Inilah 5 Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Fold4

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Agustus 2022 menjadi waktu perilisan anggota selanjutnya dari seri Galaxy Z Fold dan Flip series. Seri Flip dirancang untuk hadirkan portabilitas tingkat tinggi lantaran punya bodi yang mungil. Sedangkan, Fold hadir untuk tingkatkan produktivitas lantaran bisa diubah menjadi tablet.

Merupakan penerus dari Galaxy Z Fold3, tak heran banyak yang ingin mengetahui peningkatan apa saja yang diberikan pada Galaxy Fold4. Sudah menjadi hal lumrah bahwa generasi penerus senantiasa hadirkan teknologi yang lebih anyar agar tetap unggul dibanding HP lainnya.

Galaxy Z Fold3 dan Fold4 kebetulan tidak memiliki perbedaan dari sisi visualnya. Nyaris tampak seperti dua smartphone yang sama. Anda perlu melihat lebih dekat lagi untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya yang, meski sedikit, namun berpengaruh besar dalam tingkatkan pengalaman pengguna.

Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, berikut Carisinyal beberkan poin-poin utama yang menjadikan Galaxy Z Fold4 pengalaman berbeda ketimbang Galaxy Z Fold3.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Layar utama: Foldable Dynamic AMOLED 2X; Layar sekunder (kover): Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4

Ini dia beberapa perbedaan yang wajib Anda ketahui sebelum membeli. Seberapa besarkah peningkatan yang dihadirkan pada Fold4? Ketahui jawabannya pada poin-poin di bawah ini.

1. Snapdragon 888 vs. Snapdragon 8+ Gen 1

snapdragon 8+ gen 1_

Samsung selalu merilis ponsel flagship dengan teknologi chipset yang paling gahar di masanya. Seperti Galaxy Z Fold3 misalnya, yang mempercayakan urusan dapur pacunya pada Snapdragon 888.

Setahun berikutnya, Galaxy Z Fold4 hadir dengan chipset yang lebih gahar lagi, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Snapdragon 888 sendiri menggunakan fabrikasi 5 nm dan Snapdragon 8+ Gen 1 dibuat pada proses manufaktur 4 nm.

Snapdragon 888 pada Fold3 menggunakan delapan inti yang mencakup tiga klaster pada format 1 + 3 + 4. Klaster pertama adalah satu inti prime Cortex X1 berkekuatan 2.84 GHz. Sedangkan, klaster keduanya mencakup 3 inti high performance berupa Cortex A78 dengan clock speed 2.42 GHz.

Barulah untuk klaster ketiganya, tersemat 4 unit hemat daya berupa Cortex A55 dengan kecepatan 1.8 GHz. Kartu pengolah grafis yang digunakan adalah Adreno 660.

Performa pada HP penerusnya meningkat lantaran punya chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan efisiensi daya lebih baik. Mikroarsitektur dan clock speed yang dihadirkannya lebih baik, yakni dengan satu unit prime Cortex X2 berkekuatan 3.19 GHz.

Adapun untuk inti-inti lainnya, chipset meliputi tiga unit berkinerja tinggi Cortex A710 dengan kecepatan 2.75 GHz dan empat inti hemat daya berkekuatan 1.8 GHz. Kinerja dari chipset ini turut didukung oleh kartu GPU berupa Adreno 670 untuk menunjang rendering grafis.

Laman NanoReview mengungkapkan bahwa Snapdragon 888 pada Galaxy Z Fold3 mendapatkan skor benchmark yang terbilang sangat tinggi. Skor ini mencakup pengujian AnTuTu v9 yang menghasilkan angka 782.764 poin. Sementara itu, skor Geekbench 5 pada ponsel ini berhasil meraih skor 1104 (single core) dan 3242 (multi-core).

Sementara itu, chipset Snapdragon 8+ Gen 1 berhasil menembus skor AnTuTu v9 melebihi 1 juta poin. Diketahui, SoC ini sanggup meraih skor 1.102.127 poin. Sedangkan untuk Geekbench 5 single core dan multi-core, meraih skor 1323 dan 4200.

2. Kamera

samsung-galaxy-z-fold3-kamera_

Galaxy Z Fold3 dan Fold4 menjadi salah satu dari segelintir HP lipat yang paling inovatif di dunia. Bagaimana tidak? Mereka berdua memiliki kamera depan yang tersembunyi di balik layar, atau yang biasa disebut Under Display Camera (UDC).

Khususnya pada Fold4, Samsung membuat kamera depan tersebut agar lebih kasat mata lagi dari sebelumnya. Ini bertujuan agar pengguna dapat merasakan imersi yang lebih mendalam lagi saat menatap layar.

Layar dengan tampilan punch hole atau poni akan membuat tampilan layar tidak bersih, terutama jika Anda berniat melakukan split-screen untuk tampilkan banyak jendela aktif sekaligus.

Galaxy Z Fold4 juga dimodali dengan kamera utama yang ditingkatkan. Jika kamera utama pada Fold3 gunakan resolusi 12 MP, kini Fold4 hadirkan resolusi 50 MP. Kedua HP ini juga dilengkapi dengan OIS dan Dual Pixel PDAF.

Kamera telefotonya juga berbeda. Galaxy Z Fold3 bawakan resolusi 12 MP sedangkan Fold4 mempunyai kamera telefoto dengan resolusi lebih rendah yaitu 10 MP. Walau begitu, kemampuan zoom optik dari Fold4 justru lebih baik, karena dapat mencapai hingga zoom optik 3x sementara Fold3 hanya bisa zoom optik sebanyak 2x.

Yang tidak berbeda adalah kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP berbukaan f/2.2 serta FOV 123 derajat. Kedua smartphone ini juga digunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K pada kecepatan 60 FPS.

Baik Fold3 maupun Fold4 sama-sama menggunakan dua kamera selfie yang berada di lokasi berbeda. Pada layar kover, kamera yang digunakan adalah beresolusi 10 MP (f/2.2) yang disusun dalam bentuk punch hole. Sementara, layar utama memiliki kamera depan 4 MP (f/1.8) tersembunyi (Under Display Camera).

Pihak Samsung juga mengklaim kalau kamera UDC di Galaxy Z Fold4 akan lebih tersembunyi ketimbang Fold3. Soalnya, Samsung meningkatkan kerapatan subpiksel di sekitar area layar yang bertepatan di atas kamera.

3. Resolusi Layar dan Desain Bodi yang Lebih Baik

Samsung Galaxy Z Fold4

Di atas kertas, Galaxy Z Fold4 memang tampak tidak alami perubahan dibandingkan Fold3 yang jadi pendahulunya. Keduanya masih sama-sama hadirkan ukuran layar 7.6 inci pada layar utama dan 6.2 inci pada layar kover.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram