carisinyal web banner retina

Inilah 5 Perbedaan Tecno Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 18 Juni 2021

Keberhasilan debut pertamanya lewat Spark 5 Pro, kini Tecno keracunan untuk menggarap sebuah produk terbarunya bernama Spark 7 Pro. Dapat dibilang keduanya hampir memiliki banyak kesamaan mulai dari kehadiran sensor akselerometer, proksimiti, hingga pemindai sidik jari yang juga diletakkan di kawasan belakang perangkat.

Layar dari kedua ponsel ini pula mempunyai ukuran yang seimbang 6.6 inci dengan layar-ke-bodi berasio 83.7%, terbilang luas untuk sebuah ponsel masa kini.

Berasio 720 x 1600 piksel, kedua ponsel Spark ini diberkati oleh ketajaman layar yang sama takarannya yaitu 266 ppi. Tidak ketinggalan, untuk teknologi panelnya diusung oleh IPS LCD yang diklaim lebih hemat daya.

Namun, pada Spark 7 Pro laju penyegarannya sudah diungkapkan yaitu 90Hz dapat dibilang tinggi untuk sebuah ponsel di kelas entry-level. Lalu, adakah perbedaan lain di antara dua ponsel Spark ini? Sebelum mengetahuinya kamu dapat membaca spesifikasi singkat dari Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro berikut ini:

Spesifikasi Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro
  • Rilis: Juli, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: MediaTek Helio A25 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 2 MP + 2 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Tecno Spark 7 Pro

Tecno Spark 7 Pro
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,6 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 48 MP AI Triple Camera
  • Kamera Depan: Quad-LED flash
  • Baterai: Li-Po 5.000

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Tecno Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro

Selepas mengenal Tecno Spark 5 dan Spark 7 Pro lewat spesifikasi singkatnya di atas, mari kita telusuri lebih dalam mengenai perbedaan dari kedua ponsel tersebut dalam beberapa aspek yang telah Carisinyal susun berikut ini:

1. Tampilan Bodi dan Layar

Spark 5 Pro Display Carisinyal

Saat kamu menyandingkan kedua ponsel ini seakan tidak ada disimilaritas terutama pada area depannya yang terbuat dari bahan gelas sama-sama mengusung konsep Punch Hole atau terdapat lubang kecil di kiri atas layar. Keduanya juga telah membangun slot untuk Dual SIM yaitu Nano-SIM dan dual stand-by.

Akan tetapi, saat dibalikkan kamu sudah dapat dengan mudah menemukan perbedaannya. Untuk Spark 5 Pro mengandung corak seperti berlian dengan wadah kotak memanjang sebagai tempat berdiamnya para sensor kamera utama. Sedangkan, corak Spark 7 Pro tampak garis vertikal dari atas ke bawah dengan wadah kamera yang lebih panjang.

Kedua perangkat yang mempunyai ketebalan sama yakni 8.8 mm, rupanya untuk dimensi panjang dan lebar telah ditemukannya perselisihan kecil. Dimensi panjang dan lebar Spark 5 Pro sebesar 164.7 x 76.3 mm, sedangkan Spark 7 Pro digarap dengan panjang berukuran 164.9 mm dan lebar 76.2 mm.

2. System-on-Chips

mediatek system on chip

Pada kategori dapur pacu dari Spark 5 Pro beroperasi dengan mengandalkan Android 10 yang antarmuka HIOS 6.1. Menggunakan chipset MediaTek Helio A25 berteknologi manufaktur 12 nanometer perangkat ini bermodalkan CPU Octa-core dari Cortex-A53 berjumlah 4 dengan kecepatan 1.8 GHz dan empat buah Cortex-A53 yang melaju hingga 1.5 GHz.

Kinerja dari Spark 5 Pro semakin dapat diandalkan terlebih pada pengolahan grafisnya yakni PowerVR GE8320, membuat tampilan animasinya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari jeroan yang dipatri tersebut perangkat dari Tecno ini berhasil mengumpulkan poin AnTuTu sebanyak 96.634.

Lain halnya dengan Spark 7 Pro yang mampu memungut skor AnTuTu hingga 203.000. Hal tersebut tidak terlepas karena chipset yang dipasangkannya yaitu MediaTek Helio G80 dengan fabrikasi 12 nanometer. Berlandaskan Android 11 dengan interface HIOS 7.5, ponsel ini membawa kartu grafis Mali-G52 MC2 untuk menghasilkan tampilan visual yang maksimal.

Untuk mendongkrak performa kencang dan mulus, Spark 7 Pro telah memasang prosesor CPU Octa-core yang diracik dari dua inti Cortex-A75 melaju sampai 2.0 GHz dan enam buah berkecepatan 1.8 GHz untuk Cortex-A55. Dengan begitu perangkat ini bisa diandalkan untuk menjalankan aktivitas multiguna harian penggunanya.

3. Kamera

Spark 5 Pro Camera Carisinyal.j

Aspek menarik yang ternyata berbeda di antara kedua ponsel ini adalah konfigurasi kamera. Mari kita awali dengan modul pada kamera depannya yang mempunyai resolusi sama yakni 8 MP.

Akan tetapi, untuk Spark 5 Pro menghadirkan bukaan sebesar f/2.0 dengan fitur Dual-LED flash dan HDR, sementara Spark 7 Pro belum diketahui ukuran dari diafragmanya dan tanpa fitur HDR.

Di area cangkang dari Spark 5 Pro sudah mengundang tiga sensor yang diletakkan pada kotak panjang vertikal lengkap dengan Quad-LED flash. Berfiturkan panorama dan HDR, empat sensor pada kamera belakangnya itu meliputi 16 MP yang memiliki bukaan f/1.8 beserta PDAF digunakan sensor premier. Hasilnya terbilang memuaskan untuk sebuah ponsel di kelas pemula.

Lalu, terdapat sensor makro 2 MP yang bertugas untuk membidik objek kecil dan sensor QVGA untuk mendeteksi mode malam. Dilanjutkan oleh kehadiran sensor kedalaman berukuran 2 MP berwenang untuk memberikan efek bokeh pada sebuah latar belakang sebuah objek. Pada sistem videografinya telah dirancang oleh resolusi sebesar [email protected]

Pindah ke Spark 7 Pro yang mendapatkan peningkatan konfigurasi dibandingkan pendahulunya. Kamera utama dari Spark 7 Pro terdiri dari tiga sensor antara lain sensor wide 48 MP disertai PDAF yang hasil bidikannya dapat memanjakan mata, sensor 2 MP dan sensor QVGA, serta dukungan fitur Super Nightshot dan Quad-LED flash. Sedangkan, resolusi videonya yaitu [email protected]

4. Ruang Penyimpanan

RAM ROM

Dalam membantu pengguna untuk menyimpan banyak data dan memasang berbagai aplikasi, pihak Tecno telah menyiapkan ruang penyimpanan yang luas untuk Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro. Berjalan dengan teknologi eMMC 5.1 yang mampu mendorong proses penyimpanan yang cepat, ternyata keduanya dipasok dengan ukuran ruang penyimpanan yang berbeda.

Ruang penyimpanan milik Spark 5 Pro terdiri dari RAM berukuran 3 GB dan 4 GB dengan memori internalnya yaitu 64 GB dan 128 GB. Dari ukuran tersebut dapat diramu ke dalam beberapa kombinasi antara lain 3/64 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB. Ponsel ini masih bisa ditingkatkan kapasitas penyimpanannya dengan menanamkan microSDCX pada slot khusus.

Beralih ke ruang penyimpanan dari Spark 7 Pro yang menyediakan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan, untuk internal storage (ROM) terdiri dari varian yaitu 64 GB dan 128 GB.

Apabila harus dikombinasikan antara RAM dan memori internalnya maka akan ada tiga pilihan meliputi 4/64 GB, 6/64 GB, dan 4/128 GB. Juga dapat ditambahkan kapasitasnya hingga 512 GB dengan microSDXC.

5. Warna dan Harga

Spark 5 Pro Warna Carisinyal

Sebagai ponsel keluaran terbaru, Tecno Spark 7 Pro tentunya ingin memberikan suguhan yang baru dan segar daripada seniornya. Oleh karena itu, perangkat ini hadir dalam beberapa varian warna yang menarik untuk dipandang antara lain Alps Blue, Spruce Green, Neon Dream, dan Magnet Black.

Sebagai senior dari Tecno Spark 7 Pro, perangkat Spark 5 Pro masih tampil eksis dengan corak-corak indahnya yang terdiri dari beragam pilihan meliputi Ice Jadeite, Spark Orange, Seabed Blue, dan Cloud White. Dapat dikatakan kedua ponsel Tecno ini mempunyai identitas sendiri lewat warna yang dibawanya.

Diferensiasi selanjutnya dari kedua ponsel ini adalah perihal harga yang ditawarkan. Sebuah perangkat Spark 7 Pro melayang di pasaran pada harga sekitar Rp1,9 juta untuk tipe 4/64 GB, sedangkan Tecno Spark 5 Pro dapat dimiliki dengan mengeluarkan dana sekitar Rp1,45 juta untuk model 4/128 GB.

Simpulan

Dari pemaparan di atas dapat diambil benang merah kalau Spark 5 Pro dan Spark 7 pro punya selisih dalam beberapa aspek. Salah satu yang paling menonjol adalah System-on-Chips dari masing-masing perangkat.

Meski sama dipatri oleh MediaTek Helio tetapi untuk tipenya berbeda, Spark 5 Pro dengan MediaTek Helio A25 dan Spark 7 Pro bersama MediaTek Helio G80.

Itulah tadi perbedaan mengenai Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro. Apakah menurutmu kedua ponsel ini masih mempunyai perbedaan? Coba komen di kolom komentar bagi yang mengetahuinya! Tidak bosan untuk mengingatkan, jangan lupa untuk selalu ikuti Carisinyal supaya kamu tidak ketinggalan informasi seputar teknologi maupun gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram