Kehadiran Redmi 9A dan 10 Tahun Inovasi Xiaomi

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Pada 16 Agustus 2010, hadir firmware berbasis Android bernama MIUI. Produk ini adalah sebuah kostum sistem operasi Android dengan berbagai fitur menarik. Produk ini dihadirkan oleh sebuah kelompok yang terdiri dari 8 orang. Bahkan, pembentukan kelompok tersebut hanya kisaran satu bulan sebelum MIUI dirilis.

Kelompok tersebut adalah Xiaomi. Dalam bahasa Mandarin, Xiaomi berarti "beras kecil". Sang CEO kala itu, Lei Jun, mengatakan kalau beras kecil punya filosofi yang mendalam bahwa mereka bisa memulai dari hal kecil untuk menuju hal-hal besar.

Impian dan filosofi itu tidak sekadar bualan semata. Kehadiran ponsel pintar Mi 1 pada 2011 dengan basis OS MIUI menjadi langkah pertama Xiaomi bermain di industri ponsel pintar. Kemudian, lahir penerusnya, yakni Mi 2  yang diklaim Xiaomi telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan

Pencapaian itu membuat nama Xiaomi semakin banyak dibicarakan. Di Indonesia, Xiaomi pun disambut dengan baik. Terbukti dengan hadirnya beberapa ponsel pintar seperti Redmi 1s dan Redmi 2 yang mendapat sambuatan yang baik dari konsumen Indonesia.

Apa yang dilakukan Xiaomi membuahkan hasil. Di Indonesia dan dunia, Xiaomi masuk jajaran TOP 5 produsen smartphone. Pencapaian ini tentunya merupakan sebuah pretasi yang menggembirakan.

Karena itulah, Xiaomi Indonesia, pada Kamis, 13 Agustus 2020 lalu, meluncurkan berbagai varian produk sebagai bagian dari “10 Years of Innovation for Everyone”.  Hal ini dilakukan Xiaomi sebagai upaya untuk teurs menghadirkan inovasi bagi semua orang.

Adapun, produk yang dihadirkan adalah 1 smartphone dan 3 perangkat penunjang gaya hidup sebagai bagian dari masyarakat yang akan menuju gaya hidup Internet of Things (IoT).  Untuk smartphone Xiaomi menghadirkan perangkat bernama Redmi 9A.

Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320 (650 MHz)
  • RAM: 2 GB dan 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Redmi 9A hadir sebagai sebuah ponsel untuk entry-level. Ponsel ini menghadirkan spesifikasi yang sangat mumpuni jika menilik kelas harganya. Beberapa spesifikasi menarik yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah dapur pacu MediaTek Helio G25, layar 6,53” HD+ Dot Drop Display, dan dukungan baterai  berkapasitas 5000 mAh.

Tidak ketinggalan, Redmi 9A menawarkan kamera belakang 13 MP yang sudah dilengkapi dengan kamera AI. Bukan cuman itu, Redmi 9A juga menawarkan desain 3D Unibody yang membuatnya tampil lebih menarik di kelas harganya.

Redmi 9A

Redmi 9A ini dijual dengan harga Rp1 jutaan. Harganya tergolong murah jika menilik spesifkasi yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan filosofi yang selalu disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse. Alvin selalu mengatakan kalau Xiaomi terus menawarkan produk menakjubkan dengan harga sebenarnya.

Redmi 9A sendiri dijual dengan dua varian. Varian pertama hadir dengan RAM 2 GB dan storage 32 GB. Varian ini dijual dengna harga Rp1.249.000. Varian kedua adalah RAM 3 GB dan storage 32 GB yang dijual dengan harga Rp1.349.000. Untuk harga perkenalan, Xiaomi memperkenalkan harga jual awal dengan potongan Rp50 ribu.

Redmi 9A Seharga Rp999.000

Redmi 9A

Redmi 9A yang hadir dengan MIUI 12 berbasis Android 10 ini hadir sebagai suksesor Redmi 8A, Redmi 7A, Redmi 6A, dan terkahir Redmi 5A. Seri-seri ini merupakan seri smartphone murah yang selalu mendapat perhatian lebih dari pengguna di Indonesia.

Yang paling menakjubkan responnya adalah Redmi 5A. Perangkat ini hadir pada tahun 2017 dan di Indonesia Xiaomi menjualnya dengan harga Rp999.000. Harga ini tentunya sangat menarik ketika itu dan membuat penjualan Redmi 5A sukses di pasaran.

Kesuksesan penjualan Redmi 5A ini menginspirasi Xiaomi untuk menghadirkan harga serupa khusus untuk Redmi 9A. Hal ini pun dilakukan sebagai bagian dari kiprah Xiaomi di Indonesia dan rasa terimakasih dari Xioami Indonesia kepada pengguna ponsel Xiaomi, terutama seri A.

Untuk itulah, Xiaomi mensubsidi dengan total nilai Rp10 Milyar untuk para pengguna Xiaomi. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembelian Redmi 9A sebanyak 50.000 unit. Sehingga, harga Redmi 9A menjadi Rp999.000.

Hanya saja, harga tersebut hanya khusus diberikan kepada pengguna Redmi 4A, Redmi 5A, dan Redmi 6A. Para pengguna tersebut bisa masuk ke MI.com untuk mendapatkan subsidi pembelian RedmI 9A.

3 Produk Internet of Thing

Xiaomi juga menghadirkan 3 produk gaya hidup yang sering dikaitkan dengan gaya hidup Internet of Thing atau segala barang yang terhubung dengan internet. Ketiga barang ini bisa jadi pilihan menarik untuk mendukung aktivitas dan produktivitas pemakainya.

Produk pertama adalah Mi Wi-Fi Range Extender Pro. Produk ini hadir sebagai produk untuk memperkuat sinyal dari router internet. Produk ini sangat disarankan digunakan, baik di rumah maupun di kantor yang memiliki ruangan luas.

Misalnya, kantor dengan dua lantai. Biasanya router internet dipasang di salah satu lantai, Dan sayangnya, sinyalnya tidak sampai ke lantai 2. Untuk itu, Mi Wi-Fi Range Extender Pro bisa jadi solusi sebagai penguat sinyal sehingga sinyal internet bisa diakses dengan mudah di lantai 2.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram