carisinyal web banner retina

Apa Saja 6 Perbedaan ZTE Blade A52 dan Blade A54?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Kedatangan ZTE Blade A52 menandai kembalinya ZTE ke Indonesia. HP kelas entri ini beredar di Indonesia mulai September 2022. Blade A52 mestinya diteruskan oleh Blade A53 jika dilihat secara nomenklatur.

Namun, smartphone dengan nama Blade A53 tak pernah muncul di Indonesia. Yang ada hanyalah Blade A53 Pro. Ponsel yang saya rasa pantas disebut penerus ZTE Blade A52 adalah ZTE Blade A54. HP yang saya sebut terakhir itu resmi beredar di Indonesia pada Maret 2024.

Peningkatan yang diberikan ZTE pada ZTE Blade A54 cukup signifikan. Sebagai contoh, posisi sensor sidik jari kini sudah dipindah ke area samping bodi, dari yang sebelumnya di sisi belakang pada Blade A52.

Masih ada banyak peningkatan yang membuatnya berbeda dari Blade A52. Penasaran? Yuk, simak perbedaan ZTE Blade A52 dan Blade A54 yang sudah saya siapkan di artikel ini.

Spesifikasi ZTE Blade A52

zte blade a52_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi ZTE Blade A54

ZTE Blade A54
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan ZTE Blade A52 dan Blade A54

ZTE Blade A52 dan Blade A54 adalah sesama HP kelas entri. Namun, dua HP beda generasi ini punya sejumlah perbedaan. Temui perbedaannya di bawah ini dan Anda akan bisa menilai mana yang lebih worth it.

1. Desain ZTE Blade A54 Lebih Segar dan Lebih Ringan

zte blade a54 featured image_
Desain ZTE Blade A54

Desain ZTE Blade A54 tampak lebih segar. Alasannya karena pilihan warna yang diberikan pun menarik. Ada biru, abu-abu, dan ungu (lilac). Frame dan back cover yang rata, serta modul kamera belakang besar, membuat penampilan HP ini terlihat mewah.

Berkat modul kamera yang besar itu, susunan kamera Blade A54 juga tampak rapi. Kontras dengan Blade A54, desain Blade A52 cukup mainstream. Ia mengusung frame dan tepi back cover yang melengkung.

Modul kameranya tak sebesar Blade A54. Bentuknya elips memanjang dan berdiri secara vertikal. Adanya bulatan area sensor pemindai sidik jari membuat desain Blade A54 sahih disebut ketinggalan.

zte blade a52
Desain ZTE Blade A52

Penampilan yang segar dari Blade A54 ditunjang dengan bentuk yang ramping. Benar, HP ini lebih ringan dan lebih tipis dibanding Blade A52.

Bobot Blade A54 hanya 185 gram, sedangkan Blade A52 mencapai 214 gram. Ketebalan ponsel yang lebih baru itu 8,5 mm, melawan Blade A52 yang 9,4 mm.

2. Layar Sama-Sama IPS, tetapi Diagonalnya Beda

zte blade a54

ZTE Blade A52 dan Blade A54 adalah sesama ponsel dengan layar IPS LCD. Panel tersebut sudah lazim dipakai HP kelas entri agar harga jualnya bisa terjangkau. Resolusi yang diusung pun tak berubah, yakni HD+.

Namun, saya bisa pastikan bahwa layar Blade A54 lebih asyik. Pasalnya, diagonalnya pas di 6,6 inci alias lebih lebar 0,08 inci dari layar Blade A52 (6,52). Makin lebar layar, makin enak buat nonton video.

Refresh rate layar Blade A54 juga lebih tinggi di angka 90 Hz. Alhasil, scrolling secara cepat jadi lebih mulus. Hal ini membuat pengalaman Anda, misalnya saat berselancar media sosial, jadi tambah asyik. Refresh rate layar Blade A52 belum setinggi itu karena mentok di 60 Hz saja.

3. Memori Internal: 64 GB Vs 128 GB

zte blade a54

ZTE Blade A52 yang dijual di Indonesia hadir dengan satu varian memori yakni RAM 4 GB plus memori internal 64 GB. Sementara itu, Blade A54 punya dua opsi memori: 4/64 GB dan 4/128 GB.

Blade A54 jelas lebih menarik karena punya varian dengan memori internal 128 GB. Pengguna jadi bisa lega dalam menyimpan file (seperti foto dan video) serta memasang beragam aplikasi.

Menariknya lagi, Blade A54 memiliki slot microSD khusus yang terpisah dari slot dua kartu SIM. Anda pun bisa meningkatkan ruang simpannya hingga 512 GB via microSD.

Blade A52 juga punya slot microSD. Hanya saja, sifat slot tersebut adalah hibrida. Anda mesti memilih, mau pakai kartu microSD dengan satu kartu SIM, atau dua kartu SIM tanpa microSD. Alhasil harus ada yang dikorbankan antara kartu SIM kedua dan microSD.

4. Konfigurasi Kamera: Dual Vs Triple

zte blade a54 kamera_

ZTE Blade A52 punya kamera belakang yang lebih lengkap ketimbang Blade A54. Soalnya, jumlah kamera belakang Blade A52 adalah tiga, meliputi kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP.

Blade A54 cuma punya dua, yakni kamera utama 13 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Dalam hal ini, Blade A52 lebih unggul karena ada kamera sekunder yang masih bisa dipakai buat mengambil foto. Setidaknya bukan sekadar dekorasi.

Selebihnya, kedua HP memiliki kamera depan yang sama yakni beresolusi 5 MP.

5. Slot SIM, Port USB, dan Posisi Sensor Sidik Jari

zte blade a54

Seperti yang sudah saya singgung pada poin sebelumnya, Blade A52 menggunakan slot dual-SIM hybrid. Beda dari Blade A54 yang memakai triple slot. Blade A52 juga masih menggunakan sensor pemindai sidik jari di bodi bagian belakang.

Blade A54 lebih kekinian karena sensor pemindai sidik jarinya ada di tombol power. Ibu jari jadi lebih mudah meraihnya. Di luar dua hal itu, ternyata jenis port USB kedua ponsel berbeda.

Blade A52 - yang sebenarnya rilis di era modern - tak dinyana masih memakai port microUSB. Port yang ketinggalan ini harus dicolok secara benar. Kalah posisi tercoloknya kabel terbalik, port bisa rusak.

Hal yang demikian tentu tidak terjadi pada Blade A54 yang memakai port USB C. Anda bisa mencolokkan kabel secara bolak-balik karena sifatnya reversibel. Mencolokkan kabel cas ke HP ini pun mudah, bahkan jika Anda lakukan sambil merem.

6. Versi Android Saat Rilis

Android 13

ZTE Blade A52 rilis pada 2022 dengan Android 11. Software-nya sudah ketinggalan lantaran ZTE tak memberikan peningkatan. Hal yang sama tampaknya juga terjadi pada Blade A54.

HP ini rilis pada 2024 di Indonesia dengan Android 13. Calon pembeli Blade A54 harus siap menggunakan Android 13 selamanya. ZTE memang tak pernah memberi keterangan soal ada atau tidaknya pembaruan software, khususnya untuk HP kelas entri

HP kelas entri memang wajar jika tidak memperoleh upgrade versi Android. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kelak ZTE memberikan pembaruan sistem keamanan.

Sistem keamanan memang beda dari versi Android. Ukurannya lebih ringkas dan tidak sekompleks sistem operasi. Fungsinya bukan untuk menambah fitur, melainkan untuk menambal celah keamanan. Beberapa produsen HP kelas entri tetap memberi pembaruan sistem keamanan kendati nihil untuk upgrade versi Android.

Simpulan

ZTE Blade A54 mengalami banyak perubahan dibanding Blade A54. Perubahan yang ia terima merupakan perubahan positif. Mulai dari desain yang lebih segar, refresh rate yang sudah 90 Hz, memori internal lebih besar, dan telah mengusung port USB C.

Adanya triple slot yang dapat menampung dua kartu SIM dan microSD juga merupakan sebuah upgrade. Memasang dua kartu SIM dan microSD secara sekaligus tidak mungkin dilakukan pada ZTE Blade A52 yang punya slot dual-SIM hybrid.

Lebih lanjut, Blade A54 makin mutakhir dengan sensor pemindai sidik jari di bodi samping, tepatnya menyatu dengan tombol power. Posisi ini adalah posisi yang ideal dan masuk akal buat HP kelas entri.

Anda tak harus mengangkat ponsel - seperti di Blade A52 - untuk sekadar mengakses sensor pemindai sidik jari. Di sisi lain, Blade A54 dan Blade A52 tidak memiliki perbedaan berarti dalam hal performa.

Musababnya adalah kedua ponsel sama-sama menggunakan SoC UNISOC SC9863A. Performa tampaknya bukan jadi fokus upgrade buat Blade A54.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram