carisinyal web banner retina
Carisinyal / Laptop / Review Acer AIO C22 1650, PC All-In-One Minimalis dan Keren

Review Acer AIO C22 1650, PC All-In-One Minimalis dan Keren

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Seiring berkembangnya zaman, perangkat elektronik kayak laptop, PC atau desktop juga ikut berkembang. Sekarang, sudah ada desktop All-In-One atau AIO yang benar-benar praktis. Salah satu brand yang punya produk desktop canggih ini adalah Acer. Satu dari sekian banyak produk desktop AIO terbaiknya adalah Acer Aspire AIO C22-1650.

Pada pembahasan kali ini, Carisinyal akan mengupas tuntas Acer Aspire AIO C22-1650, spesial untuk Anda yang tertarik dengan desktop All-In-One ini. Berikut review Acer AIO C22-1650, selengkapnya.

Spesifikasi Acer Aspire AIO C22-1650

  • Layar: 21.5 inches(1920 x 1080) FHD IPS, non-touchscreen
  • Processor: Intel® Core i3-1115G4 (6Mb Cache, up to 3.00Ghz)
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics
  • RAM: 8 GB DDR4
  • Storage: 256 GB  Solid State Drive + 1 TB HDD
  • Optical Drive: No
  • Konektivitas: 802.11ac/a/b/g/n and Bluetooth 4.0 LE
  • Port: USB 3.2 Gen1 Type A, USB 3.2 Gen2 Type A, USB 2.0, HDMI
  • Baterai: 65W AC Adapter

Review Acer Aspire AIO C22-1650

Setelah mengetahui spesifikasi lebih lengkapnya, kini saatnya mengupas tuntas jeroan, desain, dan semua yang ada di PC All in One dari Acer ini. Yuk, baca terus artikelnya sampai akhir!

1. Desain

review acer aio c22 desain 1

Bicara soal desain, AIO Aspire C22-1650 ini terbilang minimalis untuk ukuran desktop All-In-One. Karena itulah, perangkat desktop ini cocok untuk disimpan di ruangan Anda, terlebih bila ruangan tersebut tak memiliki banyak space.

Dengan fitur Flat Display Mounting Interface (FDMI) atau VESA Mounting yang dibawanya, desktop All-In-One ini bisa Anda tempatkan di permukaan datar seperti meja kerja, hingga ditempel di dinding sekali pun. Nah, karena desainnya minimalis dan kekinian banget, kehadiran desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 akan menambah kesan aesthetic di ruang kerja atau pun kantor Anda.

2. Port dan Konektivitas

review acer aio c22 port 1

Desktop atau PC All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 sudah dibekali beberapa port di bagian belakang bodinya. Ada port USB 3.2 Gen 1, dan juga port USB 3.2 Gen 2. Kemudian, ada pula port untuk audio jack berukuran 3.5 mm, serta port HDMI. Di bagian belakang bodinya ini juga tersedia port untuk kabel LAN.

review acer aio c22 port 2

Nah, di bagian depan bodinya, tepatnya di bawah layar, terdapat satu slot SD Card dan satu port USB, serta tombol power. Sekadar info, kabel desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 sudah dibekali dengan klip, sehingga kabel-kabelnya jadi mudah untuk diatur.

Oh iya, selain punya port yang terbilang lengkap, desktop All-In-One ini pun sudah didukung dengan konektivitas seperti Bluetooth 4.0 dan juga WiFi. Anda pun tentu bisa menggunakan mouse dan keyboard wireless untuk menunjang produktivitas maupun mendukung aktivitas Anda dengan Acer Aspire AIO C22-1650 ini.

3. Layar

review acer aio c22 layar 1

Nah, sekarang kita beralih ke sektor layarnya. Acer membekali desktop atau PC All-In-One ini dengan layar besar berukuran hampir 22 inci. Tepatnya, 21,5 inci. Layarnya sendiri sudah didukung dengan panel IPS.

Selain itu, resolusinya pun sudah Full HD 1920 x 1080 piksel. Tentu, kualitas tampilan layar dari Acer Aspire AIO C22-1650 ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tampilan layarnya jernih dan warnanya pun tajam.

Oh iya, layarnya ini dibekali dengan bezel yang tergolong tipis, lho. Nggak heran, karena screen to body ratio-nya mencapai angka 87%. Nggak cuma itu saja, area pandang layarnya juga luas berkat sudut pandang layar yang mencapai angka 178 derajat.

Dengan sektor layar seperti ini, sudah tentu desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 sangat cocok untuk Anda yang hobi nonton film atau serial TV. Terlebih lagi, Acer membekali layar desktop All-In-One ini dengan teknologi Acer Vision Care yang akan melindungi mata Anda dari paparan sinar biru atau blue light, serta kedipan layar.

Jadi, Anda dapat menonton film atau serial TV favorit Anda dengan aman dan nyaman, bahkan dalam waktu yang cukup lama sekali pun. FYI, Anda juga dapat menjadikan desktop All-in-One ini sebagai perangkat display, dengan bantuan kabel HDMI yang dapat disambungkan ke port HDMI  di bagian belakang bodinya.

4. Performa

Bukan cuma mengusung desain modern dan minimalis serta layar yang mumpuni, perangkat PC All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 ini juga didukung dengan performa yang terbilang kencang untuk sebuah desktop All-In-One.


Yup, Acer membekali desktop AIO ini dengan chipset Intel Core i3 generasi ke-11, tepatnya Intel Core i3-1115G4 3.0 GHz. Perangkat PC All-In-One ini pun didukung dengan kapasitas RAM 8 GB DDR4 yang masih bisa di-upgrade hingga 32 GB.

Untuk memori internalnya, unit yang kami review ini dibekali dengan Solid State Drive atau SSD berkapasitas 256 GB yang masih bisa di-upgrade hingga 1 TB, dan ada pula HDD dengan kapasitas 1 TB yang juga masih bisa di-upgrade hingga 2 TB.

Dan untuk menunjang performa dari desktop All-In-One ini, Acer menanamkan kartu grafis Intel UHD Graphics. Secara keseluruhan, performa perangkat desktop All-In-One ini terbilang oke. Pendek kata, perangkatnya cocok untuk digunakan segala jenis aktivitas seperti bekerja, belajar atau meeting online, browsing, streaming hingga bermain game.


Oh iya, selain varian yang kami review ini, ada pula satu varian lain dari PC All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650, yakni varian yang sudah mengusung chipset Intel Core i5 1135G7 yang dibekali dengan kartu grafis Intel Iris Xe Graphics.

5. Fitur

Nah, sekarang kita bahas fitur-fitur yang dimiliki oleh desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 ini. Perangkat ini membawa beberapa fitur unggulan yang juga mumpuni. Salah satunya adalah web camera atau webcam yang cukup jernih dengan resolusi HD 720p.

Uniknya, web camera dari Acer Aspire AIO C22-1650 ini sudah dibekali dengan shutter yang dapat dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan, lho. Hadirnya shutter untuk webcam ini tentu membuat Anda tak perlu takut akan adanya peretas yang membajak kamera desktop-nya . Jadi, Anda pun tidak perlu repot-repot menutup kamera web desktop dengan menggunakan lakban.

Keberadaan shutter di sektor webcam ini juga menjadikan Anda lebih tenang, karena Anda  nggak perlu khawatir akan debu yang menempel pada kameranya. Sekadar info, webcam-nya ini juga sudah didukung dengan dua microphone stereo.

Selain web camera, ada beberapa fitur lain yang bisa dinikmati oleh Anda sebagai penggunanya. Yup, di sektor audio, desktop Acer Aspire AIO C22-1650 ini sudah didukung dengan dual stereo speaker yang menggunakan teknologi DTS: X™. Alhasil suara yang dihasilkan oleh speaker dari desktop Acer Aspire AIO C22-1650 ini cukup jernih.

Oh iya, perangkat desktop All-In-One ini didukung pula dengan fitur Wake On Voice (WoV) yang membuat Anda dapat menyalakan desktop yang sedang dalam posisi sleep.

Simpulan

Nah, bagaimana? Sekarang Anda sudah lebih mengenal desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 ini, bukan? Kalau Anda membutuhkan sebuah perangkat desktop All-In-One yang desainnya minimalis dan modern, performanya oke untuk digunakan segala jenis aktivitas, termasuk bermain game, maka desktop All-In-One Acer Aspire AIO C22-1650 ini bisa Anda bawa pulang.

Namun, bila Anda membutuhkan performa yang lebih gahar lagi, terutama untuk bermain game yang membutuhkan spesifikasi desktop atau PC yang lebih tinggi, maka Anda dapat memilih varian desktop All-In-One Acer Aspire AIO-C22 1650 yang sudah dibekali dengan chipset Intel Core i5 1135G7 yang dibekali dengan kartu grafis Intel Iris Xe Graphics.

Berikut beberapa poin yang membahas beberapa kelebihan serta kekurangan dari desktop Acer AIO C22-1650 yang kami uji ini.

Kelebihan

  • Layarnya luas dan jernih
  • Fitur VESA Mounting membuat penempatan perangkat lebih fleksibel
  • Performa yang oke, termasuk untuk aktivitas  gaming yang tidak terlampau berat
  • Webcam dibekali dengan shutter
  • Output audio yang cukup jernih

Kekurangan

  • Layar tampak terlalu besar untuk pengguna bertubuh kecil
  • Harga cukup pricey untuk pengguna dengan budget terbatas

Sampai di sini pembahasan dari Carisinyal mengenai review Acer AIO C22-1650. Bagaimana, Anda tertarik untuk memiliki desktop All-In-One minimalis dari Acer yang keren ini?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram