carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Kenali 7 Perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2

Ditulis oleh Aris Wibowo

Setelah sukses menghadirkan Tecno POVA Neo di kelas ponsel gaming entry-level pada 2021, Tecno Mobile akhirnya mengumumkan smartphone terbaru penerus seri POVA Neo tersebut, yakni Tecno POVA Neo 2 pada Oktober 2022. Ponsel gaming murah ini hadir dengan sejumlah kelebihan baru untuk memberikan pengalaman main game yang lebih maksimal.

Untuk itulah HP Android terbaru ini dibekali sejumlah keunggulan mulai chipset yang lebih bertenaga dan baterai berkapasitas besar. Dengan adanya ubahan pada sektor chipset dan baterai ini akan memaksimalkan komunikasi dan performa bermain game.

Selain itu, HP ini juga menghadirkan desain yang lebih kekinian dan modern, sehingga HP ini bisa memberikan pengalaman game yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa yang suka game mobile.

Tentu, menarik membandingkan Tecno POVA Neo dengan Tecno POVA Neo 2. Pasalnya, produsen memasarkan kedua produk ini untuk kelas ponsel gaming murah. Apa saja perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2? Seperti apa fitur baru yang ditawarkan? Simak ulasan di bawah ini.

Spesifikasi Tecno POVA Neo

Tecno POVA Neo
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Tecno POVA Neo 2

Tecno Pova Neo 2
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 16 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2

Tecno POVA Neo sukses menarik perhatian pengguna dengan baterai jumbo yang ditawarkan. Tentu, menarik melihat update yang akan ditawarkan dalam Tecno POVA Neo 2. Mana yang terbaik di antara keduanya? Simak perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2 di bawah ini.

1. Sama-sama Desain Plastik, Beda Corak

desain tecno pova neo
Desain Tecno POVA Neo

Menengok bagian desain, Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2 memiliki desain yang berbeda. Keduanya memang masih menggunakan desain bodi plastik, namun tidak nampak murahan.

Desain bodi Tecno POVA Neo hadir lebih minimalis seperti ponsel murah pada umumnya.  Kamera belakang HP gaming terbaru ini hadir dengan modul kamera berbentuk persegi panjang ke bawah. Di bodi belakang ini terdapat 2 buah kamera besar berjejer ke bawah dilengkapi LED Flash

Bodi belakang HP ini mengusung tekstur bergaris di sisi sebelah dan tekstur matte di sisi lainnya. Dibagian tengah bodi belakang ini, terdapat sensor sidik jari yang khas.

Sementara itu, desain bodi Tecno POVA Neo lebih nampak solid dan minimalis dengan dua buah kamera berjejer ke bawah dengan modul kamera berbentuk unik dan di samping kamera ada 1 buah LED Flash. Bodi belakangnya dibuat bercorak dan bertekstur, sehingga akan nyaman digenggam untuk bermain game maupun kegiatan lainnya.  

Melihat lebih detail lagi, desain bodi belakang POVA Neo ini sangat futuristik dan ternyata masih terinspirasi dari sebuah pola meteor luar angkasa bernama Widmanstatten. Desain bodi belakang ini mirip dengan desain bodi pada POVA 4 series.

Untuk penempatan sensor sidik jari, produsen menghadirkan sensor sidik jari di bagian bodi samping menyatu dengan tombol power. Desain ini diharapkan memudahkan pengguna dalam membuka dan mengunci HP.

tecno pova neo 2_
Desain Tecno POVA Neo 2

Membahas sisi depan, kedua HP Tecno POVA series ini memiliki desain bodi depan yang masih serupa. Bedanya, keduanya menggunakan model kamera depan yang beda, yakni waterdrop untuk seri Neo dan model punch hole yang terletak di tengah layar untuk seri Neo 2.

Membahas dimensi, keduanya memiliki dimensi yang tidak berbeda jauh, Tecno POVA Neo memiliki ukuran bodi 171,4 x 77,3 x 9,1 mm. Untuk Tecno POVA Neo 2 memiliki ukuran 170,9 x 77,8 x 9,6 mm. Dimensi keduanya sama besar. Namun, POVA Neo memiliki dimensi yang lebih ramping.

2. Layar Luas Minim Ubahan

layar Tecno POVA Neo
Layar Tecno POVA Neo

Layar yang luas memang tengah menjadi kebutuhan pengguna ponsel saat ini. Maka dari itu, Tecno Mobile menghadirkan layar luas untuk memberikan pengalaman navigasi dan komunikasi yang lebih lancar di POVA Neo maupun POVA Neo 2. Menariknya, meski mengusung layar luas, spesifikasi layarnya terbilang minim ubahan.

Tecno POVA Neo dan POVA Neo 2 sama-sama menggunakan layar panel IPS/ Untuk POVA Neo 2 berukuran 6,82 inci dan POVA Neo berukuran 6,8 inci. Kedua layar sudah dilengkapi dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel.

Keduanya juga sudah mendukung refresh rate yang sama, yakni 90 Hz. Keunggulan layar POVA Neo ialah memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal untuk penggunaan dalam dan luar ruangan. Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona meski hanyalah layar IPS.

Memang, tampilan layarnya tidak terlalu detail, mengingat resolusi layar yang lebih kecil. Walaupun demikian, penggunaan resolusi layar HD ini membuat layar bisa lebih hemat daya.

3. Sama-sama MediaTek Helio dengan Seri Berbeda

performa Tecno POVA Neo_

Menyadari kebutuhan perangkat gaming murah, Tecno Mobile menghadirkan peningkatan chipset pada seri POVA Neo 2. Walaupun meningkat, kedua ponsel masih sama-sama menggunakan chipset MediaTek Helio namun berbeda seri.

Menengok dapur pacu Tecno POVA Neo, smartphone 4G ini menggunakan chipset MediaTek Helio G25. Ini merupakan SoC dengan fabrikasi 12nm yang memiliki konfigurasi octa-core, yakni 4 unit Cortex A53 (2 GHz) dan 4 inti Cortex A53 (1,5 GHz).

Untuk menunjang performa gaming yang lancar pada perangkat ini, Tecno Mobile juga menghadirkan GPU PowerVR GE8320 dan RAM 4 atau 6 GB, hingga sistem Android 11. Untuk penyimpanan, HP Android terbaru ini sudah dibekali memori internal 64 GB atau 128 GB. 

Pova NEO 2 chipset_

Sementara itu, POVA Neo 2 memang dipersiapkan sebagai sebuah smartphone gaming dengan harga yang terjangkau. Walaupun demikian, bukan berarti dapur pacu yang dihadirkan dibuat asal-asalan. Buktinya, Tecno Mobile meningkatkan chipset dengan memasang SoC MediaTek Helio G85 di POVA Neo 2.

SoC MediaTek Helio G85 sendiri merupakan SoC kelas menengah. Chipset ini akan menghasilkan kinerja tinggi sekaligus memaksimalkan usia baterai sehingga pengalaman gaming bisa lebih lama dan dinamis.

Chipset MediaTek ini terdiri dari delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core berbasis Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core berbasis Cortex A55 (1,8 GHz). Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G52 MC2  dengan kecepatan 1 GHz, teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI terbaru, modul 4G terbaru untuk SIM 4G ganda, hingga sistem Android 12. 

Pada dapur pacu POVA Neo 2, MediaTek G85 ini didukung RAM 4 atau 6 GB, serta memori internal 64 GB atau 128 GB. Produsen juga sudah menghadirkan dual game engine, yakni HyperEngine dan Panther Game Engine. 

Kelebihan dapur pacu pada POVA Neo series ialah terdapat teknologi Memory Fusion yang membuat RAM bisa ditambah sampai 5 GB. Tentu, ini membuat kinerja ponsel kian handal untuk bermain game dan multitasking.

Lalu, bagaimana dengan hasil pengujian AnTuTu? Menurut akun YouTube MaximumMobile, Tecno POVA Neo 2 dengan Helio G85 dan RAM 4 GB hanya mencetak skor 209.104. Skor yang cukup baik, sehingga dipastikan performa Tecno POVA Neo 2 ini akan anti lag.

Dari perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2 di atas tampak Tecno POVA Neo 2 memiliki performa yang lebih baik karena memiliki chipset generasi terbaru dan didukung RAM besar pula.

4. Konfigurasi Kamera yang Beda

Pova NEO 2 camera_

Perbedaan Tecno POVA Neo dan Tecno POVA Neo 2 berikutnya adalah kamera. Sebagai sebuah ponsel gaming murah, Tecno Mobile sejak seri Neo pertama memang tidak menghadirkan sektor kamera yang menonjol. Walaupun demikian, dalam seri Neo 2, Tecno menghadirkan sejumlah ubahan yang membuat HP ini lebih baik untuk fotografi harian.

Dalam Tecno POVA Neo, Anda akan mendapati 2 kamera belakang yang diklaim cukup mumpuni untuk harian yakni kamera utama 13 MP dengan bukaan sensor f/1.8 AF. Untuk kamera kedua ialah kamera Bokeh 2 MP. Kedua kamera tersebut akan ditemani Quad LED untuk penerangan kala berfoto di malam hari.

Untuk Tecno POVA Neo 2, Anda akan sama mendapati dua kamera belakang saja. Pada HP ini, Tecno hanya menghadirkan kamera utama 16 MP dengan bukaan f/1.8 AF. Untuk kamera kedua, Tecno kabarnya menghadirkan kamera AI Bokeh 2 MP. 

Teknologi AI yang dihadirkan diklaim mampu membuat hasil foto lebih jelas meski di kondisi banyak cahaya maupun minim cahaya. Untuk penerangan, HP ini hanya mengandalkan Dual LED Flash saja. 

Untuk persamaan, kedua HP Tecno ini masih menggunakan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang sudah dibekali Dual LED di POVA Neo dan Single LED di POVA Neo 2.

Perihal perekaman video, resolusi 1080p 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 1080p 30 fps. Menariknya, audio yang dihasilkan video cukup jelas dan bersih.

Peningkatan chipset dan resolusi kamera yang meningkat membuat hasil kamera tampak lebih berwarna dan bersih. Berkat sensor yang digunakan, hasil foto malam hari juga nampak jelas.

5. Konektivitas Sedikit Beda

POVA Neo_

Konektivitas kedua HP Tecno ini juga tidak berbeda jauh. Kedua HP Android terbaru ini sama- sama sudah menggunakan jaringan 4G belum 5G. Untuk Bluetooth, POVA Neo dan Neo 2 dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk WiFi, keduanya masih menggunakan Wifi 5. Yang membedakan ialah, POVA Neo masih memakai micro USB, dan POVA Neo 2 sudah USB Type C.

HP Android ini ternyata juga memiliki sensor yang lengkap mulai sensor sidik jari, sensor akselerometer, dan sensor proksimitas. Bedanya, POVA Neo 2 sudah dibekali sensor kompas. Dengan adanya sensor kompas di POVA NEO 2, Anda bisa menentukan arah dan lokasi dengan lebih baik di peta digital.

6. Beda Kapasitas Baterai 

Pova NEO 2_

Sejumlah produsen ponsel mulai menyadari bahwa HP gaming itu harus tahan lama digunakan. Maka, beberapa ponsel gaming dibekali kapasitas baterai yang besar. Nah, hal ini juga dilakukan Tecno Mobile dengan menghadirkan baterai jumbo dalam seri Neo dan Neo 2.

Tecno mengklaim pengguna bisa menggunakan HP gaming seri Neo ini lebih lama dalam sekali isi daya. Pasalnya, Tecno POVA Neo dibekali baterai 6000 mAh dan Neo 2 dibekali baterai 7000 mAh.

Sayangnya, meski kapasitas baterai meningkat, kedua HP ini hanya mendukung sistem pengisian cepat 18W saja. Walaupun demikian, karena kedua HP masih memakai resolusi layar HD+ dan panel IPS, baterai akan lebih hemat.

7. Varian dan Harga Rilis

tecno pova neo 2__1

Tecno POVA Neo 2 dipasarkan di Indonesia dengan harga 1,699 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Ada juga varian RAM 6 GB dan memori 128 GB dengan harga 1.999 juta, serta varian RAM 4 GB dan memori 128 GB dengan harga Rp1,799 juta. Untuk seri ini, Tecno menghadirkan pilihan warna abu-abu dan biru.

Sedangkan Tecno POVA Neo dipasarkan dengan harga Rp1,6 juta untuk varian warna hitam dan silver. Semua varian memakai  RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Simpulan

Ditengah menjamurnya ponsel Android murah, Tecno Mobile hadirkan POVA Neo 2 dengan konsep HP gaming yang cocok untuk semua kalangan. Hadir dengan desain yang futuristik, HP ini membawa sejumlah spesifikasi baru yang cukup menonjol dibanding seri POVA Neo sebelumnya.

Salah satu kelebihan HP ini tentu adanya chipset MediaTek Helio G85. Chipset ini hadir dengan kemampuan gaming dan multitasking yang cukup baik. Selain itu, produsen juga menghadirkan sistem Android yang lebih baru dan baterai berkapasitas besar, sehingga performanya lebih optimal.

Sementara itu, Tecno POVA Neo memiliki desain yang lebih elegan dan dimensi yang tipis. HP ini juga memiliki sektor kamera yang tidak kalah baik dibanding HP Android murah lainnya. Tambahan fitur cipratan air juga membuat HP ini terasa lebih mewah dan terasa lebih aman digunakan harian.

Tidak bisa dipungkiri, kedua HP Tecno ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, tampaknya Tecno POVA Neo 2 berhasil menghadirkan peningkatan yang sangat bermanfaat dibanding varian lama.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram