Carisinyal / Realme 2020 / Realme C11, Smartphone Sejutaan yang Unggul di Kelasnya

Realme C11, Smartphone Sejutaan yang Unggul di Kelasnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Realme kembali merilis ponsel terbarunya di kelas entry level pada 30 Juni 2020 yang lalu. Ialah Realme C11 yang merupakan penerus Realme C2 yang sebelumnya sukses di pasaran.

Agar mampu menembus target pasarnya, yakni para kawula muda, Realme C11 hadir dengan sejumlah pembaruan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pendahulunya. Itu utamanya terlihat di sektor tampilan dan desain.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dari Realme C11 dibanding kompetitornya? Sebelum membaca ulasannya, cek dulu spesifikasi singkat Realme C11 di bawah ini.

Spesifikasi Realme C11

Realme C11

  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, 720 x 1560 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • CPU: Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320 (680 MHz)
  • RAM: 2/3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme C11

Dijual dengan harga yang kompetitif, Realme C11 memiliki beberapa sisi unggul seperti berikut ini.

1. Baterai Tahan Lama

Realme C11 5000 mAh

Dengan tagline ‘Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas’, Realme C11 memang dibuat khusus untuk dapat menemani penggunanya lebih lama. Di dalam perangkat ini tersemat baterai 5000 mAh yang diklaim Realme mampu bertahan hingga 40 hari waktu siaga.

Hasil uji lab Realme juga menunjukkan kalau baterai Realme C11 memiliki ketahanan hingga 12,1 jam untuk bermain game, 21,6 jam untuk menonton video, dan 31,9 jam untuk melakukan panggilan.

Bagian menarik lainnya adalah baterai tersebut dapat berfungsi sebagai powerbank. Dengan demikian, pengguna dapat mengisi daya perangkat lain menggunakan fungsi OTG Realme C11.

2. Performa yang Kencang di Kelasnya

Di samping memiliki kapasitas baterai jumbo, Realme C11 juga dibekali dengan performa yang kencang di kelasnya. Hal itu berkat dukungan chipset MediaTek Helio G35 yang khusus dirancang untuk ponsel gaming entry level.

Dengan prosesor delapan inti yang memiliki kecepatan hingga 2,3 GHz, Realme C11 siap menjalankan sejumlah permainan modern dengan lancar hingga pengaturan grafis tertentu.

Jika dibandingkan dengan ponsel entry level lainnya, performa Realme C11 ini bisa dibilang sebagai salah satu yang paling unggul di kelas harganya.

Di bagian memori, Realme C11 hadir dalam dua pilihan RAM, yaitu 2 GB dan 3 GB dengan kapasitas ruang penyimpanan 32 GB yang masih dapat diperluas hingga 256 GB dengan microSD.

Sebagai informasi, teknologi RAM yang digunakan Realme C11 adalah LPDDR4X yang menawarkan peningkatan pada kinerja grafis dan RAM dibandingkan dengan teknologi LPDDR3.

3. Desain Premium Kekinian

Salah satu bagian yang paling sering dipertimbangkan banyak orang sebelum membeli ponsel baru adalah desain. Melalui Realme C11, Realme ingin menghadirkan perangkat entry level dengan harga terjangkau tanpa terlihat murahan. Maka dari itu, Realme C11 didesain sekeren mungkin sehingga tampak premium.

Geometric Art Design adalah nama rancangan yang diaplikasikan Realme ke ponsel barunya ini. Desain ini menampilkan tekstur-tekstur halus pada bagian belakang Realme C11. Lengkungannya juga dibuat sebaik mungkin agar nyaman saat digenggam maupun saat dilihat.

Realme C11 hadir dalam dua varian warna yang trendi, yakni Mint Green dan Pepper Grey. Kedua warna tersebut terinspirasi dari dua bumbu masak–daun mint dan lada–yang sering digunakan orang-orang di seluruh dunia untuk menghasilkan cita rasa masakan yang khas dan lezat.

Tak hanya terlihat keren dan premium, melalui standar tes laboratorium Realme, Realme C11 juga diklaim memiliki kualitas bangunan yang baik. Ponsel ini disebutkan telah melalui beragam uji coba, dua di antaranya adalah tes tombol power 200.000 kali dan tes jatuh 10 cm 56.000 kali.

4. Tampilan Lebih Luas

Agar lebih nyaman saat digunakan bermain game atau menonton video, Realme C11 hadir dengan tampilan yang lebih luas dibanding pendahulunya. Ponsel ini menampilkan layar IPS HD+ seluas 6,5 inci. Rasio 20:9-nya membuat tampilan Realme C11 tampak stylish dan modern.

Rasio layar-ke-bodinya juga lebih besar dari Realme C2. Hal itu karena Realme C11 mengusung konsep mini-drop full screen yang membuat tampilannya terlihat lebih luas dan pastinya lebih nyaman digunakan untuk berbagai keseruan.

5. Kamera yang Layak

Bagian kamera Realme C11 juga dibuat menarik dengan desain kotak ala ponsel flagship. Kameranya juga tidak sekedar gimik belaka. Kamera belakang Realme C11 yang terdiri dari kamera sudut lebar 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan sensor mendalam 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh pada gambar yang ditangkap.


Realme C11 juga diketahui sebagai yang pertama di segmennya yang menghadirkan Mode Nightscape. Dengan fitur tersebut, pengguna Realme C11 dapat menghasilkan tangkapan malam yang layak.

Realme Buds Q

Selain Realme C11, di saat yang sama Realme juga meluncurkan produk TWS terbarunya yang bernama Realme Buds Q. Seperti halnya Realme C11, Realme Buds Q juga memiliki desain yang premium. Itu tak lepas dari dari tangan José Lévy, yang dikenal sebagai Cooperated Designer Hermès.

Realme Buds Q diketahui memiliki baterai bawaan 40 mAh dan baterai 400 mAh dalam kasingnya. Hasilnya Realme Buds Q memiliki daya tahan yang baik hingga 3 jam untuk panggilan telepon dan 4,5 jam untuk mendengarkan musik terus-menerus. Sedangkan dengan charging case-nya, Realme Buds Q mendapatkan total penggunaan 20 jam.

Dengan penggunaan rata-rata 3 jam per hari, Realme Buds Q hanya perlu diisi ulang seminggu sekali. Realme Buds Q mendukung pengisian melalui port micro USB dan dibutuhkan 2 jam untuk mengisi buds dan 2 jam untuk mengisi penuh kasing.

Kualitas suara Realme Buds Q juga bisa dibilang salah satu yang unggul di kelas harganya. Di bagian dalamnya terdapat driver suara berukuran 10 mm yang besar serta menggunakan diafragma komposit PEEK & PU berkualitas tinggi untuk pengalaman suara yang luar biasa.

Realme Buds Q memiliki Mode Gaming dengan koneksi yang dapat diandalkan. Dan sebagai produk smart audio, Realme Buds Q juga dapat langsung terhubung dengan smartphone ketika pengguna membuka kasing. Selain itu, pengguna juga dapat menjawab/mengakhiri panggilan telepon, berganti musik dan mengaktifkan Mode Gaming dengan operasi sentuh pada buds.

Harga dan Ketersediaan

Realme C11 dengan varian RAM 2 GB dan ROM 32 dijual seharga Rp 1.599.000, sedangkan varian RAM 3 GB dengan ROM 32 GB dijual Rp 1.699.000. Realme memberikan potongan harga masing-masing Rp 100.000 pada flash sale online pertama pada 1 Juli 2020 mulai pukul 10:00 WIB di Lazada, Akulaku, dan realme.com/id.

Sementara itu, Realme Buds Q memiliki harga normal Rp 399.000 dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Pebble, White Pebble, dan Yellow Pebble. Realme juga mengadakan flash sale untuk Realme Buds Q pada waktu-waktu tertentu dengan harga Rp 349.000.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *