Review ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z, Intel Evo yang Bisa Main Game

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha
opengl chart ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Untuk hasil Geekbench 5 OpenCL, performa grafis di laptop ini mendapat skor 16.443.

geekbench OpenCL vivobook s_

Sementara untuk Vulkan Score, hasilnya adalah 15.335.

Geekbench 5 vulkan vivobook s_

Kalau saya bisa simpulkan, meski tidak memakai dedicated graphic, performa grafis terintegrasi Intel® Iris Xe Graphics di ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z tergolong bagus.

Bahkan, performanya grafisnya bisa diandalkan untuk berbagai gim populer. Itu berarti, laptop ini tidak hanya bisa diandalkan untuk produktivitas tetapi juga untuk kebutuhan hiburan seperti bermain gim. Terlebih karena memakai panel AMOLED, pengalaman bermain gim di laptop ini menjadi lebih menyenangkan dibanding laptop lain di kelas harga yang sama.

Performa Harddisk

Crystal Disk Info Vivobook S_

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z yang saya uji ini hadir dengan SSD 512 GB. Tipe SSD yang digunakan adalah SSD NVMe PCIE 3.0 x4 dengan merek Micron. Setidaknya, itu yang terlihat dari CyrstalDiskinfo.

Lantas, berapa kecepatan SSD perangkat ini? Simak gambarnya di bawah ini.

Crystal Disk Mark 8 Vivobook S_

Berdasarkan pengujian CrystalDiskMark 8, SSD di ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 ini mendapatkan kecepatan baca 3.346,65 MB/s dan kecepatan menulis 1878,05 MB/s. Hasil ini lebih baik jika menilik hasil dari benchmark SSD ASUS ZenBook Duo 14 UX482E yang ada di angka 1.901 untuk kecepatan baca dan 1.613 di kecepatan menulis.

Test Render Video

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Sebagai laptop tipis yang bisa diandalkan untuk kebutuhan pembuatan konten, gak afdol kalau gak buat tes untuk render video. Karena itu, saya coba melakukan tes render video dengan 4K ke 1080 piksel di dua software berbeda.

Yang pertama adalah Davinci Resolve versi gratisan. Pada tes ini, laptop membutuhkan waktu render mencapai 6 menit 14 detik untuk sebuah video 4K berdurasi 5 menit 14 detik.

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Video yang sama, saya render memakai software lain, yakni Wondershare Filmora. Dengan software ini, waktu render yang dibutuhkan adalah 4 menit 58 detik.

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Hasil tersebut didapatkan pada mode performance. Yang artinya, performa prosesor digenjot agar bisa menghasilkan performa yang maksimal.

Camera

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Kamera di laptop ini adalah kamera yang dengan resolusi 720 piksel. Saya tidak tahu persis resolusi persis resolusinya berapa karena tidak sempat menghitung. Yang pasti, kehadiran kamera ini cukup membantu dan bisa dijadikan andalan untuk video conference atau video meeting.

Kualitas tangkapan kameranya tergolong bagus. Tidak gelap. Selain itu, suara di sekitar saya tidak terdengar ke rekan yang sedang lakukan video call. Ini juga berkat adanya fitur AI Noise Canceling yang bis amembantu proses video meeting menjadi lancar tanpa suara berisik di sekitar.

Kualitas Audio

Layar ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Sebagai sebuah perangkat untuk kebutuhan multimedia dan pembuatan konten, tentu menawarkan layar saja adalah hal biasap.

Layar OLED harusnya dibarengi juga dengan kualitas audio yang nyaman didengar. Hal itu pula yang bisa ditemukan di ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z. Laptop ini sudah dibekali speaker tersertifikasi Harman Kardon. Saya malah merasa lebih nyaman mendengar suara langsung dari laptop dibanding memakai TWS atau headset.

Kualitas suara yang oke ini berkat dukungan teknologi Smart Amp Technology. Teknologi ini memastikan para pendengar menikmati suara yang lebih keras tanpa distorsi sehingga dapat menawarkan pengalaman audio yang menakjubkan.

Fitur MyASUS

my asus ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Salah satu fitur yang berguna di laptop ASUS adalah MyASUS. Laptop Zenbook lama saya (yang memakai Intel Core i7 Generasi 8) juga bisa memakai fitur ini. Hanya saja ternyata fiturnya tidak selengkap MyASUS di laptop ASUS baru.

Di ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z jelas lebih banyak fiturnya. Di laptop ZenBook saya, hanya ada dua profile, standar dan whisper. Sementara di laptop baru, seperti ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z misalnya ada opsi Performance.

Opsi Performance inilah yang membuat suara kipas lebih nyaring karena memaksimalkan performa prosesor. Sementara whisper mode, lebih hening dan lebih membuat baterai irit.

Pengaturan fitur seperti AI noise-canceling mic juga tersedia di laptop ini. Seperti untuk laptop ASUS yang saya punya tidak ada fitur ini.

Fitur-fitur umum lainnya juga hadir di aplikasi MyASUS. Contohnya adalah fitur untuk mengatur sistem pengecasan. Ada fitur agar pengisian daya hanya mencapai 60 atau 80 persen jika ingin dicolok terus menerus. Fitur ini bisa membuat siklus hidup baterai lebih panjang.

Fitur lainnya adalah Link to MyASUS. Berkat fitur ini, saya bisa transfer data dari PC ke HP (Android atau iOS) atau sebaliknya lebih mudah dan lebih cepat.

Yang paling penting adalah fitur ASUS OLED Care. ASUS OLED Care adalah screensaver khusus, yang secara signifikan mengurangi kemungkinan penuaan layar OLED, dan Anda dapat mengaktifkannya di aplikasi MyASUS.

Fitur ini sangat berguna agar layar terhindar dari burn-in, sebuah masalah pada layar OLED. Untuk masalah ini juga, layar ASUS OLED ini dilengkapi teknologi Samsung OLED burn-in refine technology.

Kehadiran fitur ini tampak sebagai solusi bagi mereka yang ragu memakai laptop dengan panel OLED. Memang, banyak yang beranggapan kalau penggunaan panel OLED punya potensi terkena burn-in. Karena itu, ASUS menyediakan fitur agar laptop ASUS dengan panel OLED terhindar dari masalah tersebut.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram