Inilah 5 Perbedaan Samsung Galaxy Z Flip3 dan Flip4

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada 10 Agustus 2022, Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy Z Fold4 dan Flip4. Kedua HP ini hadir sebagai penerus dari Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 yang diluncurkan setahun sebelumnya.

Galaxy Z Flip4 sendiri menawarkan desain bodi yang tidak begitu berbeda dibanding pendahulunya. Ia masih mempertahankan form factor bodi yang unik lantaran bisa dilipat ke bawah demi mencapai ukuran yang lebih mungil.

Kendati tidak tampak ada perbedaan dari sisi visual, namun nyatanya Galaxy Z Flip4 5G hadirkan sejumlah peningkatan yang membuatnya semakin layak dilirik ketimbang Flip3. Lantas, apa sajakan perbedaan tersebut? Yuk, siak pada poin-poin perbedaan di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy Flip3

galaxy z flip3 5g
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy Flip4

Samsung Galaxy Z Flip4 5G allsided
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy Z Flip3 dan Flip4

Sudah siap mengetahui apa saja yang membedakan Galaxy Z Flip3 dan Flip4? Apa saja kira-kira peningkatan yang dihadirkan generasi terbaru ini, ya? Berikut adalah poin-poin perbedaan yang bisa Anda simak.

1. Snapdragon 8+ Gen 1 vs. Snapdragon 888

snapdragon 8+ gen 1_

Seiring zaman berkembang, teknologi yang dihadirkan smartphone tentu semakin canggih. Hal ini tercermin pada Galaxy Z Flip4 5G yang sudah menawarkan chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Berbeda dengan Galaxy Z Flip3 5G yang hadirkan chipset flagship tergahar di masanya yaitu Snapdragon 888.

Bahkan, chipset yang dibawakan Galaxy Z Flip4 5G ini sudah berada dalam varian "plus"-nya, berbeda dengan sang pendahulu yang gunakan versi reguler dari chipset-nya. (Snapdragon 888 alih-alih Snapdragon 888+).

Snapdragon 8+ Gen 1 pada Galaxy Z Flip4 5G sendiri menghadirkan peningkatan performa dan efisiensi daya dibandingkan regulernya. Ini karena, Snapdragon 8+ Gen 1 hadirkan maksimal clock speed lebih tinggi dibanding reguler. Serta, ia dibangun atas proses fabrikasi oleh Samsung yang lebih hemat daya dibanding TSMC.

Dihimpun dari Notebookcheck.net, Snapdragon 8+ Gen 1 mendapatkan peningkatan performa sebesar 10%. Ia juga sekaligus sajikan efisiensi daya yang 30% lebih baik ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 reguler.

Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki proses fabrikasi 4 nm oleh Samsung yang membawakan konfigurasi prosesor octa core. Kedelapan CPU ini mencakup satu unit prima Cortex X2 (3.19 GHz), tiga inti high performance Cortex A710 (2.75 GHz), serta empat inti hemat daya Cortex A510 (1.80 GHz).

Chipset tersebut juga mengandalkan kartu pengolah grafis berupa Adreno 730 sebagai persenjataan dalam mengangkat gim-gim berat ataupun aktivitas lain yang membutuhkan rendering grafis.

Oke, kini beralih ke Snapdragon 888 yang mengotaki Flip3 Z 5G, ya. Chipset yang sempat menjadi primadona semua HP flagship di tahun 2021 ini juga hadir dalam konfigurasi octa core.

Prosesor yang dibawakannya adalah satu inti prima Cortex X1 (2.84 GHz), tiga inti performa tinggi Cortex A78 (2.42 GHz), serta empat inti hemat daya Cortex A55 (1.80 GHz).

Snapdragon 888 dipersenjatai dengan GPU berupa Adreno 660, dan chipset ini juga dibangun atas proses fabrikasi 5 nm.

Ya, dilihat dari penjabaran spek di atas, Snapdragon 8+ Gen 1 memang menawarkan mikroarsitektur prosesor yang lebih unggul dan fabrikasi yang lebih hemat daya dibanding Snapdragon 888.

Dilansir dari Nanoreview.net, Snapdragon 8+ Gen 1 meraih skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 1.102.127 poin sedangkan Snapdragon 888 mendapatkan skor 809.634. Ini menandakan bahwa Galaxy Z Flip4 memang pilihan yang lebih layak untuk menunjang aktivitas gaming ketimbang Flip3.

2. Kapasitas Baterai

galaxy z flip4 5g baterai_

Sebagai dua smartphone yang ditujukan untuk keperluan portabilitas, keduanya hanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang minim. Pasalnya, baterai berkapasitas besar hanya akan membuat bodinya semakin bongsor dan berat. Dan, tentu akan menyulitkan ponsel untuk dilipat.

Namun jangan khawatir, Samsung memberikan peningkatan kapasitas pada Galaxy Z Flip4, yakni menjadi 3.700 mAh. Diketahui, Galaxy Z Flip3 5G sebelumnya hanya dibekali dengan baterai LiPo 3.300 mAh.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Galaxy Z Flip4 5G mengalami peningkatan kapasitas baterai sebesar 12% dibanding pendahulunya.

Galaxy Z Flip4 5G menggunakan chipset yang lebih hemat daya dengan fabrikasi 4 nm dari Samsung. Jadi, besar kemungkinan HP ini mendapatkan tambahan peningkatan ketahanan selain dari perbedaan kapasitas baterai.

3. Kemampuan Fast Charging

galaxy z flip4 5g 2_

Salah satu kelemahan yang mungkin bikin orang tidak tertarik dengan Galaxy Z Flip3 5G adalah baterainya yang cepat habis. Selain itu, ia pun hanya dimodali dengan kemampuan fast charging 15 W.

Umumnya, pengecasan 15 W hanya dimiliki oleh smartphone di harga 2 jutaan. Bukan fitur yang semestinya berada pada HP belasan jutaan seperti Galaxy Z Flip3 5G ini.

Nah, kemunculan Galaxy Z Flip4 5G di pasaran membawa angin segar bagi yang mendambakan fast charging ngebut. Pasalnya, sang penerus ini membawakan daya pengecasan cepat yang lebih baik yakni 25 W. Ya, tetap bukan merupakan fast charging yang maha ngebut seperti beberapa pesaingnya yang tawarkan hingga 120 W.

Akan tetapi, yang perlu ditekankan adalah HP ini memang bukan ditujukan untuk pengisian daya cepat, melainkan portabilitas. Tentu sulit untuk hadirkan baterai besar sekaligus daya pengecasan tinggi untuk HP lipat. Tapi who knows, ke depannya Samsung bisa saja membekali pengecasan daya pada generasi Flip berikutnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram