carisinyal web banner retina

9 Perbedaan Samsung Galaxy M13 dan Samsung Galaxy M14 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Resmi per 8 Maret 2023, Samsung merilis seri Galaxy M14. Ponsel ini sungguh menawarkan spesifikasi yang mewah pada kelas harga terjangkau. Bagi Anda yang update dengan perkembangan smartphone Samsung, mungkin sudah bisa menebak alasan Samsung menciptakan seri ini. 

Benar saja, Galaxy M14 dimaksudkan sebagai produk lanjutan atau penyempurnaan dari seri sebelumnya, Samsung Galaxy M13, yang meluncur pada Mei 2022. Tidak heran jika akan banyak orang yang menantikan pembaharuan apa saja yang Samsung berikan pada generasi penerus tersebut.

Mengetahui perbedaan kedua ponsel ini cukup krusial jika Anda berniat meminang salah satunya. Untuk memudahkan Anda memahami perbedaan antara Samsung Galaxy M13 dan Samsung Galaxy M14, berikut telah kami rangkum informasinya. 

Spesifikasi Samsung Galaxy M13

samsung galaxy m13
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G

Samsung Galaxy M14 5G
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Exynos 1330
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy M13 dan Samsung Galaxy M14 5G

Yuk cari tahu beberapa perbedaan kedua HP Samsung di bawah ini! Kalau membutuhkan smartphone Samsung dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy M13 dan M14 5G memang bisa menjadi opsi yang direkomendasikan.

1. Desain Bodi Flagship yang Jadi Mainstream

samsung galaxy m13 vs 14_

Pada tampilan penutup belakang, sisi kamera merupakan yang paling mencuri perhatian. Samsung Galaxy M13 meletakkan tiga buah kameranya pada modul persegi panjang. Sementara, desain pada Samsung Galaxy M14 memperlihatkan tiga susunan kamera yang disusun vertikal tanpa terlihat adanya modul kamera.

Penampakan Samsung Galaxy M14 ini identik dengan Samsung Galaxy A14, yang otomatis membuatnya sekilas mirip seperti Samsung Galaxy S23. Ya, di antara kedua HP ini, yang akan membuat Anda paling merasa punya HP flagship adalah Samsung Galaxy M14.

Pada generasi sebelumnya, Samsung menambahkan pola garis horizontal bergelombang, yang ketika dipegang akan terasa tekstur yang mengikuti alur pola. Ini membuatnya terasa pas untuk memantapkan genggaman sehingga tidak mudah membuat ponsel tergelincir dari tangan.

Kali ini, Samsung juga memutuskan untuk menunjukkan tampilan yang lebih sophisticated dan mewah. Samsung Galaxy M14 sengaja dirancang rata, mulus, tanpa pola apa pun. Hanya memainkan kualitas warna penutup bernuansa metal sehingga secara keseluruhan tampil lebih modern.

2. Kamera Ultrawide yang Hilang di Seri Baru

samsung galaxy m14 baterai_

Muncul di 2023 nyatanya tidak membuat spesifikasi kamera Samsung Galaxy M14 melampaui pendahulunya. Seri ini dibekali lensa kamera utama wide-angle yang punya resolusi 50 MP, lensa macro dan depth yang sama-sama beresolusi 2 MP.

Konfigurasi kamera lebih unggul justru dimiliki oleh Samsung Galaxy M13 lewat lensa ultrawide dengan resolusi 5MP, di samping kamera utama wide-angle 50MP, dan lensa depth 2 MP. Keberadaan ultrawide akan menambah daya tarik sang generasi pendahulu lantaran memungkinkan pengguna mengambil gambar pada sudut keluasan yang lebih.

Beralih ke sektor kamera depan, Samsung Galaxy M13 hadir dengan resolusi 8 MP wide-angle sementara kamera Samsung Galaxy M14 menghadirkan resolusi lebih tinggi yaitu 13 MP.

Kedua smartphone sama-sama mendukung resolusi perekaman 1080p di 30 FPS, baik pada kamera depan maupun pada kamera belakangnya. Tidak adanya stabilisasi juga membuat kedua ponsel kurang nyaman untuk aktivitas kreasi konten. Namun, hal ini tentu diwajarkan mengingat rentang harga keduanya.

3. Bobot dan Dimensi

samsung galaxy m14 1_

Kenyamanan menggunakan ponsel tidak hanya sebatas performa atau jeroannya saja, melainkan juga kenyamanan genggaman pada durasi lama. Meski merupakan sang penerus, Samsung Galaxy M14 menawarkan bobot bodi lebih tinggi yaitu 206 gram. Ini lebih berat ketimbang Samsung Galaxy M13 dengan bobot 192 gram saja.

Meski begitu, angka keduanya memang masih terbilang sama-sama berat. Namun jika mencari ponsel yang lebih ringan tentu jawabannya adalah Samsung Galaxy M13. Meski perbedaan terlalu sedikit, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa perbedaan tersebut bisa saja noticeable.

Dengan perbedaan bobot yang demikian tadi, dimensi bodi juga rupanya ikut terpengaruh. Di antara keduanya, Samsung Galaxy M13 menjadi ponsel paling kecil dengan dimensi 165.4 x 76.9 x 8.4 mm. Ukuran yang terbilang besar, namun masih belum sebesar penerusnya yang punya dengan dimensi 166.8 x 77.2 x 9.4 mm.

Lebih berat dan lebih tebal, membuat Samsung Galaxy M14 tampak kurang ergonomis jika dibandingkan Samsung Galaxy M13 yang jadi pendahulunya.

4. Refresh Rate 60 Hz vs. 90 Hz

samsung galaxy m14 layar_

Refresh rate alias frekuensi pembaruan gambar pada layar, merupakan sebuah teknologi yang dapat memengaruhi kemulusan tampilan gerakan. Semula refresh rate tinggi seperti 90 Hz dan 120 Hz hanya tersedia pada ponsel kelas tinggi, tapi kini ponsel harga terjangkau pun sudah menggunakannya.

Pada Samsung Galaxy M14 yang lebih modern, tentu ia sudah menggunakan refresh rate 90 Hz yang membuatnya lebih mulus 50% dari sang pendahulu. Ya, Samsung Galaxy M13 masih menggunakan laju penyegaran standar 60 Hz.

Di samping itu, Samsung Galaxy M13 dan M14 tetap menggunakan dukungan layar PLS LCD berukuran 6,6 inci yang memiliki resolusi FHD+ 1080p. Artinya kedua ponsel sangat bisa Anda andalkan untuk menampilkan gambar secara tajam, memaksimalkan pengalaman multimedia seperti menonton Netflix, membuka TikTok, atau bermain gim.

5. Versi OS Android dan One UI 

android 13_

Meluncur pada tahun berbeda membuat Samsung Galaxy M14 dirilis dengan versi Android berbeda pula. Ya, smartphone keluaran tahun 2023 ini sudah dirilis menggunakan Android 13 dengan antarmuka One UI 5.

Sementara itu, Samsung Galaxy M13 yang memang meluncur setahun sebelumnya hanya disertai dengan Android 12 pada antarmuka One UI Core 4.1, yang merupakan versi lightweight dari One UI pada umumnya.

Meski dirilis dengan versi Android lawas, Samsung telah meluncurkan versi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.0 pada Samsung Galaxy M13. Jadi, perbedaan ini sebenarnya tidak terlalu penting.

Namun karena dirilis pada tahun lebih lawas, Samsung Galaxy M13 tidak akan memiliki support update versi Android sepanjang Samsung Galaxy M14 yang lebih baru. Untuk Anda yang ingin berniat menggunakan ponsel baru dalam masa pakai yang panjang, Samsung Galaxy M14 lebih sanggup memberikan pengalaman penggunaan dengan fitur up to date.

Android 13 pada One UI 5.0 sendiri menghadirkan beberapa fitur baru di tahun 2023, seperti widget bertumpuk, tampilan ikon baru, fitur privasi berkelanjutan, fitur baru di antarmuka kamera, multitasking, dan masih banyak lagi.

6. Exynos 850 vs. Exynos 1330

Exynos-1330_

Pada Samsung Galaxy M13, chipset yang digunakan adalah Exynos 850 yang dibangun pada fabrikasi 8 nm. Di sektor konfigurasi CPU, chipset menyediakan delapan inti prosesor yang merupakan gabungan dari delapan unit hemat daya Cortex A55, memiliki kecepatan 2.0 GHz. Adapun pengolah grafisnya diserahkan pada Mali G52.

Cukup kontras dengan Samsung Galaxy M14 yang menggunakan Exynos 1330, menggunakan teknologi manufaktur 5 nm. Pada SoC tersebut, disediakan prosesor octa-core yang terdiri atas klaster high performance Cortex A78 sebanyak dua unit (2.4 GHz), serta klaster hemat daya Cortex A55 berjumlah enam buah (2.0 GHz).

Hadir dengan mikroarsitektur Cortex A7x membuat Exynos 1330 cocok digunakan bermain gim berat. Terdapat pula kartu pengolah grafis yang lebih modern dalam bentuk Mali G68, siap untuk menunjang aktivitas grafis secara optimal.

Laman Nanoreview menyebutkan bahwa Samsung Galaxy M13 (Exynos 850) memiliki skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 133.400 poin. Ini membuatnya sangat jauh dari kata unggul dalam perihal pengalaman bermain gim.

Sementara itu, Samsung Galaxy M14 dengan Exynos 1330 punya cerita lain. Bagaimana tidak? Sang penerus tersebut diklaim mendapatkan skor AnTuTu v9 yang berlipat-lipat lebih tinggi yaitu 420.023 poin. Otomatis terlihat jelas yang mana yang akan memberikan frame rate stabil dan melimpah saat gaming, yaitu Samsung Galaxy M14.

7. Kapasitas Baterai 5.000 mAh vs 6.000 mAh

samsung galaxy m13

Tingkat kapasitas baterai sudah semestinya menjadi perhitungan saat memutuskan untuk upgrade ponsel. Di antara keduanya, Samsung Galaxy M14 punya kapasitas 6.000 mAh yang lebih unggul. Beda dengan Samsung Galaxy M13 yang "hanya" mematok kapasitas 5.000 mAh.

Sementara pada fitur pengisian dayanya, kedua smartphone dilengkapi dengan fast charging 15 W. Biasanya daya sebesar ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk dapat isi baterai dari 0-100%.

Kedua smartphone sama-sama dibekali port USB Type-C, jadi ucapkan selamat tinggal pada microUSB yang lebih sulit digunakan. Dengan baterai lebih besar, Samsung Galaxy M14 mampu bertahan hingga lebih dari seharian penuh, terutama pada pemakaian normal.

8. 4G vs. 5G

samsung galaxy m14 2_

Untuk Anda yang menginginkan ponsel dengan jaringan seluler kekinian sebaiknya pilih Samsung Galaxy M14. Ya, smartphone ini menghadirkan jaringan seluler generasi kelima yang dapat berikan kecepatan jauh lebih cepat ketimbang 4G.

Kalau menilik dari laman spesifikasi GSM Arena, Samsung Galaxy M14 juga sudah mendukung pita (band) yang didukung oleh provider di Indonesia, yaitu n1, n3, dan juga n40.

Ponsel dengan 5G akan semakin membuatnya worth it untuk dipilih. Meskipun tahun 2023 belum memperlihatkan penggunaan 5G yang masal, tidak ada salahnya juga pilih Samsung Galaxy M14. Nantinya jika 5G sudah ready secara menyeluruh, Anda tidak perlu ganti smartphone lagi.

9. Ketersediaan Gyro

samsung galaxy m14 3_

Adanya sensor-sensor umum seakan sudah menjadi standar paling dasar yang wajib menyatu dengan ponsel masa kini. Menjawab itu, Samsung tetap menyediakan sensor, seperti fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass baik pada seri Samsung Galaxy M13 dan Samsung Galaxy M14.

Bedanya, seri Galaxy M14 menambah kemampuannya dengan fitur giroskop. Sederhananya, sensor ini berupaya untuk menstabilkan ponsel Anda agar objek lebih akurat. Contoh paling konkret pada penggunaan giroskop adalah ketika memainkan PUBG Mobile. Dengan gyro, Anda bisa membidik lawan dengan hanya menggerakkan ponsel.

Kesimpulan

Jelas bahwa Samsung Galaxy M14 merupakan seri perkembangan dari Samsung Galaxy M13 yang rilis hampir setahun sebelumnya. Maka tak heran bila terbentang perbedaan yang cukup banyak antara kedua ponsel ini, dengan poin peningkatan teknologi cenderung pada seri terbarunya.

Perbedaan keduanya bisa terlihat mulai dari desain fisik sampai detail internalnya, seperti baterai, sensor tambahan, OS, dan lainnya yang telah dibahas. Akan tetapi, untuk kedua serinya, Samsung tetap memberikan kualitas yang maksimal demi kenyamanan penggunaan.

Kendati lebih baru, tidak lantas membuat Samsung Galaxy M14 sepenuhnya unggul. Setidaknya ada satu sisi keunggulan pada Samsung Galaxy M13 yang tidak dimiliki M14 yaitu kamera ultrawide. Ini perlu menjadi perhatian Anda, terlebih jika sering berkegiatan fotografi di alam.

Dari segi harga, Samsung Galaxy M14 bisa dibeli dengan keluarkan kocek mulai dari 8.299 UAH atau setara Rp3,4 jutaan. Harga tersebut untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Sedikit lebih mahal dari Samsung Galaxy M13 dengan harga Rp2 jutaan.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram