Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Samsung kembali meluncurkan anggota penerus pada seri ponsel lipat, yakni Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G. Kedua ponsel ini diluncukan bersamaan pada Agustus 2022, hadir dengan beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Sementara ini merupakan kali keempat Galaxy Z Fold dirilis, namun iterasi dari Galaxy Z Flip hanya menuju seri ketiga (terlepas penamaannya yang Flip4). Ini karena seri Flip sempat absen pada 2020. Ya, di tahun tersebut, tidak ada Galaxy Z Flip2 karena Samsung hanya menelurkan Galaxy Z Fold2 kala itu.

Kendati keduanya sama-sama ponsel pintar, namun keduanya mengusung layar lipat yang berbeda. Jika Anda kebingungan apa yang membedakan keduanya, sebaiknya simak beberapa poin perbedaan Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 5G

galaxy z fold4_
Layar Layar utama: Foldable Dynamic AMOLED 2X; Layar sekunder (kover): Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4 5G

galaxy z flip4 5g_
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4

1. Ukuran dan Arah Lipatan Layar

perbedaan galaxy z fold4 5g dan flip4 5g_

Pembeda paling jelas dari kedua ponsel lipat adalah desain dan ukuran ponsel. Galaxy Fold4 hadirkan dimensi yang lebih besar yang membuat perangkat bisa digunakan dalam mode ponsel atau tablet. Sementara Galaxy Flip4 hadirkan ponsel ukuran kecil yang bisa dilipat dan mudah masuk ke saku.

Bisa dibilang, meski sama-sama dilipat, kehadiran Fold4 dan Flip4 memiliki tujuan yang berbeda. Samsung Galaxy Z Fold4 5G ditujukan untuk Anda yang mencari sarana produktivitas tingkat tinggi. Itu mengapa, HP ini bisa dibuka (unfold) agar ukuran layarnya menyerupai tablet.

Ini berbeda Samsung Galaxy Z Flip4 5G yang dilipat secara vertikal alih-alih horizontal seperti Fold4 5G. HP ini menawarkan penggunaan yang tidak berbeda jauh dengan HP lain pada umumnya saat dibuka.

Tujuan melipat Flip4 5G ini adalah untuk membuat ukurannya lebih ringkas. Hal ini guna meningkatkan sisi portabilitas ponsel agar lebih mudah dimasukkan pada kantong celana ataupun tas.

Secara kesimpulan, kedua HP ini memiliki tujuan yang berbeda saat dilipat. Galaxy Fold4 5G dapat dibuka agar menjadi tablet, sedangkan Flip4 5G dapat dilipat untuk membuat ukurannya lebih kecil.

2. Kehadiran Dukungan S Pen

galaxy z fold3 s pen_Sumber: GSM Arena
Galaxy Z Flip3 5G juga mendukung stylus, tapi tidak memiliki ruang khusus sebagai tempat penyimpanannya

Basically, Samsung Galaxy Z Fold4 5G bisa dianggap sebagai HP hybrid. Bisa digunakan sebagai HP, bisa juga digunakan sebagai tablet. Itu mengapa, Samsung pun menyediakan dukungan terhadap S Pen pada HP ini.

S Pen merupaka stylus yang bisa dipakai untuk mencatat, menggambar, ataupun mengarsir. Saat menulis pakai S Pen, pengguna berkesempatan mengubah tulisan tangan menjadi teks digital yang dapat di-select dan di-copas.

Mengingat Galaxy Z Flip4 5G yang tidak dapat diubah jadi tablet, maka wajar saja smartphone ini tidak mendukung penggunaan stylus. Perbedaan ini semakin mempertegas fungsi Fold4 5G sebagai HP/tablet produktif untuk menunjang multi-tasking.

Layar pada Galaxy Z Fold4 5G juga diklaim menggunakan Super UTG (Ultra Thin Glass) yang lebih tangguh lagi dari sebelumnya, sehingga memungkinkan layar untuk tetap kuat dalam menahan tekanan stylus. Selain itu, kini S Pen tersedia secara built-in alih-alih generasi sebelumnya yang menjual S Pen secara terpisah.

3. Kehadiran Sensor UWB (Ultra Wideband)

uwb_

Galaxy Z Fold4 5G memang memiliki fitur yang cenderung lebih banyak, inovatif, dan juga beragam. Itu mengapa, salah satu fitur eksklusif yang hanya dimiliki Fold4 5G adalah sensor UWB (Ultra Wideband).

Ini merupakan fitur yang hanya dimiliki segelintir ponsel flagship, berfungsi untuk bertukar informasi dan sebagai jalur pertukaran data antar perangkat dengan presisi tingkat tinggi. Dengan UWB, Anda bisa menghubungkan aksesoris Galaxy Tag+ dengan smartphone untuk melacak keberadaan benda.

Jadi, saat Galaxy Tag+ diselipkan ke dompet, tas, atau kalung hewan piaraan, Anda akan sanggup melacak lokasi benda-benda tersebut hingga ke lokasi paling spesifik. Nantinya, tanda panah akan selalu hadir di layar untuk memberitahukan lokasi yang lebih presisi.

Jika ini sebuah fitur yang tampaknya Anda butuhkan, maka Galaxy Z Fold4 5G adalah pilihan yang cocok. Pasalnya, Galaxy Z Flip4 5G tidak menyediakan fitur ini.

4. Konfigurasi Kamera

galaxy z fold4 1_

Tahukah Anda? Samsung Galaxy Z Fold4 5G menghadirkan kamera depan tersembunyi, lho. Ya, karena di layar utamanya, terdapat kamera selfie yang mengusung teknologi UDC (Under Display Camera) sehingga lensanya terbenam di dalam layar. Teknologi yang dilanjutkan dari Galaxy Z Fold3.

Sejauh ini, perangkat dengan teknologi tersebut masih bisa dihitung dengan jari. Fitur UDC bermanfaat agar pengguna bisa memandang layar dengan fokus yang lebih baik lantaran tidak terdistraksi dengan penampakkan lensa punch hole atau poni tetesan air.

Galaxy Z Flip4 5G sayangnya belum menerapkan desain kamera seperti ini dan masih mengusung kamera punch hole biasa. Selain itu, jumlah dan konfigurasi kamera Flip4 5G juga lebih minim ketimbang Fold4 5G.

Pada bodi belakang Galaxy Z Fold4 5G, Anda dapat menemukan kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan fitur PDAF dan OIS. Kamera ini dilengkapi dengan dua lensa pendamping yaitu sensor 12 MP telefoto (bisa zoom optik 2x dan memiliki OIS), dan kamera 12 MP ultrawide (FOV 123 derajat).

Sementara untuk kamera belakang Flip4 5G, tersedia dua lensa 12 MP wide-angle (lengkap dengan fitur OIS dan Dual Pixel PDAF) dan kamera 12 MP ultrawide (FOV 123 derajat). Kedua ponsel mendukung perekaman video hingga resolusi 4K di kecepatan 30 dan 60 FPS, serta mendukung standar video HDR10+.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram