carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Smartphone / 6 Perbedaan ZTE nubia Red Magic 6, Red Magic 6 Pro, & Red Magic 6R

6 Perbedaan ZTE nubia Red Magic 6, Red Magic 6 Pro, & Red Magic 6R

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 12 Juni 2021

Nubia Technology, perusahaan rekanan ZTE, konsisten meluncurkan smartphone gaming seri Red Magic setiap tahun sejak 2018. Namun, hal menarik terjadi pada 2021 ketika mereka mengeluarkan tiga ponsel gaming sekaligus. Deretan ponsel gaming itu adalah ZTE nubia Red Magic 6, Red Magic 6 Pro, dan Red Magic 6R.

Dua ponsel pertama dirilis pada Maret 2021, sedangkan Red Magic 6R dilepas ke pasaran pada Juni 2021. Kedatangan tiga HP Red Magic ini pun membuat pilihan HP gaming baru semakin banyak. Lebih-lebih beberapa pesaing ZTE nubia di kawasan Tiongkok-Taiwan juga meluncurkan produk serupa.

Ngomong-ngomong, ada baiknya jika kita mengetahui apa perbedaan dari tiga HP Gaming Red Magic yang baru ini. Melalui artikel, ini Carisinyal mengajak Anda untuk membedah perbedaan ketiganya. Karena itu, mari kita awali dengan menyimak spesifikasi singkat dari ketiga HP sebagai berikut.

Spesifikasi ZTE nubia Red Magic 6

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,8 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5050 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi ZTE nubia Red Magic 6 Pro

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,8 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5050 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi ZTE nubia Red Magic 6R

  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,67 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Snapdrargon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 6 GB, 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan ZTE nubia Red Magic 6, Red Magic 6 Pro, dan Red Magic 6R

Meluncurkan tiga ponsel Red Magic sekaligus bukan kali pertama yang dilakukan oleh nubia. Pada 2020, mereka juga melakukan hal sama. Namun, tak seperti edisi 2020, seluruh Red Magic 2021 berstatus flagship. Lantas, apa yang membedakan satu sama lain? Berikut penjelasannya.

1. Desain dan Dimensi

sumber: global.redmagic.gg

Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro adalah ponsel yang sama persis dilihat dari tampangnya. Faktanya, kedua ponsel memang memakai bahasa desain serupa. Di sisi buritan Anda akan melihat penutup belakang dengan ornamen ala trapesium yang di tengah-tengahnya terdapat garis hitam lurus memanjang.

Ujung atas garis hitam itu ditempati tiga lensa tanpa tonjolan dan lampu flash berbentuk segitiga terbalik. Sedangkan ujung bawah garis hitam itu terdapat logo Red Magic. Masih soal garis hitam, tepat di tengah-tengahnya terdapat tulisan "REDMAGIC". Nah, di atas dan di bawah tulisan itu ada lampu RGB yang nyalanya bisa disetel sesuai selera.

Lanjut ke sisi samping, bagian atas frame kedua ponsel diisi oleh jack audio 3,5 mm. Di bagian kanan terdapat dua tombol trigger sensitif tekanan, tombol power, dan lubang udara. Kemudian, di bagian bawah terdapat port USB C, grill speaker dan SIM tray. Di bagian kiri ada tombol game space, lubang udara, dan tombol volume.

Beranjak ke sisi depan, ada layar yang tidak menganut model poni atau lubang. Sebab, layar ponsel ini memang dirancang memiliki bezel di sisi atas dan bawah. Alhasil, kamera depan menempati bezel atas. Sedikit di atas kamera depan ada earpiece merangkap speaker sekunder. Model layar yang seperti ini memang lebih nyaman buat gamers.

sumber: global.redmagic.gg

Sebab, pandangan mereka tidak terdistraksi oleh lubang kamera atau apa pun. Lalu, adanya bezel juga mampu meminimalkan insiden salah sentuh ketika tangan gamers tak sengaja menyenggol layar. Adapun nubia menamai desain yang dipakai Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro ini dengan sebutan "Cyberpunk Look".

Di sisi lain, Red Magic 6R punya desain yang kalem, kontras dengan dua saudaranya yang sangat gaming. Garis-garis ornamen tegas ala gaming memang masih ada di penutup belakangnya. Namun, garis-garis itu cuma ada di sisi tepi. Nama merek dan logo Red Magic pun tetap ada.

Hal yang jelas terlihat berbeda di sisi belakang ponsel ini tentu modul kameranya yang kini dibentuk khusus. Modulnya berbentuk persegi panjang vertikal yang berwarna selaras dengan penutup belakang. Di belakang modul itu ada kolom besar sebagai layer pertama setelah kover ponsel.

sumber: nubia.com

Pindah ke sisi samping, frame bagian kanan Red Magic 6R diisi oleh dua tombol trigger, tombol volume, dan tombol power. Di bagian bawah ada port USB C, grill speaker, dan SIM tray, Bagian kiri dan atas frame polos tidak ada apa-apa.

Balik ke sisi depan, layar Red Magic 6R juga mengusung gaya berbeda dengan dua saudaranya. Sebab, ia nyaris tak punya bezel. Alhasil, kamera depannya pun mesti dipasang secara terbuka dan menciptakan lubang di bagian tengah-atas ponsel. Beberapa milimeter dari kamera depan terdapat earpiece yang merangkap speaker sekunder.


Perbedaan desain ini sepertinya disiapkan nubia untuk menjangkau segmen yang berbeda. Atlet e-sport bisa jadi diarahkan ke Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro. Sedangkan profesional yang hanya bermain gim sebagai pengisi luang bisa memilih Red Magic 6R dengan desain elegan kekinian.

Bicara soal dimensi, Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro lebih bongsor ketimbang Red magic 6R. Kedua HP itu terukur 169,9 x 77,2 x 9,7 mm, berbanding 163,04 x 75,34 x 7,8 mm milik Red Magic 6R. Tak cuma lebih bongsor, bobot Red Magic 6 dan 6 Pro juga lebih berat: 220 g berbanding 186 g.

Hal ini bisa jadi dipengaruhi karena kedua ponsel punya satu kipas internal untuk pembuangan panas, Red Magic 6R tidak punya. Selain itu, material kover belakang Red Magic 6R menurut GSM Arena adalah plastik, dua saudaranya memakai kaca.

2. Tampilan

sumber: global.redmagic.gg

Ketiga ponsel sepakat memperkuat sektor tampilan mereka dengan panel AMOLED yang bisa memancarkan 1,07 miliar ragam warna. Pilihan yang keren buat HP flagship. Namun, tetap saja ada hal yang berbeda di antara ketiganya. Perbedaan itu terletak pada ukuran layar, kerapatan piksel, laju penyegaran, dan tingkat kecerahan.


Layar Red Magic 6 dan 6 Pro sama persis. Ukurannya 6,8 inci, memiliki kerapatan piksel 387 ppi, mendukung laju penyegaran 165 Hz, dan punya kecerahan khas 630 Hz. Spesifikasi tersebut lain dengan layar milik Red Magic 6R. Sebab, ukurannya sedikit lebih kecil dengan 6,67 inci.

Kemudian, kerapatan pikselnya membesar jadi 395 ppi karena resolusi Full HD+ dibagi ke bentang layar yang lebih sempit. Untuk laju penyegaran, angkanya turun ke 144 Hz. Penurunan ini tidak jelek, sebab 144 Hz adalah standar yang masih termasuk tinggi buat HP kelas atas. Adapun kecerahan khas Red Magic 6R naik ke level 770 nit.

3. Kamera

sumber: global.redmagic.gg

Jika dilihat dari segi jumlah, kamera belakang Red Magic 6R adalah juaranya. Sebab, kamera belakangnya dihuni oleh empat lensa: lensa utama 64 MP, lensa ultrawide 8 MP, lensa makro 5 MP, dan lensa sensor kedalaman 2 MP. Selain itu, ada lampu flash ganda.

Red Magic 6 dan 6 Pro cuma punya tiga lensa di sektor kamera belakang. Lensa utama dan ultrawide punya resolusi yang sama, tetapi lensa makronya menciut jadi 2 MP. Kemudian, mereka tak punya sensor kedalaman dan lampu flash-nya cuma satu.

Meski jumlah lensa kamera belakangnya lebih sedikit, mereka nyatanya bisa merekam video dengan resolusi maksimal 8K 30 fps. Red Magic 6R cuma setengahnya, yaitu 4K 30/60 fps.

Balik ke sisi depan, Red Magic 6R kembali lebih superior dengan kamera swafoto 16 MP yang bisa merekam video hingga resolusi 1080p 30 fps. Sementara itu, Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro cuma dibekali kamera selfie 8 MP dengan kemampuan merekam video sampai resolusi 1080p 30 fps.

4. Konfigurasi Memori

sumber: global.redmagic.gg

Kali ini Anda akan tahu perbedaan antara Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro. Ya, kedua HP akhirnya memperlihatkan ketidaksamaannya pada sektor memori. Keduanya memang punya empat varian memori. Namun, varian terendah Red Magic 6 ada di 8/128 GB, sedangkan Red Magic 6 Pro varian terendahnya 12/128 GB (lebih tinggi).

Begitu pula di varian teratasnya. Red Magic 6 dibekali 12/256 GB, sementara Red Magic 6 Pro hadir dengan kapasitas RAM lebih besar, 18 GB, yang dipadu memori internal 512 GB. Opsi empat varian memori juga tersedia buat Red Magic 6R.

Namun, varian terendah HP ini ternyata lebih ekonomis ketimbang Red Magic 6, yakni 6/128 GB. Adapun varian paling atasnya diberikan konfigurasi memori 12/256 GB.

5. Baterai dan Konektivitas

sumber: global.redmagic.gg

Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro membawa baterai litium polimer dengan kapasitas yang lebih dari cukup buat standar zaman sekarang, 5050 mAh. Kapasitas tersebut adalah varian yang dijual secara internasional. Baterai keduanya lebih besar dari milik Red Magic 6R yang 'hanya' 4200 mAh.

Dalam poin ini, Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro menang. Mereka juga makin sip karena dibekali teknologi pengisian cepat 66 W yang diklaim bisa mengisi baterai 38 menit saja dari kosong sampai penuh. Sementara itu, Red Magic 6 cuma dibekali teknologi pengisian cepat 30 W (model internasional).

Masalah baterai selesai, berlanjut ke soal konektivitas. Ketiga HP jelas sudah bisa mendukung jaringan 5G karena sama-sama memakai chipset paling sangar di dunia, Snapdragon 888 5G. Namun, bukan berarti ketiganya tak punya perbedaan dari segi konektivitas. Perbedaan pertama terletak di generasi Bluetooth.

Red Magic 6R sudah memakai Bluetooth 5.2, sedangkan dua saudaranya masih memakai 5.1. Perbedaan kedua ada di soal dukungan sistem navigasi. Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro punya dukungan navigasi yang lebih banyak, termasuk GALILEO yang tidak dipunyai Red Magic 6R.

Untuk diketahui, GALILEO adalah sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Uni Eropa dan European Space Agency. Perbedaan terakhir ada pada dukungan NFC. Red Magic 6 dan 6 Pro dijual dengan teknologi NFC, baik versi Tiongkok maupun versi global. Sedangkan Red magic 6R tidak, penyertaan NFC tergantung regional pemasaran.

6. Kisaran Harga

sumber: global.redmagic.gg

Situs resmi Red Magic mematok harga 599 dolar AS untuk Red Magic 6 dengan varian memori 12/128 GB. Nominal itu setara dengan Rp8,54 juta. Harga Red Magic 6 Pro varian 16/256 GB sedikit lebih mahal, yakni 699 dolar AS atau sekitar Rp9,96 juta.

Lalu, bagaimana dengan Red Magic 6R. Situs Gadgets 360 menyebut bahwa varian termurah HP ini, 6/128 GB, dijual dengan harga 2999 yuan. Jika dirupiahkan harganya mencapai 6,68 juta. Sedangkan varian tertingginya, 12/256 GB dihargai 3899 yuan, setara Rp8,68 juta.

Simpulan

Ketiga HP menyandang status sebagai HP gaming lantaran dilahirkan dari merek Red Magic. Kendati demikian, tampaknya hanya Red Magic 6 dan Red Magic 6 Pro yang secara khusus ditujukan buat gamers di level kompetitif. Alasannya ada pada desain, konfigurasi memori, baterai, dan adanya kipas pendingin internal.

Di sisi lain, nubia juga ingin agar penyuka estetika ikut merasakan seperti apa pengalaman HP yang mampu memberikan performa sip saat main game. Maka dari itu, lahirlah Red Magic 6R yang punya desain elegan dan tombol trigger. Pada akhirnya ketiga HP memang memiliki segmennya masing-masing.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram