Carisinyal / Samsung 2020 / Yuk, Ketahui 6 Perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31!

Yuk, Ketahui 6 Perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai produsen HP yang consumer-centric, Samsung memastikan untuk menghasilkan berbagai produk yang disukai oleh berbagai kalangan.

Tidak hanya menghadirkan seri flagship seperti Galaxy S20, merk asal Korea Selatan ini juga memiliki seri Galaxy A yang menyongsong segmen harga menengah. Kali ini Carisinyal akan membahas perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31 yang cukup membuat orang penasaran.

Pasalnya, kedua HP ini memiliki waktu rilis yang terpaut satu tahun, namun secara sekilas tidak nampak perbedaan yang nyata dari segi tampilannya. Padahal Samsung Galaxy A31 adalah HP generasi berikutnya dari A30, lantas apakah sungguh tidak ada perkembangan spesifikasi dan fitur antara keduanya? Baca artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inches
  • Chipset: Exynos 7904 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Dual 16 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31
  • Layar: AMOLED, 6.4 inches
  • Chipset: MediaTek MT6768V/CA / Helio P65
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz & 6×1.7 GHz)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy A30 & A31

Samsung Galaxy A30 yang dirilis pada tahun 2019 sewajarnya memiliki beberapa spesifikasi yang tidak up-to-date ketimbang Galaxy A31. Lantas apa sajakah perubahan yang dibawa A31? Berikut daftar perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31 yang perlu Anda ketahui.

1. Exynos 7904 vs Helio P65

galaxy a31 performa

Jenis chipset yang berbeda di antara Galaxy A30 dan A31 membuat keduanya memiliki kemampuan performa yang berbeda pula. Untuk Samsung Galaxy A30, chipset yang digunakan adalah Exynos 7904 sedangkan Samsung Galaxy A31 mengandalkan chipset Helio P65. Pertanyaannya sekarang adalah yang mana kah yang lebih unggul?

Untuk mengetahuinya, tidak ada salahnya Anda melihat hasil skor benchmark kedua chipset ini sebagai perbandingan. Berdasarkan informasi yang didapat dari NanoReview, Helio P65 meraih skor AnTuTu 8 yang lebih besar, yakni berada di angka 181387. Skor ini 70% lebih unggul dibandingkan dengan Exynos 7904 yang meraih skor 106713.

Dalam hal ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa Helio P65 milik Samsung Galaxy A31 lebih mampu menawarkan pengalaman gaming yang lebih seru tanpa kendala frame rate.

2. Varian RAM dan Memori Internal

varian ram

Selain performa chipset, RAM dan memori internal adalah aspek hardware lainnya yang tidak boleh terlupakan. Samsung Galaxy A30 menghadirkan dua varian RAM dan ROM yang bisa dipilih, yakni RAM 3 GB dengan ROM 32 GB, serta RAM 4 GB dengan ROM 64 GB. Disandingkan dengan Samsung Galaxy A31, ukuran tersebut terlalu kecil ketimbang varian 64/6 GB dan 128/8 GB yang dimiliki Galaxy A31.

Keduanya sama-sama menghadirkan dukungan microSDXC, namun Samsung Galaxy A31 tetap lebih mampu menampung banyak aplikasi berkat memori internalnya yang besar. Galaxy A31 juga lebih dapat diandalkan jika Anda ingin berpindah-pindah aplikasi dengan cepat tanpa membuat HP lemot.

3. Versi Android Saat Rilis

android galaxy a31

Selain hardware, tentu software juga berpengaruh pada kelayakan sebuah unit HP. Pasalnya, beberapa HP yang dirilis masih menggunakan sistem operasi lama dari pabriknya. Contohnya seperti Samsung Galaxy A30 yang masih dirilis menggunakan Android 9 Pie.

Beda halnya dengan Samsung Galaxy A31 yang sudah hadir menggunakan Android 10 dari pabrikannya. Untungnya Anda masih bisa meng-upgrade Galaxy A30 ke OS versi terbaru. Namun jika Anda bisa menggunakan Galaxy A31 yang OS-nya sudah versi 10 dari sananya, mengapa tidak?

4. Dual vs Quad Camera

quad camera a31

Rasanya kamera akan selalu menjadi perhatian produsen HP pada setiap produk yang dirilisnya. Nyatanya, Generasi Z sekarang tidak mungkin hidup tanpa adanya fitur kamera supaya bisa tampil kece di social media. Untuk itu, Samsung Galaxy A31 yang hadir dengan konfigurasi quad camera lebih cocok ketimbang Galaxy A30 yang masih menggunakan dual camera.

Pada bodi belakang Galaxy A30, tersemat lensa 13 MP (lebar) dengan bukaan f/1.7 dan lensa 5 MP (ultra lebar) dengan bukaan f/2.2. Sementara itu, Galaxy A31 memiliki resolusi lensa 48 MP (lebar) dengan bukaan f/2.0, 8 MP (ultra lebar) dengan bukaan f/2.2, serta dua lensa 5 MP dengan masing-masing memiliki bukaan f/2.4 sebagai sensor makro dan sensor kedalaman.

Perbedaan resolusi kamera ini juga terletak pada lensa selfie-nya, di mana Galaxy A30 memiliki resolusi 16 MP (lebar) dengan bukaan f/2.0 sedangkan Galaxy A31 hadir dengan resolusi lebih besar, yakni 20 MP (lebar) dengan bukaan f/2.2.

5. Kehadiran Fitur NFC

galaxy a31 nfc

Bagi Anda yang sering berpergian keluar kota dan melewati jalan tol, tentu membutuhkan metode yang praktis untuk mengecek saldo eToll. Oleh karena itu, dihadirkannya fitur NFC pada HP merupakan sebuah kemajuan yang patut diapresiasi. Untungnya fitur NFC ini tidak hanya dimiliki oleh HP-HP dengan harga selangit – Anda bisa mengecek HP-HP murah terkini yang menawarkan fitur NFC dengan harga murah.

Nah, kembali ke perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31, hanya salah satu di antara keduanya yang memiliki fitur NFC ini, yakni Galaxy A31. Kehadiran fitur NFC ini memang tergantung dari wilayah dan modelnya. Nah, untuk yang dirilis di Indonesia sendiri, Anda sudah bisa menikmati model Samsung Galaxy A31 yang sudah menyertakan fitur NFC. Menarik, bukan?

6. Kapasitas Baterai 4000 vs. 5000 mAh

galaxy a31 battery

Kapasitas yang lebih besar mampu membuat HP bertahan lebih lama lagi. Samsung Galaxy A30 memang sudah menghadirkan baterai berkapasitas 4000 mAh yang sudah tergolong besar. Namun jika Anda mencari kapasitas lebih besar lagi, sebaiknya pilih Samsung Galaxy A31 yang lebih bertenaga dengan baterai 5000 mAh yang dimilikinya.

Keduanya sama-sama dibekali dengan kemampuan fast charging sebesar 15 W dan belum didukung dengan fitur pengecasan nirkabel. Perbedaan kapasitas ini mampu membuat Galaxy A31 menjadi pilihan dengan daya tarik lebih tinggi, karena ia mampu bertahan hingga seharian penuh.

Simpulan


Itu tadi berbagai perbedaan Samsung Galaxy A30 dan A31 bagi Anda yang penasaran. Jika Anda ingin mengganti HP Anda yang sudah lama dengan salah satu dari kedua ini, Carisinyal sarankan untuk pilih A31.

Bahkan jika Anda sudah mengantongi A30 dan sedang mencari penggantinya, A31 ini tetap mampu menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan, lho! Soalnya pengembangan spesifikasinya cukup banyak antara lain di bidang ketahanan baterai, sistem operasi, jumlah kamera belakang, serta performa gaming yang lebih unggul.

Namun semua tetap kembali pada ketersediaan budget. Jika Anda sudah puas-puas saja dengan yang ditawarkan Samsung Galaxy A30, Anda bisa lebih hemat sekitar sejutaan dibandingkan membeli Galaxy A31.

Setelah mengetahui berbagai perbedaan tadi? Yang manakah yang lebih Anda sukai? Galaxy A31 dengan segala keunggulannya atau Galaxy A30 yang hadir dengan harga lebih bersahabat? Apapun yang Anda pilih, keduanya termasuk pada HP yang memiliki value tinggi dari harga yang ditawarkan. Selamat memilih!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *