanya nggak terlalu signifikan, layar Redmi Note 7 ini sudah beresolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan layar mencapai ~409 ppi. Artinya, layar Redmi Note 7 lebih jernih dan reproduksi warnanya lebih baik ketimbang Redmi 7 yang layarnya masih mentok di resolusi HD+ 720 x 1520 piksel.

Tapi, bukan berarti layar Redmi 7 benar-benar jelek, ya. Dengan resolusi yang lebih rendah, otomatis hal tersebut juga berpengaruh pada performa yang halus dan tingkat keawetan baterai HP-nya.

For your info, layar kedua HP ini sudah diproteksi dengan pelindung Corning Gorilla Glass generasi kelima, jadi Anda tidak perlu menambahkan antigores layar tambahan.

3. Chipset Qualcomm Beda Seri

snapdragon_chip_845

Selain beda dari segi desain hingga resolusi layar, Redmi Note 7 dan Redmi 7 juga ternyata memiliki perbedaan di sektor dapur pacunya. HP besutan vendor asal Tiongkok ini sama-sama menggunakan chipset dari Qualcomm, yakni Snapdragon.

Hanya saja, serinya berbeda. Ya, Redmi Note 7 menggunakan chip Snapdragon 660, sedangkan Redmi 7 ditenagai Snapdragon 632. Fabrikasi chipnya sama, yakni 14 nm.

Baik Redmi Note 7 ataupun Redmi 7 sama-sama memiliki performa yang bagus di kelasnya. Keduanya cocok jika digunakan untuk menjalankan aplikasi ringan, seperti sosial media Instagram hingga streaming video lewat aplikasi YouTube. HP-HP keren ini juga bisa dipakai untuk memainkan game sejuta umat, PUBG Mobile. Namun tentu dengan setting grafis yang disesuaikan.

4. Sektor Kamera

Redmi Note 7 (13)

Nah, sekarang kita beralih ke sektor kameranya. Redmi Note 7 dibekali dengan dua lensa kamera utama, yakni lensa 48 MP dengan phase detection auto focus untuk penguncian fokus pada foto dengan lebih baik, serta satu lagi lensa 5 MP untuk depth sensor atau efek bokeh. Sementara untuk kamera selfie-nya, Redmi Note 7 dibekali dengan lensa kamera 13 MP yang sudah di-support fitur HDR.

Hasil foto yang diambil menggunakan kamera Redmi Note 7 Pro memiliki kualitas yang bagus, walaupun memang tidak sebagus kebanyakan HP flagship saat ini. Apalagi dengan adanya dukungan mode pro yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas setara lensa 48 MP, Anda akan mendapatkan foto dengan detil yang baik. Kamera Redmi Note 7 juga masih bisa diandalkan untuk foto dalam kondisi low-light saat malam hari.

Lalu, bagaimana dengan sektor kamera Redmi 7? Adik dari Redmi Note 7 ini sama-sama dibekali dengan dua kamera utama, yakni 12 MP dengan phase detection auto focus dan jua satu lensa 2 MP untuk efek bokeh. Redmi Note 7 juga punya satu kamera selfie berukuran 8 MP yang tentu masih bisa diandalkan untuk digunakan berswafoto ria.

Hasil foto dari Redmi 7 juga sama-sama bagus. Menurut NubiGadget, foto yang diambil menggunakan kamera utama Redmi 7 ini memiliki dynamic range yang merata. Kualitas foto dari kamera selfie-nya juga bagus, terlebih bila diambil dalam kondisi cahaya yang memadai.

Sayang, jika foto diambil dalam kondisi membelakangi cahaya, warnanya akan berubah menjadi sangat pucat. Terlepas dari itu, hasil foto dari kamera Redmi 7 ini bisa dibilang oke banget, deh. Oh ya, kedua HP ini sama-sama didukung dengan teknologi AI atau artificial intelligence yang bisa membuat kameranya membedakan dan melakukan penyesuaian dengan objek foto yang dibidik.

5. Kelengkapan Sensor

redmi note 7 2

* sumber: www.youtube.com

Satu perbedaan lainnya yang dimiliki kedua HP ini terletak pada kelengkapan sensornya. Ya, keduanya memang sama-sama dilengkapi dengan sensor biometrik berupa sensor sidik jari yang ada di bagian belakang bodi serta sensor face unlock.

Namun, ternyata Redmi Note 7 ini sensornya lebih lengkap dibanding Redmi 7 karena memiliki sensor gyro, proximity hingga compass. Sedangkan Redmi 7 tidak dibekali sensor gyroscope yang tergolong penting bagi sebagian pengguna ponsel.

6. Micro USB vs USB Type-C

Redmi Note 7 (11)

Perbedaan lain yang dimiliki Redmi 7 dan Redmi Note 7 ada pada jenis port USB yang dipakai. Redmi 7 masih menggunakan port USB bertipe mikro yang tergolong jadul, sementara Redmi Note 7 sudah mengusung port USB tipe-C yang banyak digunakan HP-HP keluaran saat ini.

7. Triple Slot vs Hybrid

Redmi Note 7 yang nge-hits abis ternyata memiliki slot bertipe hybrid yang hanya berjumlah dua unit. Sedangkan Redmi 7 dilengkapi triple slot yang memungkinkan Anda memasang dua SIM Card berbeda, bersamaan dengan microSD card-nya. Sementara jika Anda menggunakan Redmi Note 7, Anda harus rela memasang satu SIM Card saja kalau ingin menggunakan kartu SD.

8. Fast Charging

Redmi Note 7 (5)

Redmi 7 dan Redmi Note 7 memang sudah sama-sama didukung teknologi fast charging. Namun, kedua HP yang dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang terkenal awet ini ternyata didukung dengan teknologi fast charging yang berbeda. Redmi Note 7 sudah dibekali fitur fast charging 9V/2A 18 W (Quick Charge 4).

Namun, menurut GSMArena, charger tersebut tidak disertakan dalam box pembelian dan harus dibeli secara terpisah. Anda harus puas menggunakan charger standar 5V/2A yang mampu membantu mengisi daya baterai dari 0 hingga 30% selama 30 menit. Cukup lama, bukan? Jika hanya menggunakan charger standar bawaan, maka kecepatan pengisian dayanya tidak jauh berbeda dengan Redmi 7.

Nah, Redmi Note 7 juga memang dibekali dengan fast charging, tapi bukan Quick Charge, melainkan fast charging 10 W saja. Menurut NubiGadget, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai HP dari 0% hingga penuh.

9. Electronic Image Stabilization

Redmi Note 7 (14)

Perlu diketahui, kedua HP ini sama-sama bisa merekam video beresolusi [email protected] dan belum mendukung perekaman video dengan resolusi 4K. Bedanya, Redmi Note 7 sudah dibekali teknologi Electronic Image Stabilization atau EIS yang bisa membantu merekam video minim goncangan. Sedangkan Redmi 7 belum memiliki EIS, sehingga akan ada banyak guncangan pada video karena tidak adanya teknologi stabilisasi ini.

10. Varian RAM

Redmi Note 7 (4)

Varian RAM dan memori internal dari kedua HP ini juga berbeda, lho. Redmi Note 7 tersedia dalam varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan varian RAM 4/6 GB dengan memori internal 64 GB. Sedangkan Redmi 7 tersedia dalam varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, varian RAM 3 GB dengan kapasitas ROM atau memori internal 32 GB dan RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB.

Simpulan

Jika Anda membutuhkan HP Redmi yang bisa merekam video tanpa guncangan hingga kamera dengan hasil foto yang bagus dan layar serta bodi tahan goresan, Anda bisa memilih Redmi Note 7. Namun, jika Anda menginginkan Redmi Note 7 versi hemat, Anda bisa melirik Redmi 7 yang tidak kalah kece.

Itulah 10 perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7 yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui perbedaannya, HP manakah yang Anda ingin bawa pulang? Redmi 7 atau Redmi Note7? Nah, silakan sampaikan langsung di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Ada harga ada kwalitas lah…tapi dibanding brand lain, redmi memang selalu lebih unggul…

  2. Ada harga ada kwalitas lah…klo ada uang lebih pastinya saya akan pilih note 7.tapi dibanding brand lain, redmi memang selalu lebih unggul…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *