Menyibak 6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 5G dan A52 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Nangkring di portal resmi, Samsung Galaxy A32 5G dan Samsung Galaxy A52 5G siap meramaikan industri ponsel pintar global. Kedua ponsel yang lahir di lini A tersebut membawa persamaan dalam beberapa aspek salah satu yang terpampang nyata ialah kehadiran jaringan 5G, mendorong kecepatan komunikasi dan internet yang jauh lebih cepat dibandingkan versi 4G.

Selain itu, pada aspek konektivitas keduanya juga memiliki kemiripan antara lain adanya teknologi NFC, USB (Type-C 2.0 dan On-The-Go), Bluetooth edisi 5.0, Wi-Fi, hingga sistem navigasi besutan beberapa perusahaan. Baik A32 5G maupun A52 5G juga muncul dengan tampilan warna yang serasi yakni Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Lantas, adakah perbedaan dari kedua ponsel Samsung ini? Nah, untuk mengetahui perbedaannya kamu bisa terlebih dahulu menelisik spesifikasi dari Samsung Galaxy A32 5G dan Samsung Galaxy A52 5G yang telah Carisinyal susun berikut ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: TFT 6,5 inci HD+
  • Chipset: MediaTek Dimensity 720 5G (7 nm)
  • GPU: Mali-G57 MC3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot bersama)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Li-Ion 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy A52 5G

Samsung Galaxy A52 5G
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: Super AMOLED 6,5 inci Full HD Plus, 120 Hz
  • Chipset: Qualcomm SM7225 Snapdragon 750G 5G (8 nm)
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot SIM bersama)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4.500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Samsung Galaxy A32 5G dan A52 5G

Apakah setelah membaca spesifikasi di atas kamu menemukan perbedaan dari Samsung Galaxy A32 5G dan Samsung Galaxy A52 5G? Kalau belum, Carisinyal akan mengajak kamu untuk menyibak apa saja perbedaan yang ada di antara kedua ponsel besutan Samsung ini. Tidak berlama-lama lagi, langsung saja baca pemaparannya di bawah ini:

1. Pertandingan di Segi Bodi

Bagi kamu yang jeli soal bodi harus tahu kalau Samsung Galaxy A32 5G dan A52 5G punya konfigurasi berbeda dalam aspek ini. Pengguna yang mengincar ponsel bertumbuh ringan sepertinya dapat memilih Galaxy A52 5G karena bobotnya hanya 189 gram, sedangkan Galaxy A32 5G lebih berisi dengan ukuran sebesar 205 gram.

Lainnya hal dengan dimensi bodi yang justru ternyata Galaxy A32 5G lebih besar dan tebal yakni berukuran 164.2 x 76.1 x 9.1 mm. Sementara, Galaxy A52 5G tampil dengan tubuh yang sedikit lebih mungil dan tipis berdimensi 159.9 x 75.1 x 8.4 mm. Bagaimana pun, baik Galaxy A32 5G ataupun Galaxy A52 5G tetap nyaman untuk digenggam.

Selanjutnya, seperti diketahui bersama kalau kini mulai banyak produsen ponsel yang peka terhadap kondisi lingkungan dan iklim terlebih di saat pancaroba, hujan kadang tidak dapat diprediksi. Dengan demikian, lewat Galaxy A52 5G pihak Samsung melampirkan teknologi anti debu dan air yang mampu bertahan pada kedalaman satu meter dalam 30 menit.

Tidak heran, dengan kemampuan tersebut maka Galaxy A52 5G berhasil memperoleh sertifikat IP67. Sayangnya, bagi Galaxy A32 5G kemampuan untuk menyelam dalam air dan anti debu tidak disertakan oleh pihak produsen saat proses penggarapannya.

2. Diferensiasi Teknologi Layar

Beralih ke teknologi layar yang menarik untuk diulik dalam pembahasan perbedaan kedua ponsel Samsung di seri A ini.

Pengguna dari Samsung Galaxy A32 5G akan berhadapan dengan layar berpanelkan TFT (Thin Film Transistor), yang menyuguhkan kualitas yang lebih baik tetapi mempunyai kelemahan pada sudut pandang dan visibilitas yang kecil khususnya saat terkena pantulan sinar Mentari.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A52 5G yang tampaknya lebih unggul dalam urusan tipe layar. Ponsel ini diselimuti oleh panel Super AMOLED, yang lihai dalam menampilkan alternatif warna yang lebih luas dan menyajikan tampilan yang lebih jernih. Selain itu, laju penyegaran juga mencapai 120Hz dengan tingkat kecerahan terbilang tinggi yaitu berukuran 800 nits.

Menyoal ukuran layar kedua ponsel 5G ini kompakan dirancang sebesar 6.5 inci, akan tetapi Samsung Galaxy A52 5G mempunyai rasio layar banding bodi lebih luas yaitu 84.1% dibandingkan Samsung Galaxy A32 5G yang hanya 81.6%. Semakin besar rasio layar-ke-bodi maka bazelnya akan lebih menepi ke sisi bingkai dan membuat pengguna nyaman saat menatap layar.

Kedua perangkat garapan Samsung ini mengusung konsep desain yang hampir mirip. Pihak Samsung menggarap Galaxy A32 5G berkonsepkan Water Drop, terdapat bentuk seperti tetesan embun di tengah atas layar sebagai tempat persembunyian kamera selfie dan beberapa sensor lain.

Sementara, Galaxy A52 5G diberkati oleh konsep Punch Hole menyerupai lubang yang berada di tengah atas layar. Untuk kegunaanya sendiri tetap sama yaitu untuk menaruh sensor kamera depan dan sensor lainnya. Cara membedakan dengan Water Drop, biasanya layar ini tidak disertakan bezel sedikit pun.

Dilanjutkan pada kerapatan piksel dari Galaxy A32 5G yang mentok di ukuran 270 ppi. Sedangkan, bila kamu melirik kerapatan gambar milik Galaxy A52 5G melebihi ekspektasi pengguna yaitu 407 ppi. Semakin besar kerapatan piksel dapat menjadi bukti kalau layar dari ponsel tersebut punya kualitas ketajaman yang baik dan jelas.

Perbedaan terakhir yang tampak pada konfigurasi layar di antara kedua ponsel terbaru dari Samsung ini adalah lapisan pelindung layarnya. Naas untuk Galaxy A32 5G tidak membawa tameng untuk melindungi layarnya dari benturan atau goresan benda tajam sehingga penggunanya disarankan untuk membeli anti gores atau soft case.

Dalam urusan proteksi tampaknya pengguna dari Galaxy A52 5G akan tersenyum tenang karena pihak Samsung sudah memberikan lapisan pelindung bernama Corning Gorilla Glass 5. Lapisan proteksi ini menjanjikan layar perangkat tetap utuh dan mulus kendati dijatuhkan dari ketinggian 1.6 meter ke permukaan yang keras atau kasar.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram