Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2019

Ngomongin tentang HP Xiaomi, tentu saja tidak akan ada habisnya. Xiaomi selalu menggebrak pasar dengan rentetan HP- HP terbarunya yang keren. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas mengenai perbedaan tentang HP Xiaomi Mi A2 dengan Xiaomi Mi A2 Lite. Anda penasaran, bukan? Langsung saja kita simak pembahasan mengenai perbedaan HP Xiaomi Mi A2 dengan Xiaomi Mi A2 Lite.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 24 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.000.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 Lite

Xiaomi Mi A2 Lite

  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi Mi A2 Lite

1. Ukuran Layar Berbeda

BODI XIAOMI MI A2

* sumber: www.liputan6.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Xiaomi Mi A2 Lite adalah versi murah dari Xiaomi Mi A2. HP Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite tentu memiliki ukuran layar juga bodi yang berbeda. Xiaomi Mi A2 memiliki ukuran layar sebesar 5.99 inci sedangkan Xiaomi Mi A2 Lite sedikit lebih kecil, yakni 5.84 inci.

Xiaomi Mi A2 Lite memiliki rasio layar 19:9 sedangkan Xiaomi Mi A2 rasio layarnya masih berukuran 18:9. Screen to body ratio dari Xiaomi Mi A2 Lite lebih besar ketimbang Xiaomi Mi A2.

Xiaomi Mi A2 Lite memiliki screen to body ratio sekitar 77.4 % sementara Xiaomi Mi A2 memiliki screen to body ratio sekitar 79.5%. Oh ya, meski memiliki perbedaan, layar keduanya sama-sama menggunakan panel IPS LCD dan resolusinya sudah Full HD, sehingga layarnya sama-sama jernih dan nyaman digunakan untuk streaming video maupun bermain game.

2. Corning Gorilla Glass 3 dan Versi 5

Perbedaan Mi A2 dan Mi A2 Lite

* sumber: www.liputan6.com

Berdasarkan informasi dari SobatHape, Xiaomi Mi A2 Lite menggunakan pelindung layar dari corning, Gorilla Glass 3. Sementara Xiaomi Mi A2 sudah menggunakan Gorilla Glass 5 untuk melindungi layarnya agar tidak mudah tergores.

Dilansir dari Jalantikus, Gorilla Glass 5 memiliki kekuatan 4x lebih baik ketimbang seri-seri Gorilla Glass lainnya dan mampu bertahan jika terjatuh dari ketinggian 1.6 meter. Gorilla Glass 3 juga tidak kalah hebat dari Gorilla Glass 5. Jalantikus menuturkan, pelindung layar seri ini memiliki ketahanan terhadap goresan yang sangat dalam.

3. Snapdragon 625 dan Snapdragon 660

snapdragon

Lalu bagaimana dengan performa dari kedua HP ini? Seperti yang diketahui, Xiaomi Mi A2 menggunakan chipset Snapdragon 660 yang memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2 Lite yang menggunakan chipset Snapdragon 625.

Xiaomi Mi A2 yang menggunakan chipset Snapdragon 660 bisa dikatakan lebih cocok digunakan untuk bermain game dibandingkan Xiaomi Mi A2 Lite. Berdasarkan penuturan dari SobatHape, Xiaomi Mi A2 yang menggunakan Snapdragon 660 ini memiliki score antutu yang lebih tinggi dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2 Lite. Score yang diperoleh oleh Xiaomi Mi A2 adalah 129850, sedangkan untuk Xiaomi Mi A2 Lite adalah 78740.

Meski memiliki score yang lebih kecil, Xiaomi Mi A2 Lite tetap nyaman dipakai untuk memainkan game, PUBG misalnya. Walau Anda harus rela menurunkan pengaturan grafisnya. Begitupun dengan Xiaomi Mi A2, meski tidak menggunakan setting-an yang UltraHD, tidak juga menggunakan setting-an yang rendah.

4. Sektor Kamera yang Berbeda

Kamera

* sumber: www.liputan6.com

Selain ukuran layar hingga chipset yang berbeda, Xiaomi Mi A2 Lite dan Xiaomi Mi A2 juga memiliki perbedaan di sektor kameranya. Xiaomi Mi A2 mengusung dua lensa kamera utama. Masing-masing lensa berukuran 12 + 20 MP khusus untuk efek bokeh. Sedangkan untuk kamera depannya, Xiaomi Mi A2 memiliki lensa berukuran 20 MP. Menurut SobatHape, hasil tangkapan kedua lensa kamera memiliki efek bokeh dan keakuratan warna yang cukup bagus.

Xiaomi Mi A2 Lite sendiri mengusung dua lensa kamera utama. Masing-masing lensa berukuran 12 + 5 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, Xiaomi Mi A2 Lite memiliki lensa berukuran 5 MP. Hasil kameranya juga masih bisa dibilang bagus meski nggak bagus-bagus amat.

Kedua HP ini bisa dibilang memiliki fitur yang sama dalam hal shooting modes, hanya saja perbedaannya terdapat pada Burst Mode yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A2

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai Berbeda

baterai xiaomi

* sumber: www.google.com

Dalam hal kapasitas dan daya tahan baterai, kedua HP ini memiliki perbedaan yang lumayan signifikan. Xiaomi Mi A2 Lite memiliki keunggulan dalam hal kapasitas dan daya tahan baterai, yaitu berkapasitas 4000 mAh. Sedangkan untuk Xiaomi Mi A2 memiliki kapasitas 3010 mAh saja.

Untuk daya tahan baterai, seperti yang dilansir dari Kompas, Xiaomi Mi A2 dikeluhkan hanya bisa bertahan selama 3-6 jam. Padahal untuk kapasitas 3010 mAh seharusnya bisa bertahan selama 6-8 jam pemakaian normal. Menurut pengamatan dari Kompas, hal ini disebabkan oleh bug pada CPU dan penggunaan fingerprint Scanner. Bug ini menyebabkan 8 core CPU bekerja dengan kecepatan maksimum walaupun dalam keadaan diam.

Xiaomi Mi A2 Lite tentu saja memiliki keunggulan dalam hal daya tahan baterainya, karena kapasitasnya juga besar. Menurut kompas, HP ini bisa beroperasi selama 10 jam lamanya, lho.

6. Terdapat Notch

Selain perbedaan di atas, kedua HP ini juga memiliki perbedaan lain pada segi tampilannya. Xiaomi Mi A2 Lite tampil lebih modern dan kekinian dengan notch atau poni yang hampir mirip dengan poni iPhone X yang terkenal khas. Sementara Xiaomi Mi A2 tidak memiliki notch atau poni yang kekinian.

7. USB Tipe-C dan Micro USB

mi a2

* sumber: www.liputan6.com

Untuk Xiaomi Mi A2, port USB yang digunakan adalah USB Tipe-C yang bisa dibilang kekinian. Sementara untuk Xiaomi Mi A2 Lite masih menggunakan Micro USB. Port USB Tipe-C ini memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan dengan Micro USB. Untuk pengisian daya pun tentu saja Xiaomi Mi A2 lebih cepat dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2 Lite.

8. Jack Audio 3.5 mm

atas

* sumber: www.liputan6.com

Karena Xiaomi Mi A2 sudah menggunakan Port USB Tipe-C, maka HP ini tidak memiliki Jack Audio 3.5 mm. Hal ini sedikit merepotkan karena Anda harus menggunakan connector jika ingin mendengarkan musik menggunakan earphone. Sementara Xiaomi Mi A2 Lite masih mempunyai Jack Audio 3.5 mm, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menggunakan connector jika menggunakan earphone.

9. Slot MicroSD

* sumber: www.gadgetmatch.com

Xiaomi Mi A2 tidak mempunyai slot MicroSD, tetapi hal ini tidak mengurangi kesan “kurang” akan HP ini, karena seperti yang diketahui Xiaomi Mi A2 memiliki varian storage yang lumayan besar, mulai dari 32 GB hingga 128 GB. Jadi, walaupun tidak mempunyai slot MicroSD, Xiaomi Mi A2 tetap memiliki storage yang lega. Untuk Xiaomi Mi A2 Lite, HP ini tetap memiliki slot MicroSD untuk mengatasi kekurangan storage yang lebih kecil dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2.

10. Harga yang Berbeda

KADO

* sumber: www.liputan6.com

Untuk harga, tentu saja Xiaomi Mi A2 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Xiaomi Mi A2 Lite. Untuk Xiaomi Mi A2 dengan varian RAM 4 + ROM 64 memiliki kisaran harga Rp3,7 juta. Untuk varian RAM 6 + ROM 128 memiliki kisaran harga Rp4 juta.

Sedangkan Xiaomi Mi A2, untuk varian RAM 3 + ROM 32 memiliki kisaran harga Rp2,5 juta. Dan untuk varian RAM 4 + ROM 64 memiliki kisaran harga Rp2,9 juta.

Simpulan

Untuk Anda yang memerlukan HP yang dipakai untuk bermain sosial media dan hanya digunakan untuk kepentingan selain bermain game, mungkin Xiaomi Mi A2 Lite lebih cocok karena spesifikasi yang memadai dan daya tahan baterai yang tinggi.

Namun, untuk Anda yang menginginkan HP Gaming mungkin Xiaomi Mi A2 lebih cocok karena spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Xiaomi Mi A2 Lite. Jadi, semuanya kembali ke penggunaan dan tentu saja isi dompet Anda. Mana yang lebih Anda butuhkan?