carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 13 Yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Xiaomi resmi meluncurkan HP flagship generasi terbarunya pada Desember 2022 yaitu Xiaomi 13 Series. Di seri ini, Xiaomi meluncurkan dua model flagship-nya, salah satunya adalah Xiaomi 13. HP ini menjadi penerus dari HP di seri sebelumnya yaitu Xiaomi 12 yang rilis pada Desember 2021.

Sebagai penerus, tentu Xiaomi 13 ini dibekali berbagai peningkatan di segala sisi. Salah satu yang paling menarik adalah di bagian kamera dan chipsetnya. Meski resolusi kamera yang dimilikinya tidak jauh berbeda, Xiaomi 13 hadir dengan lensa kamera dari perusahaan ternama asal Jerman yaitu Leica.

Chipset yang digunakan Xiaomi 13 ini tidak main-main. Kedua Model di Xiaomi 13 Series sudah menggunakan chipset teranyar dan terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini tentu memiliki tenaga yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya.

Selain kedua sektor tersebut, sektor mana lagi yang mengalami peningkatan? Apa saja perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 13? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin muncul di kepala Anda. Nah, untuk menjawabnya, Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 13. Sebelum itu, silakan simak spesifikasi keduanya berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi 12
Layar Super AMOLED 6.28 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Xiaomi 13

Xiaomi 13
Layar AMOLED 6.36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 13

Xiaomi 13 tampaknya tidak ingin kalah dari pendahulunya. Meski begitu, keduanya sangat mampu bersaing di kelasnya. Yuk, simak perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 13 di bawah ini.

1. Tampilan Desain

xiaomi 13

Kedua HP ini memiliki tampilan desain yang terlihat mewah dan premium. Namun, kedua HP ini dirancang menggunakan dua material yang berbeda. Selain itu, bentuk modul kamera yang disematkan juga berbeda, sehingga Anda bisa dengan mudah mengenali keduanya.

Xiaomi 12 memiliki bodi bagian belakang yang terbuat dari kaca yang cukup tangguh, sebab sudah dilindungi Gorilla Glass 5. Selain itu, bodi bagian belakangnya juga memiliki tekstur yang khas dan nyaman untuk digenggam.

Tidak hanya itu, Xiaomi 12 juga memiliki desain permukaan yang simetris dengan tanpa adanya sudut. Di kedua sisinya juga didesain melengkung yang membuat HP ini terkesan mewah ala HP flagship.

Sedangkan Xiaomi 13 memiliki bodi bagian belakang yang terbuat dari material nanoteknologi bertekstur kulit. Bodi HP ini menggunakan polimer silikon yang halus dan tahan terhadap goresan. Tidak hanya itu, bodinya juga tahan terhadap noda sidik jari, anti sinar UV, dan tidak akan menguning.

Modul kamera kedua HP ini juga dibuat berbeda, baik bentuk atau susunan kameranya. Xiaomi 12 memiliki modul berbentuk persegi panjang ke atas tanpa sudut dengan kamera utama lebih besar di bagian atas. Sedangkan dua kamera lainnya serta lampu LED Flash disimpan di bawahnya.

Sementara itu, Xiaomi 13 hadir dengan modul kamera persegi tanpa sudut. Ketiga kameranya memiliki ukuran sama dan disusun rapi beserta lampu LED Flash-nya dan tulisan “LEICA”. Meski memiliki bentuk yang berbeda, jika diperhatikan keduanya memiliki garis tipis yang mirip sebagai pemisah antara kameranya.

Tidak hanya tampilannya saja, Anda juga akan merasakan perbedaannya ketika memegang secara langsung. Sebab, kedua HP ini memiliki bobot yang berbeda. Xiaomi 12 memiliki bobot lebih ringan yaitu 179 g atau 180 g, serta dimensinya 152,7 x 69,9 x 8,2 mm. Sedangkan Xiaomi 13 sampai 185 g atau 189 g dengan dimensi 152,8 x 71,5 x 8,1 mm.

2. Kemampuan Layar

xiaomi 12

Pada sektor layar, kedua HP ini memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Keduanya sudah dibekali refresh rate hingga 120 Hz, HDR10+, dan resolusi mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel.

Tidak hanya itu, layar kedua HP ini juga sudah tersertifikasi Dolby Vision. Hal tersebut memungkinkan HP untuk menampilkan kualitas konten yang lebih akurat berkat instruksi per adegan yang dibawakan oleh metadata dinamis.

Di sisi lain, kedua HP ini tetap memiliki perbedaan di bagian layarnya. Xiaomi 12 dibekali layar 6,28 inci menggunakan panel Super AMOLED. Kemampuan layar HP ini dalam menampilkan konten tidak usah dipertanyakan lagi. Bahkan, layarnya mampu menghasilkan lebih dari 68 miliar warna, gambar yang ditampilkan tentu akan sangat memanjakan mata.

Selain itu, HP ini memiliki kecerahan layar puncak di angka 1100 nit dan sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir layar tidak akan mudah tergores.

Tidak ingin kalah, Xiaomi 13 menggunakan panel layar OLED berukuran 6,36 inci. HP ini tidak masalah jika digunakan di luar ruangan dengan matahari yang terik. Sebab, layar HP ini memiliki tingkat kecerahan 1200 nit dengan puncaknya mencapai angka 1900 nit. Meski cukup tinggi, HP ini tetap hemat energi yang tidak membuat baterai cepat habis.

Selain itu, layar HP ini memiliki tampilan yang super dinamis. Perpindahan kecerahan atau pemulihannya lebih realistis. Bahkan, HP ini mampu menyesuaikan secara real-time ketika lingkungan berubah. Dengan begitu, mata Anda akan terlindungi dari kecerahan cahaya yang berlebihan.

Satu hal menarik lainnya yang membedakan layar kedua HP ini adalah dari segi bentuknya. Xiaomi 12 hadir dengan layar berbentuk lengkung ala HP flagship yang mewah. Hal tersebut membuat HP ini lebih nyaman untuk digenggam. Bezel yang mengelilinginya juga terlihat tipis sehingga memberi kesan luas pada  bagian layarnya.

Sedangkan Xiaomi 13 justru memiliki layar yang datar. Meski begitu, HP ini tetap nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. Terlebih lagi bezelnya yang juga tipis di setiap sisi.

3. Snapdragon 8 Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 2

snapdragon 8 gen 2_

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari kedua HP ini adalah dapur pacunya. Sebagai penerus, Xiaomi 13 berusaha memberikan yang terbaik dengan menggunakan chipset teranyar dan terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Sementara Xiaomi 12 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Sejak perilisannya, chipset ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya. Menurut klaimnya, chipset ini 25 persen lebih bertenaga dan 40 persen lebih hemat daya dibandingkan pendahulunya.

Snapdragon 8 Gen 2 milik Xiaomi 13 ini memiliki fabrikasi 4 nm yang ditenagai oleh prosesor Octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari satu inti Cortex X3 (3,2 GHz), dua inti Cortex A715 (2,8 GHz), dua inti Cortex A710 (2,8 GHz), dan tiga inti Cortex A510 (2,0 GHz). Chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis Adreno 740.

Sedangkan Snapdragon 8 Gen 1 dari Xiaomi 12 memiliki fabrikasi 4 nm dengan frekuensi lebih rendah di dalamnya. Chipset ini memiliki prosesor Octa-core yang terdiri dari satu inti Cortex X2 (3,0 GHz), tiga inti Cortex A710 (2,5 GHz), dan empat inti Cortex A510 (1,8 GHz). Chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis Adreno 730.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh Nanoreview terhadap performa kedua HP ini. Xiaomi 13 jelas lebih unggul dibandingkan pendahulunya yaitu Xiaomi 12. Skor Benchmark yang dihasilkan juga terpaut lumayan jauh.

Dalam pengujian yang dilakukan menggunakan AnTuTu Benchmark 9, Xiaomi 13 memiliki skor 26 persen lebih tinggi. Skor yang dihasilkannya mencapai angka 1.219.358 poin, sedangkan Xiaomi 12 mencapai angka 969.056 poin saja.

Selain itu, nanoreview juga melakukan pengujian menggunakan Geekbench 5. Xiaomi 13 memiliki skor 21 persen lebih tinggi di single-core dan 39 persen lebih tinggi di multi-core. Skor yang dihasilkan untuk single-core adalah 1.509 sedangkan multi-core-nya adalah 5.340. Sementara itu, Xiaomi 12 hanya memiliki skor 1.246 dan 3.843 poin saja.

Meskipun Xiaomi 13 lebih unggul karena performa Snapdragon 8 Gen 2 miliknya, Xiaomi 12 juga memiliki performa yang sudah sangat baik. Nyatanya, performa sebuah HP sebenarnya tidak hanya datang dari chipset saja, salah satunya adalah pemilihan varian RAM. Semakin besar dan luas RAM, maka performa yang dihasilkan semakin lancar dan stabil.

Xiaomi 12 menawarkan satu varian RAM yaitu 8 GB dengan internalnya 256 GB berjenis UFS 3.1. Sedangkan Xiaomi 13 menawarkan varian RAM dan internal yang lebih beragam. Varian RAM yang ditawarkan yaitu 8 GB dan 12 GB. Kemudian ada internal dengan pilihan 128 GB berjenis UFS 3.1, serta 256 GB dan 512 GB berjenis UFS 4.0.

4. Spesifikasi Kamera

xiaomi 13

Beralih ke sektor kameranya, kedua HP ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, Xiaomi 13 ini menggunakan lensa kamera yang lebih mumpuni hasil kerja sama dengan perusahaan kamera ternama asal Jerman yaitu Leica. Berkat hal itu, gambar yang dihasilkan juga akan menjadi lebih baik dan berkualitas.

Untuk resolusinya sendiri, Xiaomi 13 ini dibekali tiga lensa di bagian belakang. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan dukungan PDAF dan OIS. Kemudian dilengkapi oleh kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 120 derajat. Kamera telefotonya mampu melakukan 3,2x optical zoom dengan 10 MP (f/2.0).

Di sisi lain, Xiaomi 12 juga dibekali tiga buah kamera di bagian belakang dengan kamera utama sama 50 MP (f/1.9) dengan PDAF dan OIS. Kemudian dilengkapi kamera ultrawide yang lebih tinggi yaitu 13 MP (f/2.4) dengan sudut pandang mencapai 123 derajat. Terakhir ada kamera telefoto makro 5 MP dengan dukungan fitur autofocus.

Untuk hasil videografinya, kedua HP ini tidak memiliki perbedaan cukup banyak. Keduanya sudah mampu mencapai resolusi tinggi yaitu 8K dengan 24 fps. Hanya saja, fitur pendukung di kualitas 4K dari Xiaomi 13 lebih beragam, meliputi HDR10+, 10-bit Dolby Vision HDR, dan 10-bit LOG. Sedangkan Xiaomi 12 hanya didukung oleh HDR10+ saja.

Sementara untuk kamera depannya tidak ada yang berbeda, keduanya memiliki spesifikasi kamera selfie 32 MP dengan fitur HDR dan panorama. Kemudian sudah mampu menghasilkan rekaman video di kualitas 1080p dengan 60 fps.

5. Fitur Tambahan

xiaomi 13

Selain sektor utama yang telah disebutkan, terdapat beberapa sektor lain dengan fitur yang berbeda di antara keduanya. Mulai dari sertifikasi IP68 yang hanya dimiliki oleh Xiaomi 13. Dengan begitu, berbeda dari Xiaomi 12, Xiaomi 13 memiliki ketahanan terhadap debu dan air. Bahkan, HP ini bisa berada di kedalaman air hingga 1,5 m selama 30 menit.

Meski Xiaomi 12 tidak memiliki sertifikasi anti air, HP ini bisa dibilang lebih unggul dalam hal speaker. Kedua HP memang telah dibekali speaker stereo dengan Dolby Atmos yang membuat suara jernih dan berkualitas. Namun, speaker yang dimiliki Xiaomi 12 mampu menghasilkan suara yang lebih empuk karena disetel oleh speaker dari Harman Kardon.

Kemudian di sektor konektivitasnya, kedua HP ini memiliki sedikit perbedaan untuk jenis yang digunakannya. Xiaomi 12 sudah menggunakan WiFi 6 atau 6e, serta Bluetooth 5.2. Sedangkan Xiaomi 13 hanya menggunakan WiFi 6e dengan Bluetooth lebih baru yaitu 5.3.

6. Harga dan Ketersediaan

xiaomi 13

Xiaomi 12 sudah resmi rilis di Indonesia pada Desember 2021. HP ini hadir dengan tiga varian warna yaitu Grey, Purple, dan Blue. Sementara untuk varian RAM-nya hanya memiliki satu varian saja yaitu RAM 8 GB dan internal 256 GB. Varian tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp8,4 juta.

Sementara itu, ketika artikel ini dibuat, Xiaomi 13 baru rilis di pasar China saja. Xiaomi 13 tersebut menawarkan banyak varian warna yaitu White, Black, Flora Green, Mountain Blue, Red, Blue, Yellow, Green, dan Grey.

Sedangkan untuk harganya, HP ini memiliki empat varian harga dengan penyimpanan RAM dan internal yang berbeda. Varian tersebut di antaranya RAM 8 GB/128 GB yang dibanderol dengan harga 3.999 Yuan atau sekitar Rp8,9 Jutaan. Selain itu terdapat RAM 8 GB/256 GB dengan harga 4.299 Yuan atau sekitar Rp9,6 jutaan.

Kemudian terdapat RAM 12 GB/256 GB yang dibanderol dengan harga 4.599 Yuan atau sekitar Rp10,3 juta. Terakhir ada varian tertinggi dan paling mahal yaitu 12 GB/512 GB yang dibanderol dengan harga 4.999 Yuan atau sekitar 11,2 juta.

Simpulan

Kedua HP ini sudah cukup unggul dan mampu bersaing di kelasnya. Hanya saja, sebagai penerus, tentu Xiaomi 13 ini dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya. Salah satu peningkatan yang paling menarik adalah chipset dan kameranya.

Meski begitu, Xiaomi 12 ini tidak benar-benar tertinggal jauh. Pasalnya, Xiaomi 12 masih memiliki beberapa sektor yang lebih unggul, misalnya dari segi desain yang mewah, layar Super AMOLED dengan 68 miliar warna, dan sebagainya.

Setelah mengetahui perbedaan yang dimiliki oleh kedua HP tersebut, mana yang menjadi favorit dan pilihan Anda? Apakah Xiaomi 13 dengan chipset dan kamera yang punya spesifikasi tinggi, atau Xiaomi 12 dengan desain dan tampilan layar yang memukau? Silakan tentukan sambil menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram