carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Podcast Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 22 November 2021

Siapa sih yang tak mengenal podcast? Di zaman yang sudah serba digital ini, rupanya istilah podcast bukan lagi menjadi hal yang asing didengar. Poddcast atau siniar merupakan rekaman audio yang dapat diunduh dan didengarkan oleh semua orang melalui platform digital atau media internet. Meski konsep dari podcast ini agak mirip dengan siaran radio, akan tetapi keduanya berbeda.

Jika siaran radio hanya dapat kita dengarkan secara langsung melalui frekuensi tertentu, podcast dapat kita unduh dan kita dengarkan kapan pun dan di mana pun. Podcast juga dapat kita dengarkan melalui aplikasi tertentu sebagai pihak ketiga, seperti Spotify hingga YouTube.

Podcast sendiri memiliki beberapa jenis mulai dari interview podcast, solo podcast, hingga multi host podcast. Keragaman ini terjadi karena saat ini memang banyak orang bisa dengan mudah untuk membuat podcast. Anda pun bisa membuatnya dengan mengikuti panduan yang telah Carisinyal buat pada artikel "Cara Membuat Podcast".

Di Indonesia, terdapat banyak podcast dengan berbagai genre menarik yang asyik untuk kamu dengarkan ketika kamu memiliki banyak waktu luang. Bahasan-bahasan menarik pada podcast mampu mengusir rasa gundah dan dapat membuka pengetahuan kita terhadap dunia yang luas. Penasaran dengan podcast terbaik di Indonesia? Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Podcast Awal Minggu

PODCAST INDONESIA TERBAIK PODCAST AWAL MINGGU

Rekomendasi podcast terbaik yang pertama ada “Podcast Awal Minggu”. Sesuai dengan namanya, PodcastAwal Minggu selalu hadir menyapa pendengar setianya setiap awal minggu dengan durasi kurang lebih 60 menit. Podcast yang satu ini bisa kamu dengarkan di Spotify. Podcast Awal Minggu dibawakan oleh Adriano Qalbi, seorang podcaster sekaligus pelawak asal Indonesia.

Adriano sudah memulai podcast-nyasejak tahun 2016. Hingga saat ini, Podcast Awal Minggu masih hadir menemani awal minggu para pendengar setianya. Ada beragam jenis bahasan yang seru ada pada podcast yang satu ini. Mulai dari karier, musik, hingga isu-isu viral.

Salah satu epoisode menarik yang tak boleh kamu lewatkan adalah episode adiksi dan menghadapi hidup. Pada epiosde ini, kamu dapat mendengarkan cerita kehidupan yang inspiratif yang bisa diambil nilai-nilai baiknya. Berbeda dengan Podcast lain, pembawaannya yang selalu mengundang gelak tawa menjadi daya tarik tersendiri dari Podcast Awal Minggu.

2. Close The Door

PODCAST INDONESIA TERBAIK CLOSE THE DOORSumber: pubiway.com

Deddy Corbuzier, seorang tokoh yang dikenal sebagai pesulap legendaris asal Indonesia, juga memiliki podcast yang bernama “Close the Door”. Podcast miliknya ini menjadi salah satu podcast terbaik yang selalu dinantikan oleh para penggemar. Pasalnya, podcast berjenis interview ini selalu mengundang tokoh-tokoh yang menarik untuk diulas ceritanya.

Mulai dari cerita inspiratif hingga cerita-cerita yang tengah ramai dibicarakan di Indonesia. Tak heran, podcast yang bisa kamu dengarkan pada channel YouTube miliknya ini selalu trending dengan jumlah penonton mencapai jutaan orang dalam satu videonya.

Bukan hanya membahas profil narasumbernya saja, dalam podcast-nyajuga ia kerap kali mengundang tokoh penting untuk membahas kondisi negara Indonesia. Tentu saja podcast yang dipenuhi nilai positif seperti ini wajib disimak oleh kita semua sebagai generasi penerus.

Salah satu episode podcast terbaik yang wajib kamu dengarkan adalah episode pada tanggal 16 November 2021. Pada episode ini, Deddy Corbuzier mengundang tokoh penting yakni Menteri Pendidikan dan Cinta Laura, aktris sekaligus tokoh pemuda yang smart. Episode ini membahas tentang kekerasan seksual yang dapat membuka pandanganmu terhadap isu kekerasan seksual.

3. Do You See What I See

Bagi kamu para pencinta horror story, maka podcast bernama “Do You See What I See” sangat cocok untuk kamu dengarkan. Podcast yang dipandu oleh Mizter Popo telah hadir menyapa para pencinta cerita horor sejak tahun 2018. 

Podcast bergenre horor ini menjadi salah satu podcast paling digemari berkat cerita-cerita seram yang ia bagikan. Setiap cerita yang diangkat pada podcast ini adalah true story yang dialami oleh seseorang. Bagi siapa pun yang memiliki cerita menyeramkan, bisa mengirimkan kisahnya melalui e-mail Do You See What I See.

Cerita-cerita tersebut kemudian akan dikurasi oleh Mizter Popo dan kemudian dibagikan melalui podcast horor tersebut. Kisah-kisah horor milik Do You See What I See selalu berhasil membuat para pendengarnya merinding ketakutan.

Podcast Do You See What I See dapat kamu dengarkan pada platform Spotify dan kanal Youtube bernama Do You See What I See. Terdapat sebuah episode yang paling recommended untuk kamu dengarkan yakni episode dengan judul “10 Cerita Pilihan Editor” yang telah ditonton lebih dari 193 ribu kali. Bagi kamu para pencinta cerita horor, jangan lewatkan podcast yang satu ini, ya!

4. Gritte Buka Praktek

PODCAST INDONESIA TERBAIK GRITTE_Sumber: youtube.com

Gritte Agatha adalah seorang aktris Indonesia yang terkenal akan podcastnya  bertajuk “Gritte Buka Praktek”. Layaknya praktik yang dilakukan dokter, Gritte berperan sebagai dokter yang membuka sesi curhat untuk para pasien atau para narasumbernya. Podcast milik gadis kelahiran Jakarta ini berjenis interview podcast.


Ia selalu mengundang orang-orang dari berbagai latar belakang untuk membagikan cerita-cerita menarik untuk dibahas. Berbagai cerita yang disampaikan kerap kali mengundang tawa, rasa penasaran, bahkan hingga air mata. Cerita yang dibagikan oleh narasumber selalu memiliki pesan moral yang dapat diambil oleh para pendengar setia “Gritte Buka Praktek”.

Episode tanggal 23 Maret 2021 menjadi episode yang wajib kamu saksikan. Pada episode ini, Gritte mengundang narasumber yang memiliki cerita kehidupan yang mengharukan. Tak heran, episode ini ditonton lebih dari 3,8 juta viewers. Podcast milik Gritte Agatha ini dapat kamu dengarkan melalui kanal Youtube miliknya atau pun melalui Spotify.

5. Box2Box

PODCAST INDONESIA TERBAIK BOX2BOX_Sumber: letterf.id

Bagi Anda para pencinta olahraga sepak bola, podcast “Box2Box” ini menjadi podcast yang wajib untuk selalu Anda simak. Bagaimana tidak? Podcast Box2Box selalu memberikan informasi-informasi penting seputar olahraga, khususnya dunia sepak bola. Sebuah suguhan yang menarik, bukan?

Yang lebih menarik lagi, Box2Box tak hanya membahas soal pertandingan, akan tetapi juga sisi non-teknisnya. Jadi, pemahaman Anda akan dunia sepak bola akan semakin bertambah luas! Podcast Box2Box dipandu oleh beberapa orang, di antaranya adalah Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana, hingga Tio Utomo.

Bagi kamu para pencinta olahraga sepak bola, podcast “Box2Box Bola” ini menjadi podcast yang wajib untuk selalu kamu simak. Bagaimana tidak? Podcast Box2Box Bola selalu memberikan informasi-informasi penting seputar olahraga, khususnya dunia sepak bola. Sebuah suguhan yang menarik, bukan?

Yang lebih menarik lagi, Box2Box Bola tak hanya membahas soal pertandingan, akan tetapi juga sisi non-teknisnya. Jadi, pemahaman kamu akan dunia sepak bola akan semakin bertambah luas! Awal kemunculan podcast ini, digawangi Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana, dan Tio Utomo. Pada perkembangan selanjutnya, host podcast ini sering beganti. Namun, biasanya yang tetap hadir adalah Dex Glenniza, Aun Rahman, Jerry Arvino, hingga Rossi Finza.

Podcast yang dapat kamu dengarkan melalui platform Spotify ini tentu akan membuatmu update seputar dunia olahraga, khususnyasepak bola. Bukan hanya pada Spotify, kamu juga bisa mengunjungi kanal Youtubenya untuk mendapatkan suguhan podcast yang lebih menarik.

Dibawakan dengan pembawaan yang seru, podcast Box2Box Bola ini kerap kali mengundang gelak tawa. Yuk refresh informasi tentang tim bola kebangganmu dengan mendengarkan podcast menarik dari Box2Box Bola.

6. Podcast Subjective

“Podcast Subjective” milik Iqbal Hariadi juga menjadi salah satu podcast yang paling direkomendasikan. Podcast yang satu ini rajin mengulas tips bermanfaat untuk perkembangan diri dan terus produktif. Hingga saat ini, Iqbal Hariadi yang juga berprofesi sebagai penulis telah berhasil meluncurkan ratusan episode pada podcast Subjective.

Salah satu episode terbaiknya adalah episode yang berjudul “Cara Efektif Belajar Bahada Inggris Untuk Pengembangan Karir”. Pada episode ini, Iqbal mengundang narasumber dari Wall Street English Indonesia yaitu Ria Valentina. Podcast yang bisa kamu dengarkan di Spotify ini tentu sangat bermanfaat untuk kamu dan masa depanmu. Selain kisah inspiratidf, di sini juga ada tips!

Beberapa tips yang kerap kali ia bagikan seperti misalnya bagaimana cara berkarya di dunia digital hingga tips untuk self development. Benar-benar podcast yang bermanfaat, ya! Tentu saja nilai-nilai positif yang dibagikan pada podcast satu ini perlu kita cermati dan kita terapkan agar kita dapat terus berkembang dan maju di era digital seperti saat ini.

7. Asumsi Bersuara

ASUMSI BERSUARASumber: podtail.com

Sebagai warga negara yang baik, kita perlu tahu kondisi terkini tentang politik dan sosial yang ada di negara ini. Isu-isu serta informasi seputar politik dan sosial tersebut dapat kamu temukan pada podcast bernama “Asumsi Bersuara”. Asumsi Bersuara didirikan oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei pada tahun 2015.

Podcast yang satu ini sangat cocok untuk kita para generasi digital native untuk mengetahui informasi terkini akan politik dan sosial.  Di dalamnya tentu saja banyak obrolan seputar politik dan sosial mulai dari permasalahan KPK, Undang-Undang, hingga harga sembako.

Obrolan-obrolan tersebut dapat membuka pikiran kita untuk lebih care dan aware terhadap kondisi politik dan sosial di negara kita. Asumsi Bersuara selalu menghadirkan isu terhangat sehingga kamu tak akan buta informasi. Salah satu episode menariknya yakni episode 6 Juli 2021 yang membahas tentang kritik BEM UI terhadap Presiden Jokowi.

Selain itu, tayangan podcast yang bisa kamu dengarkan di platform Spotify ini juga selalu menghadirkan bintang tamu yang relevan dengan isu yang tengah diperbincangkan. Jadi, kamu akan tahu sebuah isu langsung dari orang yang bersangkutan. Keren, kan?

8. Makna Talks

MAKNA TALKS PODCASTSumber: youtube.com

Rekomendasi podcast terbaik yang selanjutnya ada “Makna Talks” yang dipandu oleh Iyas Lawrence selaku host sekaligus founder. Makna Talks memiliki konsep interview  santai namun penuh makna, sebagaimana namanya. Iyas mampu menggali informasi dari narasumber dengan baik dengan pembawaannya yang khas sehingga terkesan easy listening.

Iyas juga piawai memahami perspektif narasumbernya sehingga para pendengar setia Makna Talks dapat memahami informasi dengan sudut pandang yang lebih luas. Beberapa narasumber yang pernah hadir dalam Makna Talks diantaranya adalah Dian Sastro dan Reza Rahadian. Makna Talks adalah ppodcast yang vbisa kamu dapatkan pada Spotify dan Kanal Youtube bernama sama.

Bukan hanya itu, Makna Talks juga sering kali mengundang musisi papan atas seperti misalnya pada episode 148, Makna Talks mengundang Iqbaal Ramadhan. Salah satu episode paling seru ini membahas tentang kehidupan sang narasumber yang penuh inspirasi. Pada episode ini, kamubisa mendapatkan inspirasi untuk menanamkan rasa percaya diri pada hari-harimu.

9. Sudut Pandang

sudut pandang podcast

Selanjutnya ada podcast ‘anak muda’ yang dipandu oleh Aria Notharia sebagai host-nya. Podcast bernama “Sudut Pandang” ini menjadi podcast yang tak boleh terlewatkan. Khususnya, bagi kamu generasi millennial. Podcast yang satu ini wajib menemanimu di sela-sela aktivitas yang tengah kamu jalani. 

Bagaimana tidak? Sudut Pandang selalu menghadirkan topik-topik seru seputar dunia millennial. Mulai dari topik yang ringan, hingga bahasan-bahasan serius yang patut dicermati. Selain seru dan kekinian, Sudut Pandang juga selalu memberikan podcast yang dipenuhi pesan positif kepada para pendengarnya setianya, lho!

Podcast yang bisa kamu dengarkan di Spotify ini berdurasi rata-rata antara 15-30 menit. Bagi kamu yang tengah dilema akan karir yang tengah kamu jalani saat ini, maka kamu wajib mendengarkan salah satu epiode terbaik dari Makna Talks berjudul “Bekerja(r) “. Di sana kamu akan mampu struggle yang tengah kamu alami saat ini dari sudut pandang yang lain.

10. Ngobam

ngobam podcastSumber: youtube.com

Rekomendasi podcast terbaik yang terakhir ada “Ngobam” atau Ngobrol Bareng Musisi. Podcast yang satu ini dibawakan oleh aktris sekaligus penyiar radio terkenal, Gofar Hilman. Bagi kamu para pencinta musik, belum lengkap rasanya jika kamu belum menyaksikan serunya obrolan Gofar dengan musisi-musisi berbakat.

Podcast yang satu ini bisa kamu dengarkan melalui Spotify atau kanal Youtube Gofar Hilman.  Dalam podcastnya, Gofar kerap mengundang musisi-musisi dari beragam genre. Salah satu episode paling seru yang tak boleh terlewatkan adalah episode ngobrol bareng Ahmad Dhani. Podcast yang sangat ciamik ini bahkan sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali di Youtube, lho!

Tentu saja, topik yang diangkat tak jauh dari dunia musik yang dikemas dengan santai agar mudah dicerna oleh para pendengar. Beberapa musisi legendaris yang pernah diundang untuk bercerita pada podcast Ngobam adalah Ahmad Dhani dan Ari Lasso.

Itu dia 10 rekomendasi podcast terbaik yang wajib Anda dengarkan sebagai hiburan ketika Anda tengah merasa bosan atau gundah. Sederet podcast di atas tentu saja memberikan sajian yang menarik untuk kita dengarkan dan kita cermati.

Bukan hanya untuk hiburan semata, berbagai informasi penting di dalamnya juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Biasanya, genre apa sih yang paling sering Anda dengarkan, readers? Dari sederet podcast yang ada, mana yang menjadi podcast favorit dan menjadi andalan untuk Anda dengarkan di waktu senggang? Berikan komentar Anda di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram