carisinyal web banner retina

5 Perbedaan vivo V25e dan vivo V27e, Seberapa Signifikan?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo v25e yang meluncur pada September 2022 telah menemui sosok pengganti enam bulan kemudian. Sosok pengganti itu adalah vivo V27e, yang meluncur secara global pada Maret 2023.

HP seri vivo V paling dasar punya siklus yang tidak pasti. Kadang meluncur tiap enam bulan, kadang juga tiap tahun. Biasanya, HP dengan siklus pendek enam bulan tidak mendapat banyak peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Yang ditawarkan umumnya hanya perubahan desain. Apakah itu terjadi pada vivo V25e dan vivo V27e?

Di sinilah Carisinyal akan menjawab pertanyaan singkat tersebut. Kami akan menjelaskan seluruh perbedaan yang ada pada vivo V25e dan vivo V27e. Tujuannya supaya Anda tahu seberapa signifikan perbedaan kedua ponsel tersebut. Tanpa basa-basi lagi, silakan simak ulasannya sampai selesai.

Spesifikasi vivo V25e

vivo v25e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi vivo V27e

vivo V27e
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan vivo V25e dan vivo V27e

Dari tampangnya saja sudah terlihat mana vivo V25e dan mana vivo V27e. Lantas apakah jeroan kedua HP juga berbeda? Berikut penjelasannya.

1. Desain dan Dimensi

vivo v27e

vivov V27e meneruskan bahasa desain yang ada pada vivo V25e. Pasalnya, kedua ponsel sama-sama memiliki ciri khas rangka dan penutup belakang rata (flat). Mereka juga mengedepankan bodi yang tipis dengan bobot ringan.

Perbedaan pertama yang bisa Anda lihat adalah penataan kamera belakangnya. Deretan kamera belakang vivo V27e berbaris vertikal. Di samping tiga kamera terdapat lampu flash berbentuk ring.

vivo V25e punya desain tata kamera yang lain. Ada dua kamera yang diameternya sama, dan ada satu kamera yang diameternya kecil. Lampu flash memanjang ditaruh di atas kamera dengan diameter kecil.

Perbedaan kedua yakni corak pada opsi warna utama. vivo V27e memiliki warna utama Lavender Purple. Pada warna tersebut, penutup belakang ponsel ini menampilkan corak gradien sebagai akibat dari pantulan cahaya.

Sementara itu, vivo V25e punya warna utama Sunrise Gold. Pada warna tersebut, penutup belakang HP ini dapat berubah warna saat terkena sinar matahari. Perubahan warnanya temporer, dari keemasan menjadi oranye.

Lanjut ke perbedaan ketiga, yaitu model lubang kamera depan. vivo V27e lebih modern karena mengadopsi gaya punch hole dengan posisi di tengah atas layar. Lubang kamera depan vivo V25e sama seperti penerusnya itu, tetapi modelnya cekungan "U" dan menempel dengan bezel.

Terakhir soal dimensi. vivo V27e sedikit lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tipis dari vivo V25e. Dimensinya adalah 162,51 x 75,81 x 7,7 mm dengan bobot 185 gram. Dimensi vivo V25e yakni 159,2 x 74,2 x 7,8 mm berikut bobot 183 gram.

2. Layar vivo V27e Lebih Lebar

vivo v25e layar_

Baik vivo V25e dan vivo V27e menggunakan layar AMOLED yang resolusinya Full HD+. Hanya saja, bentang layarnya berbeda. vivo V27e lebih lebar dengan 6,2 inci, sedangkan vivo V25e lebih ramah tangan di 6,4 inci.

Tak cuma itu, layar vivo V27e juga lebih tinggi refresh rate-nya, mencapai 120 Hz. Refresh rate layar vivo V25e hanya 90 Hz. Hal itu berarti layar vivo V27e lebih mulus saat menampilkan animasi gerak cepat. Layarnya pun mendukung frame rate lebih tinggi yang dapat dirasakan ketika Anda bermain game.

Meski begitu, vivo tak menjelaskan tingkat kecerahan layar vivo V27e. Beda dari vivo V25e yang telah diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan 1300 nit.

Adapun layar kedua HP telah memperoleh sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari SGS. Keduanya pun relatif aman dipandang dalam waktu lama. Tidak ada keterangan soal kaca proteksi yang dipakai baik vivo v25e maupun vivo V27e. Namun, vivo biasanya menyertakan screen protector dalam paket penjualan.

3. Model Lampu Flash

vivo v27e

Tidak ada yang berbeda dari kamera kedua ponsel. Spesifikasi kameranya sama persis, termasuk kamera utama 64 MP yang punya OIS. Karena spesifikasinya sama, kemampuan fotografi dan videogratinya otomatis sama.

Kendati demikian, vivo V27e dibekali dengan lampu flash yang modelnya lain, yakni berbentuk ring alias lingkaran. Tidak seperti lampu flash vivo V25e yang bentuknya seperti batang.

vivo menyebut, lampu ring flash vivo V27e terdiri atas tiga lampu dan satu sensor untuk mengetahui kondisi pencahayaan sekitar. Konon, lampu flash model ini dapat memberi pencahayaan yang lebih natural dan merata pada kondisi redup seperti malam hari.

4. Baterai dan Pengisian

vivo v27e

Baterai yang dikandung vivo V27e memiliki kapasitas 4600 mAh. Kapasitas tersebut naik 100 mAh ketimbang baterai vivo V25e (4500 mAh). Peningkatan kapasitas ini mungkin saja tidak memberi penambahan daya tahan secara signifikan.

Maklum, SoC yang digunakan kedua ponsel sama. Kendati demikian, teknologi pengisian yang disematkan berbeda. vivo V27e disokong pengisian cepat 66W, sedangkan vivo V25e didukung pengisian cepat 44W.

Peningkatan output daya pengisian berbuah waktu pengisian yang kian singkat. Menurut klaim vivo, mengisi 1-50% di vivo V27e hanya perlu 19 menit. Sementara itu, mengisi 0-58% persen di vivo V25e butuh waktu 30 menit.

Jangan khawatir soal keamanan pengisian baterai sang ponsel meskipun daya yang dihantarkan makin besar. Pasalnya, vivo sudah menyertakan 24 keamanan pengisian. Selain itu, baterai vivo V27e juga sudah dirancang supaya punya usia pakai 2x lebih panjang.

5. Sistem Operasi

funtouch os 12

Lantaran kedua HP datang pada waktu yang tidak sama, sistem operasi yang dibawanya pun berbeda. vivo V25e dibekali antarmuka Funtouch OS 12 berbasis Android 12. Sementara itu, vivo V27e langsung menggunakan Android 13 yang berlapis antarmuka Funtouch OS 13.

Ada banyak hal baru yang ditawarkan vivo pada Funtouch OS 13. Misalnya, akses kustomisasi yang lebih luas agar pengguna bisa mengatur tampilan sesuai keinginan. Lalu aplikasi galeri kini disertai fitur proteksi untuk menghilangkan informasi-informasi privat sebelum foto atau video dikirim.

Informasi privat itu seperti lokasi pengambilan, mode pengambilan, dan parameter lainnya. Adapun vivo V25e juga telah memperoleh pembaruan Android 13. Meski begitu, ia hanya akan memperoleh pembaruan sistem operasi sampai Android 14.

Tidak seperti vivo V27e yang berpotensi memperoleh pembaruan sampai Android 15. vivo biasanya memberikan pembaruan sistem operasi sebanyak dua kali untuk smartphone vivo V Series.

Simpulan

vivo V27e tidak mengalami lompatan performa dari vivo V25e. Penggunaan chipset yang sama, MediaTek Helio G99, adalah alasan besarnya. Seluruh produsen HP memang mengalami kesulitan untuk menciptakan produk yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Fenomena ini adalah imbas dari kelangkaah chipset yang terjadi pada 2023.

Meski begitu, vivo tidak sekadar melakukan permak desain pada vivo V27e. Ada beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai peningkatan. Mulai dari bentang layar, refresh rate, kapasitas baterai, dan kecepatan pengisian daya. Model lampu flash juga diganti modelnya guna meningkatkan hasil jepretan kamera utama di kondisi redup.

Masalah lebih bagus yang mana, itu tergantung pada preferensi Anda. Bagaimanapun penilaian Anda, dua-duanya termasuk pilihan terbaik untuk kategori HP 4G kelas menengah yang performanya mumpuni.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram