Carisinyal / Gotcha, Aplikasi Indonesia Populer Untuk Cari Teman Hingga Luar Negeri

Gotcha, Aplikasi Indonesia Populer Untuk Cari Teman Hingga Luar Negeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memasuki tahun baru kali ini, banyak sekali teknologi aplikasi yang mulai bermunculan. Mulai dari aplikasi untuk memesan kendaraan, memesan makanan, mengirim barang, membayar tagihan hingga mencari teman! Mungkin kalian bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi pesan kendaraan, makanan dan lainnya, tapi bagaimana dengan aplikasi mencari teman?

Aplikasi mencari teman saat ini masih tergolong sedikit padahal penggunanya sangat banyak, Menjawab masalah ini, sebuah aplikasi untuk mencari teman bernama Gotcha akhirnya diluncurkan. Aplikasi Gotcha bukan hanya memudahkan kalian untuk cari teman terdekat secara online dari satu kota saja, kalian juga bisa mencari teman dari negara lain! Sehingga koneksi kalian akan semakin luas dan tak terbatas.

Mau tahu lebih lanjut soal aplikasi ini? Ayo simak ulasannya!

Apa itu Gotcha?

Gotcha_Poster (Copy)

*Source: Gotcha.id

Gotcha merupakan Aplikasi Indonesia untuk cari teman dibuat oleh anak bangsa dan dirilis di tahun 2019, aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak penggunanya. Saat ini pengguna nya terus bertambah setiap harinya.

Nama Gotcha sendiri diambil dari kata “Got Chance” yang artinya “mendapat kesempatan”, jadi user yang menggunakan aplikasi ini diharapkan untuk mendapatkan teman yang baik dari negara sendiri maupun mancanegara ungkap Abdul Rahman Nazirin selaku Founder dan CEO Gotcha.

Abdul Rahman juga mengungkapkan bahwa aplikasi Gotcha akan terus dalam pantauan supaya tidak ada user yang menyalahgunakan aplikasi ini untuk hal-hal negatif seperti; porno aksi, penipuan, aktivitas ilegal dan hal buruk lainnya. Apabila ada pengguna yang dirasa melakukan dan melanggar ketentuan yang sudah diberikan, pihak pengembang aplikasi ini akan bertindak tegas dengan menonaktifkan akun pelanggar. Super aman bukan?

Aplikasi seperti Gotcha ini yang sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang banyak tanpa harus saling temu, mengingat saat ini masa pandemi belum juga usai. Ditambah lagi dengan adanya aplikasi serupa yang kebanyakan hanya dipakai untuk melihat berita dan menulis status saja, membuat banyak orang jadi bosan. Beruntung ada Gotcha bukan?

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi ini?

Gotcha_Registration (Copy)

Ingin jadi pengguna Gotcha? Gampang sekali! Kalian hanya tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store. Ukuran aplikasi ini hanya sebesar 43 megabyte sehingga tidak membuat gawai kalian menjadi ‘berat’ untuk digunakan. Setelah berhasil unduh dan memasang aplikasi ini, kalian tinggal buka dan melakukan registrasi pengguna terlebih dulu. Mudah kok, proses registrasinya sama seperti registrasi di aplikasi-aplikasi lainnya.

Saat proses registrasi selesai, kalian akan diarahkan untuk membuat profil yang berisikan data-data kalian seperti foto, nama pengguna, id pengguna, tanggal lahir, pendidikan (opsional) dan lainnya. Setelah kalian berhasil membuat profil secara lengkap, maka otomatis profil kalian akan aktif dan kalian bisa mulai cari teman di kota yang kalian pilih.

Banyak sekali pengguna yang bisa kalian temui dari radius terdekat hingga yang terjauh. Saat kalian mengobrol, mohon diperhatikan tata krama ya. Kalian bisa sharing minat, hobi, film favorit, kesukaan apapun disini namun jangan sekali-kali untuk membahas, melakukan transaksi atau membicarakan hal buruk dan ilegal. Kalian bisa di banned otomatis!

Gotcha juga punya emoji sendiri loh yang bikin obrolan kalian jadi super seru dan interaktif! Cocok sekali buat para pengguna yang sulit untuk mengekspresikan diri lewat kata-kata saja. Untuk kalian yang memang introvert atau tertutup dan malu untuk bertemu langsung, Gotcha siap jadi sarana bantuan kalian berkomunikasi dengan banyak orang baru. Sekalinya dapat teman ngobrol yang asyik dan sefrekuensi, kalian bakal ketagihan buat cari teman lagi deh!

Intinya, aplikasi ini memang dibuat sesuai dengan kriteria orang Indonesia karena dapat digunakan dengan mudah dan memiliki tampilan yang fresh serta menarik. Hal tersebut disampaikan oleh Ashka Azzahra selaku Co-Founder Gotcha.

Fitur Apa Saja yang Dimiliki Gotcha?

Aplikasi buatan Indonesia ini memiliki banyak fitur yang salah satunya tidak dimiliki oleh aplikasi cari teman lainnya. Berikut fitur yang disediakan oleh Gotcha;

1. Your Friend is here

Fitur ini memberikan informasi kepada kalian apabila ada teman sesama pengguna Gotcha yang dekat atau berada di sekitar lokasi kalian berada sehingga mudah untuk ditemui. Informasi yang diberikan akan berupa pop-up layaknya ada pesan masuk.

2. Filter

Gotcha_Filter (Copy)

Lewat fitur ini, kalian bisa menyaring siapa saja yang ingin kalian ajak bicara. Seperti gender, batasan umur sampai lokasi lain untuk cari teman luar negeri, sehingga orang yang ingin kalian ajak berkenalan bisa dikerucutkan secara spesifik, tidak lagi repot harus scroll lama-lama.

3. Update Location

Gotcha_Users (Copy)

Gotcha memiliki pilihan jangkauan lokasi untuk cari teman di setiap kota atau negara yang kalian pilih. Kirim friend request kalian untuk memberitahu pengguna Gotcha lainnya bahwa kalian tertarik untuk saling berteman; vice versa. Teman-teman lain juga bisa menambahkan kamu sebagai daftar teman mereka dengan add id kamu.

Lokasi kalian tersebut bisa dilihat banyak orang, hanya teman atau bahkan invisible (biasanya digunakan oleh user yang memang tidak mau diketahui keberadaannya secara publik. Mereka umumnya akan memberi tahu lokasi kepada teman yang sudah dikenal saja di aplikasi)

4. Share Media

Gotcha_Gallery (Copy)

Gotcha memungkinkan para penggunanya untuk membagikan foto atau video tanpa batas! Teman kalian bisa melihat update terbaru masa lini kalian dan memberi komentar yang bisa kalian balas secara privat dan mudah. Tenang saja, media kalian bisa diatur privasinya, kalian bisa memilih untuk membagikannya secara umum, terbatas hanya teman atau tidak membagikannya sama sekali.

5. Privacy dan Block Button

Oh iya, ketika kalian sudah memiliki banyak teman, kalian bisa mengatur daftar teman yang sering diajak ngobrol juga loh! Kalau ada salah satu pengguna kalian yang mengganggu, kalian bisa mengaktifkan fitur blok juga sehingga obrolan kalian dengan pengguna lain bisa kembali aman dan nyaman. Namun bila pengguna tersebut masih membuat risih kalian, silahkan laporkan kepada tim Gotcha supaya dengan cepat di tindak lanjuti.

6. Pengaturan Keaktifan

Gotcha_Privacy Settings (Copy)

Apabila kalian sedang menggunakan aplikasi ini, maka profil kalian akan terdapat status available/online berbentuk dot warna hijau, sehingga memudahkan orang-orang berkomunikasi dengan kalian. Namun saat kalian ingin aktif tanpa diketahui banyak orang atau hanya ingin berbicara dengan orang tertentu, kalian bisa mengubah status available/online kalian menjadi not available/offline.

Masih banyak fitur lainnya yang akan dikembangkan oleh tim Gotcha dan dijamin fitur-fitur yang akan menyusul tidak kalah keren dengan fitur bawaan yang sudah ada saat ini di versi 2.0.3. Stay tuned, good people!

Itu tadi ulasan mengenai aplikasi mencari teman, Gotcha. Seru bukan? Sekarang memiliki teman dekat dari dalam atau luar negeri sudah bukan jadi hal yang sulit lagi. Unduh aplikasi Gotcha sekarang juga dan lekas mengobrol dan rencanakan untuk saling bertemu dengan teman baru.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *