7 Perbedaan vivo Y01 dan Y02, HP Murah dengan Desain Menarik

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada Desember 2022, vivo kembali menyegarkan varian ponsel entry-level miliknya di pasar Indonesia dengan memperkenalkan vivo Y02. Ini merupakan smartphone harga murah yang menargetkan pengguna pemula yang baru belajar menggunakan ponsel sistem Android atau pengguna pelajar yang butuh ponsel untuk browsing atau untuk  hiburan.

Hadirnya vivo Y02 ini sekaligus menggantikan varian vivo Y01 yang dirilis pada April 2022. Ponsel harga terjangkau ini hadir dengan desain dan konektivitas yang baik. Tidak heran, HP ini sangat cocok untuk Anda yang butuh perangkat untuk produktivitas dan hiburan. Maka dari itu, baterai yang dihadirkan ponsel ini diklaim awet untuk penggunaan.

Tentu menarik membandingkan vivo Y02 dengan seri sebelumnya yakni vivo Y01. Pasalnya, produsen memasarkan kedua produk ini dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Apa saja perbedaan vivo Y01 dan vivo Y02? Seperti apa fitur baru yang ditawarkan? Simak ulasan dibawah ini. 

Spesifikasi vivo Y01

vivo y01_
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Spesifikasi vivo Y02

vivo Y02
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Perbedaan vivo Y01 dan vivo Y02

vivo Y01 sukses di pasar Indonesia karena memiliki dapur pacu yang kencang di kelasnya tapi irit daya. Tentu menarik melihat update yang akan ditawarkan dalam vivo Y02. Mana yang terbaik diantara keduanya? Simak perbedaannya dibawah ini.

1. Sama-sama Bodi Plastik, Beda Desain

vivo y01 bodi_

vivo Y01 dan vivo Y02 dipasarkan untuk bersaing di pasar ponsel harga terjangkau. Maka dari itu produsen mengandalkan desain yang tidak berbeda jauh, yakni desain simple yang modis. Keduanya juga masih menggunakan bodi plastik.. 

Menurut vivo, ponsel vivo Y01 hadir dengan desain bernama 3D Slim. Desain ini fokus pada bodi yang ramping dengan bodi belakang bertekstur garis-garis. Bagian bodi sampingnya juga dibuat sedikit melengkung. Desain ini dihadirkan agar ponsel lebih mudah digenggam.

Kamera belakang HP vivo ini menggunakan modul persegi yang sederhana. Dalam modul persegi berwarna hitam tersebut  terdapat 1 buah kamera dengan LED Flash yang besar dibawahnya. Dalam modul ini juga terdapat tulisan AI yang menandakan adanya teknologi AI di kamera ini.

Sementara itu, desain bodi vivo Y02  lebih nampak solid dan minimalis dengan modul kamera yang lebih modern. Bodi belakangnya dibuat polos dengan mate finishing. vivo mengklaim bodi belakang ini sudah anti gores dan anti bekas sidik jari. 

vivo y02

Untuk bodi samping, vivo menggunakan teknologi 2.5D Flat. Bodi samping ini masih cukup nyaman digenggam untuk bermain game maupun kegiatan lainnya. Bodi samping ini juga membuat HP nampak lebih mewah dibanding ponsel entry-level lainnya.

Di bodi belakang Y02, vivo juga menghadirkan desain modul kamera baru. Anda akan mendapati desain modul berbentuk persegi dengan warna berkilau. Dalam modul persegi yang besar ini terdapat modul lingkaran di dalamnya. Nah, di dalam lingkaran tersebut baru ada kamera utama dan LED Flash. Sektor modul ini nampak mewah untuk kelas HP 1 jutaan.

Membahas sisi depan, kedua HP vivo Y series ini memiliki desain bodi depan yang masih serupa. Keduanya juga menggunakan model kamera depan yang sama yakni model waterdrop yang terletak di tengah layar. 

Membahas dimensi vivo Y01,.vivo memiliki dimensi yang cukup tipis berukuran 8,3 mm dengan berat 178 gram. Ukurannya cukup ramping dan tipis untuk ponsel entry-level. Sedangkan vivo Y02 menyuguhkan tebal bodi 8,5 mm dengan berat 186 gram. Tnetu vivo Y01 akan lebih nyaman digenggam atau dibawa bepergian.

Keunikan vivo Y01 ialah letak slot simcard yang ada di bagian atas bodi bukan disamping. Ini menambah aura mewah HP ini. 

2. Layar Luas Minim Ubahan

vivo y01 layar_

Guna menunjang kegiatan harian seperti membalas pesan, mengakses sosial media hingga bermain game, baik vivo Y01 maupun vivo Y02 menghadirkan layar lebar berukuran 6,51 inci. Layarnya cukup lebar untuk sebuah ponsel murah yang rata-rata masih berukuran 6,2 inci hingga 6,3 inci. 

Sedikit disayangkan, layar kedua HP ini masih menggunakan resolusi layar HD+ (1600 x720 piksel). Walaupun demikian, resolusi layar ini masih dianggap wajar untuk sebuah ponsel Android murah.  

Kelebihan lainnya ialah panel IPS yang digunakan mampu memberikan pengalaman visual yang jernih dan detail. Selain itu, untuk vivo Y01, pinggiran layar HP ini sedikit lebih tipis dibanding vivo Y02. Ini membuat layar lebih tampak luas dan pengalaman bermain game atau menonton lebih seru tidak terganggu pinggiran layar.

Untuk perlindungan layar dari goresan, kedua layar sudah dibekali anti gores sederhana dari pabrikan.

3. Sama-sama MediaTek Helio, Beda Seri 

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Masih banyak anggapan yang menyebutkan bahwa ponsel entry-level memiliki performa ala kadarnya, vivo mencoba membantah hal tersebut dalam varian Y01 dan Y02. Keduanya menggunakan chipset buatan dari MediaTek dengan konfigurasi memori RAM besar.

Membedah vivo Y01, ponsel 4G ini dilengkapi dengan chipset Mediatek Helio P35. Ini merupakan SOC entry-level dengan fabrikasi 12nm yang memiliki konfigurasi octa – core yakni 4 unit Cortex A53 (2,3 Ghz) dan 4 inti Cortex A53 (1,8 Ghz). Tampak chipset ini bukan ditujukan untuk multitasking berat dan hanya cocok untuk penggunaan normal.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram