Carisinyal / Tips Trik / Cara Mengatasi Berbagai Permasalahan Pada Xiaomi Mi5

Cara Mengatasi Berbagai Permasalahan Pada Xiaomi Mi5

Siapa yang tidak mengenal smartphone Android asal China yang satu ini? Xiaomi disebut-sebut sebagai salah satu merk smartphone asal China yang mampu menggaet para hati customernya dengan sering munculnya smartphone keluaran terbaru.

Pada tanggal 22 Februari 2016 silam, Xiaomi baru meluncurkan smartphone barunya yakni Xiaomi Mi5. Pada smartphone Mi5 ini pertama kalinya Xiaomi menciptakan smartphone dengan hadirnya home button. Namun, dengan berbagai maraknya smartphone Xiaomi Mi5 ini tidak jarang para pembelinya direpotkan dengan berbagai permasalahan.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini Carisinyal akan memberikan tips dan trik mengatasi masalah yang biasa dijumpai pada Xiaomi Mi5. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Tips Setelah Membeli Xiaomi Mi5

2

Pada saat Anda telah membeli Xiaomi Mi5, Anda sebagai pembeli harus teliti terhadap barang yang sudah Anda beli agar tidak merugikan diri Anda sendiri setelah menerima barang tersebut. Tidak jauh berbeda dengan tips dan trik membeli Xiaomi Redmi Note 4, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni sebagai berikut.

  • Cek Fisik

Hal ini harus dan wajib Anda lakukan setelah membeli Xiaomi Mi5. Cek keseluruhan fisik smartphone seperti penyok pada smartphone, baret ataupun kondisi cacat lainnya. Biasanya Xiaomi Mi5 yang palsu akan bertekstur lebih kasar dan juga Anda harus mengecek posisi tombol.

  • Cek Layar

Layar adalah salah satu hal yang paling penting. Perhatikan kondisi layar Xiaomi Mi5 yang baru Anda beli. Cek berulang kali apakah teradapat dead pixel / light leak atau tidak.

  • Tes Smartphone

Setelah Anda membeli Xiaomi Mi5 ini, sebaiknya Anda cek kondisi software yang ada di dalam smartphone. Cara untuk mengeceknya sangat mudah, cukup tekan *#*#6484#*#* untuk mengecek satu persatu yang ada di dalam Mi5.

  • Cek Aksesoris

Jangan lupa juga untuk mengecek kelengkapan aksesoris bawaan dari Xiaomi Mi5. Pastikan charge Mi5, kabel USB tipe C, dan juga buku garansi semuanya lengkap dan tidak rusak.

  • Cek Firmware

Anda juga harus mengecek firmware dari Xiaomi Mi5 yang baru Anda beli. Biasanya Firmware bawaan dari distributor kurang bagus.

  • Cek Xiaomi Version

Jika Xiaomi Mi5 yang Anda beli adalah barang asli alias bukan abal-abal, maka Anda harus mengecek version update xiaomi. Biasanya jika barang Mi5 palsu, tidak akan bisa update firmware dengan versi China stable / global stable.

Perbedaan ROM Official dengan ROM Abal-abal

3

Di Indonesia, biasanya ketika Anda membeli Mi5 kebanyakan akan menyediakan ROM Distributor yang artinya ROM tersebut bukanlah ROM Official melainkan ROM abal-abal. Hanya beberapa yang menjual Mi5 dengan menggunakan ROM Official.

Ciri-ciri dari ROM Official Global Stable akan memiliki versi terakhir yakni ROM MIUI 7 atau V7.5.2.0| MAAMIDE dan juga MIUI versi 8 atau V8.0.2.0| MAAMIDG. Semua ROM Official pasti memiliki angka versi ROM sebanyak 4 digit. Jika lebih atau kurang dari itu, kemungkinan ROM Mi5 itu merupakan ROM abal-abal.

Sedangkan ciri-ciri dari ROM Distributor biasanya memiliki banyak aplikasi yang tidak perlu (bloatware), banyak iklan yang muncul, dan juga tidak support OTA. Selain itu angka versi ROM Distributor biasanya memiliki 5 digit angka.

Cara Lock 4G

Permasalahan lainnya yang biasa dijumpai para pembeli Mi5 adalah cara lock 4G. permasalahan ini ternyata ada tips dan trik mudahnya. Caranya Anda bisa membuka dial number dengan mengetik *#*#4636#*#* setelah itu Anda pilih phone formation. Setelah itu Anda ganti dengan mode LTE / GSM Auto (PRL).

Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Mi5

5

Permasalahan umum yang menjadi kendala para pengguna Mi5 yaitu masalah delay notifikasi media sosial seperti WhatsApp, BBM, dan media sosial lainnya. Untuk menangani dan mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu mengubah settingan yang ada di notifikasi dengan beberapa cara berikut.

  • Show Notification Icon

Untuk memunculkannya Anda coba pergi ke setting Mi5, setelah itu Anda menuju atau klik notifications & status bar. Kemudian Anda klik bagian show notification icon.

  • Set Autostart

Cara keduanya Anda bisa mengatasinya dengan Set Autostart. Pertama Anda klik security kemudian Anda menuju ke permission lalu pilih AutoStart. Dan kemudian Anda enable semua media sosial atau aplikasi yang Anda inginkan seperti WA, BBM, LINE, dan lain-lain.

  • Disable Restrict Background Activities

Cara ketiga Anda bisa melakukan dengan tahap pertama yakni klik setting kemudian battery & performance. Setelah itu Anda bisa memilih manage apps battery usage –> choose apps. Perhatikan juga untuk Background Setting pastikan berada dalam kondisi No Restrictions.  Untuk bagian Background Location berada pada kondisi Allow.

  • Lock the Apps

Cara keempat yang bisa Anda gunakan coba Anda tekan tombol app recent/capacitive kemudian Anda slide ke bawah menuju aplikasi yang ingin Anda munculkan notifikasinya, lalu pilihlah Lock.

Cara Mengatasi Download Pending/Limit

Jika Anda memiliki permasalahan pada saat sedang mendownload tiba-tiba pending/ limit di Mi5, Anda dapat mengatasinya dengan cara yang mudah. Pertama Anda bukalah aplikasi downloads yang biasanya terdapat pada folder MIUI yang ada di homescreen.

Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, klik titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas kemudian pilihlah menu settings. Perhatikan pada opsi download size limit, Anda dapat mengubah opsi tersebut menjadi unlimited dan Anda selesai mengatasi permasalahan yang satu ini.

Cara Memunculkan Performance Mode di Mi5

Untuk Anda yang ingin memunculkan performance mode pada Mi5 caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, Anda dapat mendownload aplikasi QuickShortCutMaker terlebih dahulu di PlayStore.
  2. Kemudian bukalah aplikasi tersebut. Pada tab activities, coba Anda cari dan pilihlah serta klik activity settings.
  3. Setelah itu carilah sub-activity: android.settings/com.android.settings.fuelgauge.PowerModeSettings
  4. Kemudian Anda dapat meng-customize nama atau icon shortcut, lalu pilihlah create. Setelah Anda memilih create maka secara otomatis shortcut akan muncul pada homescreen.
  5. Setelah itu Anda bisa klik pada bagian shortcut tersebut dan kemudian akan muncul dua pilihan performance dan balance mode.

Cara Set Default AppStore China ke Google PlayStore

Untuk Anda yang memiliki Mi5 dengan firmware MIUI China Stable biasanya akan mengalami kesulitan pada AppStrore yang disediakan. AppStore yang disediakan biasanya AppStore China. Namun, jika Anda ingin mengubahnya menjadi Google PlayStore, Anda bisa menggantinya dengan cara yang mudah.

  1. Anda bisa menuju ke enable developer options dengan cara settings –> about –> tap pada MIUI Versi 7.
  2. Setelah Anda selesai, maka cobalah untuk merestart smartphone Mi5 Anda.
  3. Kemudian Anda bisa masuk lagi ke settings lalu additional settings, kemudian pilih developer options.
  4. Setelah itu coba Anda scroll sampai bawah dan matikan Turn on MIUI optimation. Kemudian Anda akan diminta untuk merestart Mi5 Anda.
  5. Setelahnya, Anda dapat klik pada link download app di browser. Kemudian akan munculah pilihan menggunakan AppStore, pilihlah google Playstore dan jangan lupa mengklik tanda checklist remember my choice.

Cara Menggunakan Kartu Bolt di Mi5

Untuk Anda pengguna Mi5, Anda juga dapat menggunakan paket internet Bolt di Mi5. Caranya sangat mudah. Pertama Anda masuk ke dalam menu setting, namun sebelumnya Anda bisa memasukan sim card bolt pada sim 1.

Setelah itu Anda bisa pilih SIM Cards & Mobile Networks, pastikan SIM 1 dimana kartu Bolt Anda tempatkan berstatus internet. Setelah itu masuklah ke dalam SIM CARD 1 Settings. Kemudian Anda bisa pilih Access Point Names dan klik New APN. Pastikan APN dan Name bertuliskan internet lalu Anda save serta jangan lupa untuk aktifkan APN-nya.

Versi Mi5

1

Xiaomi Mi5 sendiri memiliki tiga versi yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan dan minat pembeli. Versi pertama yakni:

  1. 3/32 dimana chipset yang digunakan adalah Snapdragon 820 dengan Kryo CPU @ 1.8 GHz. Selain itu juga versi 3/32 ini sudah Adreno 530 @ 510MHz dengan kapasitas RAM 3GB dan memiliki storage internal 32GB.
  2. 3/64, versi kedua ini memiliki perbedaan pada Kryo CPU @ 2.15 GHz, Adreno 530 @ 624MHz. Untuk kapasitas internal storage memiliki kapasitas yang lebih tinggi yakni 64GB.
  3. Untuk versi 4/128 (pro) jelas lebih unggu dibandingkan dengan kedua versi sebelumnya. RAM yang ada pada versi ketiga yakni 4GB, dan memiliki internal Storage dengan kapasitas 128GB.

Semua Storage atau memory yang ada pada Mi5 ini tidak dapat atau unavailable untuk memory external. Artinya Anda tidak dapat menambahkan SD Card. Semua Mi5 mengandalkan internal Storage.

Nah itulah beberapa tips dan trik cara mengatasi permasalahan yang biasa ditemukan atau dihadapi ketika Anda membeli smartphone Xiaomi Mi5. Jika Anda masih memiliki permasalahan lainnya, Anda bisa menanyakannya langsung melalui forum diskusi Kaskus dengan klik di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment