7 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download

Ditulis oleh Linda

Ada jutaan aplikasi, game, film, dan buku yang dapat didownload melalui Play Store. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi pengguna Android. Namun, selalu saja ada masalah yang menyebabkan Play Store tidak dapat menyelesaikan download aplikasi yang Anda inginkan. Mulai dari loading terus menerus, aplikasi yang gagal disimpan karena memori penuh, hingga download aplikasi/game yang tertunda di Play Store.

Sudah menunggu lama ketika download aplikasi, setelah download selesai layar smartphone Anda menampilkan tulisan “Insufficient Storage Available” Ini menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan Anda penuh dan tidak bisa menyelesaikan instalasi aplikasi Anda. Hal tersebut sangat menjengkelkan, terutama jika kita memang menginginkan aplikasi tersebut.

Lantas, bagaimana mengatasi masalah tidak bisa download di Play Store karena masalah memori yang penuh atau masalah yang lainnya? Tidak usah khawatir karena Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah untuk memperbaikinya berikut ini. Cara ini berlaku juga untuk permasalahan Play Store loading terus di Realme, Xiaomi, ASUS, Samsung, dan HP lainnya, ya.

1. Cek Koneksi Internet dan Pengaturan Play Store

Jika ada gangguan pada Google Play Store saat download, masalah utama bisa jadi soal koneksi internet. Cek koneksi internet yang Anda gunakan, apakah sudah terkoneksi dengan baik atau tidak?

Jika Anda memakai koneksi data, sementara pengaturan download Anda memakai jaringan wifi, pastikan untuk ubah pengaturan ini. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store.
  • Masuk ke bagian "Settings" kemudian pilih opsi "app download preference".

setting download playstore

  • Pastikan pengaturannya memilih opsi "Over any network".
  • Jika yang dipilih adalah "Over wi-fi only" artinya, Google Play Store hanya akan download aplikasi saat terhubung dengan jaringan wifi dan tidak bisa memakai koneksi data.
  • Hal yang sama juga berlaku untuk pengaturan "Auto-update apps".

2. Cek Pengaturan Waktu

date & time android

Jika soal koneksi dan pengaturan Google Play Store sudah dicek, selanjutnya adalah cek pengaturan waktu. Pastikan, waktu dan tanggal di ponsel Android yang Anda gunakan sama dengan waktu dan tanggal yang sebenarnya. Anda juga bisa mengaktifkan "Automatically Set Date & Time" alias pengaturan otomatis tanggal dan waktu.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Memiliki smartphone Android tentu tidak lengkap jika kita tidak mengisinya dengan berbagai aplikasi yang menarik. Mungkin Anda gemar mengkoleksi aplikasi sosial media, game, aplikasi editing foto, dll. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa kebiasaan ini dapat menghabiskan kapasitas penyimpanan di smartphone?

Akibatnya, Anda jadi tidak dapat mendownload aplikasi lain karena ruang di memori smartphone tidak lagi mencukupi. Nah, cobalah menghapus beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak Anda gunakan lagi dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Settings, lalu lanjutkan untuk memilih menu Applications atau App Management.

app management

  • Pilih aplikasi yang dirasa sudah tidak pernah lagi digunakan. Karena kadang ada banyak aplikasi yang tidak digunakan.

app management

  • Tekan menu ‘Uninstall’ pada aplikasi yang dipilih

app management

  • Ulangi langkah kedua dan ketiga untuk membersihkan semua aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan
  • Cobalah untuk menginstall aplikasi baru yang Anda inginkan

4. Hapus Cache di Semua Aplikasi

Sebagian besar orang mengabaikan cache yang menumpuk di aplikasi yang ada di smartphone mereka. Setiap aplikasi memang menyimpan ‘file sampah’ (cache) yang harus rutin dibersihkan. Pasalnya, cache akan menghabiskan ruang di kapasitas penyimpanan sebuah perangkat. Tak hanya itu saja, cache yang menumpuk juga membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat.

Kebiasaan tidak menghapus cache juga berkontribusi dalam menyebabkan aplikasi yang gagal didownload di Play Store. Untuk menghapus cache, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel sebelumnya ataupun langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke Settings, lalu masuk ke menu Additional Setting

Hapus Cache

  • Pilih "Clean Storage".

Hapus Cache

  • Kemudian bersihkan file sampah yang ada di ponsel.

Hapus Cache

 

  • Cara ini bisa menghapus semua  cache di Android.
  • Anda juga bisa menghapus cache di tiap aplikasi tetapi kurang praktis.
  • Oh yah, karena UI Android berbeda, untuk beberapa tipe ponsel, opsi menunya akan berbeda dengan yang ada di gambar. Tinggal disesuaikan saja. Paling gampang sih dengan masuk ke "Setting" terus ketik di pencarian "setting" ke bagian storage. 

5. Permasalahan Google Play Service

Google Play Service berhubungan dengan Google Play Store. Permasalahan pada aplikasi ini tentu akan berdampak pada Play Store. Solusinya, Anda dapat memperbaiki layanan ini terlebih dahulu dengan cara menghapusnya. Untuk itu, ikuti caranya berikut ini.

  • Buka Settings.
  • Pilih  Apps atau Apps Management
  • Cari Google Play Service. Jika tidak ada, cari di "Show All Apps" atau "Show System Process"

Uninstall Google Play Store

  • Jika sudah ditemukan, buka Google Play Service,  kemudian pilih "Storage"

Google Play Service

  • Selanjutnya pilih  "Clear cache" dan "Clear data".

Google Carrier Services 

  • Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa memilih opsi uninstal Google Play Store
  • Setelah itu, lakukan restart dan cobalah untuk download aplikasi Play Service di Play Store.

Google Play Service diperlukan Play Store untuk menyediakan fungsi inti otentikasi ke layanan Google dan digunakan untuk memperbarui update aplikasi yang ada di Play Store.

6. Memindahkan Data dan Aplikasi ke microSD

Transcend microSDXC 330S

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram