carisinyal web banner retina

Kumpulan Permainan Anak Bayi Untuk PC dan Android

Memilih permainan anak bayi yang bersifat edukasi memang cukup penting. Keberadaan teknologi yang semakin canggih bisa membantu kita dalam mencerdaskan otak bayi maupun anak balita. Kita harus pintar memanfaatkan teknologi, termasuk manfaat internet yang semakin mudah diakses. Ambil hal positif untuk membantu perkembangan kecerdasan anak dengan memilih game edukasi.

Android kini menjadi trend dalam teknologi ponsel, sedangkan PC dan laptop sudah tidak menjadi barang asing lagi. Anak-anak mulai usia balita kadang sudah ada yang mengenal dan menyentuh laptop maupun Android. Padahal, kedua jenis barang tersebut bisa saja mempunyai sisi positif dan negatif, tergantung dari kita bagaimana dalam memanfaatkannya.

Jika anak bayi maupun balita sudah mulai mengenal android dan PC, maka sebaiknya manfaatkan kedua jenis teknologi tersebut untuk membantu pembentukan karakter dan media pembelajaran bayi kita. Pilihlah beberapa game edukasi yang bisa diinstal pada PC maupun Android, kemudian perkenalkan game tersebut pada bayi maupun anak balita.

Anak kecil tidak butuh waktu lama untuk memahami fungsi dan cara kerja permainan game edukasi. Ini dikarenakan game tersebut dirancang untuk mudah dipahami dan dioperasikan oleh anak seusianya. Sehingga daya respon otak kanan, otak kiri dan saraf motorik menjadi lebih aktif. Tentu hal ini bisa sangat membantu dalam pertumbuhan anak kita.

Akan tetapi, sebaiknya perkenalkan jenis permainan ini pada bayi mulai dari usia 1 tahun sampai 5 tahun. Karena pada usia tersebut, bayi mulai belajar dan menghafal apa yang biasa dia saksikan dari orang sekitarnya. Termasuk Anda sebagai orang tua, secara tidak langsung Anda bisa menjadi guru sejak dini. Maka Anda bisa mengenalkan pendidikan sejak dini dengan memberi game edukasi.

Nah oleh karena itu, berikut Carisinyal akan menyajikan jenis contoh permainan atau game edukasi untuk membantu perkembangan anak Anda, baik itu perempuan ataupun laki-laki:

Kumpulan Permainan Anak Bayi Untuk PC dan Android

1. Belajar Berhitung

permainan anak bayi

Game belajar berhitung merupakan aplikasi game edukasi yang dibuat untuk tablet dan smartphone dengan sistem operasi Android. Game belajar menghitung didesain dengan menarik sehingga anak akan mudah mengenali dan menghafalnya. Permainan ini membutuhkan panduan orang tua untuk agar anak-anak mudah mempelajarinya.

Ukuran game ini cukup ringan untuk dijalankan pada perangkat Android seri apapun karena hanya memiliki ukuran sebesar 2 MB saja. Game ini bisa didownload secara gratis di Google Play Store melalui link ini.

2. Berhitung Keren DK

permainan anak bayi berhitung

Format game ini sama seperti game di atas, namun hanya dikhususkan untuk perangkat PC saja. Game ini juga bisa diinstal di laptop sebagai media pembelajaran berhitung secara mandiri. Usia anak 1 tahun ke atas biasanya mulai penasaran terhadap sesuatu yang asing seperti laptop. Untuk itu, manfaatkan hal itu untuk mendidik anak dengan game edukasi PC.

Belajar berhitung menggunakan game PC menjadi lebih menyenangkan. Jika anak-anak lain lebih sering bermain game yang belum sesuai dengan umurnya, maka biasakanlah anak Anda untuk memainkan permainan edukasi menggunakan PC. Dengan begitu perkembangan anak bisa terkontrol dan terarah. Silahkan download gamenya di sini.

3. Ginko Paint

permainan anak bayi mewarnai

Selain berhitung, perkenalkan juga anak bayi Anda dengan game mewarnai gambar bernama Ginko Paint. Game gratis ini bisa dipasang pada perangkat PC dan laptop. Dengan anak ini bayi atau anak balita dapat diperkenalkan dengan memberi warna pada sebuah obyek, misalnya mewarnai gambar obyek berupa burung.

Cara memainkannya juga mudah, cukup klik pilihan warna yang sesuai keinginan pada kotak yang tersedia. Cara bermain game mewarnai gambar ini sangat membantu respon otak kanan dan otak kiri pada bayi. Sehingga, hal ini bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak dari bayi umur 1 tahun. Silahkan download gamenya di sini.

4. Game Edukasi Anak: All in One

permainan anak bayi all in one

Game ini merupakan salah satu produk game all in one yang dikhususkan untuk perangkat Android. Maksud dari game all in one ini adalah satu game yang menyediakan berbagai jenis permainan. Kita cukup sekali install dan berbagai jenis game langsung bisa kita dapatkan. Bahkan, game all in one ini  bisa kita download secara gratis.

Permainan anak bayi untuk Android ini cocok untuk bayi umur 1 tahun sampai 5 tahun. Dalam game edukasi ini diberikan berbagai jenis permainan mendidik yang cukup menarik untuk putra-putri Anda. Beberapa di antaranya adalah  belajar membaca, berhitung, mengenal bentuk dan sebagainya..

Anak Anda akan semakin puas dengan tingkatan level yang terdapat pada game. Level tersebut membuat anak merasa mempunyai prestasi dari permainan yang sudah dijalankan. Hal ini secara tidak langsung membantu anak dalam proses menghafal di masa pertumbuhannya. Silahkan download game all in one ini di sini.

5. Game pasang gambar/puzzle


Untuk mengikatkan daya rangsang dan daya ingat anak maupun bayi, kita bisa mengenalkan permainan edukasi puzzle. Caranya bermainnya cukup mudah, yaitu tinggal menggunakan pecahan-pecahan gambar pada game untuk dirangkai menjadi sebuah gambar yang utuh. Game ini bisa diunduh secara gratis untuk perangkat Android di sini.

6. ABC Kid Genius

permainan anak bayi abc kid

ABC Kid Genius merupakan kumpulan game multifungsi yang bisa diunduh secara gratis. Game yang dapat dimainkan di perangkat PC Windows ini bisa menjadi media belajar matematika, bahasa, mengeja, dan disiplin ilmu lainnya yang bersifat tematik.

Dengan menggunakan permainan ABC Kid Genius ini, tentulah akan memudahkan Anda sebagai orang tua untuk memberikan anak Anda sebuah game edukasi. Game tersebut juga bisa sekaligus memberikan pelajaran yang cukup menyenangkan kepada anak. Silahkan download gamenya di sini.

Dari beberapa contoh game di atas, kita mengetahui betapa penting pembentukan karakter anak sejak dini. Sehingga hal positif dari pertumbuhan anak bisa dimanfaatkan secara maksimal dan dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, pertumbuhan anak lebih sempurna pada tubuh dan rangsang otak anak. Hal ini juga bisa Anda terapkan mulai dari usia bayi 1 tahun keatas.

Banyak anak-anak usia 1 tahun sudah mulai mengenal laptop walaupun belum tentu mengetahui fungsi utamanya. Kita bisa mengenalkan laptop maupun Android sejak dini dengan menitikberatkan pada aspek manfaatnya secara positif. Dengan begitu, justru anak kita akan mendapat ilmu yang salah dari adanya teknologi tersebut.

Terakhir untuk para orang tua adalah harus selalu memperhatikan aktifitas anak ketika sedang bermain game edukasi. Jangan pernah membiarkan anak Anda sendiri dalam keadaan nonton tv, bermain komputer maupun internet. Manfaatkan permainan anak bayi secara maksimal untuk media belajar sejak dini mulai dari bayi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram