Carisinyal / Samsung 2019 / Inilah 8 Perbedaan Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M10

Inilah 8 Perbedaan Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M10

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2019

Ketika vendor seperti Xiaomi, Asus, Vivo dan yang lainnya sudah mulai pelan-pelan menarik perhatian banyak orang dengan unit HP yang menarik di kelas harga terjangkau, Samsung mulai kelabakan. Vendor ini terlalu pede karena mereka selalu ada di puncak. Terlebih HP mereka yang kelas atas selalu menarik perhatian.

Lain cerita dengan lini produk mereka di kelas harga terjangkau yang diwakili seri J. Hampir semua seri J dari Samsung kurang menarik. Tidak heran, jika banyak orang lebih memilih HP merek lain di kelas harga murah seperti Xiaomi, Vivo, ataupun Oppo.

Fenomena ini membuat Samsung membuat gebrakan dengan menghadirkan Samsung Galaxy M20. HP ini langsung menarik perhatian karena boleh dibilang HP ini memiliki price to performance yang baik. Samsung Galaxy M20 juga tidak hadir sendirian karena Samsung memiliki varian lain dari Samsung Galaxy M20, yakni Samsung Galaxy M10.

Lantas, apa perbedaan dari Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, izinkan saya untuk menjelaskan lewat pemaparan tentang kedua HP ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung simak bahasannya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

  • Chipset: Exynos 7904 Octa (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.799.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy M10

  • Chipset: Exynos 7870 Octa (14 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 16 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M10

1. Desain Bodi Mirip, Ukuran Berbeda

Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 sama-sama hadir dengan desain yang menarik dengan lekukan di bagian sudutnya. Secara keseluruhan, kedua HP ini cenderung mirip bahkan terlihat seperti kembar.

Jika menilik tampak depan, kedua HP ini memang sama persis. Hanya ketika menengok bagian belakang, Anda akan langsung tahu kalau yang satu, yakni Galaxy M20 hadir dengan sensor sidik jari dan yang satu lagi di bagian belakangnya tidak terlihat sensor sidik jari.

Pembeda lainnya dari kedua bodi HP ini adalah ukuran. Ukuran kedua HP berbeda dan perbedaannya sangat tipis. Samsung Galaxy M20 hadir dengan panjang 150 mm, lebar 74 mm dan ketebalan 8,8 mm. Sementara Samsung Galaxy M10 hadir dengan panjang 155,6 mm, lebar 75,6 mm, dan ketebalan 7.7 mm

Dari angka tersebut, terlihat kalau Samsung Galaxy M10 hadir dengan bodi yang lebih tipis. Selain itu, Samsung Galaxy M10 juga memiliki bobot yang lebih ringan karena beratnya hanya 163 gram saja. Lain cerita dengan Samsung Galaxy M20 yang memiliki bobot 186 gram.

2. Resolusi Layar yang Beda

galaxy m20_techradar_8

* sumber: www.techradar.com

Layar di Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 sama-sama menggunakan panel PLS TFT, panel khusus Samsung yang kualitasnya mirip dengan IPS LCD. Embel-embel TFT di panel layar ini seringkali mengecohkan orang karena kedua HP ini dianggap memakai panel TFT jadul yang tampilannya jelek.

Anggapan itu tentu saja salah. PLS TFT milik Samsung ini memiliki tampilan yang baik, bahkan bisa melebihi IPS LCD. Hal ini juga diamini oleh SobatHape, channel Youtube khusus gadget ternama di Indonesia di videonya yang membahas soal layar PLS TFT pada Samsung Galaxy M20.

Meskipun sama-sama mengusung PLS TFT, kedua layar ini hadir dengan resolusi layar yang beda. Samsung Galaxy M20 menawarkan layar 6,3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Sementara Samsung Galaxy M10 hadir dengan layar 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel.

Menilik resolusinya, Samsung Galaxy M20 jelas unggul karena mengusung resolusi full HD+. Apalagi layarnya ini memiliki kerapatan 409 ppi. Sementara Samsung Galaxy M10 hadir dengan layar HD+ dengan kerapatan layar 270 ppi.

3. Chipset Exynos yang Berbeda Seri

Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 sama-sama memakai chipset Exynos yang berasitektur 14nm. Hanya saja, Samsung Galaxy M20 hadir dengan chipset yang sedikit lebih baik lewat Exynos 7904. Exynos 7904 ini memiliki prosesor delapan inti dengan sokongan Mali G71.

Samsung Galaxy M10 sendiri hadir dengan dapur pacu Exynos 7870. Dari angka saja terlihat kalau Samsung Galaxy M10 memiliki chipset yang kinerja lebih rendah daripada Exynos 7904. Exynos 7870 sendiri memiliki prosesor delapan inti dengan GPU Mali-T830.

Menilik data dari Kimovil, Samsung Galaxy M20 ini memiliki nilai Antutu 107 ribuan. Hal ini berarti performa HP ini setara atau bersaing dengan Snapdragon 632. Lain cerita dengan Samsung Galaxy M10 yang hanya punya Antutu sekitar 40 ribuan.

4. Kamera Memiliki Sedikit Perbedaan

galaxy m20_techradar_7

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 memiliki kamera belakang yang sama. Kamera belakang di kedua HP ini hadir dengan kombinasi 13 MP + 5 MP. Kamera 13 MP pada kedua HP ini memiliki bukaan f/1.9 dan sudah mendukung fitur seperti LED flash, panorama, HDR, dan kemampuan merekam video 1080p.

Sementara kamera kedua 5 MP pada kedua HP ini sedikit berbeda. Kamera 5 MP pada Galaxy M20 merupakan kamera ultrawide 12mm dengan bukaan f/2.2. Sementara kamera 5 MP pada Galaxy M10 merupakan kamera 5MP normal dengan bukaan f/2.2.

Jika di bagian belakang, sektor kamera cenderung mirip lain cerita dengan kamera depan. Kamera depan pada Galaxy M20 hadir dengan sensor 8 MP dengan bukaan f/2.0. Sementara kamera pada Galaxy M10 hadir dengan sensor 5 MP dengan bukaan f/2.0. Namun, kedua kamera ini memiliki kesamaan di fitur, yakni mendukung HDR dan rekaman video 1080p.

5. Fingerprint dan Kelengkapan Sensor Lain

samsung-galaxy-m20-fingerprint-sensor

* sumber: www.gadgetbytenepal.com

Sudah disebutkan sebelumnya jika Samsung Galaxy M20 memiliki sensor sidik jari atau fingerprint di bagian belakang. Sementara di bagian belakang Samsung Galaxy M10 tidak ada bulatan untuk sensor sidik jarinya. Hal ini karena Samsung Galaxy M10 memang tidak mendukung sensor sidik jari.

Sementara untuk sensor lainnya, Samsung Galaxy M20 tergolong cukup lengkap karena sudah dilengkapi sensor accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Beda cerita dengan Galaxy M10 yang hanya memiliki sensor accelerometer dan proximity

6. Tipe Baterai yang Berbeda

galaxy m20_techradar_1

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10 memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Samsung Galaxy M20 cukup  “perkasa” karena memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. Selain itu, baterainya ini mendukung pengisian cepat 15W. Karena saya juga memiliki Samsung Galaxy M20, saya bisa pastikan kalau daya tahan baterai HP ini tergolong awet.

Pengisiannya daya Galaxy M20 juga tergolong singkat. Dari 10%, HP ini dapat terisi penuh 100% dengan waktu dua jam saja. Pengisian cepat ini juga barangkali dipengaruhi karena Samsung Galaxy M20 sudah menggunakan port USB Type-C sementara Galaxy M10 masih menggunakan microUSB 2.0.

Samsung Galaxy M10 sendiri hanya memiliki baterai 3.400 mAh. Untuk ukuran HP di kelas harga terjangkau, kapasitas baterai ini tergolong cukup. Ya, meskipun sekarang kebutuhan banyak orang itu adalah HP dengan kapasitas besar dan memiliki daya tahan baterai yang lama.

7. Teknologi Speaker

Kualitas speaker Samsung Galaxy M20 jelas menang. Hal ini karena Samsung Galaxy M20 sudah dibekali teknologi Dolby Atmos. Suara yang dihasilkan tergolong jernih dan lantang, malah lebih jernih dibandingkan HP saya yang lain dari merek sebelah yang harganya 200 ribu lebih mahal dari Samsung Galaxy M20.

Mengingat masih jarang orang yang mengulas Galaxy M10 dan HP ini juga belum ada di pasaran, saya belum bisa menilai lebih jauh kualitas suaranya. Hanya saja jika menilik spesifikasinya, tidak ada keterangan teknologi audio khusus yang ditanamkan di HP ini.

8. Harga dan Varian RAM yang Berbeda

Seperti kebanyakan HP Samsung lainnya, Samsung Galaxy M20 dan M10 hadir dengan berbagai varian RAM dan ROM. Data dari GSMArena mencatat kalau Samsung Galaxy M20 memiliki dua varian, RAM 3 GB – ROM 32 GB dan RAM 4 GB – ROM 64 GB. Sementara Galaxy M10 hadir dengan RAM 2 GB – ROM 16 GB dan RAM 3 GB – ROM 32 GB.

Hanya saja, saat artikel ini dibuat, Samsung Galaxy M20 varian RAM 3 GB ROM 32 GB yang beredar resmi di pasaran. Sementara Samsung Galaxy M10 belum ada kabar kehadirannya. Namun Samsung Indonesia memastikan kalau Samsung Galaxy M10 akan hadir ke Indonesia dengan varian RAM 2 GB – ROM 16 GB.

Tidak aneh jika kemudian ada toko online yang mengadakan pre-order untuk Galaxy M10. Harga pre-order dari Galaxy M10 ini sendiri ada di kisaran Rp1,9 jutaan. Sementara Samsung Galaxy M20 yang sudah beredar ada di harga Rp2,8 juta kurang seribu. Artinya, kedua HP ini memiliki selisih harga Rp900 ribuan saja.

Simpulan

Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M10 adalah dua HP yang memiliki desain menarik dari Samsung. Kedua seri ini adalah langkah awal dari Samsung untuk bersaing dengan HP lain di kelas harga terjangkau. Pasalnya, Samsung kabarnya akan berfokus dengan Galaxy M series dan akan mulai meninggalkan J series.

Samsung Galaxy M20 sendiri adalah HP Samsung yang memang layak dipilih. Bisa dibilang, harga HP ini tergolong bersaing karena biasanya Samsung selalu menghadirkan HP dengan spesifikasi rendah tetapi harganya mahal.

Sementara Samsung Galaxy M10 bisa dibilang adalah varian murah dari Samsung Galaxy M20. HP ini tampak ditujukan untuk kalangan konsumen yang benar-benar sensitif dengan dana tetapi membutuhkan HP Samsung yang kekinian dan bergaya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Inilah 8 Perbedaan Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M10”

  1. Aku pengen banget beli hp samsung galaxy m20

Tinggalkan komentar