carisinyal web banner retina

Yuk Ketahui 6 Perbedaan HP vivo Y35 dan vivo Y36

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Mei 2023, vivo resmi merilis HP terbarunya di lini vivo Y Series yaitu vivo Y36 Series. Dalam seri ini, vivo mengeluarkan dua model sekaligus yaitu vivo Y36 (4G) dan Y36 5G. Sesuai dengan namanya, vivo Y36 ini merupakan penerus dari pendahulunya yaitu vivo Y35 yang rilis pada Agustus 2022.

Sebagai penerus, tentu saja vivo Y36 ini dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya. Misalnya saja dari segi tampilan desain yang terlihat lebih mewah, kemampuan layar, hingga kapasitas memori luas. Namun, apakah vivo Y36 ini hanya mengalami peningkatan?

Agar tidak penasaran, tim Carisinyal sudah membuat beberapa perbedaan antara vivo Y35 (4G) dengan vivo Y36 (4G). Dengan perbedaan ini, Anda akan melihat apa saja peningkatan yang dialami oleh vivo Y36, atau malah ada penurunan? Langsung saja simak beberapa daftar perbedaannya di bawah ini.

Spesifikasi vivo Y35

vivo Y35
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi vivo Y36

vivo Y36
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan vivo Y35 dan vivo Y36

Sebenarnya, vivo Y35 dan vivo Y36 ini tidak memiliki perbedaan yang begitu banyak. Hal tersebut cukup wajar karena keduanya berada di seri yang sama dengan jarak hanya satu generasi atau “adik kakak”. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan vivo Y35 dan vivo Y36 yang bisa Anda simak.

1. Tampilan Desain Lebih Mewah

vivo Y36

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara vivo Y35 dan vivo Y36 adalah tampilan desainnya. Agaknya, vivo tidak pernah main-main dalam memberikan tampilan desain terbaik untuk setiap produknya, termasuk vivo Y Series ini.

vivo Y35 hadir dengan dua varian warna yang cukup menarik yaitu Dawn Gold dan Agate Black. Varian Agate Black menjadi salah satu varian warna yang paling menarik. Sebab, bodi bagian belakangnya akan memancarkan efek hologram berpola garis X ketika terkena paparan cahaya

Meski begitu, keduanya sama-sama memperoleh finishing dengan teknologi Crystalline Matte. Jadi, tidak heran jika bodi bagian belakangnya ini sudah mampu bertahan terhadap goresan dan noda sidik jari.

Sementara itu, vivo Y36 hadir dengan tampilan desain yang dibuat lebih mewah. Terdapat dua varian warna yaitu Glitter Aqua dan Meteor Black. Teknologi yang digunakan pada bagian bodinya adalah Dynamic Glass Design yang pertama kali hadir untuk lini vivo Y Series.

Varian warna Glitter Aqua menjadi varian yang paling menarik secara desain. Sebab varian warna ini mampu menghadirkan warna seperti kilauan air di danau yang terkena cahaya. Hal itu merupakan hasil dari kombinasi antara Dynamic Glass Design dengan Golden Ripple Process dan Fluorite AG Glass.

Tidak hanya itu, vivo Y36 juga memiliki frame atau garis luar pada modul kamera yang cukup unik. vivo menamainya dengan Fantasy Frame karena mampu memancarkan warna pelangi ketika terkena cahaya. Sekilas tampilannya ini mirip seperti bagian belakang kaset yang mampu memunculkan warna pelangi yang cantik.

Dengan teknologi yang digunakan untuk bodi bagian belakangnya, kedua HP vivo ini memiliki kenyamanan yang baik ketika digenggam. Apalagi tepi kaca bagian depannya memiliki desain 2,5D yang tidak terasa tajam ketika digenggam.

Ketebalan dan dimensi yang dimiliki keduanya juga sudah cukup pas di tangan. vivo Y35 memiliki dimensi 164,3 x 76,1 x 8,28 mm dengan bobot 188 gram. Sedangkan vivo Y36 memiliki dimensi 164,06 x 76,17 x 8,07 mm dengan bobot sedikit lebih berat yaitu 202 gram.

Salah satu hal yang cukup menarik dari kedua HP ini adalah adanya sertifikasi IP. Meski memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu Rp2-3 jutaan saja, vivo Y35 dan vivo Y36 sudah dibekali sertifikasi IP54. Sertifikasi ini membuatnya mampu bertahan dari debu dan percikan air.

2. Kemampuan Kecerahan Layar

vivo Y36

Perbedaan lainnya yang bisa Anda temukan berada di sektor layarnya. Namun, perbedaan ini tidak terlalu kentara bahkan ketika digunakan. Perbedaan ini hanya terlihat pada data atau spesifikasi keduanya saja.

vivo Y35 hadir dengan kemampuan kecerahan layar lebih kecil yaitu 550 nit saja. Namun, terdapat Mode Sunlight Screen yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kecerahan ketika digunakan di luar ruangan.

Sedangkan vivo Y36 hadir dengan kemampuan kecerahan yang sedikit lebih tinggi yaitu 650 nit. Angka tersebut merupakan standar kecerahan bagi sebuah HP untuk bisa tetap terlihat meski digunakan di luar ruangan. jadi, keduanya masih sama-sama bisa digunakan di luar ruangan karena tetap terlihat.

Sementara itu, spesifikasi lain pada layar dari vivo Y35 dan vivo Y36 tidak jauh berbeda. Mulai dari panel yang digunakan yaitu IPS LCD dengan kemampuannya menampilkan warna yang tajam. Serta resolusi Full HD Plus yang dilengkapi dengan P3 color gamut yang membuatnya tampil lebih imersif.

Refresh rate keduanya juga masih berada di angka yang sama yaitu 90 Hz. Menariknya, terdapat fitur Smart Switch yang bisa digunakan agar refresh rate bisa berubah ke 60 Hz secara otomatis. Hal ini juga akan berguna agar tidak mengonsumsi baterai lebih banyak selama penggunaan.

Kemampuan layar kedua HP ini memang terlihat mirip. Namun, jika dilihat secara tampilan dan ukuran layarnya ternyata keduanya sedikit berbeda. vivo Y35 hadir dengan layar berukuran 6,58 inci. Meski sudah cukup lebar, desain tampilan layarnya ini masih terlihat sempit dan jadul.

vivo Y35 masih menggunakan desain water drop untuk notch tempat kameranya. Desain bezel-nya juga terlihat sedikit lebih tebal terutama bagian dagu. Sedangkan vivo Y36 hadir dengan tampilan lebih modern karena menggunakan desain punch hole. Selain itu, desain bezel yang mengelilinginya juga tidak terlalu tebal termasuk bagian dagunya.

3. Kapasitas Memori Diperluas

vivo y36

Salah satu sektor lain yang membedakan vivo Y35 dan vivo Y36 adalah kapasitas memorinya. Dengan harga yang lebih rendah, vivo Y35 menawarkan kapasitas memori yang sedikit lebih kecil. Meski begitu, RAM yang ditawarkan keduanya masih sama yaitu 8 GB berjenis LPDDR4X dan masih bisa diperluas hingga 8 GB.

Sedangkan memori internal yang ditawarkan oleh vivo Y35 hanya 128 GB saja. Berbeda dengan vivo Y36 yang menawarkan varian RAM hingga 256 GB. Hal itu cukup wajar mengingat harga rilis keduanya agak jauh. Tapi tenang saja, keduanya masih bisa memperluas kapasitas memori internal dengan microSD hingga 1 TB.

Di sisi lain, jika berbicara soal performa, vivo Y36 mungkin sedikit lebih unggul dari pendahulunya yaitu vivo Y35. Padahal keduanya masih menggunakan chipset yang sama dari Qualcomm yaitu Snapdragon 680. Alasannya tidak lain karena dipengaruhi oleh jumlah kapasitas memori yang digunakan.

Snapdragon 680 ini memiliki proses manufaktur 6 nm dan prosesor octa-core sebagai sumber tenaganya. Terdiri dari empat core Kryo 265 Gold berbasis Cortex A73 (2,4 GHz) untuk performa. Serta empat core Kryo 265 Silver berbasis Cortex A53 (1,9 GHz) untuk efisiensi dayanya.

Sedangkan untuk urusan grafisnya, chipset ini menyerahkan urusannya kepada GPU Adreno 610 dengan frekuensi 950 MHz.

Berkat kapasitas yang cukup luas, chipset ini bisa bekerja dengan lancar ketika diajak ber-multitasking. Bahkan, kedua HP ini juga bisa memainkan game populer seperti Mobile Legends dengan lancar dan PUBG Mobile dengan sedikit penyesuaian.

4. Konfigurasi Kamera

vivo y35 Cropped_

Salah satu perbedaan yang cukup menarik antara keduanya hadir dari sektor kamera. Dari perbedaan ini juga terlihat bahwa vivo Y36 sebagai penerus dari vivo Y35 tidak hanya mengalami peningkatan kemampuan. Di sektor kamera ini, justru vivo Y36 sedikit mengalami penurunan atau downgrade.

Bagaimana tidak, vivo Y35 sudah cukup baik membawa tiga buah kamera di bagian belakangnya. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan depth 2 MP (f/2.4) sebagai pelengkap.

Sementara itu, vivo Y36 hanya dibekali dua buah kamera saja di bagian belakang dan tidak membawa kamera makro yang ada di vivo Y35. Kamera tersebut hanya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera depth 2 MP (f/2.4) sebagai pelengkapnya. Hal ini tentu saja cukup disayangkan karena hanya bisa mengandalkan kamera utamanya saja.

Meski memiliki jumlah kamera yang berbeda, kemampuan perekaman video kedua HP ini masih sama yaitu mentok di kualitas 1080p dengan 30 fps saja. Memang tidak ada yang cukup spesial untuk sektor kamera ini. Bahkan, kamera depan keduanya tidak ada bedanya yaitu beresolusi 16 MP dengan kemampuan perekaman video 1080p dengan 30 fps.

Dengan kata lain, kemampuan keduanya dalam menghasilkan gambar tidak akan jauh berbeda. Apalagi sektor ini bisa dibilang bukan sektor yang diunggulkan oleh vivo Y35 ataupun vivo Y36.

5. Fitur NFC

vivo Y36

Perbedaan lainnya antara vivo Y35 dan vivo Y36 yang harus diperhatikan adalah keberadaan fitur NFC. NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu jenis teknologi konektivitas yang mirip dengan Bluetooth, WiFi, dan sebagainya. Fungsi dari konektivitas ini tidak lain adalah untuk menghubungkan dua perangkat dalam jarak tertentu.

Setelah terhubung, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti melakukan transfer file, mengoperasikan perangkat dari jarak jauh, dan sebagainya. NFC juga memiliki fungsi untuk mengecek saldo uang elektronik, melakukan transaksi digital, dan sebagainya dengan lebih praktis.

Fitur NFC sendiri biasanya sudah hadir di HP dengan harga yang murah. Sayangnya, vivo Y35 justru tidak dibekali fitur yang cukup penting ini. Sedangkan vivo Y36 sudah hadir dengan fitur NFC di dalamnya.

Sementara itu untuk jenis konektivitas lainnya tidak jauh berbeda. Mulai dari jenis WiFi dual-band yang mampu melakukan WiFi direct. Hingga jenis Bluetooth 5.0 yang digunakan vivo Y35 dan Bluetooth 5.1 milik vivo Y36.

6. Harga dan Ketersediaan

vivo y35

Baik vivo Y35 ataupun vivo Y36, keduanya sudah secara resmi dirilis dan dipasarkan di Indonesia. vivo Y35 hadir lebih awal pada Agustus 2022, sedangkan vivo Y36 mulai dipasarkan pada Mei 2023. Dengan begitu, Anda sudah bisa membelinya di website resmi atau toko di merchant favorit Anda.

Kedua HP vivo terbaru di lini vivo Y Series ini menawarkan dua varian warna yang menarik. vivo Y35 memiliki warna Dawn Gold dan Agate Black dengan teknologi Crystalline Matte. Sedangkan vivo Y36 memiliki warna Glitter Aqua dan Meteor Black yang mengombinasikan teknologi Dynamic Glass Design dengan Golden Ripple Process dan Fluorite AG Glass.

Untuk harganya, vivo masih menawarkan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa memiliki vivo Y35 dengan mengeluarkan budget sekitar Rp2,8 juta untuk varian RAM 8 GB dan internal 128 GB. Sedangkan vivo Y36 memiliki harga sedikit lebih tinggi yaitu Rp3,3 juta untuk varian RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Simpulan

vivo sepertinya tidak pernah main-main soal desain untuk setiap produknya, termasuk vivo Y35 dan vivo Y36. Keduanya hadir membawa teknologinya unggulannya masing-masing. vivo Y35 hadir dengan teknologi Crystalline Matte, sedangkan vivo Y36 mengombinasikan teknologi Dynamic Glass Design dengan Golden Ripple Process dan Fluorite AG Glass.

Keduanya memiliki kemampuan layar yang cukup imersif dengan layar luas serta resolusi warna tajam. Refresh rate yang digunakan keduanya sama-sama 90 Hz dengan resolusi Full HD Plus. Hanya saja, vivo Y35 memiliki kecerahan layar sedikit lebih kecil dibandingkan vivo Y36.

vivo Y36 juga hadir dengan kapasitas memori yang lebih bisa diandalkan. Kapasitas memori internalnya sudah lebih luas dengan 256 GB, sedangkan vivo Y35 hanya 128 saja. Namun, memorinya masih bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1 TB. Sedangkan chipset yang digunakan masih sama yaitu Snapdragon 680.

Kemudian di sektor kameranya justru vivo Y36 ini mengalami sedikit downgrade. Alih-alih dibekali tiga buah kamera dengan kamera makro seperti vivo Y35. vivo Y36 malah menghilangkan kamera makro dan hanya menggunakan dua kamera saja. Namun, vivo Y36 membayarnya dengan menghadirkan fitur NFC yang sebelumnya tidak ada di vivo Y35.

Kedua HP ini sebenarnya memiliki spesifikasi dan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Apalagi hanya berbeda satu generasi atau seri saja. Jadi, mana HP yang lebih menarik perhatian Anda, apakah vivo Y35 atau vivo Y36? Tulis jawaban Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram