Review ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z, Intel Evo yang Bisa Main Game

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Baterai

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z cover_

Menilik spesifikasi di situs resminya, baterai yang tertanam ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z adalah 70WHrs. Baterainya diklaim tahan atau awet. Apalagi laptop ini sudah punya sertifikasi Intel Evo yang mengharuskan baterai awet sampai 9 jam.

Hanya saja persyaratan tersebut hanya berlaku untuk laptop dengan layar Full HD. Mengingat ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z ini menawarkan resolusi 2,8K, daya tahan baterainya tidak mencapai sampai 9 jam.

Berdasarkan tes penggunaan, daya tahan baterai laptop ini rata-rata hanya empat jam di mode layar 90 Hz. Ketika diubah modenya ke 60 Hz, daya tahannya mencapai 6 jam. Itu didapatkan dengan kondisi laptop ada pada tingkat kecerahan 50 persen dan saya pun memakai TWS. Penggunaan berkisar mengetik di Google Doc sambil mendengarkan musik di Youtube atau Spotify.

Oh yah, ngomong-ngomong soal mode layar, di aplikasi MyASUS ada fitur untuk mengubah refresh rate. Ada opsi untuk memilih refresh rate di 60 Hz atau 90 Hz. Ada juga opsi yang membuat laptop bisa lebih dinamis dalam memilih refresh rate. Ketika sebuah aplikasi atau gim butuh 90 Hz, maka laptop akan mengubah mode ke 90 Hz, ketika tidak digunakan, maka mode layar berubah ke 60 Hz.

Intel Evo juga mensyaratkan pengisian cepat. ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z sudah memenuhi hal tersebut. Terlebih karena laptop ini sudah mendukung pengisian cepat 90 Whrs.

Berdasarkan pengalaman saya, laptop ini dapat terisi dari 20 persen sampai sekitar 60 atau 70 persen dalam waktu satu jam. Dari 70 persen sampai 100 persen butuh waktu sedikit lama dibanding sebelumnya. Rata-rata dari daya persen rendah ke tinggi memakan waktu mencapai 2 jam.

Simpulan

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z adalah laptop yang sempurna untuk dipakai kreator. Layarnya yang menawarkan resolusi 2.8K jadi satu kelebihan utama, plus dengan layar OLED yang tentu jadi nilai jual lain.

Sertifikasi Intel Evo dan Pantone Validated membuat ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z tidak sekadar jadi laptop tips yang bisa diajak mobile. Laptop ini juga tergolong bagus untuk diajak membuat konten dan bermain gim di pengaturan tertentu dengan lancar.

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

Apakah laptop ini juga coock untuk kerja? Tentu saja, saya pakai buat kerja untuk mengetik dan browsing tergolong lancar.

Buat yang kerja dengan dokumen, ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z memberikan penawaran menarik, yakni aplikasi Microsoft Office Home & Student. Jadi yang membeli ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z, tidak sekadar mendapatkan Windows 11 tetapi juga mendapat lisensi Microsoft Office Home & Student yang tidak perlu dibeli atau berlangganan lagi.

Nilai jual utama laptop ini jelas adalah layar ASUS OLED 2.8K, Intel Core i7 12th Gen, Intel Evo, dan desain yang menarik perhatian.

Harga yang ditawarkan laptop ini juga tergolong bagus jika menilik spesifikasi yang ditawarkan. Berdasarkan situs resmi ASUS Indonesia, ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z varian Core i7 dijual dengan harga Rp15.499.000. Untuk varian i5, harganya adalah Rp13.799.000.

Kelebihan ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

  • Desain bodi metalic yang menarik dan kekinian, cocok untuk Gen Z
  • Layar ASUS OLED 2,8K yang sangat memanjakan mata dan luas
  • Performa Kencang untuk Kelas Harganya Berkat Intel Core 12th Gen
  • Cocok untuk kerja, ngedit video ringan, dan multimedia
  • Keyboard yang nyaman untuk mengetik
  • Kualitas suara yang jernih berkat Harman Kardon
  • Dukungan pengisian daya yang cepat
  • Intel Evo

Kekurangan ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z

  • Posisi tombol power yang tidak biasa
  • Port yang lebih banyak di satu sisi, ini hanya butuh pembiasaan
  • Karena resolusi layar 2.8K, daya tahan baterai jadi tidak begitu lama

ASUS VivoBook S 14 OLED K3402Z ini bisa dibilang sebuah laptop komplit untuk ukuran laptop tipis atau mobile. Performanya tergolong keren untuk kelas harganya. Setidaknya, itu menurut pengalaman saya pribadi yang memakai laptop ini kurang lebih satu bulan.

Ini adalah laptop yang sangat worth it untuk dibeli, terutama untuk para kreator yang sekaligus ingin sesekali ingin bermain gim.

Hanya tentu jangan jadi laptop ini untuk menjalankan gim terus-terusan. Jika itu tujuannya, sebaiknya silakan pilih laptop gaming.

«1234 5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram