Carisinyal / Asus 2020 / Review 8 Aksesoris Gamer untuk ASUS ROG Phone II

Review 8 Aksesoris Gamer untuk ASUS ROG Phone II

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kami pernah membahas ASUS ROG Phone II, sebuah ponsel gaming yang menarik dengan berbagai fitur yang tidak sekadar gimmick. Ponsel yang satu ini menawarkan pengalaman bermain gim yang menyenangkan. Terlebih karena spesifikasi yang ditawarkan tergolong di atas rata-rata.

ASUS ROG Phone II sendiri dijual dengan harga resmi Rp 8.499.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Ada juga ASUS ROG Phone varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal 512 GB yang dibanderol dengan harga Rp12 jutaan.

Varian RAM 12 GB yang dijual lebih mahal tidak sekadar karena memiliki memori yang lebih besar. Varian ini juga memiliki charger 30 W yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat. Sementara varian RAM 8 GB hanya memiliki charger 18 W.

ASUS ROG Phone II varian RAM 12 GB juga dijual dengan paket bundling bersama dengan berbagai aksesoris penunjang gim. Paket bundling ini hadir dengan koper yang berisi berbagai aksesoris penunjang ASUS ROG Phone II. ASUS menyebutnya sebagai Hardcore ROG Fans Package, sebuah paket ROG Phone II lengkap dengan banderol harga Rp21.999.000.

Hardcore ROG Fans Package Hardcore ROG Fans Package

Paket tersebut berisi ASUS ROG Phone II varian RAM 12 GB dengan 8 aksesoris yang menarik lainnya. Kedelapan aksesoris tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

rog phone 2

 

Masih kurang jelas? Tentu saja karena foto tersebut hanya menampilkan kardus dari aksesoris ROG Phone II. Untuk melihat isi kopernya, silakan bisa simak ulasan kami mencoba 8 aksesoris dari ROG Phone II berikut ini.

Kami juga membuat ulasan paket koper ROG Phone 2 dalam bentuk video yang bisa disaksikan pada tautan berikut ini.

Jika Anda penasaran aksesoris ROG Phone II, kami juga membuat ulasannya dalam bentuk tulisan. Silakan simak pengalaman kami menggunakan aksesoris ROG Phone II.

1. ROG AeroActive Cooler II

ROG AeroActive Cooler II

Yang pertama adalah ROG AeroActive Cooler II. Perangkat ini adalah perangkat pendingin aktif yang bakalan bekerja ketika perangkat ini dipasangkan dengan ROG Phone II. Cara memasanya juga mudah. Cukup masukan bagian port samping ke bagian cooler seperti terlihat pada gambar berikut ini.

ROG AeroActive Cooler II

Saat digunakan, kipas dalam ROG AeroActive Cooler II akan berputar untuk mendinginkan perangkat ASUS ROG Phone II. Selain itu, di bagian ROG AeroActive Cooler  terdapat logo ROG yang menyala ketika aksesoris ini sedang bekerja.

ROG AeroActive Cooler II juga ini punya dua buah karet yang nantinya dipasangkan di bagian bawah. Gunanya sebagai penyangga yang memungkinkan ROG Phone II dapat disimpan tanpa perlu dipegang seperti terlihat pada gambar berikut ini.

ROG AeroActive Cooler II

Hal ini membuat ROG AeroActive Cooler II tidak hanya berfungsi untuk mendinginkan perangkat tetapi juga bisa berfungsi sebagai penyangga. Jadinya, menonton video di ponsel ini lebih menyenangkan karena tidak perlu repot untuk dipegang. Bahkan, fungsi ini juga dapat bekerja jika ingin menggunakan untuk membuat video memakai kamera depan.

Oh yah di kotak ROG AeroActive Cooler II, terdapat empat karet. Dua karet lagi digunakan sebagai cadangan jika seandainya karet tersebut hilang.

ROG AeroActive Cooler II tentu saja dihadirkan agar performa ponsel tetap stabil dan terhindar dari panas yang bisa menyebabkan performa ponsel menurunt. Terlebih jika Anda menggunakan ponsel ini untuk kebutuhan bermain gim yang tergolong berat.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat kecepatan kipasnya di aplikasi Armoury Crate, aplikasi bawaan yang sudah hadir di ROG Phone II. Anda bisa mengatur kecepatan kipas secara maksimal atau rendah. Anda juga bisa mengatur tingkat cahaya dari logo ROG yang ada di ROG AeroActive Cooler II.

Selain itu, ROG AeroActive Cooler II  punya dua port di bagian bawah. Port ini terdiri dari port audio dan USB Type-C. Hadirnya dua port ini agar ROG AeroActive Cooler II dapat digunakan ketika ROG Phone II membutuhkan daya dan Anda juga bisa menyambungkan headset/earphone ke bagian port audio jack.

Jadi, ROG Phone II dapat digunakan untuk main gim dengan keadaan pendingin terpasang dan bisa terhubung dengan daya. Cukup menarik bukan?

2. ROG Lighting Armor Case

ROG Lighting Armor Case

ROG Lighting Armor Case merupakan aksesoris berupa kasing ponsel. Tadinya kami sempat berpikir, untuk apa kasing ini ada di paket aksesoris untuk ROG Phone II? Di dalam kotak ROG Phone II juga sudah dibekali kasing.


Tapi ya gak usah dipikirkan juga sih. Toh, ROG Lighting Armor Case juga punya bentuk yang beda dibandingkan kasing bawaan. Bentuknya tergolong menarik dan cukup gahar. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

ROG Lighting Armor Case

ROG Lighting Armor Case

Ketika dipasangkan dengan ROG Phone II, terasa sekali lebih kokoh dan kuat dibandingkan kasing bawaan. Kalau kami merasa penggunaan ROG Lighting Armor Case membuat ponsel terasa lebih gahar. Apalagi bagian kasing bisa memunculkan lampu LED pada bagian logo ROG yang bisa berubah warna.

3. ROG Kunai Core Gamepad

rog phone 2

ROG Kunai Core Gamepad merupakan aksesoris untuk ROG Phone II yang berbentuk controller game. Di dalam kotak ROG Kunai Core Gamepad ini terdapat kasing khusus yang memiliki colokan USB Type-C yang bisa dihubungkan dengan lubang USB Type-C yang ada pada ROG Phone II.

Di dalam kotak juga ada karet bagian penutup kedua sisi kasing. Karet ini perlu dilepas karena bagian sisi kasing ini akan dipasangkan dengan controller di kedua sisi.

ROG Kunai Gamepad keymapping

Ada juga adapter Type-C to 3.5mm yang bisa dihubungkan ke bagian sisi ROG Phone II. Gunanya agar Anda bisa menggunakan headphone jack mengingat port audio jack di bagian bawah ROG Phone II terhalang oleh kasing khusus ROG Kunai Core Gamepad

ROG Kunai Gamepad

Untuk bagian controller atau gamepad, terdapat dua gamepad, yakni bagian kiri dan kanan. Selain itu, gamepad bagian kiri bisa dipasangkan tanpa bagian kanan. Hanya saja, gamepad bagian kanan tidak bisa dipasang secara sendiri. Harus berpasangan dengan bagian kiri.

ROG Kunai Gamepad

Setelah bagian kasing dan gamepad terpasang, Anda tidak bisa langsung bermain gim dengan gamepad. Anda harus melakukan mapping tombol (key mapping) yang bisa dilakukan di Game Genie.  Aplikasi Game Genie ini bisa diakses dengan cara slide bagian kiri saat sudah menjalankan gim.

GAME GENIE ASUS ROG PHONE II

* sumber: www.asus.com

ROG Kunai Gamepad keymapping

Key mapping ini sangat diperlukan ketika menjalankan berbagai gim. Tujuan key mapping itu agar tombol gim digantikan dengan gamepad. Menariknya, khusus beberapa gim tertentu, seperti Asphalt 9 tidak perlu melakukan key mapping karena Asphalt 9 sudah memiliki kompabilitas dengan aksesoris ROG Phone II.

Penggunaan ROG Kunai Core Gamepad ini tergolong menarik. Kami cukup senang memainkan gim memakai ROG Kunai Core Gamepad. Sayangnya, kami merasa, melakukan key mapping sebelum bermain gim terlalu merepotkan. Gim yang mendukung kompabilitas ROG Core Kunai Gamepad masih sedikit dan yang cukup populer adalah Asphalt 9.

4. ROG TwinView Dock 2

ROG TwinView Dock 2

 

TwinView Dock 2 adalah aksesoris lainnya untuk ROG Phone II. Aksesoris ini adalah sebuah perangkatt yang memungkinkan Anda memainkan gim di ROG Phone dengan dua layar. Sesuatu yang tergolong menarik tentunya. Apalagi spesifikasi layar yang ada di TwinView Dock 2 serupa dengan ROG Phone II.

rog phone 2

TwinView Dock 2 ini memiliki bentuk yang tergolong bagus. Cara pakainya juga cukup mudah. Tinggal masukan bagian ROG Phone II ke bagian sisi yang tidak ada layarnya. Seperti terlihat pada gambar di atas. Setelah itu, nanti ROG Phone II akan membaca kalau ponsel masuk ke dalam mode dua layar.

ROG Kunai Gamepad

Penggunaan dua layar ini tentu cukup menyenangkan. Apalagi jika Anda senang nonton Youtube sembari melakukan aktivitas lain. Semisal layar pertama digunakan untuk nonton Youtube dan layar kedua untuk cek email atau aplikasi chat. Bisa juga layar pertama digunakan main gim dan layar kedua digunakan untuk membaca tutorial dari gim yang dimainkan.

Jika menilik dari bagian belakang, TwinView Dock 2 memiliki bentuk yang cukup menarik dan terlihat seperti sebuah konsol. Ada ROG di bagian belakang yang menegaskan kalau produk ini memang produk dari ROG.

ROG Kunai Gamepad

TwinView Dock 2 sendiri memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh. Menariknya, baterainya ini bisa digunakan sebagai pengisi daya untuk ROG Phone II. Karena memakai baterai, jelas aksesoris ini juga bisa diisi ulang. Terdapat port USB Type-C di bagian belakang aksesoris ini untuk terhubung dengan arus listrik.

Selain itu, TwinView Dock 2 juga memiliki kipas pendingin. Kipas pendingin ini tentunya bakal berguna untuk kebutuhan bermain gim lebih panjang tanpa menurunkan performa.

Yang menarik, TwinView Dock 2 dapat dikombinasikan dengan ROG Core Kunai Gamepad. Anda bisa memasang ROG Kunai Core Gamepad terlebih dahulu. Setelah itu, silakan tancapkan ROG Phone II di TwinView Dock 2. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

ROG Kunai Gamepad

Seperti terlihat di atas, kami memainkan gim Asphalt 9 dengan kombinasi ROG Kunai Core Gamepad dan TwinView Dock 2. Sudah disebutkan sebelumnya, jika Asphalt 9 adalah salah satu gim yang memiliki kompabilitas dengan aksesoris ROG Phone II. Alhasil, kedua layar dapat terhubung memainkan gim Asphalt 9.

TwinView Dock 2 jelas adalah salah satu aksesoris yang menarik. Penggunaan aksesoris ini membuat pengalaman bermain gim menyenangkan. Meskipun sayangnya, gim yang sudah mendukung atau kompabilitas dengan aksesoris ini hanya sedikit. Gim lain yang dijalankan tidak memberikan pengalaman serupa seperti Asphalt 9.

5. 30W ROG Charger

30W ROG Charger

Aksesoris selanjutnya adalah 30W ROG Charger. Charger ini merupakan charger super sepat yang memungkinkan ROG Phone II terisi lebih cepat. Penggunaan charger bawaan (charger 18W) pun sebenarnya sudah cukup cepat. Tetapi 30W ROG Charger memungkinkna ASUS ROG Phone II dapat terisi lebih cepat, bahkan dalam tempo satu jam untuk mencapai daya penuh.

6. ROG Professional Dock

rog phone 2

Aksesoris selanjutnya adalah ASUS ROG Profesional Dock. Aksesoris ini memungkinkan perangkat ROG Phone II diubah dalam bentuk mode desktop. Penggunaannya juga cukup mudah. Cukup sambungkan kabel USB dari ROG Profesional Dock ke port samping ASUS ROG Phone II.

ROG Professional Dock

Setelah itu sambungkan kabel perangkat display ke ASUS ROG Profesional Dock. Maka nantinya monitor akan menampilkan visual seperti yang ada di layar. Menariknya, ASUS ROG Profesional Dock ini bisa berjalan tanpa pengisian daya. Dayanya menggunakan baterai ROG Phone II.

Tentu saja jika ROG Phone II sudah pada kondisi daya rendah, pengisian daya sangat diperlukan. Pengisian daya pun tidak lewat ROG Phone II tetapi melalui port USB Type-C yang ada di ROG Profesional Dock. Charger yang digunakan bisa memakai charger 18W maupun charger 30W.

ROG Professional Dock

ROG Profesional Dock sendiri memiliki beberapa port yang membuat perangkat ini tampak seperti mini PC tanpa sistem prosesor. Di perangkat ini terdapat port USB Type-C, 2 buah USB 3.0, dan satu buah port HDMI. Kemudian di bagian sampingnya, terdapat port LAN.

ROG Professional Dock

ROG Professional Dock

Hadirnya dua buah USB 3.0 di ROG Profesional Dock tentu menarik. Perangkat ini memungkinkan perangkat seperti keyboard dan mouse terhubung sehingga membuat pengalaman desktop di ROG Phone II lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga menancapkan perangkat penyimpanan storage eksternal atau flash disk melalui USB 3.0.

Hadirnya port ethernet mungkin jadi pertanyaan besar. Untuk apa ada port ethernet di perangkat ini? Jawabannya tentu untuk pengalaman bermain gim online yang lebih baik. Penggunaan port ethernet ini untuk kabel LAN yang sering dianggap merupakan sambungan internet yang lebih stabil jika dibandingkan koneksi internet tanpa kabel.

ROG Professional Dock +ROG Kunai Core Gamepad

Oh yah, tentu saja ROG Profesional Dock juga bisa dismabungkan dengan ROG Kunai Core Gamepad. Terlebih jika memang ingin bermain gim di montior yang lebih lebar. Dan hal ini memberikan pengalaman menarik bagi kami memainkan gim Android di layar yang lebih besar dengan sebuah gamepad. Mirip seperti konsol.

7. ROG Mobile Desktop Dock

ROG Mobile Desktop Dock

Aksesoris ketujuh adalah ROG Mobile Desktop Dock. Aksesoris ini memiliki fungsi serupa dengan ROG Profesional Dock. Hanya saja ROG Profesional Dock memiliki bentuk yang lebih besar dan membutuhkan daya. Charger untuk ROG Mobile Desktop Dock sendiri adalah charger 30W, penggunaan charger di bawah 30W tidak akan berfungsi.

ROG Mobile Desktop Dock

Bentuk ROG Mobile Desktop Dock tampak seperti sebuah konsol generasi lama tapi dengan bentuk yang lebih gahar. Untuk menggunakan perangkat ini, ROG Phone II perlu disambungkan ke bagian port yang ada di ROG Mobile Desktop Dock. Port yang digunakan adalah port pada bagian samping ROG Phone II.

ROG Mobile Desktop Dock sendiri memiliki port yang tergolong lengkap. Posisi port ini ada di bagian samping kiri dan bagian belakang Sementara bagian samping kanan tidak ada port. 

ROG Mobile Desktop Dock

ROG Mobile Desktop Dock

Pada bagian kiri, ada Display port 1.2 untuk PC input yang memungkinkan perangkat seperti  PC Desktop terhubung dengan perangkat ini. Nantinya, perangkat ini yang terhubung dengan perangkat layar.

Gunanya Anda dapat dengan mudah berpindah dari mode PC Desktop ataupun mode untuk memainkan ROG Phone II. Sehingga Anda tidak perlu cabut pasang kabel monitor untuk terhubung dengan perangkat. Untuk berpindah modenya sendiri ada tombol khusus di bagian depan perangkat ini.

Port lainnya di bagian ini adalah USB Micro B 3.0 dan satu SD slot ukuran normal. Hadirnya slot SD ini memungkinkan ROG Mobile Desktop Dock bisa membaca kartu SD untuk dipindahkan ke perangkat lain.

Di bagian belakang, terdapat banyak sekali port. Dari samping kiri, terdapat port 3,5 mm untuk mic dan 3,5 mm untuk earphone. Jadi, Anda bisa menggunakan mic untuk kebutuhan rekaman suara.
ROG Mobile Desktop Dock
Selanjutnya, ada port HDMi yang berfungsi untuk menghubungkan ROG Mobile Desktop Dock ke bagian layar. Ada juga port Display port 1.2 output yang memiliki fungsi serupa dengan HDMI.
Perangkat ini jgua memiliki port ethernet alias Gigabit LAN RJ45 untuk sambungan internet emnggunakan kabel. Di sebelahnya, terdapat empat port USB 3.1 Gen 1 (Type-A) yang bisa difungsikan untuk terhubung dengan keyboard, mouse, flashdisk, dan lainnya. Di bagian paling kanan, terdapat port Type-C untuk pengisian daya.
Dari bentuk dan port yang dihadirkan,  ROG Mobile Desktop Dock hadir sebagai sebuah perangkat menarik untuk menjadikan sebuah ponsel menjadi sebuah perangkat PC Desktop. Anda bisa bekerja layaknya menggunakan komputer hanya saja dengan sistem operasi Android.
ROG Mobile Desktop Dock
Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk mengetik dokumen, internetan, atau nonton Youtube sekalipun. Tergolong menarik tentunya, terlebih jika Anda lebih nyaman bekerja produktif dengan Android.
ROG Mobile Desktop Dock
Oh yah, Anda juga bisa mengubah tampilan di layar dengan tampilan mode tablet. Hal ini akan membuat tampilan layar ke mode tablet. Pengubahan mode ini bisa Anda lakukan di bagian pengaturan dari mirror mode ke mode dua layar.  Hanya saja mode tablet ini tidak memberikan experience yang menyenangkan sebagai sebuah perangkat PC Desktop.
ROG Mobile Desktop Dock
Tapi tentu saja tampilan tablet mode ini masih tergolong menarik. Terlebih tampilan lebarnya membuat Anda bisa melihat gambar dan video lebih jelas. Anda juga bisa bermain gim Android di layar yang besar dengan menggunakan mouse dan keyboard. Dan gim seperti Asphalt 9 akan bekerja seperti layaknya menggunakan Twinview Dock.
ROG Mobile Desktop Dock
Bermain gim di ROG Phone II menggunakan ROG Mobile Desktop Dock bisa dibilang pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika anda lebih suka bermain gim menggunakan keyboard dan mouse.
Hanya perlu diingat, jika ingin menggunakan keyboard dan mouse untuk bermain gim, harus melakukan key mapping terlebih dahulu. Pengaturan untuk menggunakan key mapping sudah dijelaskan di bagian pembahasan ROG Kunai Core Gamepad.

8. ROG Phone Bag

ROG Phone Bag

Aksesoris kedelapan adalah ROG Phone Bag. Dari namanya sudah jelas kalau ini adalah tas bentuk selempang yang bisa dibawa kemana saja. Tas ini tentu berguna untuk membawa ponsel ROG Phone II dan aksesoris lainnya yang memungkinkan untuk dibawa.

Contoh aksesoris yang memungkinkan untuk dibawa adalah ROG Kunai Core Gamepad , Twinview Dock, maupun Profesional Dock. Aksesoris lain seperti kasing, cooler, dan charger juga jelas memungkinkan untuk dibawa oleh tas ini.

ROG Mobile Desktop Dock juga bisa dibawa di tas ini tetapi akan cukup berat dan merepotkan. Apalagi jika Anda membawa aksesoris lainnya. Profesional Dock bisa jadi opsi pengganti ROG Mobile Desktop Dock karena lebih mudah dibawa kemana-mana, lebih ringan, dan tidak membutuhkan charger.

ROG Phone Bag sendiri sebenarnya memiliki bahan yang cukup bagus. Tapi, waktu kami pakai, tidak ada kesan menarik memakai tas ini Seperti tas biasa saja. Apalagi pemasangan logo ROG pada tas ini terkesan biasa.

 

Simpulan dan Harga

rog phone 2

Koper isi aksesoris ROG Phone II yang disebut Hardcore ROG Fans Package ini tergolong menarik. Berbagai aksesoris yang dihadirkan memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan. Hanya saja, kalau kami disuruh memilih aksesoris mana yang kurang penting, kami akan memilih ROG Lighting Armor Case.

ROG Lighting Armor Case tampak seperti sebuah gimmick saja. Ada atau tidaknya aksesoris ini tidak terlalu berpengaruh pada pengalaman bermain gim. Toh, masih ada kasing bawaan.

Kalau aksesoris terbaik, ROG Kunai Core Gamepad dan ROG Professional Dock adalah dua aksesoris yang menarik. ROG Kunai memberikan pengalaman bermain gim yang menyenangkan menggunakan gamepad. Sementara ROG Professional Dock bisa memberikan pengalaman bermain layaknya konsol dimana saja dan kapan saja.

Paket Hardcore ROG Fans Package ini sendiri dibanderol dengan harga Rp 21.999.000. Harga yang cukup menarik tetapi tentu harga yang cukup mahal bagi sebagian orang.

Selain Hardcore ROG Fans Package, ASUS juga menghadirkan paket lainnya dengan harga berbeda-beda. Paket-paket tersebut adalah sebagai berikut.

Console Gamer Package (Rp 2.499.000), yang terdiri dari

  • ROG Kunai Gamepad
  • AeroActive Cooler 2
  • 30W ROG Charger
  • ROG Phone Bag

Multi-Tasking Gamer Package (Rp 3.599.000), yang terdiri dari

  • TwinView Dock 2
  • 30W ROG Charger
  • ROG Phone Bag

Ultimate Heavy Gamer Package (Rp 12.499.000), yang terdiri dari

  • ROG Phone 2 (12/512 GB)
  • Aero Case
  • AeroActive Cooler 2
  • 30W ROG Charger

Elite Gamer Package (Rp 8.499.000), yang terdiri dari

  • ROG Phone 2 (8/128 GB)
  • Aero Case
  • 18W Charger

Diantara paket-paket tersebut, manakah yang membuat Anda tertarik untuk membelinya? Apapun pilihan paketnya, pastikan sesuaikan dengan dana dan yang lebih penting, Anda memang akan memakai ASUS ROG Phone II.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *